12 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak yang Ampuh

Perut kembung pada anak bisa diatasi dengan bersendawa atau memijat perutnya. Namun, segera ke dokter jika perut anak kembung disertai demam dan muntah.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
14 Feb 2022
perut kembung pada anak


Ibu perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi perut kembung pada anak jika sewaktu-waktu  kondisi ini dialami si Kecil. Yuk, simak tips lengkapnya!

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak                     

Penyebab perut kembung pada anak umumnya adalah penumpukan gas di dalam perut karena terlalu banyak makan makanan mengandung gas, infeksi pada pencernaan, atau sembelit.

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut beberapa cara mengatasi perut anak yang kembung:

1. Buat Anak Bersendawa

Pertolongan pertama mengatasi perut kembung pada anak adalah membuat si Kecil bersendawa. 

Untuk menyendawakan anak, Ibu dapat membantu si Kecil duduk secara tegak lalu tepuk-tepuk lembut punggungnya. Dalam waktu beberapa menit, biasanya si Kecil akan mulai bersendawa. 

 

Midbanner 3 cara mengatasi perut kembung pada anak

2. Berikan Minum Air Putih Hangat

Cara mengatasi perut kembung pada anak juga bisa dengan memberikan minum air hangat sepanjang hari.

Air putih membantu membuang kelebihan natrium dan racun dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kembung. 

Ibu dapat memberikan si Kecil air putih hangat untuk bantu melancarkan pergerakan saluran pencernaan dan proses pembuangan feses.

Terlebih lagi, rutin minum air putih dapat mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan sembelit, yang merupakan penyebab umum perut kembung.

3. Tawarkan Teh Hangat

Jika si Kecil sembelit, Ibu bisa tawarkan teh tawar hangat yang terbuat dari daun teh hitam, teh hijau, atau daun peppermint. 

Teh mengandung kafein yang merangsang pergerakan saluran pencernaan dan bertindak sebagai pencahar alami untuk mendukung keteraturan frekuensi BAB.

4. Minum Air Rebusan Jahe

Selain teh, Ibu juga bisa berikan air rebusan jahe sebagai salah satu cara mengatasi kembung pada anak. 

Menurut penelitian dari Food Science & Nutrition tahun 2019, dinyatakan bahwa jahe adalah rempah yang dapat mempercepat proses pengosongan usus untuk mencegah kembung.

Baca Juga: Penyebab Sakit Perut pada Anak dan Cara Mengatasinya

5. Berendam atau Kompres Air Hangat

Salah satu cara mengatasi perut kembung pada anak yang efektif adalah dengan mengajak si Kecil berendam dengan air hangat selama 15-20 menit. 

Suhu hangat dapat bantu melemaskan otot-otot perut bagian luar yang tegang karena kembung dan melancarkan pergerakan gas yang terperangkap di usus. 

Namun jika ingin lebih praktis, Ibu bisa mengompres perut si Kecil dengan botol berisi air hangat yang sudah dibalut waslap tipis.  

Minta si Kecil berbaring telentang dan taruh botol hangat di atas perutnya selama 15 menit sampai ia merasa lebih baikan.

6. Pijat Perut Anak

Memijat perut si Kecil dapat membuatnya merasa lebih nyaman karena bantu melancarkan pergerakan otot usus besar dalam mengangkut feses dan mengeluarkan gas yang menumpuk. 

Ibu bisa membaluri perut si Kecil terlebih dahulu dengan minyak kelapa, minyak zaitun, minyak telon, atau baby oil. 

Lalu, lakukan pijatan lembut dari sisi kanan perut ke bawah dekat tulang panggul si Kecil. Gosok dengan gerakan memutar ringan ke arah sisi kanan hingga mencapai tulang rusuknya. 

Pijat pula hingga ke bagian punggung dan telapak kaki si Kecil. 

7. Berikan Buah Pepaya

Supaya perut kembung si Kecil merasa lebih baik, Ibu dapat membantu melancarkan buang air besar si Kecil dengan memberikan buah pepaya yang kaya akan serat. 

Selain kaya serat, buah manis nan lembut ini juga mengandung enzim bernama papain yang berfungsi membantu tubuh memecah asam amino. 

Asam amino yang dipecah dengan baik akan merangsang sistem pencernaan yang sehat dan mencegah kembung datang kembali. 

8. Kurangi Makanan yang Mengandung Gas

Mengurangi asupan makanan yang mengandung gas alami juga dapat menjadi cara mengatasi perut kembung pada anak.

Beberapa makanan dengan kandungan gas tinggi penyebab perut kembung adalah:

  • Kentang.

  • Kol.

  • Buncis.

  • Kacang polong.

  • Brokoli.

Cobalah kurangi frekuensi dan porsi pemberian makanan-makanan ini sampai perut kembungnya mereda. 

Baca Juga: 6 Pertolongan Pertama Anak Sakit Perut Sebelum ke Dokter

9. Ajak Beraktivitas Fisik

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa bergerak aktif bisa menjadi cara mengatasi perut kembung pada anak karena sembelit.

Alasannya adalah karena bergerak aktif bantu mengeluarkan gas penyebab kembung dan membantu melancarkan gerak saluran pencernaan. 

