5 Jenis Pisang yang Bagus untuk Bayi Diare dan Tips Olahannya

Pisang adalah sumber prebiotik dan serat yang bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tapi, tidak semua jenis pisang boleh diberikan pada bayi saat diare.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
15 Jul 2024
Jenis pisang untuk diare pada bayi-bebeclub


Pisang adalah salah satu jenis makanan yang aman diberikan saat bayi diare karena kandungan gizinya banyak dan teksturnya mudah dicerna. Apa saja jenis pisang untuk diare pada bayi?

Jenis Pisang Apa yang Bagus untuk Diare?

Pisang hijau (belum matang sempurna) lebih disarankan untuk mengatasi diare karena seratnya lebih tinggi untuk memadatkan feses.

Pati resisten dalam pisang hijau juga tinggi untuk bantu mengurangi gejala diare.

Sebaliknya, pisang matang lebih baik dikonsumsi untuk bayi yang sedang sembelit karena kandungan airnya lebih banyak untuk melunakkan feses.

Kenapa Pisang Bagus untuk Bayi Diare?

Pisang mengandung senyawa aktif bernama tanin yang bermanfaat untuk mengatasi diare.

Pisang juga diteliti menunjukkan efek antibakteri poten untuk melawan bakteri penyebab diare seperti Escherichia coliShigella dysenteriae, dan Pseudomonas aeruginosa.

Selain itu, pisang tergolong tinggi serat prebiotik yang bisa membantu menyerap air di usus besar untuk memadatkan feses bayi diare.

Kandungan kalium dalam pisang pun dapat membantu mengembalikan cadangan cairan dan elektrolit dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi yang sering terjadi akibat diare.

Baca Juga: 10 Obat Diare untuk Bayi yang Alami dan Aman

Pilihan Jenis Pisang untuk Diare pada Bayi

Pisang hijau (belum matang) lebih baik untuk bayi diare. Namun dari sekian banyak varian pisang di pasaran, apa jenis pisang yang bagus untuk mengatasi diare pada bayi?

1. Pisang Ambon

Pisang ambon cocok sebagai jenis pisang untuk diare pada bayi karena kandungan pektinnya tinggi.

Pektin adalah jenis serat larut yang bisa menyerap kelebihan air di usus dan mengurangi laju pencernaan. Hal ini membuat tekstur feses jadi lebih padat dan frekuensi BAB bayi jadi lebih jarang.

Selain itu, kandungan nutrisi pisang ambon juga lebih tinggi dibandingkan dengan jenis buah lainnya.

2. Pisang Cavendish

Pisang cavendish memiliki banyak serat yang dapat membantu memadatkan feses.

Serat pisang Cavendish menyerap air di usus, yang membuat feses lebih padat dan berat juga lebih lambat dikeluarkan.

Vitamin B-6 dalam pisang cavendish juga cukup tinggi untuk bantu menghentikan gejala diare pada bayi.

Baca Juga: MPASI Kombinasi Buah dan Sayur yang Bagus untuk Pencernaan Bayi

3. Pisang Kepok

Pisang kepok termasuk makanan tinggi serat untuk bayi sehingga dapat membantu menambah berat feses dan memadatkan teksturnya sehingga bisa dikeluarkan dengan lebih teratur.

Pisang kepok juga mempunyai kandungan kalium yang tinggi untuk mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh bayi sehingga membantu mengatasi gejala dehidrasi akibat diare.

Namun, tekstur pisang kepok cukup keras untuk dikunyah bayi begitu saja. Jadi, Ibu perlu mengolahnya terlebih dahulu agar lebih lembut.

4. Pisang Raja

Jenis pisang untuk diare pada bayi ini berukuran cukup besar, tapi memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang cukup lembut.

Pisang raja kaya akan vitamin B6 dan asam folat. Kedua nutrisi ini membantu bayi dalam mengubah makanan menjadi energi serta mendukung perkembangan sel dan jaringan tubuh si Kecil.

5. Pisang Mas

Pisang mas memiliki ukuran yang lebih kecil, jadi sangat cocok dijadikan finger food untuk bayi

Kandungan gula alami pada pisang mas juga cukup tinggi, sehingga dapat memberikan energi tambahan pada bayi yang sedang diare.

Cara Mengolah Pisang untuk Bayi Diare

Jenis pisang untuk diare pada bayi adalah yang cenderung masih agak mentah. Pisang mentah aman untuk dikonsumsi, tapi bayi mungkin tidak begitu suka sensasi rasa asam dan tekstur kesatnya.

Jadi, Ibu bisa mengolah pisang jadi camilan yang enak seperti:

1. Bubur Pisang

Bahan-bahan:

  • ½ buah pisang

  • ASI perah (ASIP) secukupnya

Cara Membuat:

  • Masukkan pisang ke dalam wadah bersih, lalu haluskan dengan garpu.

