8 Pilihan Makanan Mengandung Prebiotik Baik untuk Anak

Setiap Ibu pasti ingin si Kecil terhindar dari bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Untuk itu, sangat penting memberikan anak-anak m...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
04 Jul 2023
Anak sedang makan buah pisang.


Setiap Ibu pasti ingin si Kecil terhindar dari bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Untuk itu, sangat penting memberikan anak-anak makanan yang kaya akan prebiotik untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan mikroorganisme usus. Sebab, anak yang memiliki sistem pencernaan yang sehat dapat terjaga kesehatan tubuhnya secara keseluruhan.

Lalu, makanan apa saja yang mengandung prebiotik? Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simak artikel berikut ini, ya, Bu!

Manfaat Prebiotik untuk Kesehatan Anak

Prebiotik adalah jenis serat tanaman khusus dari makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia.

Salah satu fungsi utama prebiotik adalah sebagai sumber makanan atau “suplemen” untuk mendorong pertumbuhan mikrobiota bakteri baik (probiotik) yang tinggal di dalam usus. Lactobacillus dan Bifidobacterium merupakan dua contoh bakteri baik yang paling umum dikenal.

Karena tidak bisa dicerna tubuh, prebiotik akan langsung bergerak menuju saluran pencernaan bagian bawah. Di sana, probiotik akan membantu bakteri baik menghasilkan asam lemak rantai pendek yang penting bagi sel-sel usus besar.

Prebiotik juga dapat terserap ke dalam darah dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Gastroenterology & Hepatology ada berbagai manfaat prebiotik yang baik untuk kesehatan. Misalnya, meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah obesitas. 

Jadi jika Ibu memberikan makanan yang kaya akan prebiotik, dapat mendukung pertumbuhan dan keberagaman probiotik yang ada di dalam saluran pencernaan si Kecil. 

Dengan demikian, prebiotik dan probiotik memiliki fungsi yang berbeda di dalam tubuh, tapi mempunyai tujuan yang sama. Adapun mengonsumsi makanan mengandung prebiotik dapat memiliki berbagai manfaat untuk anak, seperti:

1. Meningkatkan Kesehatan Saluran Pencernaan

Prebiotik mampu membantu menjaga kesehatan mikroorganisme usus, yaitu kelompok bakteri baik yang hidup dalam saluran pencernaan si Kecil. Dengan menjaga keseimbangan bakteri baik dalam saluran pencernaan anak, prebiotik dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, dan iritasi usus.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebagian besar sistem kekebalan tubuh anak terdapat di dalam saluran pencernaan. Jika mempunyai saluran pencernaan yang baik, otomatis sistem kekebalan tubuh juga akan semakin kuat. Apabila Ibu memberikan makanan mengandung prebiotik, maka akan membantu tubuh untuk melawan segala jenis infeksi dan penyakit.

3. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Manfaat prebiotik selanjutnya, yaitu dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi penting seperti kalsium dan zat besi di dalam tubuh anak. Dengan demikian, pertumbuhan anak akan semakin optimal dan akan mendapatkan nutrisi yang maksimal dari makanan yang dikonsumsinya.

Baca Juga: Anak Sering BAB Tapi Bukan Diare, Apa Sebabnya?

Pilihan Makanan Mengandung Prebiotik untuk Anak

Setelah mengetahui manfaat prebiotik, kini giliran Ibu untuk mengetahui pilihan makanan apa saja yang mengandung prebiotik. Memperkenalkan makanan yang mengandung prebiotik pada si Kecil merupakan langkah yang tepat untuk mendukung kesehatannya secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi jenis makanan yang mengandung prebiotik yang baik untuk anak:

1. Pisang

Pisang lebih dari sekadar buah yang enak, tetapi juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Pisang memiliki sedikit kandungan inulin, salah satu jenis prebiotik yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Mengonsumsi satu buah pisang dapat memberikan kalori, serat, serta potasium untuk kesehatan si Kecil.

2. Apel

Buah satu ini juga kaya akan serat dan mengandung prebiotik alami. Menurut penelitian, apel mengandung pektin yang memiliki manfaat prebiotik. 

Pektin ini dapat meningkatkan mikrobiota usus yang sehat, mengurangi peradangan pada pencernaan, dan menjaga berat badan ideal pada anak. Selain itu, pektin dapat memberikan makan pada bakteri usus yang baik dan dapat mengurangi jumlah bakteri berbahaya di dalam saluran pencernaan.

3. Rumput Laut

Rumput laut adalah sejenis ganggang laut yang ternyata mempunyai banyak manfaat kesehatan untuk tubuh anak, lho. Makanan ini kaya akan prebiotik untuk meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek sebagai nutrisi bakteri baik di dalam tubuh, sehingga dapat menyehatkan sel-sel yang melapisi usus anak. 

Selain itu, rumput laut juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ibu dapat menyajikan rumput laut sebagai campuran sup atau salad untuk camilan sehat si Kecil.

4. Oatmeal

Oat merupakan biji-bijian sehat sebagai sumber serat yang baik dan mengandung prebiotik berjenis beta-glukan. Memberikan oatmeal pada si Kecil akan memberikan banyak manfaat, seperti menyehatkan usus dan mengendalikan nafsu makan. 

Oatmeal sangat cocok menjadi camilan sehat untuk si Kecil karena mudah untuk dimasak. Umumnya, Ibu dapat mencampur oatmeal dengan susu untuk dijadikan bubur.

5. Yogurt

Yogurt merupakan sumber prebiotik yang paling umum dan mudah Ibu dapatkan. Yogurt terbuat dari susu yang difermentasi oleh bakteri baik seperti Lactobacillus bulgaricus yang mengubah laktosa dalam susu menjadi asam laktat. 

Yogurt memiliki rasa yang sedikit asam dan bertekstur agak kental. Ibu dapat memberikan si Kecil yogurt dengan tambahan buah-buahan agar menambahkan rasa sebagai camilan sehat. Mengonsumsi yogurt secara teratur juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan pencernaan anak.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Tepat Mengatasi Sakit Perut Melilit pada Anak

6. Tempe

Makanan yang mengandung prebiotik selanjutnya adalah tempe. Tempe terbuat dari kedelai yang difermentasi dan menjadi sumber protein nabati yang mempunyai banyak manfaat. Selain dapat meningkatkan jumlah bakteri probiotik di dalam saluran pencernaan, tempe juga berperan penting untuk meningkatkan penyerapan zat besi dan zinc yang merupakan mineral baik dalam tubuh si Kecil.

Ibu dapat menyajikan tempe sebagai pendamping makanan untuk si Kecil dengan berbagai cara seperti digoreng, dibuat menjadi steak tempe, atau mencampurnya dengan jenis makanan lain.

7. Kacang Almond

Jika Ibu ingin memberikan camilan sehat dan enak, kacang almond bisa menjadi pilihan terbaik untuk asupan prebiotik bagi si Kecil. 

Almond mempunyai serat yang sangat tinggi sehingga dapat menyehatkan saluran pencernaan. Selain itu, almond juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel di dalam tubuh agar menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Ibu bisa memberikan kacang almond sebagai campuran menu makanan lain atau sebagai camilan. Namun, pastikan si Kecil sudah mahir untuk mengunyah agar menghindari tersedak.

8. Asparagus

Asparagus termasuk jenis sayuran yang kaya akan serat dan mengandung prebiotik berjenis inulin. Sayuran bergizi ini dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu tubuh mempertahankan kadar glukosa. 

Asparagus juga kaya akan nutrisi penting untuk pertumbuhan si Kecil, seperti asam folat, zat besi, dan vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang. Serat larut pada asparagus akan memberikan makan bakteri baik seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium.

Baca Juga: Manfaat Probiotik untuk Anak dan Berbagai Sumber Makanannya

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai makanan yang mengandung prebiotik untuk anak. Yang terpenting, Ibu harus memberikan si Kecil nutrisi yang cukup dan seimbang, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan serat, untuk memberikan fondasi yang kuat bagi sistem kekebalan tubuh anak. 

Jangan lupa juga untuk berikan Susu Bebelac 3 GroGreat+ untuk dukung Awal Semua Kehebatan si Kecil, ya, Bu. Dukung Awal Semua Kehebatan si Kecil melalui pemberian susu Bebelac 3 GroGreat+ yang dilengkapi kandungan FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis serta Triple A (DHA, LA, ALA) untuk mendukung saluran cerna si Kecil (happy tummy). 

Ketika pencernaannya baik, anak juga akan bisa lebih aktif dan berpikir kreatif (happy brain), serta ceria dan bersemangat untuk melakukan berbagai kegiatan yang menunjang perkembangannya sambil bermain bersama teman-teman (happy heart).

Dapatkan juga lebih banyak informasi dan tips seputar perkembangan tumbuh kembang si Kecil dengan mendaftar member Bebeclub.


Referensi:

  1. Swati Patwal. (2020, January 17). Prebiotics For Babies: Why Do They Need, Types And Benefits. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/prebiotic-for-babies-benefits-safety-types_00556323/
  2. Kubala, J. (2022, February 17). You’ve Heard of Probiotics — But What Are Prebiotics? All You Need to Know. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/prebiotics-benefits#benefits
  3. ‌Verywell. (2015). The Best Prebiotic Foods for Better Health. Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/prebiotics-and-ibs-1944748
  4. Sindusha MS. (2021, December 23). Probiotics For Kids: Health Benefits, Side Effects & Dosage. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/probiotics-for-kids-types-benefits-dosage-precautions_00793465/
  5. Semeco, A. (2021, May 10). The 19 Best Prebiotic Foods You Should Eat. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/19-best-prebiotic-foods#8.-Bananas
  6. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat 
  7. Kementerian Kesehatan RI. Direktorat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. https://promkes.kemkes.go.id/content/?p=8512
  8. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1761/manfaat-tempe-bagi-kesehatan-tubuh
  9. ‌Leech, J. (2018, September 6). 9 Evidence-Based Health Benefits of Almonds. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/9-proven-benefits-of-almonds#TOC_TITLE_HDR_3
  10. ‌Coyle, D. (2018, April 4). 7 Reasons Why You Should Eat More Asparagus. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/asparagus-benefits#TOC_TITLE_HDR_3


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait