7 Pilihan Buah yang Aman untuk MPASI Bayi 6 Bulan

Si Kecil sudah menginjak usia 6 bulan, Bu? Ini berarti sudah saatnya bagi ia masuk ke fase MPASI. Tahapan MPASI memang sangatlah penting...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
26 Jun 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Buah untuk bayi 6 bulan


Si Kecil sudah menginjak usia 6 bulan, Bu? Ini berarti sudah saatnya bagi ia masuk ke fase MPASI. Tahapan MPASI memang sangatlah penting ketika bayi berusia 6 bulan. Pasalnya, bayi membutuhkan tambahan nutrisi untuk pertumbuhannya yang mulai tidak didapat dari ASI.

Di waktu ini, Ibu sudah mulai mempersiapkan segala peralatan makan si Kecil, hingga menu MPASI yang akan dibuat. Beberapa sumber nutrisi penting untuk MPASI bayi 6 bulan bisa Ibu dapatkan dari makanan seperti sayuran, daging, hingga buah.

Nah, pada artikel ini akan membahas tentang pilihan buah untuk bayi usia 6 bulan, manfaat di dalamnya, serta cara aman memberikannya. Simak selengkapnya, ya, Bu!

Beragam Pilihan Buah untuk Bayi Usia 6 Bulan

Memberikan buah untuk bayi usia 6 bulan saat memulai MPASI sangatlah penting. Alasannya, karena buah bisa menjadi camilan dan mudah untuk dijadikan bubur. 

Bayi masih membutuhkan adaptasi ketika pertama kali saat mencoba makanan padat. Oleh karena itu, menu makanan MPASI pertama sebaiknya Ibu buat dengan tekstur puree atau bubur halus.

Selain itu, buah kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk pencernaan bayi usia 6 bulan. Kandungan tersebut juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memastikan si Kecil tumbuh kembang dengan baik. 

Berikut ini beberapa buah untuk bayi 6 bulan yang bisa Ibu berikan sebagai menu MPASI:

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang paling sering menjadi menu MPASI untuk bayi 6 bulan. Buah ini mempunyai tekstur yang lembut sehingga mudah untuk diolah. 

Pisang kaya akan karbohidrat yang dapat memberikan energi pada tubuh bayi. Selain itu pisang juga mengandung folat, vitamin B6, vitamin C, dan kalium sebagai tambahan nutrisi untuk tumbuh kembang si Kecil.

Zat gizi yang terkandung dalam pisang meningkatkan sistem saraf, penyerapan zat besi, kesehatan kulit, dan serat untuk membangun sistem pencernaan yang sehat. 

Cara menyajikan pisang untuk MPASI bayi usia 6 bulan juga sangat mudah. Ibu hanya perlu mencampurkan pisang yang sudah matang dengan sedikit ASI, jangan lupa dilumat hingga halus agar si Kecil tidak tersedak. 

2. Alpukat

Buah alpukat juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk MPASI bayi usia 6 bulan, lho! Buah ini mempunyai tekstur lembut saat matang dan mudah sekali dihaluskan. 

Buah alpukat juga terbukti menyehatkan karena mengandung banyak sekali nutrisi penting untuk pertumbuhan bayi. Dalam satu porsi alpukat mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan kalium.

Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan lemak meliputi asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, dan lemak jenuh. Semua lemak tersebut merupakan lemak sehat yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi. 

Buah untuk MPASI bayi usia 6 bulan ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk perkembangan bayi secara menyeluruh.

3. Buah Naga

Buah naga memiliki rasa manis dan lembut dengan tekstur sedikit berair. Buah ini menjadi pilihan yang baik untuk MPASI bayi usia 6 bulan. 

Selain karena teksturnya, buah naga juga kaya akan nutrisi, seperti vitamin C dan fosfor. Tidak hanya itu, biji buah naga juga mengandung nutrisi penting seperti lemak tak jenuh, vitamin A, kalsium, dan zat besi. 

Buah naga memiliki manfaat sangat penting untuk sistem pencernaan karena mengandung banyak air dan serat yang bisa membantu usus jadi lebih sehat. 

Di samping itu, buah yang cocok untuk MPASI bayi 6 bulan ini juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

4. Apel

Buah satu ini sangatlah populer dan bisa menjadi menu MPASI bayi sejak usia 6 bulan. Hanya saja Ibu harus mengolahnya hingga halus atau dibuat puree. 

Apel merupakan buah dengan banyak karbohidrat yang penting untuk meningkatkan energi pada tubuh bayi. Antioksidan dan fitonutrien pada apel juga sangat baik untuk penglihatan dan melancarkan saluran pernapasan.

Selain itu, apel juga bermanfaat untuk memperkuat tulang karena mengandung vitamin C. Bukan hanya daging buah apel saja yang penuh dengan nutrisi baik, kulit apel juga memiliki efek antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak.

5. Pepaya

Buah pepaya juga sangat direkomendasikan untuk MPASI bayi sejak usia 6 bulan. Pepaya matang mempunyai aroma yang khas dan tekstur yang lunak. 

Pepaya yang sudah matang mempunyai kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Nutrisi tersebut sangat penting dalam mendukung keterampilan penglihatan, sistem kekebalan tubuh, menyehatkan kulit, dan membantu menyerap zat besi

Bahkan, kadar vitamin C pada pepaya diketahui lebih banyak dari apel, pisang, dan jeruk. Pepaya juga kaya akan vitamin E yang baik untuk memperkuat sel-sel di dalam tubuh.

Untuk MPASI bayi usia 6 bulan, buah pepaya tetap perlu Ibu haluskan daging buahnya terlebih dahulu. Sebelum menyajikan pepaya pada si Kecil, pastikan sudah dicuci dengan bersih ya, Bu.

Baca Juga: Cara Memulai MPASI untuk Bayi 6 Bulan

6. Buah Pir

Buah pir mempunyai tekstur yang sama seperti apel, tetapi kulit buah pir lebih mudah dicerna. Satu buah pir mempunyai kandungan nutrisi tinggi seperti kalium, vitamin C, folat, serat, dan zinc. 

Buah ini merupakan sumber serat larut yang baik. Jadi, jika Ibu khawatir dengan asupan serat si Kecil, tak ada salahnya menambahkan beberapa buah pir untuk MPASI bayi usia 6 bulan.

Sama seperti apel, kulit buah pir mengandung asam lemak esensial yang sehat sehingga dapat mencegah berbagai penyakit. Untuk menyajikan buah pir sebagai MPASI bayi 6 bulan, Ibu harus mengukusnya terlebih dahulu, kemudian dihaluskan dan ditambahkan ASI.

7. Mangga

Untuk memberikan buah ini sebagai MPASI, Ibu harus memastikan mangga sudah benar-benar matang. Pasalnya, mangga matang mempunyai tekstur yang lembut dan mudah untuk dihaluskan atau puree. 

Mangga mempunyai banyak sekali jenis dan kandungan nutrisinya juga berbeda-beda. Akan tetapi, rata-rata 75 gram mangga memiliki kandungan seperti kalsium, zat besi, serat, vitamin A dan vitamin C. 

Buah untuk bayi usia 6 bulan ini kaya senyawa bioaktif yang berpotensi membantu tumbuh kembang bayi. Tingginya kandungan vitamin A dan vitamin C pada mangga juga mampu memberikan energi untuk fungsi tubuh, serta menyehatkan kulit dan rambut. 

Baca Juga: 7 Cara Jitu Mengatasi Sembelit pada Bayi 6 Bulan ke Atas

Nah, itu dia beberapa pilihan buah untuk bayi 6 bulan yang bisa Ibu berikan pada si Kecil. Hal yang paling penting adalah Ibu harus memastikan kematangan buah, kebersihannya, dan kelembutan teksturnya terlebih dahulu sebelum diberikan kepada si Kecil. 

Untuk mendapatkan lebih banyak inspirasi resep MPASI lain menggunakan buah-buahan, Ibu bisa langsung cek di Bebe Journey, lho! Di sini, Ibu bisa pula cek milestone bulanan si Kecil apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum, jadwal vaksin, hingga mengecek grafik pertumbuhan sampai reminder jadwal vaksin. Gratis!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Pear for Infants: Nutritional Value, Benefits and Recipes. (n.d.). Parenting.firstcry.com. Retrieved May 24, 2023, from https://parenting.firstcry.com/articles/pear-for-baby-health-benefits-nutritional-value-recipes/
  2. ‌Swati Patwal. (2022, January 18). Mango For Babies: Nutritional Value, Benefits, And Recipes. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/mango-for-baby-benefits-recipes-tips_00804133/
  3. ‌IDAI | Makanan Pendamping ASI (MPASI). (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/makanan-pendamping-asi-mpasi
  4. ‌Parents. (2020). Understanding Baby Food Stages: A Cheat Sheet for Parents. Parents. https://www.parents.com/baby/feeding/nutrition/baby-food-stages-and-steps-by-age/
  5. ‌Healthxchange.sg. (2019) https://www.healthxchange.sg/children/food-nutrition/food-children-fruits-vegetables-important
  6. ‌Bananas for Babies - When Can Babies Eat Bananas? - Solid Starts. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/banana/
  7. ‌Mrunal. (2019, July 18). Introducing Avocado to Babies: When, Why & How. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/introducing-avocado-to-babies-when-why-how/
  8. Swati Patwal. (2021, May 28). Dragon Fruit For Babies: Benefits, Precautions And Recipes. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/dragon-fruit-for-babies-benefits-recipes_00737451/
  9. ‌Chatterjee, T. (2018, January 11). Apples for Kids – Benefits & Interesting Facts. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/apples-for-kids-benefits-interesting-facts/
  10. ‌Papaya for Babies - First Food for Babies - Solid Starts. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/papaya/


Artikel Terkait