  • Tambahkan sedikit ASIP agar tidak terlalu kental.

  • Tuangkan bubur pisang ke dalam mangkuk untuk disajikan.

2. Banana Pancake

Bahan-bahan:

  • 1 buah pisang

  • 2 sdm tepung terigu

  • 1 butir kuning telur

  • ½ sendok makan (sdm) margarin 

Cara membuat:

  • Lumatkan pisang menggunakan garpu sampai teksturnya menjadi halus.

  • Campurkan dengan tepung terigu, kuning telur, dan margarin hingga menjadi adonan.

  • Panaskan teflon, dan masukkan sekitar satu sendok makan adonan. Pipihkan seperti bentuk pancake.

  • Masak hingga warna coklat keemasan, kemudian sajikan.

Baca Juga: 17 Cemilan Bayi 6 Bulan yang Tinggi Serat, Bagus untuk Pencernaan

3. Pisang Barongko

Bahan-bahan:

  • 1 buah pisang

  • 1 sdm santan

  • 1 butir kuning telur

Cara membuat:

  • Haluskan pisang menggunakan garpu. Selanjutnya, campurkan pisang yang sudah halus dengan kuning telur. Aduk-aduk.

  • Tambahkan santan, dan aduk lagi hingga merata.

  • Tuang adonan pada wadah tahan panas, kemudian kukus kurang lebih 10-15 menit dengan api kecil hingga matang.

  • Sajikan untuk si Kecil.

Semoga si Kecil cepat sembuh dari diarenya, ya! Jangan lupa terus monitor kondisi pencernaan si Kecil secara berkala lewat Poop Tracker di Bebe Journey. 

Dilengkapi fitur berbasis AI, Ibu bisa deteksi kondisi pup real time si Kecil dan dapatkan hasil analisisnya dalam 60 detik saja. 

Jika diare tidak kunjung membaik dan menunjukkan gejala lain, segera bawa si Kecil ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut agar ia bisa mendapat penanganan yang tepat.

bebe journey

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Pratiwi Gasril. (2022). PENGARUH KONSUMSI PISANG KEPOK UNTUK MENGATASI DIARE PADA ANAK. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan/Photon : Jurnal Sain Dan Kesehatan12(2). https://doi.org/10.37859/jp.v12i2.3488
  2. Kristianingsih, A., Sri Hartini Mardi Asih, & Arlies Zenitha Victoria. (2023). Pengaruh Pemberian Buah Pisang Ambon Terhadap Konsistensi Feses Pada Anak Diare Usia Balita. An-Najat1(4), 40–52. https://doi.org/10.59841/an-najat.v1i4.459
  3. ‌News, U. (2020, December 23). Manfaat Pisang untuk Diare - Unair News. Unair News. https://news.unair.ac.id/2020/12/23/manfaat-pisang-untuk-diare/?lang=id
  4. ‌Purna Mahardika, N., & Zuraida, R. (2016). Nurul Purna Mahardika dan Reni Zuraida| Vitamin C pada Pisang Ambon (Musa paradisiaca S.) dan Anemia Defisiensi Besi MAJORITY I Volume 5 I Nomor 4 I Oktober (p. 124). http://repository.lppm.unila.ac.id/20343/1/Majority_Oktober%202016_Nurul%20Purna%20Mahardika%20dan%20Reni%20Zuraida.pdf
  5. TEPUNG PEKTIN DARI LIMBAH PISANG AMBON | Universitas Negeri Yogyakarta. (2020). Uny.ac.id. https://www.uny.ac.id/id/berita/tepung-pektin-dari-limbah-pisang-ambon
  6. ‌Izzi, W. (2014). UJI AKTIVITAS ANTIDIARE PEKTIN BUAH APEL (Malus sylvestris Mill) PADA MENCIT JANTAN YANG DIINDUKSI OLEUM RICINI. Unej.ac.id. https://doi.org/NIM082210101044
  7. II. TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Pisang Kepok (Musa paradisiaca formatypica). (n.d.). Retrieved June 15, 2024, from https://digilib.unila.ac.id/10675/15/BAB%20II.pdf
  8. Plantains for Babies - First Foods for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/plantain/
  9. ‌WebMD Editorial Contributor. (2020, September 23). Health Benefits of Plantains. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-plantains
  10. Health. (2023). What Foods Help Diarrhea Go Away? Here Are 4 Options. Health. https://www.health.com/what-to-eat-when-you-have-diarrhea-7104211
  11. Health. (2023). Can Eating Bananas Make You Constipated? It Depends. Health. https://www.health.com/do-bananas-cause-constipation-7974627


Artikel Terkait