8 Probiotik Alami untuk Cegah & Atasi Anak Diare

Jika gejalanya ringan, dokter terkadang bisa menyarankan meningkatkan konsumsi makanan probiotik untuk diare anak agar cepat sembuh. Selain yogurt, apa lagi?

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
27 Aug 2024


Jika anak diare, salah satu obat alami yang bisa Ibu berikan adalah makanan sumber probiotik. Bagaimana cara kerja probiotik untuk diare dan dari mana Ibu bisa dapatkan probiotik untuk anak?

Manfaat Probiotik untuk Mengatasi Diare

Kerja usus bergantung pada keseimbangan bakteri baik di dalamnya. Infeksi akibat diare dapat mengganggu keseimbangan ini dan membunuh bakteri baik yang dibutuhkan usus.

Selain itu, efek samping dari konsumsi antibiotik yang mungkin diresepkan oleh dokter untuk mengobati diare bisa membuat anak kehilangan bakteri "baik" di usus.

Asupan makanan sumber probiotik dapat membantu menggantikannya. Itu kenapa dokter terkadang menyarankan meningkatkan konsumsi makanan probiotik untuk diare, selain minum banyak cairan.

Probiotik dari asupan makanan ini akan mencapai usus dan membantu koloni bakteri baik yang sudah ada sebelumnya untuk melawan kuman penyebab diare.

Apa Saja Makanan Probiotik untuk Diare? 

Probiotik dapat ditemukan secara alami dalam makanan yang difermentasi, atau ditambahkan ke dalam suplemen vitamin dan produk makanan tertentu. Berikut adalah contoh makanan probiotik: 

1. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang mengandung probiotik. Pisang juga kaya serat dan mengandung serat inulin, zat yang merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.

Jika anak sedang diare, coba berikan pisang yang kulitnya masih agak kehijauan alias belum matang sempurna.

Pisang hijau mengandung lebih banyak serat resisten dan inulin untuk membantu memadatkan feses dan mengurangi frekuensi BAB.

2. Yogurt

Yogurt adalah sumber makanan probiotik untuk diare yang mudah Ibu temukan di supermarket atau swalayan. 

Yogurt terbuat dari susu yang difermentasi oleh bakteri baik bernama Lactobacillus casei sehingga bisa bantu mengatasi diare yang diakibatkan oleh efek samping antibiotik. 

Selain itu, yogurt juga dapat bantu menurunkan risiko anak terinfeksi bakteri yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. 

Baca Juga: 17 Makanan yang Baik untuk Pencernaan Anak

3. Srikaya

Probiotik adalah jenis bakteri baik yang membantu mengembalikan keseimbangan alami bakteri di usus ketika terganggu oleh diare atau pengobatan.

Srikaya tinggi serat yang akan berfermentasi untuk dijadikan sumber makanan bagi bakteri baik di usus.

Bakteri baik ini akan menghasilkan asam lemak rantai pendek (SCFA) yang menyehatkan lapisan usus, mengurangi peradangan, dan menjaga pencernaan berjalan lancar.

4. Almond Milk Yogurt

Apabila si Kecil alergi susu sapi atau memiliki intoleransi terhadap laktosa, Ibu bisa memberikan almond milk yogurt untuk bantu memulihkan kesehatan saluran pencernaannya. 

Selain yogurt dari almond, Ibu juga bisa memberikan yogurt yang terbuat dari oat, kacang mede, atau daging kelapa sebagai makanan kaya probiotik untuk diare. 

5. Tempe

Tempe terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi menggunakan kapang (ragi) dan bakteri asam laktat (BAL) yang mempunyai potensi sebagai probiotik.

Menurut penelitian, tempe bagus untuk makanan anak diare karena bisa bantu meredakan gejala diare akut dan mempercepat penyembuhan.

Tempe juga bisa bantu menaikkan berat badan anak setelah sembuh dari diare. 

6. Sourdough Bread

Sourdough bread merupakan roti yang dibuat dengan proses fermentasi alami menggunakan ragi liar dan bakteri baik Lactobacillus. 

Roti ini merupakan salah satu pilihan terbaik makanan kaya probiotik untuk diare yang disebabkan oleh IBS (sindrom iritasi usus besar). 

Menurut penelitian, probiotik di dalam sourdough bread bekerja menyeimbangkan komposisi mikrobiota di dalam usus si Kecil. 

Baca Juga: 11 Obat Diare Anak yang Alami dan Ampuh

7. Kefir

Kefir merupakan salah satu produk susu fermentasi dengan kandungan probiotik.

Ada sekitar 60 spesies probiotik unik dalam kefir, tapi yang paling mendominasi adalah  Lactobacillus kefiri, Lactococcus, Streptococcus, dan Leuconostoc. 

Minuman fermentasi satu ini pada umumnya dibuat dari susu sapi dan susu kambing. Rasanya seperti yogurt namun teksturnya lebih cair.

8. Natto

Natto adalah makanan tradisional jepang yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Teksturnya lengket dan berlendir, dengan bau dan rasanya yang cukup tajam. 

Hal ini mungkin akan membuat si Kecil sulit untuk menerima makanan ini. Walau begitu, natto kaya akan probiotik yang mampu melawan bakteri penyebab gangguan pencernaan. 

Menurut penelitian, natto mampu meredakan gejala diare, konstipasi, perut kembung, hingga peradangan usus (IBS). 

Baca Juga: Apakah Anak Diare Boleh Minum Susu, dan Apa Alternatif yang Aman?

Itulah sejumlah makanan kaya probiotik untuk diare yang dapat Ibu berikan pada anak. Jika anak suka, Ibu juga bisa berikan makanan kaya probiotik seperti kimchi dan acar timun.

Selain makanan sumber probiotik, jangan lupa selalu penuhi kebutuhan cairan si Kecil dari air putih.

Setelah anak sembuh dari diare, Ibu juga bisa lanjutkan pemberian susu pertumbuhan terfortifikasi seperti Bebelac 3 GroGreat+ yang diperkaya prebiotik FOS:GOS 1:9 teruji klinis secara internasional & Triple A (DHA, LA, ALA) untuk optimalkan kesehatan pencernaan si Kecil.

Jika diare tidak segera sembuh setelah perawatan rumahan, segera bawa si Kecil ke dokter.

Ibu bisa pantau kondisi feses si Kecil menggunakan tools Poop Tracker di BebeJourney secara gratis. Hasilnya bisa Ibu unduh dan simpan sebagai dokumen pelengkap ketika konsultasi ke dokter. 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. ‌Jane, M. (2016, August 23). 8 Health Benefits of Probiotics. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/8-health-benefits-of-probiotics#bacteria-balance

  2. Hrefna Palsdottir, MS. (2016, September 25). Green Bananas Can Offer Health Benefits. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/green-bananas-good-or-bad

  3. Clinic, C. (2022, March 4). Does Inulin Help Improve Gut Health? Cleveland Clinic; Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/inulin-benefits

  4. Raymond, J. (2017, February 2). The Health Benefits of Bananas. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-bananas

  5. Pietrangelo, A. (2016, November 14). Why You Should Use the Probiotic Lactobacillus Casei. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/digestive-health/lactobacillus-casei

  6. ‌Kubala, J. (2019, December 18). Probiotics for Diarrhea: Benefits, Types, and Side Effects. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/probiotics-for-diarrhea#best-probiotics

  7. Yati Soenarto, Sudigbia I, Herman, H., & Karyadi D. (2001, April 30). Antidiarrheal characteristics of tempe produced traditionally and industrially in children aged 6-24... ResearchGate; Paediatrica Indonesiana - Indonesian Pediatric Society. https://www.researchgate.net/publication/314846695_Antidiarrheal_characteristics_of_tempe_produced_traditionally_and_industrially_in_children_aged_6-24_months_with_acute_diarrhea

  8. Is Sourdough a Safe Bread to Eat If You Have IBS? (2015). Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/sourdough-bread-and-ibs-1945001

  9. Menezes, A., Minervini, F., Filannino, P., Maria, Gatti, M., & Juliano. (2018). Effects of Sourdough on FODMAPs in Bread and Potential Outcomes on Irritable Bowel Syndrome Patients and Healthy Subjects. Frontiers in Microbiology, 9. https://doi.org/10.3389/fmicb.2018.01972

  10. Why You Should Give Almond Milk Yogurt a Try. (2023). Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/almond-milk-yogurt-7509774

  11. What Are Kefir and Its Health Benefits? (2020, October 7). WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/kefir-good-for-you

  12. KEFIR: Overview, Uses, Side Effects, Precautions, Interactions, Dosing and Reviews. (2021). Webmd.com. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1056/kefir



Artikel Terkait