Usahakan ajak si Kecil melakukan aktivitas ringan selama 30 menit, misalnya dengan jalan-jalan atau naik sepeda keliling komplek perumahan. 

10. Atur Porsi Makan Jadi Lebih Kecil

Ketika anak menyuap dan mengunyah, ada gas yang tidak sengaja masuk ke dalam mulut, sehingga bisa menambah volume gas di dalam organ cerna. 

Semakin banyak porsi dan semakin cepat anak melahap makanannya, gas yang masuk ke dalam mulut akan kian banyak juga.

Oleh karena itu, Ibu bisa membiasakan si Kecil makan dengan perlahan dan dalam porsi yang kecil. Hal ini membuat volume gas yang masuk bersamaan dengan makanan pun lebih sedikit. 

11. Gerakan Kaki Anak

Ibu dapat bantu mengeluarkan gas dari dalam perut si Kecil dengan cara menggerakkan kakinya. 

Pertama, baringkan anak dalam posisi terlentang. Kemudian, gerakan kakinya dengan lembut secara memutar seperti sedang mengayuh sepeda ke arah perutnya. 

Selain itu, Ibu dapat dengan lembut menekuk kaki si Kecil ke arah perutnya dan tahan selama 10 detik. Kemudian tarik kakinya ke belakang hingga lurus. Ulangi beberapa kali hingga ia kentut.  

Baca Juga: Penyebab BAB Anak Keras dan Cara Mengatasinya

12. Beri Asupan Probiotik

Cara mengatasi perut kembung pada anak juga bisa dengan meningkatkan asupan probiotik.

Probiotik adalah bakteri baik yang mendukung sistem pencernaan, sedangkan prebiotik adalah jenis serat khusus yang menjadi sumber makanan bagi bakteri baik.

Probiotik dapat membantu mengatasi kembung, terutama jika kembung anak disebabkan oleh ketidakseimbangan mikrobioma usus.

Contoh makanan mengandung probiotik adalah yogurt dan tempe, sedangkan contoh makanan tinggi prebiotik adalah pisang, asparagus, dan kacang polong-polongan.

13. Berikan Susu Formula Soya

Susu sapi dan produk olahannya dapat menghasilkan gas dalam perut yang dapat menyebabkan kembung.

Jadi, untuk sementara kurangi atau hentikan dulu pemberian susu sapi. Terutama jika si Kecil ada gejala alergi susu sapi atau intoleran terhadap laktosa

Ibu bisa bantu cukupi kebutuhan nutrisi si Kecil yang tidak cocok susu sapi dari susu Bebelac Gold Soya, satu-satunya formula soya bebas laktosa dengan kandungan serat FOS inulin yang terbukti klinis dukung kesehatan pencernaan anak.

Cara Mencegah Perut Kembung

Ada beberapa cara yang dapat Ibu lakukan untuk mengurangi risiko perut kembung pada anak, antara lain: 

  • Menghindarkan anak dari konsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan, permen karet, dan minuman bersoda. 

  • Hindari mengonsumsi makanan yang terbuat dari produk susu apabila anak mengalami intoleransi laktosa

  • Perhatikan makanan apa yang membuat anak kembung dan hindari memberikannya dalam jumlah banyak. 

  • Ingatkan anak untuk tidak menahan pipis maupun pup. Ajari mereka untuk pergi ke toilet begitu merasa ingin buang air. 

  • Pastikan si Kecil minum air dengan cukup setiap hari. 

Kapan Harus ke Dokter? 

Jika perut kembung anak tidak juga reda meski sudah diberikan penanganan di atas, atau disertai gejala lain, seperti: 

  • Nyeri perut yang hebat. 

  • Mual. 

  • Muntah

  • Demam

  • Penurunan berat badan. 

  • Tidak bisa BAB. 

  • BAB berdarah.

  • Lebih rewel dari biasanya dan susah ditenangkan. 

Ibu perlu lebih waspada kemudian segera periksakan anak ke dokter untuk mendapat diagnosis dan penanganan yang tepat.

Untuk bantu mengetahui kondisi kesehatan pencernaan si Kecil secara keseluruhan, Ibu dapat memanfaatkan tools Poop Tracker di Bebe Journey secara gratis. 

Dilengkapi dengan fitur AI, hasil pemeriksaannya dapat Ibu ketahui untuk dikonsultasikan dengan dokter spesialis anak kepercayaan keluarga Ibu.

Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung pada anak hingga cara pencegahan yang perlu Ibu ketahui. Semoga artikel ini membantu, ya! 

 


Referensi tambahan:

  1. Passing wind or flatulence. (2021, October 27). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/guides/a-z-health-reference/wind#treatment-for-flatulence-nav-title

  2. Colleen. (2019, May 17). Have a Gassy Baby? What to Know About Infant Gas Symptoms, Remedies and Causes. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/care/gassy-baby/

  3. Brown, T. (2010, April 26). Infant Gas: How to Prevent and Treat It. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/features/infant-gas

  4. Gas and gas pains-Gas and gas pains - Diagnosis & treatment - Mayo Clinic. (2022). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gas-and-gas-pains/diagnosis-treatment/drc-20372714#treatment

  5. Ajmera, R. (2021, April 19). 20 Foods and Drinks That Help with Bloating. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-help-with-bloating#foods-that-help-with-bloating

Temukan Topik Lainnya



Artikel Terkait