anak picky eater

Kenali Anak Picky Eater

Sejak dikenalkan pada makanan padat ketika memulai MPASI, perbendaharaan rasa si Kecil akan semakin bertambah. Tak jarang, mereka berujung mulai pilih-pilih makanan. Walau fenomena ini umum ditemui di seluruh dunia, namun seringkali membuat orang tua khawatir.

Anak yang pilih-pilih makanan seringkali disebut picky eater, kadang juga disebut fussy eater. Apa bedanya? Sebenarnya kedua istilah ini sama-sama merujuk pada anak yang memiliki preferensi terhadap makanan tertentu dan menolak makanan lainnya[1], terutama pada masa early childhood.

Kadang, anak pilih-pilih makanan karena meniru kebiasaan orang tua yang juga pilih-pilih makanan di rumah[2]. Namun, seringkali tak ada sebab tertentu, karena wajar bagi anak usia 1-6 tahun yang sedang bertumbuh memiliki nafsu makan yang berubah-ubah[3].

Bila si Kecil memiliki tanda-tanda berikut[4], bisa jadi dia termasuk anak pemilih makanan:

  • Super selektif, hanya mau makan suatu makanan (atau kelompok makanan) tertentu
  • Menolak makanan karena bau, tampilan, atau rasanya
  • Malas makan, seperti hanya mau makan sedikit, mengunyah dengan sangat pelan, atau nafsu makannya sedikit
  • Jika menghadapi makanan yang tidak disukai, dia akan menjauhkan makanan darinya[5]
  • Rewel saat waktu makan

Walau suka pilih-pilih makanan, selama si Kecil tetap mengonsumsi makanan dari 4 sumber nutrisi (sayur-sayuran, buah-buahan, makanan pokok, lauk pauk), berat badannya naik, dan aktif[6], maka Ibu tidak perlu khawatir.

Untuk bantu lengkapi kebutuhan nutrisi dan serat harian si Kecil, Ibu juga dapat memberikan susu pertumbuhan tinggi serat seperti susu Bebelac Gold 3: 1-5 tahun dengan Advansfibre tinggi serat dan diperkaya dengan FOS:GOS 1:9. Bebelac Gold juga mengandung fish oil dengan Omega-3 dan Omega-6, serta 13 vitamin dan 7 mineral yang dapat membantu tumbuh kembang anak sehingga si Kecil bisa menjadi anak hebat.

Tag