9 Obat Sakit Perut Melilit pada Anak yang Alami

Teh jahe, pepaya, pisang, dan yogurt, adalah contoh obat sakit perut melilit anak yang alami. Namun, segera periksakan ke dokter jika sakit perut anak tidak juga sembuh.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
27 Aug 2024


Obat sakit perut melilit anak tidak harus beli di apotek. Ibu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Lalu, kalau perut anak melilit harus makan apa? Temukan rekomendasinya di sini! 

Obat Sakit Perut Melilit Anak

Sakit perut sangat sering dikeluhkan oleh anak. Bahkan hingga membuat menangis dan menolak makan. Lantas, apa obat tradisional sakit perut yang bisa diberikan pada anak? 

1. Air Putih

Sakit perut umumnya berasal dari limbah gas dan zat-zat buangan yang terperangkap di usus.

Minum air hangat dapat membantu usus berkontraksi untuk mempercepat proses pembuangan. Selain itu, minum air hangat juga bantu mengaktifkan saluran pencernaan. 

Selain air hangat, Ibu bisa berikan sup kaldu bening, air kelapa, atau buah yang kaya air seperti semangka dan tomat, untuk bantu redakan sakit perut pada anak

2. Nasi Putih dan Roti Tawar

Ketika anak sakit perut, ia mungkin merasa mual dan ingin muntah sehingga tidak mau makan.

Supaya perutnya tidak semakin mual saat makan, Ibu sebaiknya menyajikan makanan yang baik untuk pencernaan dengan cita rasa tawar seperti nasi putih atau roti tawar putih. 

Selain itu, makanan tawar lebih rendah risiko peradangan dan lebih mudah dicerna daripada makanan yang berminyak serta bercita rasa tajam. 

Baca Juga: 10 Penyebab Anak Sakit Perut Disertai Muntah dan Solusinya

3. Buah Pepaya

Coba berikan buah pepaya untuk obat sakit perut melilit anak karena susah BAB. Buah pepaya mengandung air serta komponen prebiotik, serat yang dapat melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit.

Pepaya juga mengandung berbagai enzim pencernaan yang memiliki efek laksatif. Contohnya enzim papain, enzim pencernaan alami untuk memecah makanan yang mengiritasi lambung.

Ada pula enzim chymopapain yang membantu menenangkan lambung dengan memelihara kadar asam lambung yang sehat.

4. Pisang

Pisang dapat membantu meredakan sakit perut dengan merangsang produksi lendir dari lapisan lambung.

Lendir tersebut menciptakan penghalang antara lapisan lambung dan zat asam lambung yang menyebabkan mulas dan sakit perut.

Pisang juga memiliki efek antasida alami untuk bantu meredakan masalah pencernaan. 

5. Teh Chamomile

Teh chamomile bagus untuk alternatif obat sakit perut melilit anak, karena memiliki kandungan zat antiradang dan senyawa yang berfungsi merelaksasi otot-otot saluran pencernaan bagian atas.

Sederhananya, efek menenangkan dari teh chamomile bisa membantu meredakan sensasi kram perut yang membuat si Kecil sakit perut.

6. Teh Jahe

Teh jahe hangat dapat Ibu tawarkan pada si Kecil untuk bantu membuat perutnya yang terasa sakit melilit menjadi lebih nyaman. 

Kandungan utama dalam jahe adalah gingerol, senyawa antioksidan yang bantu mengurangi rasa mual dan menenangkan perut. 

Selain itu, jahe juga mengandung zat anti peradangan yang mampu meningkatkan produksi cairan pelumas dalam saluran pencernaan dan menetralkan asam lambung berlebihan. 

7. Teh Peppermint

Obat sakit perut melilit anak berikutnya adalah teh peppermint. Teh ini dikatakan bisa memberikan efek menenangkan untuk otot-otot perut anak yang menegang.

Di samping itu, zat di dalam teh peppermint juga mampu meningkatkan aliran empedu yang digunakan untuk mengoptimalkan proses pencernaan.  

Proses pencernaan yang optimal akan membuat perut si Kecil terasa lebih nyaman sehingga ia dapat beraktivitas dengan lebih ceria. 

Baca Juga: Penyebab Sakit Perut Anak Hilang Timbul dan Pengobatannya

8. Yogurt

Yogurt bisa menjadi obat sakit perut melilit anak berikutnya. Proses fermentasi membuat produk olahan susu ini mengandung banyak probiotik. 

Bakteri baik tersebut mampu memerangi virus dan bakteri jahat di dalam perut. Dengan begitu, kondisi sistem pencernaan menjadi lebih sehat. 

Dalam memilih yogurt, pastikan tidak mengandung gula tambahan serta pemanis, pewarna, dan perasa buatan. Pilih juga yang memiliki label “live cultures” karena mengandung bakteri hidup.

9. Kompres Air Hangat

Meletakkan kompres air hangat di atas perut dapat mengobati rasa sakit perut si Kecil.

Gunakan botol yang diisi air hangat dan dibungkus waslap tipis untuk mengompres perut anak. Minta anak rebahan telentang di posisi yang nyaman.

Suhu hangat bisa bantu lancarkan peredaran darah, redakan rasa sakit, dan memberi rasa nyaman. 

Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Perut Melilit

Supaya sakit perut anak tidak memburuk, sebaiknya untuk sementara waktu hindari memberikan makanan yang terbuat dari bahan berikut ini: 

  • Keju.

  • Gorengan. 

  • Minuman bersoda. 

  • Makanan pedas. 

  • Sayuran mentah.

  • Makanan cepat saji. 

  • Camilan dalam kemasan.

  • Gandum rafinasi. 

  • Daging.

  • Minuman dan makanan mengandung kafein.

  • Makanan tinggi gula. 

  • Buah-buahan yang asam. Contohnya lemon, strawberry, dan kiwi.

  • Makanan tinggi lemak. 

Baca Juga: 6 Pertolongan Pertama Anak Sakit Perut Sebelum ke Dokter

Kapan Sakit Perut Melilit Harus Dibawa ke Dokter?

Jika sudah memberikan obat sakit perut melilit anak tapi gejalanya tidak juga mereda, sebaiknya bawa si Kecil ke dokter terlebih jika muncul tanda-tanda berikut: 

  • Rasa sakit perut semakin parah dan tidak tertahankan. 

  • Sakit perut berpindah area.

  • Terlihat pucat dan berkeringat. 

  • Muntah berulang selama 24 jam.

  • Menolak untuk makan atau minum.  

  • BAB anak berdarah

  • Ada darah dalam muntahan. 

  • Buang air kecil kurang dari 4 kali dalam 24 jam. 

  • Merasa kesakitan atau kesulitan saat buang air kecil. 

  • Muncul ruam di kulit disertai rasa nyeri. 

Apabila ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai sakit perut si Kecil dan kondisi kesehatan lainnya, Ibu bisa menghubungi BebeCare sekarang juga.  

Layanan ini gratis dan tersedia selama 24/7. Ibu bisa langsung berkonsultasi dengan tim ahli kami kapanpun, dimanapun, dan tanpa perlu membuat janji terlebih dahulu.

Kami selalu hadir untuk mendukung Ibu dalam menumbuhkan anak hebat yang sehat, ceria, dan kreatif. 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. 9 Home Remedies for a Tummy Ache. (2014). Parents. https://www.parents.com/health/stomach-ache/natural-tummy-ache-remedies/

  2. Health. (2024). Abdominal pain in children. Vic.gov.au. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/abdominal-pain-in-children#treatment-for-abdominal-pain-in-children

  3. M Rahminiwati, E Aprilia, IY Wiendarlina, U Affif, & Najwa, C. A. (2024). Papaya extract as a prebiotic strengthens the inhibitory activity of lactobacillus against the growth of pathogenic bacteria. IOP Conference Series Earth and Environmental Science, 1359(1), 012127–012127. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1359/1/012127

  4. Nania, R. (2023, June 15). 5 Best Foods to Relieve Constipation. AARP; AARP. https://www.aarp.org/health/conditions-treatments/info-2023/best-foods-for-constipation-relief.html

  5. ‌PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA. (n.d.). http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf

  6. What to Eat (or Not) When Your Stomach Hurts. (2023). WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/ss/slideshow-food-stomach-upset

  7. Clinic, C. (2023, June). What To Eat (and Avoid) When You Have an Upset Stomach. Cleveland Clinic; Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/foods-for-upset-stomach



Artikel Terkait