10 Obat Diare untuk Bayi yang Alami dan Aman

Selain pemberian ASI, asupan makanan juga perlu Ibu perhatikan agar si Kecil cepat pulih dari diare. Jadi, apa saja obat diare alami yang aman untuk bayi?

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
13 Jun 2024
Obat diare alami untuk bayi-bebeclub


Diare adalah salah satu masalah pencernaan yang umum menyerang bayi. Yuk, cari tahu obat diare untuk bayi yang aman!

Obat Diare Alami untuk Bayi yang Aman

Diare pada bayi umumnya bisa sembuh sendiri. Namun, bayi berisiko mengalami komplikasi berbahaya jika gejalanya tidak cepat ditangani. Berikut beberapa obat diare untuk bayi yang alami dan aman:

1. ASI

Menyusui membantu mengisi ulang cairan tubuh bayi selama sedang diare agar tidak sampai mengalami dehidrasi yang membahayakan. 

ASI juga mengandung imunoglobulin dan nutrisi lain yang memberikan perlindungan terhadap diare dan penyakit menular lainnya.

Pada bayi berusia di atas 6 bulan, ASI boleh diberikan bergantian dengan cairan rehidrasi oral, seperti oralit atau air tajin, setiap kali si Kecil habis BAB.

2. Oralit

Diare pada bayi bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan yang meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi.

Untuk mencegah dehidrasi semakin parah, Ibu bisa memberikan larutan oralit sekitar 10 ml per kilogram berat badan bayi.

Namun, konsultasikan dahulu ke dokter jika ingin memberikan oralit pada bayi untuk mengetahui dosis tepat dan frekuensi pemberiannya, ya.

Baca Juga: 5 Penyebab Bayi Mencret Setelah Minum ASI dan Cara Mengatasinya

3. Pisang

Buah pisang juga termasuk obat diare untuk bayi yang alami, terutama jika si Kecil sudah berusia di atas 6 bulan atau sudah mulai MPASI.

Pati dalam pisang mampu menyerap air di usus besar untuk membantu memadatkan pup encer akibat diare. 

Pisang juga kaya akan kalium, mineral penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

4. Puree Sayuran

Jika usia si Kecil sudah 6 bulan atau lebih, Ibu bisa berikan menu MPASI dari sayur-sayuran yang dimasak matang, seperti wortel, buncis, jamur, buah bit, labu kuning, dan zucchini.

Namun, hindari memberikan sayuran pemicu perut kembung dan gas, seperti kembang kol, kubis, kacang-kacangan, dan bayam pada bayi yang diare.

5. Yogurt

Penelitian menyebutkan yogurt bagus sebagai obat diare alami untuk bayi usia 6-24 bulan dengan mengurangi frekuensi BAB encer dan mempercepat proses pemulihan. 

Alasannya adalah karena yogurt kaya sumber probiotik (bakteri baik) yang bekerja melawan bakteri penyebab diare dan menjaga kesehatan pencernaan.

Namun jika diare bayi disebabkan oleh alergi susu atau intoleransi laktosa, sebaiknya jangan berikan yogurt pada si Kecil. 

Baca Juga: 7 Ciri Feses Bayi Diare yang Perlu Diwaspadai

6. Air Kelapa

Jika si Kecil tidak mau minum air putih, Ibu bisa coba berikan beberapa sendok air kelapa dalam sehari.

Air kelapa murni bagus sebagai obat diare untuk bayi usia 6 bulan ke atas karena mengandung mineral dan elektrolit tinggi yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare.

Air kelapa juga mengandung senyawa disebut monolaurin yang membantu sistem kekebalan bayi melawan melawan infeksi.

7. Kentang Rebus

Jika bayi diare, berikanlah makanan bertepung yang mudah dicerna dan rasanya tawar, seperti kentang rebus.

Kentang kaya akan serat larut yang dapat membantu menyerap cairan berlebih di usus untuk memadatkan feses dan memperlambat proses pencernaan. 

Berikanlah kentang rebus untuk dipegang bayi atau sebagai kentang tumbuk yang dilumatkan sampai halus (mashed potato). Jangan tambahkan garam, gula, atau minyak.

8. Nasi Putih

Sama seperti kentang, nasi mengandung serat yang mudah dicerna untuk mempermudah beban kerja sistem pencernaan bayi saat sedang diare.

Mengonsumsi nasi putih juga dapat membantu mengurangi iritasi pada saluran pencernaannya.

Berikanlah nasi putih dalam bentuk yang mudah dikonsumsi bayi, seperti nasi tim atau bubur nasi.

9. Pasta

Makanan bertepung seperti pasta bisa menjadi salah satu pilihan obat diare alami untuk bayi yang aman.

Pasta membantu memadatkan pup karena kandungan tepungnya mampu mengikat air dalam usus. 

Pasta umumnya juga rendah serat, sehingga lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi yang sensitif. 

Baca Juga: Bagaimana Frekuensi BAB yang Normal pada Bayi Usia 9 Bulan?

10. Apel

Apel bagus diberikan sebagai obat diare untuk bayi berkat kandungan serat larut dan tidak larutnya. 64% kandungan buah apel adalah serat tidak larut dan 36% adalah serat larut.

Serat larut adalah serat yang membentuk konsistensi mirip gel pada feses dan memperlambat pencernaan. Sementara itu, serat tidak larut membantu memadatkan berat feses.

Setelah mencoba berbagai obat diare untuk bayi yang alami, Ibu bisa cek kembali kondisi pencernaan si Kecil melalui Poop Checker, lho! Hasilnya bisa Ibu download dan konsultasikan langsung ke dokter anak jika memang masih belum ada perubahan berarti.

Semoga si Kecil cepat sembuh, ya!

bebe journey

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. (2010, September 16). Livestrong.com. https://www.livestrong.com/article/245744-list-of-starchy-foods-to-eat-when-you-have-diarrhea/
  2. Verywell. (2023). What to Eat and Drink When You Have Diarrhea. Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/what-to-eat-for-diarrhea-1944822
  3. ‌Verywell. (2023). Coconut Water: 6 Benefits and When to Drink It. Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/coconut-water-7979107
  4. Arora, Mahok. (2023). Foods for Babies and Toddlers With Diarrhea. Firstcry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/foods-to-feed-babies-and-toddlers-with-diarrhea/
  5. IDAI. (2017). Bagaimana Memberi Makan Anak Saat Sedang Diare. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/bagaimana-memberi-makan-anak-saat-sedang-diare
  6. Healthline. What’s Giving Your Baby Diarrhea? Common Causes and What You Can Do. https://www.healthline.com/health/baby/baby-diarrhea#normal-poop
  7. Nationwide Childrens.org . (2022). Diarrhea. https://www.nationwidechildrens.org/conditions/diarrhea
  8. WebMD. (2023). Diarrhea in Babies. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-diarrhea-causes-treatment


Artikel Terkait