15 Camilan untuk Anak 1 Tahun yang Enak dan Tinggi Serat

Ibu bisa buat camilan anak 1 tahun dari bahan makanan sehat dan tinggi serat yang tersedia di rumah. Misalnya apel, pisang, kentang, dan ubi.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
19 Jul 2022
camilan anak 1 tahun - Bebeclub


Anak usia 1 tahun perlu makan snack 1-2 kali sehari untuk penuhi kebutuhan energi hariannya. Ibu bisa temukan rekomendasi bahan camilan anak 1 tahun yang sehat dan tinggi serat di sini!

Ide Camilan untuk Anak 1 Tahun

Berikut ini beberapa bahan makanan yang bisa Ibu olah sebagai pilihan camilan anak 1 tahun: 

1. Alpukat 

Alpukat memiliki tekstur lembut sehingga cocok dijadikan sebagai bahan makanan si Kecil. Buah ini tinggi kandungan prebiotik, yakni makanan bagi probiotik dalam sistem cerna. 

Maka dari itu, pemenuhan asupan prebiotik dapat bantu jaga kesehatan cerna si Kecil. Alpukat kaya akan omega 3, karbohidrat, kalium, dan ragam vitamin (C, E, dan K). 

Alpukat sangat mudah diolah menjadi berbagai macam camilan anak usia 1 tahun. Contohnya dioleskan pada roti gandum utuh, dijadikan smoothies, atau dimakan bersama yogurt

2. Pisang

Buah pisang rasanya manis dan teksturnya lembut. Pisang matang sempurna juga tinggi prebiotik sehingga dapat bantu dukung saluran cerna si Kecil dan menurunkan risiko sembelit. 

Dengan pencernaan yang sehat, anak akan cenderung lebih berselera untuk makan. Selain itu, pisang juga mengandung kalium, vitamin C, folat, vitamin B6, dan antioksidan.  

3. Apel 

Apel juga mengandung serat pektin yang berperan sebagai prebiotik di dalam saluran pencernaan. Selain itu, buah ini juga menawarkan vitamin C, vitamin B6, dan antioksidan.

Pastikan Ibu membersihkan biji apel sebelum memberikannya pada anak. Lalu, kupas kulit apel dan potong setebal 1 cm agar tidak membuat tersedak. 

Celupkan ujungnya pada full-fat yogurt atau peanut butter supaya makin enak dan bergizi. 

Baca Juga: Ciri Anak Picky Eater, Penyebab, dan Cara Jitu Mengatasinya

4. Stroberi

Buah berwarna merah ini dapat bantu meningkatkan imun tubuh si Kecil karena tinggi kandungan vitamin C. Stroberi juga tinggi serat, folat, antioksidan, dan omega 3. 

Oleh karena itu, konsumsi stroberi sebagai camilan anak 1 tahun dapat dukung kinerja sistem saraf dan perkembangan otak. 

5. Keju

Keju memiliki cita rasa gurih sehingga banyak disukai oleh anak-anak. Nutrisi di dalamnya pun sangat baik bagi tubuh, sehingga cocok untuk dijadikan camilan anak.  

Keju tinggi protein, lemak, kalsium, selenium, zinc, vitamin A, dan vitamin B12. Untuk si Kecil, Ibu bisa pilih keju yang terpasteurisasi seperti cream cheese, cheddar, dan mozzarella

Ibu bisa berikan keju potong sebagai finger food atau mengolahnya bersama bahan makanan lain sebagai camilan si Kecil. Misal pancake keju, potato cheese sticks, atau roti oles keju. 

6. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu sumber probiotik terbaik yang bisa diberikan. Produk olahan susu ini mengandung kalsium, protein, lemak, serta nutrisi lain yang penting untuk pertumbuhan. 

Pastikan Ibu memilih full-fat yogurt tanpa tambahan gula dan perasa. Selain langsung dimakan, Ibu juga dapat sajikan sebagai es krim atau campuran salad buah. 

Baca Juga: Manfaat Kalsium untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

7. Pir 

Pir adalah buah tinggi serat yang baik untuk cegah risiko konstipasi pada anak. Ditambah lagi, buah pir kaya akan vitamin K, vitamin C, kalium, dan antioksidan. 

Karena buah pir matang teksturnya lembut dan kaya airnya, Ibu dapat memberikannya sebagai camilan anak 1 tahun dalam bentuk utuh. 

Usahakan memberi buah pir bersama kulitnya, karena bagian kulitnya mengandung antioksidan dalam jumlah tertinggi. Potong dan celup di peanut butter untuk tambahan nutrisi dan cita rasa.

8. Pepaya

Pepaya yang matang sempurna akan memiliki warna jingga yang cantik, teksturnya lembut dan rasanya manis. Ibu dapat menyajikannya sebagai buah potong atau sup buah. 

Di samping rasanya yang lezat, pepaya mengandung serat yang baik bagi kesehatan pencernaan, serta vitamin A, C, E, dan B. 

9. Kentang

Kentang bisa jadi bahan makanan untuk camilan anak 1 tahun karena mengandung zat besi, folat, vitamin B6 dan C, kolin, juga zinc. 

Kentang juga mengandung serat resisten dengan sifat prebiotik sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan si Kecil. 

Ibu dapat mengolah kentang menjadi berbagai macam camilan lezat. Misalnya kentang goreng krispi, kue lumpur kentang, donat kentang, baked potato cheese, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Pilihan Menu Makanan Anak Usia 1 Tahun yang Enak dan Bergizi

10. Biji Chia

Biji chia atau chia seeds adalah salah satu kelompok biji-bijian yang paling tinggi kandungan omega 3-nya. 

Ada pula protein, kalsium, zinc, serta vitamin B6 dan K yang dapat dukung pertumbuhan sel, kesehatan tulang, dan imun tubuh si Kecil. 

Chia seed bisa Ibu campurkan dalam berbagai bentuk makanan seperti pudding, salad buah, atau yogurt

11. Ubi 

Ubi merupakan salah satu bahan makanan kaya prebiotik yang dapat dukung kesehatan cerna si Kecil. Kandungan vitamin A dan C-nya yang tinggi juga dapat dukung sistem imun tubuh anak. 

Ubi juga memiliki pilihan warna cantik (ungu, oranye, kuning) jadi Ibu dapat membuat camilan anak 1 tahun dengan tampilan lebih menarik tanpa harus menggunakan pewarna buatan. 

12. Kacang Almond

Kacang almond menawarkan serat, protein, lemak sehat, dan antioksidan dalam persentase yang tinggi. Setiap butir kacangnya juga mengandung kalsium, zinc, vitamin E, dan zat besi.

Untuk memberikannya pada si Kecil, Ibu dapat menghancurkan kacang almond dan menaburkannya pada camilan anak. Misalnya pada bolu, es krim, atau dijadikan selai.  

13. Kacang Merah 

Kacang merah adalah salah satu makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, folat, zat besi, zinc, dan vitamin C. Kulit kacang yang berwarna merah juga tinggi antioksidan. 

Pastikan Ibu merendam kacang merah semalaman dan merebusnya dulu sampai empuk (minimal 30 menit) sebelum mengolahnya menjadi camilan. 

Baca Juga: Pilihan Jenis Makanan yang Mengandung Omega 3 Tinggi

14. Nori

Nori adalah rumput laut kering dan sering digunakan untuk membuat sushi. Selain enak, makanan satu ini ternyata menawarkan nilai gizi tinggi, seperti yodium dan asam amino tirosin.

Ibu dapat mengolah nori menjadi berbagai macam camilan anak 1 tahun. Contohnya nori panggang yang diolesi olive oil, stik tempe nori, onigiri kentang, dan ayam gulung nori.

15. Blueberry

Blueberry termasuk ke dalam jajaran buah yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi. Selain itu, terkandung juga serat, vitamin E, vitamin C, dan vitamin K. 

Itulah mengapa konsumsi buah ini dapat dukung kesehatan jantung, kesehatan sistem pencernaan anak, dan kekuatan sistem imun tubuh. 

Haluskan blueberry sebelum diberikan untuk menghindari anak tersedak. Kemudian, olah menjadi agar-agar, kue, ataupun dicampur bersama yogurt.  

Baca Juga: Inspirasi Menu MPASI 1 Tahun yang Lezat Bergizi untuk si Kecil

Itulah sejumlah bahan makanan yang dapat Ibu kreasikan untuk membuat camilan anak 1 tahun yang lezat, sehat, dan bernutrisi. 

Nutrisi harian cukup dan seimbang akan bantu si Kecil tumbuh dan berkembang optimal. 

Untuk bantu sempurnakan asupan nutrisi hariannya, Ibu dapat berikan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti susu Bebelac 3 GroGreat+

Bebelac 3 GroGreat+ adalah Ahli Pencernaan No. 1 yang mengandung FOS:GOS 1:9 teruji klinis serta Triple A (DHA, LA, ALA), agar si Kecil tumbuh hebat dengan pencernaan sehat (happy tummy). 

Berkat asupan nutrisi optimal susu Bebelac, anak bisa lebih aktif dan tumbuh dengan karakter ceria (happy heart) serta memiliki daya pikir yang kreatif (happy brain).

Ingin dapatkan lebih banyak tips dan informasi parenting terbaru mengenai nutrisi penting untuk si Kecil? Yuk, daftarkan diri di Bebeclub!

Di sini, Ibu juga bisa dapatkan beragam promo dan penawaran menarik seputar susu Bebelac, lho!

 

 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. ‌Semeco, A. (2023, October 31). The 20 Best Prebiotic Foods You Should Eat. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/19-best-prebiotic-foods#seaweed
  2. Avocados. (2022, April 15). The Nutrition Source. https://nutritionsource.hsph.harvard.edu/avocados
  3. ‌When Can Babies Eat Bananas? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/banana/
  4. Can Babies Eat Apples - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/apple/
  5. O’Brien, S. (2018, May 28). 7 Surprising Health Benefits of Eating Seaweed. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-seaweed#weight-management
  6. Which Cheeses are Best for Baby? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/cheese/
  7. How to Prepare Pear for Babies - First Foods - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/pear/
  8. Papaya for Babies - First Food for Babies - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/papaya/
  9. Can Babies Eat Potatoes? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/potato/
  10. When Can Babies Eat Yogurt? - First Foods - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/yogurt/
  11. Chia Seeds for Babies - Can Babies Eat Chia Seeds? (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/chia-seed/
  12. WebMD Editorial Contributors. (2020, November 18). Health Benefits of Sweet Potatoes. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-sweet-potatoes
  13. Almonds for Babies - First Foods for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/almond/
  14. Kidney Beans for Babies - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/kidney-beans/
  15. Strawberries for Babies - When Can Babies Eat Strawberries? (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/strawberry/


Artikel Terkait