Perkembangan Bayi 5 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

Perkembangan bayi 5 bulan bisa apa saja, ya? Pada usia ini, akan banyak hal baru yang bisa si Kecil lakukan. Misalnya, berguling dari po...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
11 May 2022
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Perkembangan bayi 5 bulan bisa apa saja, ya? Pada usia ini, akan banyak hal baru yang bisa si Kecil lakukan. Misalnya, berguling dari posisi telentang ke tengkurap. Ia juga mulai belajar duduk sendiri. Lalu, apa lagi perkembangan yang terjadi pada bayi berusia 5 bulan? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan di bawah ini!

Perkembangan Bayi 5 Bulan Bisa Apa?

Kalau dari aspek perkembangan motorik, kognitif, hingga sosial emosionalnya, bayi 5 bulan bisa apa saja, ya? Yuk, kita bahas satu per satu, Bu!

1. Berguling dari Telentang dan Tengkurap 

Salah satu perkembangan bayi 5 bulan yang paling terlihat adalah kemampuan bayi untuk berguling dari posisi telentang ke tengkurap, dan sebaliknya. Perkembangan ini menandakan bayi Ibu sudah siap untuk merangkak dalam beberapa bulan ke depan.

Namun jika si Kecil sudah bisa berguling, hati-hati, ya, Bu. Pastikan Ibu jangan pernah meninggalkannya sendiri di tempat tidur atau tempat yang tinggi karena adanya kemungkinan ia akan terjatuh. 

Seiring berjalannya waktu, bayi usia 5 bulan juga akan belajar melatih kekuatan otot dan koordinasi geraknya. Sebagai contoh, duduk sendiri tanpa bantuan, berpindah tempat, serta menjelajahi dan mengenali lingkungan sekitarnya.

2. Belajar Duduk

Pada usia 5 bulan, bayi sudah mulai bisa menggerakan kepala ke satu sisi, ke kanan atau kiri, serta mengangkat dada saat sedang tengkurap. 

Terkadang, bayi di usia ini sudah dapat duduk sendiri selama beberapa saat tanpa ditopang. Bayi biasanya bangkit duduk dari posisi tengkurap dengan menopang tubuh menggunakan tangannya sendiri dan tanpa sandaran bantal. Hal ini karena sekarang otot punggung bayi sudah cukup kuat untuk menopang berat badannya, Bu.

Pertama, ia akan mulai mencoba duduk dengan memiringkan badannya terlebih dahulu, kemudian belajar menggunakan lengan untuk menopang badannya. Kadang, bayi akan mencoba duduk dengan posisi tangan di depan perut untuk menyokong tubuhnya.  

Akan tetapi, alangkah lebih baik jika Ibu tetap memberikan bantal atau boneka untuk membantunya bersandar ketika duduk, ya.

Menggerakkan kepala, belajar duduk, dan berguling merupakan kemampuan motorik kasar. Motorik kasar penting dalam pertumbuhan bayi, Bu, karena akan memengaruhi aktivitasnya sehari-hari.

Baca Juga: 7 Cara Stimulasi agar Bayi Cepat Duduk dan Merangkak

3. Meraih dan Menggenggam Mainan di Dekatnya

Selain bisa berguling dan duduk, perkembangan bayi 5 bulan juga ditandai dengan kemampuannya dalam meraih benda yang berada dekat jangkauannya. Misalnya, mainan atau boneka favoritnya, kemudian memindahkannya dari satu tangan ke tangan lainnya.

Ia juga sudah bisa menggoyangkan benda-benda di dekatnya yang menarik perhatian, seperti mainan kerincingan. 

Kemampuan penglihatan dan kemampuan tangan bayi untuk meraih, menggenggam, dan melepas benda menggunakan kedua tangannya merupakan kemampuan motorik halus yang nantinya akan menunjang keterampilan si Kecil makan. 

Karena kemampuan barunya ini juga, si Kecil akan mulai mencoba bereksplorasi dengan memasukkan mainan atau benda yang dipegangnya ke dalam mulut.

Supaya momen belajarnya tetap aman, alangkah lebih baik jika Ibu mensterilkan lebih dulu  setiap mainan miliknya. Jangan lupa jauhkan benda-benda yang sekiranya dapat membahayakan si Kecil jika dimasukkan ke dalam mulut.

Misalnya saja, benda-benda tajam seperti jarum dan peniti, gunting, dan pisau, juga yang berukuran kecil seperti kelereng, potongan balok mainan, sobekan kertas atau gumpalan plastik.

4. Berceloteh 

Perkembangan bayi 5 bulan selanjutnya adalah si Kecil sudah mulai bisa mengoceh (babbling) dan ucapannya sudah mendekati kata-kata asli.

Jadi, jangan kaget, kalau bayi mulai mengoceh kalimat yang terdiri dari satu suku kata, seperti “ba-ba-ba”, “ma-ma-ma”, atau “da-da-da” walaupun ia belum mengerti apa arti kata yang diucapkannya.

Rasanya tidak sabar ya, Bu, mendengar si Kecil bisa memanggil nama Ibu atau Ayah?

5. Mengeksplorasi Dunia Sekitar

Bayi usia 5 bulan juga sudah lebih bisa mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya. Ini termasuk mengamati tangan atau kakinya sendiri, serta bisa melihat apa saja benda-benda di sekitarnya. 

Ibu mungkin akan melihat si Kecil mulai mencoba menyentuh tombol-tombol yang ada di mainannya, atau menggoyangkan mainan bila itu bisa menghasilkan suara atau bunyi tertentu. 

Kemampuan mengeksplorasi ini termasuk dalam perkembangan kognitif bayi, Bu. Kemampuan kognitif berkaitan erat dengan kemampuan berpikir, nalar, memahami sesuatu, mengingat informasi, memecahkan masalah, dan mempelajari hal baru.

Tak jarang sesekali bayi menangis untuk mencari perhatian Ibu. Ketika ia menangis, ia jadi tahu bahwa ibunya akan datang untuk menghampirinya.

6. Berinteraksi dengan Orang Lain

Kemampuan sosial emosional bayi 5 bulan mulai terlihat dari temperamen bawaan dan hubungannya dengan orang lain, yaitu bagaimana dia merespon dan berinteraksi dengan orang-orang sekitarnya.

Ibu bisa melihat bayi 5 bulan sudah bisa melakukan kontak mata dengan orang yang lain di sekitarnya, serta menunjukkan ekspresi wajah seperti senang, marah, sedih, tertekan, dan terkejut. 

Bila Ibu memanggil atau menyapanya dengan “Kakak”, “Adik”, atau bahkan namanya, ia akan menoleh dan melihat ke arah Ibu atau orang yang mengajaknya bicara. 

Kini, bayi juga menjadi lebih ramah kepada orang lain di sekitarnya. Ia sudah mampu tersenyum saat merespon sesuatu, menunjukkan kesukaan pada orang-orang yang dia kenal dari suara dan aromanya, serta mulai menunjukkan minat pada bayi lain (empati).

Jangan heran kalau Ibu atau Ayah akan mendengar bayi tertawa cukup kencang. Karena, ia pun sudah bisa tertawa sebagai bentuk respon terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Lucu dan menggemaskan, ya, Bu? 

Walaupun belum paham sepenuhnya dengan kata-kata, bayi sudah bisa merespon kalau Ibu mengatakan “tidak” atau “jangan”. 

7. Tidur Lebih Nyenyak

Meski tidak semua, sebagian besar bayi berusia 5 bulan sudah bisa tidur sepanjang malam. Agar bayi bisa tidur nyenyak sepanjang malam, Ibu bisa membuatkan ritme tidur yang teratur. 

Caranya, mandikan bayi dengan air hangat. Kemudian, nyanyikan lagu atau ceritakan dongeng yang bisa membuatnya mulai mengantuk.

Bila memungkinkan, Ibu bisa membiasakan untuk meletakkan bayi di dalam tempat tidurnya dalam keadaan mengantuk, bukan saat ia sudah tertidur pulas agar ia juga bisa belajar menenangkan diri sendiri untuk tidur. 

Di siang hari, bayi 5 bulan masih membutuhkan dua kali tidur siang, yaitu satu di pagi hari dan satu setelah makan siang. 

Nah, cobalah untuk tidak menunda hal tersebut sampai bayi ibu rewel dan menangis. Atur posisi untuk tidur apabila bayi sudah menunjukkan tanda-tanda mengantuk.

Baca Juga: Bolehkah Bayi Usia 5 Bulan Diberi MPASI?

Perkembangan Berat dan Tinggi Badan Bayi 5 Bulan

Berat badan bayi di usia 5 bulan idealnya naik 0,5 kilogram dari bulan ke-4. Kenaikan berat badan bayi juga perlu dibarengi dengan pertambahan panjang atau tinggi badannya.

Hal ini karena pertambahan berat dan panjang badan merupakan acuan untuk memantau apakah pertumbuhan bayi sudah sesuai di jalur yang tepat sesuai grafik pertumbuhan WHO.

Pemantauan berat dan panjang badan bayi juga penting untuk mengenali jika ada risiko masalah gizi dan tumbuh kembang yang membutuhkan penanganan dari tenaga ahli.

Nah, untuk mengetahui apakah bayi Ibu sudah memiliki berat dan panjang badan ideal, Kementerian Kesehatan RI pernah mengeluarkan panduan Standar Antropometri Anak sebagai berikut: 

  • Bayi laki-laki: 7,5 kg dengan panjang badan sekitar 65.9 cm.

  • Bayi perempuan: 6.9 kg dengan panjang badan sekitar 64 cm.

Apabila tinggi dan berat badan bayi Ibu bulan kurang dari rata-rata di atas, sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk mendapatkan saran yang tepat, ya!

Cara Mengoptimalkan Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Jangan khawatir, Bu, kalau pada usia 5 bulan si Kecil belum menunjukkan semua kemampuan di atas. Sebab, pertumbuhan setiap bayi memang berbeda-beda. Ibu dapat terus mendampingi dan memantau perkembangannya agar selalu optimal. 

Terkadang, Ibu perlu melakukan berbagai stimulasi untuk tumbuh kembang bayi 5 bulan bisa berjalan optimal. Misalnya: 

1. Melatih Duduk

Meski tiap perkembangan bayi beda-beda, biasanya bayi 5 bulan sudah mulai bisa duduk sendiri. Kalau belum, salah satu stimulasi yang bisa Ibu lakukan adalah melatih bayi duduk sendiri. 

Ibu bisa mendudukkan bayi di kursi dengan sandaran atau penyangga agar ia tidak jatuh ke belakang. Saat ia sudah dalam posisi duduk tegak, pegang badannya. 

Jika ia bisa duduk tegak, dudukkan bayi di lantai yang beralaskan selimut tanpa sandaran atau penyangga.

2. Pancing dengan Mainan di Dekatnya

Ibu dapat menstimulasi perkembangan bayi 5 bulan dengan meletakkan mainan favorit beberapa langkah di depannya. Pilih yang berwarna cerah atau yang mengeluarkan suara seperti kerincingan. Kemudian, semangati si Kecil untuk meraih dan mengambilnya.

Aktivitas ini sangat baik untuk meningkatkan keterampilan motorik halus bayi. Apabila motorik halusnya berkembang optimal, koordinasi mata dan tangan si Kecil juga semakin baik.

Mengingat bayi sudah siap untuk merangkak dan menjelajah, pastikan Ibu menjauhkan bayi dari barang-barang yang berpotensi membahayakan dirinya, ya. Misalnya, benda-benda yang ujungnya runcing atau tajam, memiliki suhu panas, serta berukuran kecil. 

Karena, pada fase ini, tak jarang si Kecil kerap meraih benda-benda di sekitarnya dan langsung memasukkannya ke dalam mulut, Bu. 

3. Sering Ajak Ngobrol

Ajak bayi bicara dalam berbagai aktivitas sehari-hari, ya, Bu. Contohnya saat memandikan si Kecil Ibu bisa sambil mendeskripsikan apa yang sedang terjadi, “Adik sedang mandi sore. Mandi pakai air hangat, supaya tidak kedinginan. Habis mandi bayi cantik Ibu akan jadi lebih segar dan harum, ya.” 

Atau saat mengganti popok kotor  ibu dapat mengatakan, “Adik popoknya kotor karena pup.Ibu ganti dulu dengan popok bersih, ya. Kalau tidak diganti nanti bau dan rasanya gatal.”

Ibu bisa sekalian mengajaknya berkomunikasi dengan mengucapkan kata-kata sederhana, seperti ‘mama’, ayah, ‘papa’, atau ‘kakak’. Stimulasi ini bagus untuk membiasakan si Kecil mendengar beragam kata sambil memperkaya kosakata dan menjadi dasar dari perkembangan berbahasanya.

Baca Juga: Speech Delay pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Bacakan Dongeng

Salah satu cara mengoptimalkan perkembangan bayi usia 5 bulan ini adalah dengan membacakan buku cerita bergambar. Cara ini berguna untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan penglihatannya.

Ibu bisa membuat intonasi, suara, dan ekspresi wajah yang berbeda-beda agar ia merasa tertarik. Selain itu, sering-seringlah mengajak si Kecil mengobrol, bernyanyi, atau meniru suaranya saat ia berceloteh. 

5. Dengarkan Lagu Ceria

Bayi di usia ini sangat senang mendengarkan lagu, Bu. Jadi, Ibu bisa menyetel lagu anak-anak yang ceria, seperti lagu ‘Baby Shark’, atau menyanyikannya untuk memancing reaksi si Kecil.

Usahakan untuk menyanyikan lagunya dengan ekspresi yang ceria juga ya, Bu! Lakukan cara stimulasi bayi 5 bulan ini sambil memperlihatkan ekspresi wajah yang heboh untuk menarik perhatiannya.

Siapa tahu, mendengar lagu kesukaannya akan membuat si Kecil merespon dengan tepuk tangan, tertawa, dan menari.

6. Ajak Main Bersama Bayi Lain

Cara stimulasi perkembangan bayi 5 bulan lainnya bisa dengan mengajaknya bersosialisasi. Sederhana saja, sesekali coba ajak si Kecil jalan-jalan keluar rumah. Bukan tidak mungkin ia akan bertemu dengan bayi-bayi seusianya di sekitar rumahnya

Tak ada salahnya mengajak bayi Ibu playdate dengan bayi-bayi lain. Lalu, biarkan ia duduk di lantai bersama teman-temannya. Bila perlu, letakkan sejumlah mainan di sekelilingnya. 

Selain meningkatkan kemampuan kognitif dan sosialnya, si Kecil jadi merasa punya teman dan tidak bosan hanya melihat wajah orang tuanya di rumah.

Tanda-Tanda Keterlambatan Perkembangan yang Harus Diwaspadai

Jika ada tanda-tanda bahaya yang Ibu curigai, Ibu bisa langsung memeriksakan bayi untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Misalnya: 

  • Belum bisa menggenggam mainan atau benda lainnya.

  • Kurangnya kemampuan mata mengikuti gerak benda.

  • Tampak tidak tertarik pada mainan atau benda di sekitarnya.

  • Tidak mengenal Ibu atau Ayahnya.

  • Tidak bisa berceloteh atau membuat suara.

  • Tidak bisa membuka kepalan tangan dan jari-jari tangan.

  • Tidak bisa menendang.

  • Tidak menoleh saat dipanggil, atau tidak memberikan reaksi apa pun bila mendengar. suara keras dan yang mengagetkan.

  • Adanya gerakan tubuh si Kecil yang tidak terkontrol.

Segera konsultasikan ke dokter apabila bayi memperlihatkan salah satu atau beberapa tanda tersebut, ya, Bu. Sebab, tanda tersebut merupakan red flag dalam perkembangan bayi 5 bulan. 

Ibu juga bisa mengecek perkembangan bayi dari bulan ke bulan sesuai dengan tahapan usianya melalui tools Bebe Journey, lho. Tools ini dilengkapi berbagai fitur edukatif dan menarik untuk mendukung si Kecil tumbuh hebat. Mulai dari milestone bulanan, jadwal vaksin, grafik pertumbuhan, hingga panduan MPASI.

Lalu, akan seperti apa perkembangan bayi di usia 6 bulan? Terus pantau semua kehebatan tumbuh kembang si Kecil bersama Bebeclub, ya!

 

Referensi tambahan:

  1. Masters, M. (2018, December 27). 5-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-5.aspx
  2. Langmaid, S. (2006, March 8). Baby Spitting Up. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/spitting-up
  3. Your baby’s growth and development - 5 months old. (2023, April 3). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-5-months-old
  4. Pharm, J. (2022, June 10). How Can I Help My 5-Month-Old Baby’s Development? MedicineNet; MedicineNet. https://www.medicinenet.com/how_can_i_help_my_5-month-old_babys_development/article.htm
  5. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG STANDAR ANTROPOMETRI ANAK. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf. 
  6. Arora, M. (2019, June 12). 5 Months Old Baby Milestones. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/5-month-baby-milestones/


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait