14 Obat Sakit Perut Anak Tradisional yang Aman dan Efektif

Bila si Kecil sakit perut, Ibu bisa berikan air putih hangat, yogurt, atau pisang untuk redakan gejalanya di rumah. Namun, segera ke dokter jika muncul gejala tambahan.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
20 Sep 2024


Jika anak sakit perut, jangan dulu buru-buru beli obat di apotek, Bu. Ada berbagai obat sakit perut anak tradisional yang bisa dijadikan alternatif tanpa efek samping. Simak rekomendasinya berikut ini!

Obat Sakit Perut Anak Tradisional yang Aman

Sakit perut bisa membuat anak rewel karena merasa tidak nyaman. Untuk meredakannya, berikut pilihan obat tradisional sakit perut yang aman diberikan pada anak.

1. Air Putih Hangat

Anak sakit perut biasanya disebabkan oleh sembelit karena kurang makan makanan berserat dan minum air.

Agar si Kecil tidak sakit perut lagi, coba berikan air putih hangat. Minum air putih hangat bantu usus berkontraksi untuk melancarkan proses buang air besar. 

Ibu juga dapat memberikan air kelapa murni suhu ruang atau sop ayam bening sebagai alternatif sumber cairan selain air putih untuk meredakan sakit perut pada anak secara alami.

2. Yogurt

Yogurt adalah sumber probiotik alami yang bisa dijadikan sebagai obat sakit perut anak tradisional.

Yogurt mengandung probiotik yang dapat bantu imun tubuh melawan bakteri penyebab sakit perut. Probiotik dalam yogurt juga dapat menenangkan lambung dan meredakan GERD.

Mengonsumsi yogurt dapat melancarkan perjalanan sisa makanan berpindah ke usus sehingga menghindari anak dari risiko sembelit.

Baca Juga: 10 Penyebab Perut Anak Kembung dan Berbunyi

3. Pisang

Pisang merupakan sumber serat prebiotik yang baik untuk menjaga pencernaan anak.

Prebiotik adalah jenis serat yang dijadikan makanan agar bakteri baik dalam usus bisa berkembang biak.

Serat pisang juga bantu memproduksi lendir dari lapisan lambung untuk meringankan gejala sakit perut. Lendir ini menjadi penghalang antara dinding lambung dan cairan asam yang dapat mengiritasi. 

4. Pepaya

Apabila anak sakit perut karena susah BAB, Ibu bisa berikan pepaya. Pepaya memiliki kandungan air dan prebiotik yang dapat meringankan sakit perut. 

Selain itu, kandungan serat di dalamnya dapat bantu melancarkan pencernaan yang terhambat akibat sembelit. 

Pepaya juga terdapat enzim pencernaan yang bersifat laksatif. Misalnya, enzim papain yakni berfungsi memecah makanan yang berpotensi mengiritasi lambung. 

5. Minuman Jahe

Minuman jahe bisa menjadi pilihan obat sakit perut anak tradisional di rumah, termasuk juga mengatasi gejala mual, muntah, dan diare yang kadang menyertai.

Senyawa gingerol dalam jahe bantu meredakan mual dan sakit perut. Ada pula zat antiradang yang meningkatkan produksi cairan dalam saluran cerna dan menetralkan asam lambung berlebihan.

Baca Juga: 9 Obat Sakit Perut Melilit pada Anak yang Alami

6. Teh Peppermint

Obat sakit perut anak alami berikutnya adalah teh peppermint. Peppermint diyakini mampu menenangkan otot-otot perut si Kecil yang tegang.

Teh peppermint juga mengandung zat aktif yang mampu melancarkan aliran empedu untuk optimalkan kerja saluran cerna agar perut si Kecil bisa kembali nyaman. 

7. Nasi Putih

Nasi putih merupakan karbohidrat yang mudah dicerna sehingga baik diberikan untuk meredakan sakit perut anak. 

Nasi putih juga dapat bantu menyerap asam lambung berlebih, sekaligus menenangkan lapisan lambung. Ibu bisa berikan nasi putih sedikit-sedikit, tetapi dalam porsi yang lebih sering.

8. Makanan Hambar 

Selain nasi putih, konsumsi makanan hambar juga lebih mudah dicerna sehingga dapat bantu kerja saluran cerna kembali normal seperti sedia kala. Ibu bisa berikan makanan hambar, seperti:

  • Pasta tanpa bumbu. 

  • Roti tawar. 

  • Roti panggang kering. 

  • Biskuit crackers tanpa gula.

9. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung probiotik yang dapat bantu menjaga bakteri di lambung dan meredakan sakit perut akibat infeksi H. pylori yang menyebabkan perut kembung dan refluks asam lambung.

Ibu bisa campurkan 1 sendok teh cuka sari apel dan madu ke dalam gelas berisi air hangat. Kemudian, minta si Kecil meminumnya. 

Baca Juga: 10 Penyebab Perut Kembung pada Anak Tak Kunjung Sembuh

10. Teh Chamomile

Teh chamomile baik untuk alternatif obat sakit perut anak tradisional. Chamomile mengandung senyawa antiradang yang mampu menenangkan otot-otot saluran cerna bagian atas. 

Dengan begitu, minum teh chamomile dapat bantu meredakan sensasi kram yang menyebabkan anak sakit perut. 

11. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, yaitu zat yang memiliki sifat anti inflamasi yang dapat bantu meredakan peradangan di sistem pencernaan.

Kurkumin juga dapat meringankan gejala iritasi lambung yang membuat si Kecil nyeri dan tidak nyaman. 

Untuk menyajikannya pada si Kecil, Ibu bisa memasukkan ½ sendok teh kunyit yang sudah diiris tipis-tipis pada segelas susu hangat. 

12. Madu

Obat sakit perut anak tradisional selanjutnya adalah madu. Madu memiliki antioksidan dan antibakteri alami yang bisa meringankan sakit perut, terutama akibat gastroenteritis (muntaber).

Selain diminum langsung, Ibu bisa mencampurkan madu ke dalam segelas air hangat, atau sebagai pemanis dalam minuman jahe.

13. Daun Mint

Daun mint ternyata bermanfaat untuk meredakan sakit perut anak. Daun mint mampu mengendurkan otot-otot perut, sekaligus menenangkan perut yang meradang atau iritasi. 

Ibu dapat merebus beberapa lembar daun mint dalam air panas. Saring, dan berikan dalam bentuk teh mint yang dingin.

14. Kompres Hangat

Ibu juga dapat menggunakan kompres handuk hangat untuk mengatasi sakit perut anak yang hilang timbul.

Caranya, siapkan wadah berisi air hangat suam-suam kuku. Kemudian, basahi handuk bersih dengan air hangat pada wadah yang sudah disiapkan. Peras handuk agar airnya tidak menetes.

Lalu, minta anak berbaring telentang dan tempelkan handuk hangat di area perutnya. Suhu hangat ini dapat melancarkan aliran darah sekaligus meredakan rasa nyeri. 

Baca Juga: 8 Pertolongan Pertama Anak Sakit Perut Sebelum ke Dokter

Pencernaan tidak nyaman bisa membuat anak 2x lebih rewel dari biasanya. Nah agar perutnya kembali nyaman dan mood si Kecil membaik, Ibu juga bisa coba berikan susu Bebelac Gold.

Bebelac Gold diformulasi dengan Advance Fibre + Comfort yang teruji klinis dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada perut hingga 40% hanya dalam waktu 2 minggu serta mengandung 100% laktosa dan 0g sukrosa yang aman untuk perut si Kecil.  

Dengan pencernaan yang nyaman, si Kecil pun akan memiliki suasana hati atau mood yang lebih baik. Kombinasi Triple A (DHA, LA, dan ALA lebih tinggi) juga bantu maksimalkan kecerdasan si Kecil.

Kapan Harus Dibawa ke Dokter?

Kalau Ibu sudah berikan ragam obat sakit perut anak tradisional di atas, tetapi gejalanya tak kunjung membaik segera bawa si Kecil ke dokter. Begitu pula jika muncul tanda-tanda di bawah ini:

  • Sakit perut tidak hilang, bahkan semakin parah. 

  • Sakit perut hanya di salah satu sisi perut. 

  • Anak tampak pucat, lemas, dan berkeringat. 

  • Sakit perut disertai muntah berulang selama 24 jam. 

  • Anak tidak mau makan atau minum. 

  • Ada darah pada feses si Kecil. 

  • Muncul ruam kulit disertai nyeri. 

  • Anak jarang buang air kecil (kurang dari 4 kali) dalam waktu 24 jam.

  • Sakit atau sulit saat buang air kecil. 

Ibu juga dapat konsultasi lebih lanjut seputar sakit perut yang dialami si Kecil dengan tim Bebecare yang siap merespon Ibu dengan cepat 24/7.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Parents. (2014). 9 Home Remedies for a Tummy Ache. Parents. https://www.parents.com/health/stomach-ache/natural-tummy-ache-remedies/
  2. Bananas and nausea: MedlinePlus Medical Encyclopedia Image. (2021). Medlineplus.gov. https://medlineplus.gov/ency/imagepages/9689.htm
  3. Haffejee, I. E., & Moosa, A. (1985). Honey in the treatment of infantile gastroenteritis. BMJ, 290(6485), 1866–1867. https://doi.org/10.1136/bmj.290.6485.1866
  4. Radhakrishnan, R., & Shaikh, J. (2023, January 24). How Do You Get Rid of a Stomach Ache in 5 Minutes? 9 Tips. MedicineNet; MedicineNet. https://www.medicinenet.com/how_do_you_get_rid_of_a_stomach_ache_in_5_minutes/article.htm
  5. Aparna. (2019, June 15). 10 Home Remedies for Stomach Pain in Toddlers. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/10-best-home-remedies-for-stomach-pain-in-toddlers/
  6. Verywell. (2016). 6 Easy Ways to Soothe Stomachaches From Food Allergies. Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/soothe-stomachaches-from-food-allergies-4105229
  7. Verywell. (2022). How to Soothe a Stomachache: 11 Natural Remedies. Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-soothe-a-stomach-ache-5218292
  8. Eating fresh turmeric helps with stomach disease? (2024). Vinmec International Hospital. https://www.vinmec.com/eng/article/eating-fresh-turmeric-helps-with-stomach-disease-en
  9. Health. (2024). Abdominal pain in children. Vic.gov.au. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/abdominal-pain-in-children#treatment-for-abdominal-pain-in-children
  10. Nania, R. (2023, June 15). 5 Best Foods to Relieve Constipation. AARP; AARP. https://www.aarp.org/health/conditions-treatments/info-2023/best-foods-for-constipation-relief.html


Artikel Terkait