Pilihan Makanan Tepat Untuk Anak Yang Sedang Diare

Pilihan Makanan Tepat Untuk Anak Yang Sedang Diare

Bebelac Admin | 17/05/2019

Penyakit diare bisa menyerang berbagai usia, mulai dari orang tua, orang dewasa, remaja hingga anak-anak. Penyakit diare adalah keadaan ketika tubuh membersihkan kuman dari dalam tubuh dengan proses buang air besar dengan frekuensi 3 kali atau lebih dari biasanya dalam sehari. Penyakit diare biasanya disertai dengan mual-mual, pusing, kram dan dehidrasi. [1] Seperti yang telah disebutkan di atas penyakit diare juga bisa terjadi pada anak-anak, namun anak-anak belum bisa menangani penyakit diare dengan tepat.

Ada beberapa makanan untuk anak diare yang bisa si Kecil makan untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit diare, seperti:

Menyiapkan Cairan Oralit

Penyakit diare menyebabkan intensitas buang air besar si Kecil meningkat. Hasilnya, si Kecil akan mudah terkena dehidrasi karena cairan tubuh si Kecil dikeluarkan secara terus menerus. Ada beberapa jenis dehidrasi yang mungkin akan dialami si Kecil jika si Kecil terkena penyakit diare yaitu dehidrasi ringan yang akan mengakibatkan si Kecil mudah haus dan dehidrasi berat yang akan menyebabkan ia malas minum.

Ibu bisa mengatasi dehidrasi si Kecil dengan menyediakan oralit dengan takaran 10 ml/kg berat badan si Kecil. Jika berat badan si kecil 15 kg, maka si Kecil memerlukan oralit 150 ml setiap si kecil mengalami diare.[2] Pastikan Ibu tidak memaksakan si Kecil minum oralit secara sekaligus agar si Kecil tidak mual.

Makanan yang Mengandung Probiotik & Prebiotik

Salah satu makanan untuk anak diare yang bisa Ibu berikan kepada si Kecil adalah makanan yang mengandung probiotik. Beberapa makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt, susu fermentasi, kefir dan tempe. Makanan-makanan di atas memang memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Probiotik adalah bakteri baik yang dapat meningkatkan sistem imunitas si Kecil.

Selain baik untuk meningkatkan sistem imunitas si Kecil, probiotik juga berperan dalam mengembalikan bakteri baik dalam pencernaan yang hilang akibat diare[3], sedangkan prebiotik adalah komponen makanan yang tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan. Prebiotik membantu pertumbuhan probiotik yang ada pada usus si Kecil, sehingga jumlah bakteri baik dapat meningkat dan juga dapat menekan pertumbuhan bakteri buruk di usus. [4] Makanan yang mengandung prebiotik seperti sayuran hijau, kacang kedelai, pisang, sereal dan tomat. 

Mencoba Menu Makanan BRAT

Salah satu makanan untuk anak diare yang baik untuk si Kecil adalah menu makan BRAT (Banana Rice Applesauce and Toast). Menu makanan BRAT adalah menu makanan yang terdiri dari pisang, nasi, saus apel dan roti panggang. Makan-makanan tersebut memiliki kandungan serat yang cukup dibutuhkan untuk penderita diare.[5] Sebenarnya, penderita diare masih memerlukan serat yang bernama soluble fiber yang memiliki fungsi menyerap kandungan air pada pencernaan pada saat si Kecil terkena diare.[6]

Makanan yang Harus Dihindari si Kecil

Selain memberikan makanan yang tepat untuk anak diare, Ibu juga harus menghindari makanan yang dapat memperburuk kondisi diare seperti makanan cepat saji. Pada saat si Kecil diare, ibu tetap harus memberikan asupan nutrisi penting untuk menunjang aktivitasnya. Ibu bisa memberikan susu Bebelac Gold untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi penting dan asupan serat harian si Kecil.

Untuk bantu melengkapi kebutuhan nutrisi dan serat harian si Kecil dengan Bebelac Gold 3: 1-5tahun Advansfibre yang diperkaya dengan FOS:GOS 1:9 yang tinggi serat.

Bebelac Gold mengandung fish oil dengan Omega-3 dan Omega-6, dan 13 vitamin dan 7 mineral yang dapat membantu tumbuh kembang anak sehingga si Kecil bisa menjadi anak hebat. Bebelac Gold juga mengandung FOS: GOS 1:9 yang terbukti membantu memelihara pencernaan si Kecil.

 

[1] Diarrhea in Children: Causes and Treatments. (2012, April 5). Retrieved from https://www.webmd.com/children/guide/diarrhea-treatment#1

[2] Retrieved from http://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/bagaimana-memberi-makan-anak-saat-sedang-diare

[3] Mom's Advice Is Still the Best for Treating Diarrhea. (2019, March 11). Retrieved from https://health.clevelandclinic.org/moms-advice-is-still-the-best-for-treating-diarrhea/

[4] What Are Prebiotics? (2019, August 5). Retrieved from https://www.webmd.com/digestive-disorders/prebiotics-overview

[5] 3 Ways to Make Diarrhea Go Away Fast Without Drugs. (2010, November 10). Retrieved from https://www.verywellhealth.com/how-to-make-diarrhea-go-away-1324506

[6] How Fiber Can Help Diarrhea. (n.d.). Retrieved from https://www.webmd.com/digestive-disorders/chronic-diarrhea-16/diarrhea-more-fiber