17 Cemilan Bayi 6 Bulan Tinggi Serat dan Bergizi

Di antara waktu makan utama, bayi 6 bulan boleh 2-3 kali makan camilan untuk penuhi kebutuhan gizi. Selain puree labu kuning, apa lagi contohnya?

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

4 min
12 Jun 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH
Cemilan bayi 6 bulan-bebeclub


Ada banyak opsi cemilan bayi 6 bulan yang beredar di pasaran. Namun, membuat snack homemade lebih baik karena Ibu bisa menjamin kesegaran bahan dan kandungan nutrisinya.

Cemilan Bayi 6 Bulan Homemade dan Tinggi Serat

Cemilan bayi 6 bulan gizinya harus komplit, termasuk serat. Namun, di usia ini bayi belum butuh asupan serat yang langsung banyak karena bisa menghambat penyerapan zat gizi penting. 

Jadi, serat memang idealnya diberikan sedikit demi sedikit sebagai cemilan untuk perkenalan pertama.

1. Puree Buah Naga

Buah naga adalah sumber serat yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan bayi, dan vitamin C bantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. 

Untuk bayi 6 bulan, Ibu bisa mengolah buah naga menjadi puree dengan dengan cara diblender sebentar lalu disaring agar teksturnya halus. Tambahkan sedikit ASI agar jadi lebih encer.

2. Pisang Barongko

Pisang tinggi serat yang bisa membantu mencegah bayi sembelit di awal MPASI. Buah kuning yang rasanya manis legit ini juga mengandung kalium, vitamin B6, vitamin C, dan magnesium.

Ibu bisa membuat pisang barongko untuk cemilan bayi 6 bulan dari pisang yang dikukus bersama santan, telur, dan gula merah, lalu dibungkus daun pandan.

3. Kentang Kukus

Tekstur kentang yang lembut setelah dikukus sangat cocok dijadikan sebagai cemilan homemade bayi 6 bulan.

Kandungan nutrisi kentang kukus pun sangat bervariasi, dari karbohidrat, serat, folat, zat besi, vitamin B, vitamin C, dan kolin, yang semuanya penting mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Untuk membuatnya, kupas dan potong kentang menjadi seukuran jari lalu kukus hingga benar-benar empuk. Tambahkan butter atau minyak zaitun sebagai tambahan lemak.

4. Es Krim Pepaya

Buah pepaya kaya vitamin A dan C yang penting untuk mendukung kesehatan penglihatan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu penyerapan zat besi.

Potong-potong pepaya lalu bekukan di freezer semalaman. Setelah beku, blender dengan ASI dan sedikit gula, lalu masukkan wadah untuk dibekukan kembali semalaman.

Saat akan disajikan, keruk es krim dengan sendok dan tambahkan sedikit perasan air jeruk. Pasti si Kecil suka!

5. Puree Apel

Apel adalah buah tinggi serat yang baik untuk mendukung sistem pencernaan bayi.

Namun, untuk mengurangi risiko tersedak, sangat disarankan untuk membuat puree apel sebagai cemilan bayi 6 bulan agar teksturnya lebih lembut.

6. Bubur Sumsum Saus Mangga

Mangga kaya akan nutrisi penting seperti karbohidrat, serat, serta vitamin A, B6, C, E, dan K, yang semuanya berperan penting dalam tumbuh kembang bayi. 

Larutkan tepung beras putih dengan air matang, lalu aduk rata agar tidak ada gumpalan dan rebus bersama santan hingga menjadi bubur. Potong-potong mangga, lumatkan dengan saringan.

Baca Juga: 7 Pilihan Buah yang Aman untuk MPASI Bayi 6 Bulan

7. Puree Labu Kuning

Labu kuning mengandung 2,7 gram serat untuk menjaga saluran cerna bayi dan mencegah sembelit. Buah yang punya nama lain kabocha ini juga tinggi fosfor, vitamin C, dan vitamin A.

Ibu dapat mengolah labu kuning menjadi puree untuk cemilan bayi 6 bulan. Kupas dan kukus ubi hingga empuk, lalu tumbuk sampai halus dengan sedikit ASI. 

Tambahkan sedikit mentega atau yogurt agar nutrisinya makin komplit.

8. Pisang Apel Cocol Yoghurt

Yogurt adalah sumber probiotik yang penting untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus untuk menjaga pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Ibu dapat cocolkan potongan kecil apel dan pisang ke dalam yoghurt untuk si Kecil makan sendiri sebagai finger food, atau sajikan dicampur dalam bentuk puree.

9. Buah Pir Kukus

Selain sumber serat yang baik, buah pir juga mengandung vitamin K, kalium, dan vitamin C yang penting untuk kesehatan tubuh si Kecil.

Namun, tekstur buah pir masih cukup keras untuk cemilan bayi 6 bulan jika diberikan dalam potongan segar. Sebaiknya dikukus dahulu sampai lembut.

10. Bubur Kacang Hijau dan Mangga

Kacang hijau adalah contoh sumber protein nabati yang juga kaya asam amino esensial dan magnesium sehingga bagus dijadikan snack homemade bayi 6 bulan. 

Rebus kacang hijau sampai benar-benar empuk lalu campurkan dengan daging buah mangga yang sudah disaring sebelumnya. Tambahkan ASI sedikit untuk menghaluskan tekstur bubur.

11. Puree Alpukat Mentega

Selain tinggi serat, alpukat juga kaya akan lemak sehat, yang memberikan energi serta membantu bayi menyerap nutrisi lainnya.

Ibu bisa menyajikan puree alpukat sebagai snack bayi 6 bulan atau dipotong seukuran jari agar si Kecil belajar memegang dan mengunyah makanan.

12. Puding Jagung Manis

Jagung manis dapat menjadi pilihan cemilan bayi 6 bulan karena kandungan nutrisinya yang beragam, termasuk vitamin B dan mineral penting seperti zinc, magnesium, serta zat besi.

Salah satu cara untuk mengolah jagung manis menjadi camilan yang lezat dan bergizi adalah dengan membuat puding jagung manis.

Ibu dapat merebus jagung yang sudah diblender dengan agar-agar dan santan, lalu masukkan ke cetakan puding kemudian dinginkan. 

Baca Juga: Resep Kombinasi Buah dan Sayur yang Bagus untuk MPASI

13. Stik Kentang Keju

Selain dibuat kentang kukus, Ibu juga bisa mengolah kentang dan keju menjadi cemilan homemade untuk bayi 6 bulan.

Caranya, cukup campurkan tepung maizena, kentang yang sudah dihaluskan, dan keju parut. Setelah itu, bentuk adonan memanjang, dan goreng dalam minyak panas hingga kuning keemasan.

14. Pancake Ubi Ungu

Ubi ungu mengandung antosianin, yaitu jenis antioksidan yang dikenal bermanfaat untuk perkembangan kognitif, kesehatan penglihatan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk menyajikannya sebagai camilan yang lezat dan bergizi bagi si Kecil, Ibu bisa mencoba membuat pancake ubi ungu. 

Caranya, campurkan ubi ungu yang sudah dihaluskan dengan tepung terigu dan telur. Kemudian, tuangkan adonan ke dalam wajan dan panggang hingga matang.

15. Telur Orak-Arik

Telur bisa diolah menjadi berbagai makanan, termasuk cemilan homemade untuk bayi 6 bulan.

Sebagai sumber protein hewani, telur mengandung asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

Protein ini memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang, otot, serta jaringan tubuh lainnya pada bayi.

16. Puding Roti Telur

Selain dibuat orak-arik, Ibu juga bisa membuat puding roti telur untuk cemilan bayi 6 bulan.

Telur mengandung zat besi yang sangat penting untuk kesehatan bayi, terutama dalam membentuk sel darah merah.

Selain itu, konsumsi 1 butir telur setiap hari juga diketahui dapat membantu mencegah stunting, yaitu masalah pertumbuhan yang umum pada anak-anak.

17. Tahu Kukus

Tahu kaya akan protein nabati, asam lemak omega-3 nabati, zat besi, dan zinc yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. 

Kebanyakan jenis tahu bertekstur lembut dan mudah dikunyah sehingga ideal menjadi opsi snack bayi 6 bulan.

Untuk menyajikannya, Ibu dapat hanya mengukus tahu, kemudian potong tahu menjadi bentuk memanjang agar bisa dipegang sendiri oleh si Kecil.

Berapa Kali Bayi 6 Bulan Boleh Makan Snack?

Menurut pedoman dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bayi 6 bulan cukup diberikan camilan 2-3 kali sehari dengan jarak 2 jam di antara waktu makan sebelum dan sesudahnya.

Memberikan cemilan tidak terjadwal bisa membuat bayi susah makan MPASI dan memunculkan perilaku snacking yang tidak sehat di kemudian hari. Asupan gizi bayi pun jadi tidak optimal.

Selain itu, terlalu sering memberikan cemilan bisa mengganggu kemampuan bayi untuk mengenal rasa lapar dan kenyangnya.

Kalau Ibu masih bingung mencari resep cemilan yang bagus untuk pencernaan bayi, langsung saja kunjungi BebeJourney untuk dapatkan ragam resep makanan tinggi serat!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Dragon Fruit (Pitaya) for Babies - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/dragon-fruit-pitaya/
  2. ‌Contributing, T. (2021, January 29). Introducing Potatoes to Your Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/baby-feeding/when-can-babies-eat-potatoes
  3. Can Babies Eat Potatoes? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/potato/
  4. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1258/makanan-murah-meriah-pencegah-stunting
  5. ‌When can babies have bananas? (2023). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/when-can-babies-eat-bananas_40009330
  6. ‌Can Babies Eat Apples - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/apple/
  7. ‌Papaya for Babies - First Food for Babies - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/papaya/
  8. ‌Mango for Babies - Can Babies Eat Mangoes? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/mango/
  9. ‌Can Babies Eat Sweet Potato? - First Foods - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/sweet-potato/
  10. ‌Solan, M. (2021, July 14). Want probiotics but dislike yogurt? Try these foods - Harvard Health. Harvard Health; Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/blog/want-probiotics-but-dislike-yogurt-try-these-foods-202107142918
  11. ‌How to Prepare Pear for Babies - First Foods - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/pear/
  12. ‌Raman, R. (2023, May 15). 10 Impressive Health Benefits of Mung Beans. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/mung-beans#TOC_TITLE_HDR_6
  13. ‌Avocados for Babies - How to Introduce Avocado to Babies. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/avocado/
  14. ‌When babies can eat corn. (2023). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/when-can-my-baby-eat-corn_1368507
  15. ‌Purple Potatoes for Babies - First Foods for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/purple-potatoes/
  16. ‌Tofu for Babies - Can Babies Eat Tofu? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/tofu/
  17. ‌IDAI | Tips Memilih Snack Sehat Untuk Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/tips-memilih-snack-sehat-untuk-anak


Artikel Terkait