6 Manfaat Anak Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini untuk Perkembangannya

Tahukah Ibu, belajar bahasa Inggris sejak dini dapat memberikan sejumlah manfaat penting dalam perkembangan si Kecil, lho. Pada tahap a...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK

4 min
29 Sep 2023
Profile dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK
Anak perempuan belajar bahasa Inggris


Tahukah Ibu, belajar bahasa Inggris sejak dini dapat memberikan sejumlah manfaat penting dalam perkembangan si Kecil, lho.

Pada tahap awal kehidupan ini, bahasa dipelajari dan diperoleh lebih cepat, dipertahankan dengan lebih baik, dan diucapkan dengan pelafalan yang luar biasa.

Lantas, apa saja sebenarnya manfaat belajar bahasa Inggris untuk anak sejak dini? Yuk Bu, kita simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Memahami Bahasa Inggris dan Matematika Dasar

Manfaat Anak Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini

Belajar bahasa Inggris sejak dini membantu meningkatkan berbagai keterampilan yang mendukung perkembangan anak. Aktivitas belajar bahasa Inggris ini bisa membantu anak menjadi lebih percaya diri, serta mampu berpikir kreatif dalam memecahkan masalah, lho. Berikut adalah manfaat anak belajar bahasa Inggris sejak dini selengkapnya, Bu:

1. Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi

Belajar bahasa Inggris sejak dini membantu anak-anak mengembangkan keterampilan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis dalam bahasa tersebut lho, Bu. Ini membuka pintu bagi si Kecil untuk berkomunikasi lebih baik dengan siapa saja di masa depan.

2. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Memahami bahasa kedua seperti bahasa Inggris dapat menstimulasi pemikiran dan pemecahan masalah yang memperkuat keterampilan kognitif anak-anak. Ketika si Kecil belajar untuk memahami struktur bahasa, kosakata baru, maka kemampuan kognitifnya akan semakin terasah.

3. Lebih Siap Mempelajari Bahasa Lain

Tahukah Ibu, anak-anak yang terbiasa dengan bahasa Inggris di masa kecil cenderung lebih siap untuk mempelajari bahasa lain di masa depan. Si Kecil akan memiliki fondasi linguistik yang kuat yang dapat membantu mereka belajar bahasa-bahasa lain dengan lebih cepat.

4. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Saat mempelajari kata-kata baru dan mengadopsi aturan tata bahasa, anak-anak secara aktif menggunakan otak dan melatih ingatan mereka, yang dengan cara ini mengembangkan dan memperkuat kemampuan berpikir si Kecil.

5. Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah

Manfaat belajar bahasa Inggris lainnya, si Kecil juga jadi bisa melatih kemampuan memecahkan masalah lho, Bu.

Otak anak terus bekerja saat mereka mencoba membedakan bahasa mana yang harus diucapkan dan kapan waktu tepat mengucapkannya. Para peneliti telah menemukan bahwa anak-anak dwibahasa cenderung unggul dalam perencanaan, konsentrasi, dan kemampuan kognitifnya.

Baca Juga: 6 Ide Permainan Outbound yang Seru dan Edukatif untuk Anak

6. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Belajar bahasa Inggris sejak dini juga memungkinkan si Kecil untuk mengakses berbagai sumber informasi dalam bahasa ini. Hal ini pun dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir kritis dan menilai informasi.

Saat mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak, penting untuk menjadikan pembelajaran menyenangkan dan relevan dengan minat mereka. Ini dapat dilakukan melalui bermain, membaca buku, menonton film, dan berinteraksi dengan cara yang mendukung perkembangan bahasa mereka. 

Selain itu, peran orang tua dan pendidik sangat penting dalam memberikan dukungan dan dorongan selama proses pembelajaran.

Kapan Waktu Terbaik Mengenalkan Bahasa Asing pada Anak?

Waktu yang tepat untuk mengenalkan bahasa asing kepada anak dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk kebijakan keluarga, lingkungan budaya, dan preferensi individu. 

Sejumlah penelitian telah mengungkapkan beberapa pandangan umum tentang kapan waktu yang baik untuk memulai belajar bahasa asing pada anak-anak. Beberapa di antaranya adalah:

  • Anak-anak memiliki kemampuan alami untuk belajar bahasa sejak lahir. Sehingga, semakin awal anak mulai terpapar pada bahasa asing, semakin baik kemungkinan mereka untuk menguasainya. 

  • Penelitian menunjukkan bahwa sejak lahir hingga usia 10 tahun adalah waktu terbaik untuk memperkenalkan bahasa baru kepada si Kecil. 

  • Selain itu, penelitian juga menunjukan bahwa “language confusion” atau kebingungan bahasa (yang menyebabkan keterlambatan bicara, kebingungan, atau gangguan belajar) pada anak karena belajar dua bahasa secara bersamaan hanyalah mitos belaka. Jadi, tak perlu khawatir jika Ibu ingin mengajarkan bahasa asing pada anak sejak dini. 

Baca Juga: 10 Ide Mainan DIY Kreatif untuk Anak Usia 2 Tahun

Meski begitu, Bu, penting untuk diingat bahwa setiap anak adalah unik, ya. Jadi, tidak ada "waktu yang sempurna" yang berlaku untuk semua anak. 

Ibu juga perlu menyadari, setiap anak memiliki tingkat kematangan dan minat yang berbeda terkait mempelajari bahasa asing. Harus dicatat bahwa tidak perlu terburu-buru dalam memperkenalkan bahasa asing kepada si Kecil. 

Yang terpenting adalah menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran bahasa Inggris secara alami dan menyenangkan bagi si Kecil. Yuk, Bu, temukan ide menarik terkait bagaimana cara belajar yang asyik sampai dengan modul pembelajaran anak di halaman Belajar di Rumah. Gratis!


Referensi:

  1. National Library of Medicine. (2018). Bilingual experience and executive functioning in young children. pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21520798/ 
  2. Wall Street. (2019). 6 Reasons for Helping your Child to Learn English. www.wallstreetenglish.com/blog/reasons-for-helping-your-child-learn-english
  3. Nova Kid. (2022). Benefits of learning English at an early age – why should children start learning English early? www.novakidschool.com/blog/benefits-of-learning-english-at-an-early-age/
  4. Science Direct. (2011). Foreign language learning during childhood. pdf.sciencedirectassets.com/277811
  5. Researchgate. (2013). Bilingual Myth-Busters Series Language Confusion in Bilingual Children. https://www.researchgate.net/publication/274971546_Bilingual_Myth-Busters_Series_Language_Confusion_in_Bilingual_Children


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait