Berat Badan Ideal Bayi Menurut WHO, Ibu Perlu Tahu!

Berat badan ideal bayi harus dipantau setiap bulan karena dapat menentukan apakah tumbuh kembang si Kecil berjalan dengan baik atau tidak.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : dr. Attila Dewanti, SpA (K)

4 min
24 Aug 2022
Profile dr. Attila Dewanti, SpA (K)
Cari tahu apakah pertumbuhan si Kecil sudah ideal menurut tabel berat badan bayi.


Berat badan ideal bayi penting untuk Ibu ketahui, sebab itu merupakan salah satu tolok ukur tumbuh kembang si Kecil. Oleh karena itu, yuk, cari tahu berat badan ideal si Kecil di tahun pertamanya lewat tabel berat badan bayi dari World Health Organization (WHO) berikut! Simak penjelasannya di bawah ini, Bu!

Tabel Berat Badan Ideal Bayi 0-12 Bulan Menurut WHO

Setiap bayi lahir dengan berat badan yang berbeda-beda. Namun, secara umum, berat badan bayi saat lahir dapat diklasifikasikan menjadi tiga kategori, yaitu normal (2,5-4,0 kg), berat lahir rendah (< 2,5 kg), serta berat lahir besar atau makrosomia (≥ 4,0 kg).

Meski begitu, berat badan bayi saat lahir tidak selalu bisa menjadi patokan berat badan ideal. Banyak faktor yang dapat memengaruhinya, salah satunya asupan gizi si Kecil. Untuk mengetahui berat badan ideal bayi, Ibu bisa cek melalui tabel di bawah ini! 

Berat Badan Bayi Usia 0-6 Bulan

Inilah tabel berat badan bayi usia 0 sampai 6 bulan yang bisa Ibu gunakan sebagai patokan si Kecil:

Umur

Berat Badan (Kg)

Laki-laki

Perempuan

0 Bulan

2,5 - 3,9

2,4 - 3,7

1 Bulan

3,4 - 5,1

3,4 - 4,8

2 Bulan

4,3 - 6,3

3,9 - 5,8

3 Bulan

5,0 - 7,2

4,5 - 6,6

4 Bulan

5,6 - 7,8

5,0 - 7,3

5 Bulan

6,0 - 8,4

5,4 - 7,8

6 Bulan

6,4 - 8,8

5,7 - 8,2

 

Berat badan ideal bayi baru lahir (0 bulan) adalah 2,5 - 3,9 kg untuk bayi laki-laki, dan 2,4 - 3,7 kg untuk bayi perempuan. Apakah berat lahir si Kecil berada di rentang angka ini, Bu?

Jika berat lahir si Kecil di bawah rentang angka tersebut, itu artinya si Kecil termasuk bayi dengan berat lahir rendah. Sedangkan di atas angka tersebut, ia termasuk bayi dengan berat lahir besar. 

Baca Juga: Faktor Pertambahan Berat Badan Bayi Normal

Berat Badan Bayi Usia 7-11 Bulan

Berikut adalah tabel berat badan bayi yang dapat Ibu gunakan sebagai acuan untuk si Kecil yang berusia 7-11 bulan.

Umur

Berat Badan (Kg)

Laki-laki

Perempuan

7 Bulan

6,7 - 9,2

6,0 - 8,6

8 Bulan

6,9 - 9,6

6,3 - 9,0

9 Bulan

7,1 - 9,9

6,5 - 9,3

10 Bulan

7,4 - 10,2

6,7 - 9,6

11 Bulan

7,6 - 10,5

6,9 - 9,9

Pastikan berat badan si Kecil berada di rentang yang disarankan ya, Bu. Jangan sampai berat badannya di bawah rentang tersebut, karena itu bisa menandakan bahwa si Kecil termasuk dalam kategori underweight.

Selain itu, hindari juga berat badan di atas rentang, sebab hal tersebut dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan.

Cara Memantau Berat Badan Ideal Bayi

Tahukah Ibu? Salah satu patokan untuk menilai berat badan bayi yang ideal adalah dengan memerhatikan berat badannya di usia 6 bulan. Pada usia tersebut, berat badan bayi idealnya sudah mencapai 2 kali lipat dari berat lahirnya, dan meningkat menjadi 3 kali lipat dari berat lahir ketika menginjak usia 1 tahun. 

Tapi, jangan hanya berpatokan pada berat badan saja, ya, Bu. Selain mengukur berat badan, indikator lain yang bisa Ibu lihat untuk memastikan perkembangan normal pada si Kecil adalah berat badan, panjang badan, dan lingkar kepala.

Lalu untuk memastikan perkembangan si Kecil berada di kisaran ideal, jangan lupa ajak si Kecil ke Posyandu atau dokter anak, agar seluruh pertumbuhannya bisa diukur dengan tepat. Lakukan pemantauan secara rutin agar bisa cepat dideteksi seandainya ada kelainan yang terjadi selama pertumbuhan si Kecil.

Selain berpatokan pada tabel berat badan bayi di atas, Ibu juga bisa memantau tumbuh kembang si Kecil di Bebeclub ya, Bu. Di Bebeclub, Ibu bisa menggunakan tools BebeJourney dan memilih fitur Grafik Pertumbuhan. Masukkan berat dan tinggi badan si Kecil di bulan ini, lalu cek langsung hasilnya apakah berat badan si Kecil normal, kurang, atau berlebih. Mudah dan praktis, ‘kan, Bu? 

