Perkembangan Bayi 6 Bulan Sudah Bisa Apa Saja?

Perkembangan bayi 6 bulan sudah bisa duduk dengan ditopang bantal, tahu nama sendiri, serta makan MPASI. Waspada jika bayi belum bisa merespon orang lain.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

4 min
13 Oct 2022
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH
Perkembangan Bayi 6 Bulan - Bebeclub


Memantau perkembangan bayi 6 bulan merupakan hal yang penting untuk memastikan apakah tumbuh kembangnya sudah sesuai atau belum. Lalu, bayi usia 6 bulan sudah bisa apa saja?

Perkembangan Bayi 6 Bulan

Selain berat badannya yang kian bertambah sejak hari kelahirannya, ada hal-hal hebat yang sudah bisa dilakukan bayi usia 6 bulan, yaitu:

1. Pandai Berguling

Seiring dengan otot-otot leher, lengan, dan perut yang semakin kuat, bayi 6 bulan sudah semakin pandai berguling ke kanan dan kiri atau sebaliknya. 

Ia juga sudah mampu bergerak maju mundur di posisi tengkurap menggunakan tangan dan lututnya, serta menekan kakinya dengan keras saat kakinya dipijakkan di permukaan yang keras.

2. Belajar Duduk Sendiri

Di usia 6 bulan, umumnya ia sudah bisa duduk sendiri dari berbaring atau posisi bayi tengkurap, serta menopang tubuhnya dengan tangan.

Namun, si Kecil masih butuh sedikit bantuan untuk dapat menyeimbangkan tubuhnya. 

Baik itu bantuan Ibu dengan mengangkat tangannya ke depan untuk mencapai posisi duduk, atau memposisikan bayi duduk di kursi khusus.

Baca Juga: Cara Stimulasi Agar Bayi Cepat Duduk dan Merangkak

3. Meraih Benda di Sekitar 

Dari segi motoriknya, perkembangan bayi 6 bulan semakin mahir meraih benda dan menggenggamnya. Karena rasa ingin tahu yang besar, ia senang memasukkan benda apapun ke mulut. 

Ibu bisa memberi stimulasi bayi 6 bulan dengan menjaga lingkungan sekitar si Kecil tetap aman untuk bereksplorasi, dengan cara menjauhkan benda-benda berbahaya, serta benda-benda berukuran kecil.

4. Memindahkan Benda dengan Tangan

Bayi usia 6 bulan sudah memiliki koordinasi tangan yang baik. Ia mulai jago memindahkan benda, seperti mainan dari satu tangan ke tangan lainnya. 

Selain meraih benda dan memindahkannya dari tangan kanan ke kiri, bayi juga mulai belajar melepaskannya dari genggaman tangan. Ia juga sedang memahami bahwa benda bisa jatuh. 

5. Bisa Membedakan Wajah Orang

Perkembangan bayi 6 bulan ditandai dengan si Kecil yang sudah sangat familiar dengan wajah orang terdekatnya, seperti anggota keluarga inti. Jadi, ia bisa mengenali mana orang yang asing. 

Si Kecil juga sudah mengenali wajahnya sendiri, lho, sehingga ia sangat suka melihat wajahnya di cermin.

6. Tahu Namanya Sendiri

Selain sudah mengenali wajah, si Kecil juga sudah kenal dengan namanya sendiri. Jadi, ia bisa merespon dengan menoleh, mengoceh, atau bergerak ke arah orang yang memanggil namanya.  

Bahkan meski namanya tidak dipanggil pun, ia juga akan tetap memberikan respon dengan babbling, seperti berkata "ba-ba" atau "da-da”.

Baca Juga: Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasi Sakitnya

7. Mengenali Kata-Kata Sederhana

Umumnya, perkembangan bayi 6 bulan sudah bisa mengenali nama dan mengerti kata-kata sederhana, seperti “Tidak”, “Jangan”, atau “Dadah”.

Kemampuan motorik serta pemahamannya pada bahasa memang lebih cepat berkembang dibandingkan kemampuan bicara. Namun, ia sudah bisa menggunakan bahasa tubuh untuk komunikasi.

8. Tidak Malu Bermain dengan Orang Baru

Dari segi keterampilan sosial, si Kecil sudah lebih terbuka dengan kehadiran orang-orang baru. Ini mungkin karena ia sudah lebih terbiasa melihat banyak orang di sekitarnya.

Jadi, ia sudah tidak malu-malu lagi ketika diajak bermain atau berinteraksi dengan orang-orang selain Ayah dan Ibu serta keluarganya, seperti tetangga dekat atau kerabat kantor Ayah.

Selain itu, ia juga senang memberi respon kepada orang lain dan menatap mata lawan bicaranya. 

9. Semakin Ekspresif

Perkembangan bayi 6 bulan dari sisi emosionalnya juga ikut berkembang. Ia sudah dapat menunjukkan ekspresi wajah senang ataupun sedih. 

Misalnya, menjerit atau tertawa terbahak-bahak bila sedang senang, serta berteriak kencang jika sedang kesal. 

Tak hanya itu, si Kecil juga mulai mengetahui apa yang Ibu rasakan melalui nada suara maupun raut wajah. 

10. Mulai Makan MPASI

Perkembangan bayi usia 6 bulan yang tak kalah penting adalah ia sudah mulai makan MPASI

Ia sudah menunjukkan ketertarikan pada makanan yang ia lihat di piring makan Ibu dengan mencoba membuka mulutnya lebar-lebar. 

Si Kecil juga mulai meniru cara makan orang lain dengan memposisikan tubuhnya ke depan atau ke arah makanan ketika disodorkan sendok.

Ingin tahu hal hebat apa lagi yang dapat dilakukan si Kecil di usia 6 bulan dan seterusnya? Yuk, Bu, segera cek Milestones Tumbuh Kembang Bayi di Bebe Journey!

Baca Juga: Panduan Jadwal MPASI Bayi 6 Bulan dan Menu Idealnya

Waspada Tanda-Tanda Keterlambatan Perkembangan Bayi

Tumbuh kembang yang dijelaskan di atas berfungsi sebagai panduan, tapi bukan jadi sesuatu yang harus dimiliki setiap bayi di usia ini.

Jika bayi 6 bulan belum bisa duduk sendiri, Ibu tak perlu khawatir. Di usia ini, umumnya bayi bisa duduk dengan ditopang bantal. Bayi baru bisa duduk sendiri di usia 8 bulan. 

Ibu boleh waspada ketika bayi 6 bulan belum bisa melakukan hal-hal berikut ini: 

  • Menunjukkan afeksi (rasa kasih sayang) pada Ibu, Ayah, atau pengasuh terdekat lainnya.

  • Menanggapi suara di sekitarnya.

  • Tertawa.

  • Memasukkan benda ke dalam mulutnya, misalkan mainan, sendok makan bayi, atau finger foods.

  • Mengeluarkan suara vokal (a-i-u-e-o).

  • Berguling ke kanan maupun ke kiri. 

  • Meraih benda yang ada di dekatnya. 

Apabila si Kecil menunjukkan tanda-tanda di atas, sebaiknya Ibu segera menghubungi dokter, supaya ia segera mendapatkan pemeriksaan lengkap dan penanganan yang dibutuhkan.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Bayi 6 Bulan

Perkembangan Bayi 6 Bulan Menuju 7 Bulan

Menuju usia 7 bulan, bayi akan bisa mengenali bahasa ibu (native language) dan menggunakan nada suaranya untuk memberitahu Ibu bahwa ia sedang senang atau kesal.

Ia juga mulai memperlihatkan kemampuannya dalam memegang sippy cup. Bahkan, ada beberapa bayi yang sudah bisa makan menggunakan sendok makan. 

Selain itu, jari telunjuk dan ibu jarinya sudah mampu mengambil benda kecil, termasuk makanan seukuran jari. Lalu, akan seperti apa lagi perkembangan bayi di bulan ke-7

Pantau terus hebatnya perkembangan si Kecil di Bebeclub, ya! Jika ada pertanyaan seputar tumbuh kembang si Kecil, tanyakan langsung kepada tim Bebecare yang akan merespon cepat. 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Your baby’s growth and development - 6 months old. (2023, December 11). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-6-months-old
  2. Parents. (2024). A Guide to Your 6-Month-Old’s Development and Milestones. Parents. https://www.parents.com/6-month-old-baby-8572476
  3. WebMD. (2009, October 19). Baby Development: Your 6-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-6-month-old
  4. Watson, S. (2009, October 21). Baby Development: Your 7-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-7-month-old
  5. Help Me Grow MN. (2024). Helpmegrowmn.org. https://helpmegrowmn.org/HMG/HelpfulRes/Articles/BabyMilestones/index.html


Artikel Terkait