15 Makanan Anak 1 Tahun yang Sehat dan Pantangannya

Anak 1 tahun direkomendasikan makan asupan sehat seperti ikan, daging dan minum susu. Sebaiknya membatasi asupan gula-garam serta tidak makan makanan mentah.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
14 Feb 2022
Makanan anak 1 tahun - Bebeclub.


Makanan anak 1 tahun sudah lebih bervariasi karena ia mulai bisa diperkenalkan dengan makanan keluarga. Kira-kira makanan apa, ya, yang baik bagi anak usia ini? 

Pilihan Makanan Anak 1 Tahun yang Sehat Bergizi

Anak umur 1 tahun sudah boleh makan apa? Bolehkah makan daging sapi dan minum madu? Ibu bisa temukan rekomendasi daftar makanan yang sehat dan bergizi di bawah ini: 

1. Ikan Salmon

Ikan laut satu ini rendah merkuri dan kaya nutrisi, terutama asam lemak esensial omega 3 (EPA dan DHA) yang sangat dibutuhkan agar perkembangan otaknya optimal.  

Omega 3 dalam salmon termasuk yang paling tinggi, yaitu 2,3 gram per 100 gram ikan. Di samping itu, salmon juga tinggi protein, vitamin B, kalium, selenium, dan antioksidan astaxanthin. 

Antioksidan tersebut dipercaya bekerja sama dengan asam lemak omega 3 untuk melindungi otak dan sistem saraf si Kecil dari peradangan. 

2. Ikan Kembung

Ikan kembung yang dikenal juga dengan nama makarel, juga merupakan ikan yang rendah merkuri dan tinggi kandungan omega 3

Dalam 85 gram ikan kembung terkandung hingga 1.000 mg omega 3. Jauh lebih tinggi daripada jenis makanan laut lainnya. 

Lalu, kandungan nutrisi baik lainnya meliputi protein, zat besi, vitamin B1, B2, B3, dan B12, selenium, iodin, tembaga, dan vitamin D.

3. Ikan Teri

Omega 3 ternyata tidak hanya berperan dalam perkembangan otak yang optimal. Nutrisi satu ini ternyata juga bisa membuat suasana hati lebih ceria dan menjaga kesehatan mata. 

Ikan teri merupakan salah satu bahan makanan anak 1 tahun yang juga kaya akan nutrisi ini. Sebab, di dalam 45 gram teri terkandung 924 mg komponen omega 3 bernama DHA

Jumlah yang hampir sama dengan DHA di dalam ikan salmon. Selain itu, ikan berukuran kecil ini juga kaya akan komponen omega 3 EPA, zat besi, kalsium, vitamin B3, dan selenium. 

Baca Juga: Pentingnya AA, DHA, LA, dan ALA untuk Anak

4. Udang

Selain menjadi sumber makanan kaya omega 3, udang juga merupakan salah satu makanan sumber yodium terbaik. Mineral yang berperan penting dalam fungsi kelenjar tiroid dan kesehatan otak. 

Kemudian, makanan laut satu ini juga tinggi kalori, protein, zat besi, fosfor, kalium, zinc, magnesium, dan sodium. 

5. Hati Ayam

Hati ayam tinggi akan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel darah merah. Sel darah merah sendiri berfungsi mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. 

Oleh karena itu, jumlah sel darah merah yang kurang bisa membuat anak lemas, daya tangkapnya rendah, mudah sakit, hingga mengalami anemia defisiensi besi. 

Selain zat besi, hati ayam juga mengandung protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, sodium, zinc, selenium, vitamin C, vitamin A, vitamin B3, vitamin B12, folat, dan kolin.

6. Daging Ayam

Daging ayam, terutama bagian dada, merupakan makanan anak 1 tahun yang kaya akan  protein hewani. Nutrisi yang dibutuhkan untuk membangun tubuh si Kecil. 

Lean protein di dalam daging ayam terdiri dari berbagai macam asam amino yang berfungsi membangun jaringan otot tubuh. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan protein yang cukup akan bantu si Kecil memiliki kepadatan tulang yang lebih baik. 

Baca Juga: 4 Resep Makanan Berkuah saat Si Kecil Susah Makan

7. Daging Sapi

Daging sapi mengandung zat besi yang dibutuhkan si Kecil untuk menghindari anemia. Di samping itu, daging ini juga tinggi protein dan zinc

Daging sapi juga memiliki kandungan lemak yang tinggi, jadi bisa bantu penuhi kebutuhan kalori si Kecil dan bantu menaikkan berat badannya. 

8. Pisang

Pisang merupakan pilihan buah yang baik untuk makanan anak 1 tahun dan boleh dikonsumsi setiap hari. Buah lembut ini kaya karbohidrat, folat, vitamin B6, vitamin C, dan kalium. 

Bersama-sama, nutrisi tersebut menjadi sumber energi, mendukung sistem saraf, kesehatan kulit, serta meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh. 

Selain itu, pisang memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari beri-berian lain. Saat matang sempurna, pisang akan memiliki serat prebiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan.

9. Apel

Bukan hanya pisang yang memiliki kandungan prebiotik, apel juga tinggi akan serat sehat satu ini. Namanya adalah pektin. 

Tahukah Ibu mengapa prebiotik sangat penting bagi kesehatan pencernaan anak? Sebab, nutrisi satu ini berperan sebagai sumber makanan bagi bakteri baik (probiotik). 

Apabila jumlah bakteri baik optimal, sistem pencernaan anak akan terlindungi dari serangan mikroorganisme jahat yang ikut masuk ke perut bersama makanan dan minuman. 

Baca Juga: 15 Pilihan Camilan Anak yang Tinggi Serat

10. Alpukat

Alpukat termasuk salah satu makanan bagus untuk pencernaan sebab tinggi nutrisi dan bisa diolah menjadi berbagai macam menu. 

Buah lembut ini kaya akan serat sehat prebiotik dan lemak sehat yang dibutuhkan anak untuk pencernaan yang sehat dan perkembangan otak yang maksimal. 

Terkandung juga vitamin yang penting bagi pertumbuhan seperti vitamin B6 dan folat serta nutrisi yang penting untuk sistem imun seperti zinc dan vitamin E. 

11. Kentang

Apakah si Kecil tampak bosan makan nasi sehingga sering tutup mulut ketika disuapi nasi? Kalau itu yang sedang terjadi, siapa tahu si Kecil sedang bosan dan ingin variasi. 

Salah satu sumber karbohidrat alternatif yang kandungan nutrisinya sama baiknya dengan nasi adalah kentang. 

Selain karbohidrat, di dalam tiap butir kentang mengandung serat prebiotik, zat besi, folat, vitamin B6, vitamin C, kolin dan zinc

12. Wortel

Ibu, yuk bantu jaga kesehatan mata si Kecil dengan memberikan wortel sebagai makanan anak 1 tahun! 

Sayur berwarna oranye ini tinggi akan antioksidan beta karoten dan lutein yang berfungsi melindungi mata dari sinar matahari, menekan risiko katarak, dan gangguan mata lainnya. 

Bukan itu saja, beta karoten akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh lalu berfungsi melindungi kesehatan kulit. Jadi, kulit si Kecil tetap halus, elastis, dan lembab. 

Baca Juga: Inspirasi Menu MPASI 1 Tahun yang Lezat Bergizi untuk si Kecil

13. Brokoli

Setiap kuntum sayuran berwarna hijau tua ini kaya zat besi, antioksidan, serat, protein, folat, vitamin C dan vitamin K. 

Kandungan zat besi dan vitamin C di dalam brokoli sangat baik untuk mencegah anemia defisiensi besi yang dapat menghambat pertumbuhan otak anak. 

Selain itu, brokoli juga kaya antioksidan yang dapat bantu menekan risiko kanker seperti sulforafan, karotenoid, kaempferol, dan indole-3-carbinol. 

14. Madu

Pada usia 1 tahun, daya tahan tubuhnya sudah bisa melawan bakteri Clostridium. Jadi, ia sudah boleh mengonsumsi dan memperoleh khasiat madu buat anak sebagai suplemen harian.

Madu tinggi akan kalori, karbohidrat, gula, protein, zat besi, kalsium, kalium, vitamin B, antioksidan flavonoids, dan antioksidan fitokimia.  

Kedua antioksidan tersebut dapat mendukung kesehatan pencernaan si Kecil. Selain itu, madu juga bisa diberikan pada si Kecil untuk mengurangi gejala batuk. 

15. Susu

Supaya tumbuh kembang si Kecil semakin maksimal, setelah masuk usia 1 tahun American Academy of Pediatrics menyarankan untuk minum susu 2 kali sehari dengan takaran 480 ml. 

Salah satu susu yang dapat Ibu pilih untuk si Kecil adalah susu pertumbuhan yang telah difortifikasi dengan nutrisi penting sehingga dapat bantu penuhi kebutuhan asupan hariannya. 

Contohnya Bebelac 3 GroGreat+ karena diperkaya serat prebiotik FOS:GOS 1:9 yang sudah teruji secara internasional di lebih dari 10 negara Asia dan Eropa optimalkan kesehatan pencernaan si Kecil. 

Bebelac dilengkapi juga dengan formula Triple A (DHA, ALA, LA) sebagai nutrisi otak untuk dukung daya pikir kreatif si Kecil! Tidak ketinggalan kandungan 14 vitamin dan 9 mineral penting lain, seperti zat besi, kalsium, dan iodium untuk optimalkan tumbuh kembangnya. 

Baca Juga: 15 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak agar Tumbuh Optimal

Apa Saja yang Tidak Boleh Dimakan Anak 1 Tahun?

Anak 1 tahun memang sudah boleh makan banyak hal, namun ada beberapa makanan yang sebaiknya ditunda dulu pemberiannya hingga tidak boleh diberikan sama sekali, yaitu: 

1. Gula dan Garam 

Tubuh anak usia 1 tahun sebenarnya belum butuh asupan gula dan garam tambahan. Oleh karena itu sebaiknya pemberiannya dibatasi atau dihindari sama sekali. 

Gula tambahan akan meningkatkan risiko kerusakan gigi, obesitas, dan susah makan pada anak. Sementara, garam dapat memperberat kinerja ginjal. 

Sebab, pada usia ini ginjal anak belum terbentuk sempurna dan dalam sehari hanya bisa mengelola maksimal 2 gram garam. 

2. Telur Setengah Matang

Hindari memberikan telur setengah matang sebagai makanan anak 1 tahun walaupun ia suka. Ibu harus pastikan telur dimasak hingga benar-benar matang. 

Langkah ini penting untuk melindungi si Kecil dari paparan bakteri berbahaya seperti Salmonella. 

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan diare yang disertai demam dan sakit perut. Dalam beberapa kasus, diare bisa berlanjut menjadi dehidrasi parah yang mengancam jiwa.

3. Seafood Mentah

Jangan berikan seafood seperti ikan, cumi, dan kerang-kerangan dalam keadaan mentah atau setengah matang karena dapat menyebabkan keracunan makanan. 

Selain itu, beberapa jenis ikan laut seperti hiu, ikan todak, dan marlin sebaiknya dihindari, baik dalam kondisi matang maupun mentah. 

Sebab kadar merkurinya terlalu tinggi tidak aman untuk dikonsumsi anak usia 1 tahun. Keracunan merkuri bisa sebabkan gangguan perkembangan sistem saraf. 

4. Makanan Tidak Terpasteurisasi

Sejumlah makanan perlu dipanaskan pada suhu 600°C selama 30 menit supaya mikroba berbahaya di dalamnya mati. Proses pensterilan ini dinamakan pasteurisasi. 

Hindari produk yang belum disterilkan karena bisa jadi masih mengandung mikroba yang berisiko menyerang tubuh. Contohnya bakteri listeria dalam keju. 