Hasil pemantauan berat badan tiap bulannya pun tersimpan secara otomatis di BebeJourney, sehingga bisa Ibu gunakan sebagai panduan pertumbuhan berat badannya.

Baca Juga: 8 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi yang Efektif

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi

Setelah mengetahui patokan berat badan ideal bayi dan cara memantaunya dengan tepat, Ibu pasti sekarang bertanya-tanya bagaimana cara menaikkan berat badan si Kecil yang angkanya di bawah acuan supaya bisa sesuai dengan kurva pertumbuhan. 

Nah, berikut beberapa langkah yang bisa Ibu lakukan untuk menaikkan berat badan si Kecil:

1. Meningkatkan Frekuensi Menyusui

Langkah pertama yang bisa Ibu lakukan adalah dengan lebih sering menyusui. Bila memungkinkan, Ibu bisa menyusui si Kecil setiap 2-3 jam dengan durasi 20 menit pada setiap sesi menyusui.

Jika si Kecil terlihat mengantuk atau berhenti menyusu sebelum 20 menit, Ibu bisa mencoba untuk mengganti posisi menyusui atau menggelitik kaki si Kecil dengan lembut agar ia menyusu kembali.

2. Berikan MPASI Bergizi dan Tinggi Kalori

Jika si Kecil sudah mengonsumsi MPASI, Ibu bisa menyiapkan menu MPASI bergizi yang tinggi kalori untuk mempercepat kenaikan berat badannya.

Beberapa rekomendasi bahan tinggi kalori yang dapat Ibu manfaatkan untuk menu MPASI si Kecil di antaranya adalah alpukat, telur, keju, daging merah, dan kentang.

Ibu juga bisa menambahkan minyak kelapa, minyak jagung, atau santan sebanyak ½-1 sendok teh ke MPASI yang hendak dimakan si Kecil.

Untuk pedoman MPASI lebih lengkap, Ibu bisa mengakses fitur Panduan MPASI yang ada di BebeJourney, ya.

3. Memijat si Kecil

Menurut Journal of Public Health Research, pijat bayi dapat merangsang peredaran darah, meningkatkan metabolisme tubuh, dan memperbaiki fungsi peristaltik usus si Kecil sehingga pengosongan lambung dapat menjadi lebih cepat. Hal ini mendorong timbulnya rasa lapar pada si Kecil dan meningkatkan nafsu makannya.

Jika Ibu ingin memijat si Kecil, pastikan melakukannya dengan lembut tanpa tekanan yang terlalu kuat, ya. Ibu juga bisa menggunakan sedikit oil dan melakukan kontak mata dengan si Kecil untuk menciptakan bonding dan rasa nyaman selama sesi pijat.

Nah, demikian bahasan tentang berat badan ideal bayi menurut WHO beserta cara memantau dengan tepat dan langkah menaikkannya. Jangan lupa untuk bergabung di Bebeclub dan mencoba fitur Grafik Pertumbuhan ya, Bu!

Pastikan juga si Kecil telah mendapatkan gizi yang cukup dan seimbang, serta memiliki pencernaan yang sehat untuk dukung tumbuh kembang hebatnya. Karena, pencernaan yang sehat adalah awal semua kehebatannya. 

Jika Ibu khawatir karena berat badan si Kecil tidak sesuai dengan acuan yang dibahas, Ibu bisa bertanya ke Tim BebeCare di sini atau berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat, Bu!

 


 

Referensi:

  1. Abubakari, Abdulai, Gisela Kynast-Wolf, and Albrecht Jahn. “Prevalence of Abnormal Birth Weight and Related Factors in Northern Region, Ghana.” BMC Pregnancy and Childbirth 15, no. 1 (2015). https://doi.org/10.1186/s12884-015-0790-y. 
  2. Lestari, Kurniati Puji, Firdha Rahma Nurbadlina, Wagiyo, and Muhamad Jauhar. “The Effectiveness of Baby Massage in Increasing Infant’s Body Weight.” Journal of Public Health Research 10, no. 1 (2021). https://doi.org/10.4081/jphr.2021.2332. 
  3. Lewis, Rhona. “How to Increase Baby Weight: Breastfeeding, Formula, and Solids.” Healthline, July 21, 2020. https://www.healthline.com/health/baby/how-to-increase-baby-weight. 
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 2 Tahun 2020 Tentang Standar Antropometri Anak. Diakses pada 25 Juli 2022, dari http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf.
  5. Sekartini, Rini. “Bayi Baru Lahir: Apa Yang Perlu Diperhatikan? (Bagian I).” Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Diakses pada 25 November 2023, dari https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/bayi-baru-lahir-apa-yang-perlu-diperhatikan-bagian-i. 
  6. Sekartini, Rini, Jeanne-Roos Tikoalu. “Air Susu Ibu dan Tumbuh Kembang Anak”. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Diakses pada 25 Juli 2022, dari https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/air-susu-ibu-dan-tumbuh-kembang-anak.
  7. Vincent Iannelli, MD. “Healthy Strategies to Help Your Child Gain Weight.” Verywell Family, November 28, 2022. https://www.verywellfamily.com/high-calorie-foods. 


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait