15 Obat Mual Alami untuk Anak yang Aman dan Ampuh

Penting untuk sediakan obat mual alami seperti apel, jahe, atau minyak esensial mint karena anak bisa mual kapan saja akibat terlalu banyak makan makanan berminyak atau mabuk perjalanan.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
02 Jul 2024
Obat mual alami - Bebeclub


Mual dan muntah merupakan salah satu gangguan pencernaan yang umum dialami anak. Jadi, Ibu sebaiknya selalu siap sediakan berbagai pilihan obat mual alami yang aman untuk anak.

Pilihan Obat Mual Alami untuk Anak

Makan makanan berlemak atau berminyak dan mabuk perjalanan bisa membuat anak mual. Jangan panik, Ibu dapat memberikan berbagai obat mual muntah alami berikut ini:

1. Jahe

Jahe efektif membantu hilangkan rasa mual dan keinginan muntah karena kandungan gingerolnya.

Gingerol mempercepat proses makanan keluar dari lambung agar tidak bertahan lama di usus dan memicu mual. Jahe juga bantu hilangkan rasa mual karena sering buang ingus saat flu.

Sebagai obat mual tradisional, rebus beberapa ruas jahe yang sudah digeprek atau diparut lalu saring. Jika anak sudah berusia 1 tahun ke atas, Ibu boleh maniskan dengan 1 sdt madu. 

2. Apel

Apel adalah salah satu buah yang cocok sebagai obat mual alami anak karena rasa asam kecutnya yang segar dan tinggi kandungan serat.

Buah-buahan dengan kandungan serat tinggi sangat membantu membuang zat-zat asing yang menyebabkan mual.

Penelitian menyebutkan, mengonsumsi satu buah apel utuh bahkan dapat mencegah munculnya rasa mual yang menyebabkan muntah.

3. Air Dingin

Memberikan segelas air es bisa diandalkan untuk redakan rasa mual anak.

Minta anak minum air es dingin atau mengemut sebongkah kecil es batu dapat membantu meredakan mual, terutama jika disebabkan oleh mabuk perjalanan atau akibat perut kembung.

Selain air putih dingin, Ibu dapat memberikan es kelapa murni atau minuman elektrolit dingin. 

4. Pisang

Pisang dapat bantu meredakan gejala sakit perut anak dan menghentikan sensasi mual dengan merangsang produksi lendir pada lapisan lambung.

Lendir tersebut akan menghasilkan penghalang di antara lapisan lambung dan asam lambung yang menimbulkan rasa mual.

Pisang juga bagus dikonsumsi jika mual si Kecil disertai dehidrasi atau jika dibarengi muntah-muntah.

Baca Juga: 6 Pertolongan Pertama Anak Sakit Perut Sebelum ke Dokter

5. Sari Lemon

Lemon mengandung asam penetral, yang diubah di dalam tubuh menjadi bikarbonat untuk meredakan mual.

Sari lemon juga merangsang produksi air liur di mulut, yang dapat meredakan gejala mual dan mulut kering.

Jika anak muntah, coba berikan segelas air dingin yang sudah Ibu tambahkan dengan sedikit perasan lemon untuk menghentikan sensasi mualnya.

6. Jeruk

Jeruk masih satu keluarga dengan lemon yang efektif sebagai obat mual alami anak berkat rasa segar dan kandungan asam sitratnya.

Cobalah berikan si Kecil sepotong kecil jeruk dingin untuk dikunyah atau dihisap. Ibu juga bisa berikan jus perasan jeruk alami untuk ia minum dingin-dingin.

7. Pepaya

Jika anak muntah disertai demam, coba berikan pepaya sebagai camilannya.

Selain kadar airnya cukup tinggi untuk cegah dehidrasi, pepaya mengandung senyawa antibakteri untuk mengurangi produksi asam lambung yang memicu munculnya sensasi mual dan ingin muntah.

8. Daun Mint

Peppermint dapat dijadikan obat mual alami yang ampuh untuk menghentikan sensasi “huwek-huwek” ingin muntah karena mabuk perjalanan atau mual setelah makan.

Ibu dapat mengulek beberapa lembar daun mint sampai keluar sari mint yang bisa dijadikan obat tradisional mual muntah pada anak.

Tuang 1 sdm sari daun mint segar tersebut dan 1 sdt perasan lemon ke dalam gelas berisi air dingin. Tambahkan 1-2 tetes madu agar rasanya bisa dinikmati si Kecil.

9. Kayu Manis

Kayu manis sudah lama digunakan sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi gangguan pencernaan, termasuk mual dan muntah, berkat zat antibakteri dan antivirusnya. 

Untuk anak, Ibu dapat merebus kayu manis batang sampai mendidih dan sajikan seduhannya hangat-hangat. Tambahkan 1-2 tetes madu agar si Kecil mau meminumnya. 

10. Chamomile

Selain kayu manis, obat mual alami pada anak berikutnya adalah teh chamomile. 

Chamomile memiliki sifat menenangkan pencernaan dan dapat membantu si Kecil tidur lebih nyenyak, sehingga dapat mengurangi rasa mualnya. 

Ibu cukup menyeduh 1 sendok teh chamomile ke dalam segelas air panas. Supaya rasanya lebih manis, tambahkan beberapa tetes madu ke dalamnya. 

11. Cuka Apel

Kandungan antimikroba pada cuka apel bisa dijadikan sebagai obat alami mual dan muntah pada anak.

Caranya, larutkan 1 sendok teh cuka apel dan madu ke dalam segelas air hangat. Lalu, minta si Kecil meminumnya. 

12. Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu sumber antibiotik alami. Ibu bisa menjadikannya sebagai obat mual anak dengan cara mengolahnya menjadi minuman jus. 

Caranya, cukup campurkan jus bawang merah dan air rebusan jahe dalam perbandingan yang sama. Tambahkan madu dan aduk rata, lalu minta ia meminumnya beberapa kali dalam sehari. 

13. Biskuit Tawar

Anak yang sedang mual mungkin cenderung ingin muntah apabila mengonsumsi atau mencium aroma makanan yang berbumbu atau berbau menyengat. 

Sebagai alternatifnya, Ibu dapat memberikan makanan hambar atau makanan kering sebagai obat mual alami. Misalnya roti panggang, cracker tanpa gula, atau keripik.

Makanan tersebut dapat bantu menambah energi dan nutrisi pada si Kecil selama mual dan muntah.

Baca Juga: 8 Pertolongan Pertama untuk Anak yang Muntah-Muntah Terus

14. Cengkeh

Cengkeh dapat menjadi alternatif obat mual untuk anak karena mampu meredakan gejala sekaligus mencegah refleks muntah. 

Ibu dapat menyeduh cengkeh menjadi minuman teh. Tambahkan sedikit madu, baru berikan pada si Kecil untuk diminum pelan-pelan.

15. Minyak Esensial Lavender

Minyak esensial lavender dapat bantu si Kecil merasa lebih segar dan rileks karena diklaim dapat mengobati sakit kepala yang berkaitan dengan rasa mual.

Ibu dapat meneteskan sedikit pada bantal atau teteskan di mesin diffuser agar menyebar di udara kamar si Kecil untuk dihirup.

Selain minyak lavender, Ibu dapat menggunakan minyak esensial lemon, chamomile, minyak adas, atau kapulaga sebagai pilihan obat tradisional mual muntah pada anak.

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Mual pada Anak?

Mual dan muntah dapat diatasi dengan mengajak si Kecil mengambil napas dalam-dalam secara perlahan agar ia mendapat udara segar.

Jaga pula agar si Kecil tidak sering-sering membungkukkan tubuh dan menekan-nekan area perutnya, karena gerakan ini dapat membuat sensasi mual makin parah.

Jika Ibu masih punya pertanyaan dan kekhawatiran mengenai kesehatan cerna si Kecil, jangan ragu tanyakan langsung pada tim Bebecare untuk dapatkan respon cepat tanpa perlu buat janji.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Petre, A. (2017, February 5). Natural Ways to Get Rid of Nausea, Plus Tips. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/nausea-remedies#fa-qs
  2. Khan, A. (2019, September 4). 15 Effective Home Remedies for Vomiting Child. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/easy-home-remedies-for-vomiting-in-children/
  3. Kandola, A. (2018, February 10). What are the best ways to get rid of nausea? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320877#eating-and-drinking
  4. WebMD. (2022). Remedies for Nausea and Vomiting. WebMD. https://www.webmd.com/children/ss/nausea-vomiting-remedies-treatment
  5. Eating When You Have Nausea and Vomiting. (2023). Breastcancer.org. https://www.breastcancer.org/managing-life/diet-nutrition/healthy-eating-during-treatment/eating-with-side-effects/nausea-vomiting
  6. Bananas and nausea: MedlinePlus Medical Encyclopedia Image. (2021). Medlineplus.gov. https://medlineplus.gov/ency/imagepages/9689.htm
  7. Melissa Ewey Johnson. (2024, May 10). 9 Foods That Help Relieve Nausea. EverydayHealth.com. https://www.everydayhealth.com/digestive-health/diet/foods-that-help-relieve-nausea/


Artikel Terkait