Produk lain yang perlu diperhatikan labelnya apakah sudah melalui pasteurisasi atau belum adalah jus, susu, dan yogurt. 

5. Fast Food

Fast food sebaiknya tidak dijadikan makanan anak 1 tahun karena tinggi lemak jenuh, garam, gula tambahan, dan zat aditif lainnya. 

Kandungan tersebut dapat meningkatkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, stroke, penyakit jantung, dan kolesterol di kemudian hari.

Apa saja yang termasuk fast food? Di antaranya yang sering dijumpai adalah sosis, burger, nugget, susu dengan aneka varian rasa, dan biskuit cokelat.

Itulah sejumlah makanan yang direkomendasikan dan sebaiknya tidak diberikan kepada anak usia 1 tahun. 

Sekarang Ibu sudah tidak bingung lagi dan bisa lebih bijak untuk memilih makanan terbaik untuk dukung Anak Hebat, agar tumbuh dan berkembang dengan optimal!

 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. When Can Babies Eat Bananas? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/banana/
  2. Semeco, A. (2023, October 31). The 20 Best Prebiotic Foods You Should Eat. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/19-best-prebiotic-foods#bananas
  3. Avocados for Babies - How to Introduce Avocado to Babies. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/avocado/
  4. Franziska Spritzler. (2016, December 20). Salmon Nutrition and Health Benefits. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/salmon-nutrition-and-health-benefits#11
  5. Can Babies Eat Potatoes? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/potato/
  6. How Nutritious Are Carrots? (2019, August 14). WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-carrots
  7. Ice), R. (2019, May 10). Broccoli 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/foods/broccoli#plant-compounds
  8. Why Should Babies Not Have Honey? (for Parents). (2023). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/honey-botulism.html
  9. Honey Nutrition Facts and Health Benefits. (2018). Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/honey-nutrition-facts-and-calories-4164274
  10. Recommended Drinks for Children Age 5 & Younger. (2024). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/nutrition/Pages/recommended-drinks-for-young-children-ages-0-5.aspx
  11. Bhattacharya, M. (2022, June 15). What Are the Health Benefits of Mackerel? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/what-are-health-benefits-mackerel
  12. Freydis Hjalmarsdottir, MS. (2018, October 15). 17 Science-Based Benefits of Omega-3 Fatty Acids. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/17-health-benefits-of-omega-3#TOC_TITLE_HDR_2
  13. Lang, A. (2021, August 24). Anchovies: Nutrients, Benefits, Downsides, and More. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/anchovy-nutrition#nutrition
  14. Elliott, B. (2018, February 16). Is Shrimp Healthy? Nutrition, Calories, and More. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/is-shrimp-healthy#nutrition-content
  15. FoodData Central. (2024). Usda.gov. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/171060/nutrients
  16. WebMD Editorial Contributor. (2020, September 5). Health Benefits of Chicken. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-chicken
  17. Atli Arnarson BSc, PhD. (2019, April 4). Beef 101: Nutrition Facts and Health Effects. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/beef#nutrition
  18. A common bacterial infection affecting the intestinal tract-Salmonella infection - Symptoms & causes - Mayo Clinic. (2022). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/salmonella/symptoms-causes/syc-20355329
  19. Masters, M. (2017, August 16). Kids and Sugar: How Much Sugar Is Okay for Children to Eat? What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/toddler-nutrition/kids-and-sugar.aspx
  20. Sugar for Baby - First Foods for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/sugar/
  21. NHS Choices. (2024). Salt in your diet. https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/food-types/salt-in-your-diet/
  22. The FDATrusted Source suggests that a diet high in salt often increases a person’s blood pressure, making a person more prone to heart attacks, stroke, kidney disease, or heart disease.
  23. Huzar, T. (2019, April 2). Is fast food bad for you? All you need to know about its nutrition and impacts. Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324847#mental-health
  24. Setiawan, E. (2023). Arti kata pasteurisasi - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Kbbi.web.id. https://kbbi.web.id/pasteurisasi


Artikel Terkait