9 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Bayi 6 Bulan

Banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh si Kecil melalui bermain. Karena itu, penting bagi Ibu untuk memilih mainan yang sesuai untuk m...

4 min
26 Jul 2023
Soft book mainan bayi 6 bulan

1 ibu tandai artikel ini bermanfaat

Banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh si Kecil melalui bermain. Karena itu, penting bagi Ibu untuk memilih mainan yang sesuai untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui manfaat bermain dan rekomendasi mainan bayi 6 bulan.

Manfaat Bermain untuk Bayi 6 Bulan

Bayi usia 6 bulan tidak hanya semakin menggemaskan setiap harinya, tetapi juga sedang mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. 

Ketika mencapai usia 6 bulan, kemungkinan besar bayi sudah mampu berguling dan mulai duduk tanpa bantuan. Si Kecil juga sudah mulai sering mengoceh. Selain itu, bayi 6 bulan sudah diperbolehkan untuk memulai MPASI

Nah, Ibu perlu memberikan mainan edukasi yang dapat merangsang bayi untuk duduk dan bermain, bahkan mungkin memulai merangkak. Mengingat bayi semakin aktif pada usia 6 bulan, penting untuk menyediakan mainan yang dapat mengimbangi kecepatan dan tingkat keaktifannya tersebut.

Selama beberapa bulan pertama kehidupan bayi, bermain memiliki peran yang penting dalam eksplorasi si Kecil. Bayi dengan penuh semangat memanfaatkan indranya untuk mengembangkan pengetahuan tentang lingkungan yang menarik di sekitarnya.

Dengan bermain, bayi juga dapat mengasah kemampuan baru seperti menggenggam, berguling, merangkak, hingga berjalan. Selain itu, bermain juga merupakan kesempatan berharga bagi Ibu dan bayi untuk meningkatkan bonding.

Baca Juga: Tips Pentingnya Menjalin Bonding Pertama dengan Si Kecil

Mainan Edukasi untuk Bayi 6 Bulan

Dengan mainan yang tepat, bayi dapat merasakan sensasi bermain yang menyenangkan sambil melatih keterampilan motorik dan memperluas kemampuan eksplorasi mereka, Bu.

Berikut ini rekomendasi mainan edukasi untuk bayi 6 bulan yang perlu Ibu tahu.

1. Soft Book

Pada usia 6 bulan, bayi sering mulai mengoceh dan mengeksplorasi kemampuan berbicara. Salah satu cara yang dapat membantu si Kecil mengembangkan pelafalan dan memperluas kosa katanya adalah dengan menunjukkan gambar pada mainan atau buku dan mengucapkan kata tersebut dengan lantang dan jelas.

Oleh karena itu, AAP (American Academy of Pediatrics) sangat menganjurkan membacakan buku kepada bayi setiap hari. 

Menggunakan gambar-gambar pada buku sebagai alat bantu visual juga dapat membantu si Kecil mengaitkan kata dengan objek yang dilihatnya. Selain itu, membaca buku merupakan cara yang sangat efektif bagi bayi untuk belajar mengenal bahasa sejak usia sangat dini. 

2. Teether

Adalah hal yang wajar jika bayi usia 6 bulan seringkali memasukkan benda ke dalam mulutnya. Hal ini merupakan bentuk rasa penasaran si Kecil terhadap objek baru di sekitarnya.

Aktivitas memasukkan benda ke dalam mulut melibatkan gerakan lidah yang bermanfaat dalam memperkuat otot-otot yang diperlukan untuk bayi belajar berbicara di kemudian hari. 

Untuk itu, Ibu bisa memberikan teether kepada si Kecil sebagai stimulasi bayi. Berikanlah teether dengan warna yang mencolok dan tekstur yang menarik. Selain itu, teether juga harus mudah dipegang oleh si Kecil, ukurannya tidak terlalu besar maupun terlalu kecil.

3. Baby Gym

Baby gym adalah sebuah alas empuk yang dilengkapi dengan dua lengkungan di kedua sisinya. Pada lengkungan-lengkungan tersebut, terdapat berbagai fitur seperti lampu, cermin, piano bayi, atau bantal perut, yang dirancang untuk melibatkan bayi dalam berbagai aktivitas. 

Mainan yang digantung dari lengkungan baby gym memberikan rangsangan yang mendorong bayi untuk menjangkau dan menggenggamnya.

Saat meraih mainan tersebut, bayi belajar untuk memusatkan perhatian pada objek yang dihadapinya, sehingga secara bertahap meningkatkan persepsi visualnya. 

4. Mainan Musik

Selanjutnya, rekomendasi mainan untuk bayi 6 bulan yang bisa Ibu berikan yaitu mainan alat musik seperti xylophone, drum, piano, atau marakas. Bermain musik memiliki manfaat yang penting dalam meningkatkan keterampilan motorik halus.

Ketika memainkan stik drum atau menekan tuts piano, si Kecil secara aktif melatih keterampilan motorik halus yang ia miliki. Proses ini tentunya melibatkan koordinasi dan perlu mengontrol jari-jarinya untuk menghasilkan suara yang diinginkan.

Baca Juga: Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Bermain Musik 

5. Donat Susun

Bayi 6 bulan juga bisa diberikan mainan donat susun untuk meningkatkan perkembangannya. Bayi pada usia ini perlu untuk mulai belajar bagaimana caranya memegang "donat" dengan telapak tangannya. Selain melatih motorik halusnya, mainan donat susun dapat mendorong perkembangan kognitif pada si Kecil.

Saat bayi mencoba meletakkan satu mainan susun di atas yang lain dan melihat polanya tidak tepat, ia akan berusaha memecahkan masalah dan memahami mengapa mainan tersebut tidak bisa berada dalam posisi yang stabil.

Melalui eksperimen yang berulang-ulang, bayi akan mulai memperoleh pemahaman tentang bagaimana menempatkan "donat" dengan benar dari ukuran terbesar hingga terkecil agar dapat menumpuk secara stabil.

6. Mainan Cermin

Mainan cermin merupakan rekomendasi pilihan yang bagus untuk bayi usia 6 bulan. Pada awalnya, bayi akan terpesona oleh perubahan wajah dan ekspresi yang mereka perhatikan saat melihat ke cermin.

Bayi mungkin akan mencoba berinteraksi dengan bayi yang "ada" di cermin dengan tersenyum atau tertawa. Namun, seiring berjalannya waktu, bayi akan menyadari bahwa “bayi” di cermin sebenarnya adalah refleksi dari diri mereka sendiri.

Ibu dapat memasang cermin mainan di depan bayi saat melakukan tummy time. Melihat bayangannya di cermin dapat membuat bayi tetap dalam posisi tengkurap lebih lama. Dalam prosesnya, posisi kepala bayi akan menghadap ke depan. Hal ini membantu menguatkan otot leher, bahu, dan lengan si Kecil.

Baca Juga: Lagu Tidur untuk Bayi, Benarkah Bisa Bantu Si Kecil Tidur Nyenyak?

7. Sensory Box

Sensory box merupakan permainan yang membutuhkan beberapa wadah kemudian diisi beras, pasir kinetik, selai cokelat, es batu, atau jeli, lalu menambahkan benda-benda dapur seperti sendok atau gelas ukur.

Permainan ini dapat memberikan kesempatan bagi bayi untuk mengeksplorasi berbagai indra, termasuk penglihatan, pendengar, peraba, dan penciuman. Bayi akan senang menggerakkan tangannya menyentuh berbagai tekstur yang berbeda di dalam wadah tersebut.

Selain itu, sensory box dapat mendorong perkembangan bahasa pada bayi. Ibu dapat menjelaskan kepada si Kecil mengenai tekstur yang bayi sentuh seperti kasar, halus, hingga lengket.

8. Finger Painting

Finger painting merupakan permainan yang sangat bagus bagi bayi 6 bulan untuk mengeksplorasi, belajar, dan berkembang melalui permainan sensorik yang menyenangkan.

Ketika menyentuh cat dengan jari, bayi dapat merasakan tekstur dingin dan licin. Hal ini memberikan pengalaman sensorik dan merangsang indra perabanya. Selain itu, bayi dapat bereksperimen dengan berbagai warna dan pola dalam lukisan yang sedang dibuatnya. Ini akan mendorong kreativitas dan imajinasi si Kecil.

Untuk penggunaan catnya, Ibu bisa membuat edible paint (cat yang aman jika tertelan) sendiri di rumah yang tentunya cocok bagi bayi usia 6 bulan. Berikut cara membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 200 gram tepung jagung

  • 2 sdm gula pasir

  • Air secukupnya

  • Pewarna makanan 

Cara membuat:

  • Masukkan tepung jagung, gula pasir, dan air ke dalam panci, aduk hingga tercampur rata. Masak dengan api sedang sambil diaduk sampai teksturnya kental.

  • Pisahkan adonan ke dalam wadah-wadah terpisah sesuai dengan jumlah warna yang ingin digunakan.

  • Setelah itu, tambahkan pewarna makanan ke masing-masing wadah sesuai selera.

  • Pastikan untuk mencampur pewarna makanan secara merata dengan menggunakan sendok atau spatula.

  • Edible paint siap dimainkan.

Nah, itu dia berbagai rekomendasi mainan untuk menstimulasi bayi 6 bulan yang bisa Ibu berikan. Yang perlu diingat, pilihlah mainan yang tepat sesuai usia dan juga aman agar si Kecil dapat mengembangkan keterampilan barunya tanpa bahaya.

Jadi, mainan mana nih yang paling cocok untuk si Kecil, Bu?

Baca Juga: 12 Ide Sensory Play yang Seru untuk Bayi dan Manfaatnya

Jangan lupa kunjungi BebeJourney sebagai panduan untuk Ibu Hebat mengawali semua kehebatan si Kecil. Di sini, Ibu bisa cek milestone bulanan si Kecil apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum, koleksi resep MPASI, juga mengecek grafik pertumbuhan sampai reminder jadwal vaksin. Gratis!


Referensi:

  1. Nair, A. (2018, September 26). Does Your Baby Need a Play Gym? These 4 Reasons Are Too Good To Ignore! FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/does-your-baby-need-a-play-gym-these-4-reasons-are-too-good-to-ignore/
  2. ‌Mcilroy, T. (2022, January 21). 16 Benefits of Musical Instruments for Toddlers and Preschoolers. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-musical-instruments-for-toddlers/
  3. ‌Hari, A. (2022, December). Stacking Toys For Babies - How it Helps in Baby’s Development. Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/stacking-toys-for-babies-how-it-helps-in-babys-development/
  4. Jordan, C. (2022, September 22). What Is a Sensory Bin for Children? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/what-is-sensory-bin-children
  5. ‌Finger painting: activity for children 1-3 years. (2023, May 9). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/guides/activity-guides/making-and-building/finger-painting-1-3-years
  6. Parents. (2015). Age-by-Age Guide to Toys. Parents. https://www.parents.com/fun/toys/kid-toys/toys-for-all-ages/
  7. ‌Smart Toys for Every Age (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/smart-toys.html
  8. Good Toys for Young Children by Age and Stage. (2023). NAEYC. https://www.naeyc.org/resources/topics/play/toys
  9. ‌WhattoExpect. (2020, August 4). The Best Toys for 6-Month-Olds, According to Child Development Experts. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/baby-products/toys/best-toys-for-6-month-olds/


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait