Perkembangan Bayi 5 Bulan dan Cara Stimulasinya

Selain sudah bisa tengkurap sendiri, bayi 5 bulan sudah mulai bisa belajar duduk dan bisa merespon Ibu yang mengatakan ‘tidak’ atau “jangan”. Apa lagi milestone bulan ini?

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

4 min
11 May 2022
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH


Perkembangan bayi 5 bulan ditandai dengan kemampuan berguling dari posisi telentang ke tengkurap. Ia juga mulai belajar duduk sendiri. Lalu, bagaimana cara menstimulasi perkembangannya?

Perkembangan Bayi 5 Bulan

Selain sudah bisa berguling ke tengkurap, bayi 5 bulan bisa apa? Mari kita bahas penjelasannya satu per satu di bawah ini:

1. Meraih dan Menggenggam Mainan di Dekatnya

Bayi 5 bulan sudah bisa melakukan kemampuannya meraih benda yang berada dekat jangkauan. Misalnya mainan atau boneka favoritnya, 

Kemudian, memindahkannya dari satu tangan ke tangan lainnya. Ia juga sudah bisa menggoyangkan benda-benda di dekatnya.

2. Berguling dari Terlentang dan Tengkurap 

Sebagian besar bayi 5 bulan sudah bisa berguling dari posisi telentang ke tengkurap, pun sebaliknya.

Bayi sudah mulai bisa menggerakkan kepala ke satu sisi, ke kanan atau kiri, serta mengangkat dada saat sedang tengkurap. 

Kemampuan tengkurap menandakan si Kecil sudah siap belajar merangkak dalam beberapa bulan ke depan.

3. Belajar Duduk

Di lima bulan pertama usianya, otot punggung bayi sudah cukup kuat untuk menopang tubuhnya sehingga pelan-pelan bayi belajar duduk sendiri.

Bayi biasanya bangkit duduk dari posisi tengkurap dengan menopang tubuh menggunakan tangannya sendiri dan tanpa sandaran bantal. 

Baca Juga: Cara Tepat Stimulasi agar Bayi Cepat Duduk dan Merangkak

4. Berceloteh 

Perkembangan bayi 5 bulan selanjutnya adalah si Kecil sudah mulai bisa mengoceh (babbling) dan ucapannya sudah mendekati kata-kata asli.

Jangan kaget, kalau bayi mengoceh kalimat yang terdiri dari satu suku kata, seperti “ba-ba-ba”, “ma-ma-ma”, atau “da-da-da” walaupun ia belum mengerti apa arti kata yang diucapkannya.

5. Mengeksplorasi Dunia Sekitar

Bayi 5 bulan sudah bisa apa lagi, ya? Kini, ia mampu mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya. Ini termasuk mengamati tangan atau kakinya sendiri, serta bisa melihat benda-benda di sekitarnya. 

Ibu mungkin akan melihat si Kecil mulai mencoba menyentuh tombol-tombol yang ada di mainannya, atau menggoyangkan mainan bila itu bisa menghasilkan suara atau bunyi tertentu.

6. Tidur Lebih Nyenyak

Meski tidak semua, sebagian besar bayi berusia 5 bulan sudah bisa tidur sepanjang malam. Agar bayi bisa tidur nyenyak sepanjang malam, Ibu bisa membuatkan ritme tidur yang teratur. 

Ibu bisa biasakan untuk meletakkan bayi di dalam tempat tidurnya dalam keadaan mengantuk, bukan saat ia sudah tertidur pulas agar ia juga bisa belajar menenangkan diri sendiri untuk tidur. 

Baca Juga: Manfaat dan Cara Memulai Sleep Training Bayi

7. Berinteraksi dengan Orang Lain

Bila Ibu memanggil atau menyapanya dengan “Kakak”, “Adik”, atau bahkan namanya, bayi 5 bulan sudah bisa menoleh dan melihat ke arah Ibu atau orang yang mengajaknya bicara. 

Meski belum paham dengan kata-kata sepenuhnya, bayi sudah bisa merespon kalau Ibu mengatakan ‘tidak’ atau “jangan”. 

Bayi juga sudah bisa tersenyum merespon sesuatu, menunjukkan kesukaan pada orang-orang yang dikenal dari suara dan aromanya, serta mulai menunjukkan minat pada bayi lain (empati).

Cara Stimulasi Bayi 5 Bulan

Setiap bulan bayi akan meraih milestone baru. Jadi, Ibu perlu mulai berbagai stimulasi bayi yang baru supaya tumbuh kembangnya optimal di usia 5 bulan. Misalnya dengan:

1. Melatih Duduk

Perkembangan bayi 5 bulan sudah mulai bisa duduk sendiri. Kalau belum, Ibu bisa mendudukkan bayi di kursi dengan sandaran atau penyangga agar ia tidak jatuh ke belakang. 

Saat ia sudah dalam posisi duduk tegak, pegang badannya. Namun jika ia sudah bisa duduk tegak, dudukkan bayi di lantai beralaskan selimut tanpa sandaran atau penyangga.

2. Pancing dengan Mainan di Dekatnya

Letakkan mainan favorit di dekat bayi. Pilih berwarna cerah atau yang mengeluarkan suara seperti kerincingan. Kemudian, semangati si Kecil untuk meraih dan mengambilnya.

Aktivitas ini sangat baik untuk meningkatkan keterampilan motorik halus bayi. Apabila motorik halusnya berkembang optimal, koordinasi mata dan tangan si Kecil juga semakin baik.

Baca Juga: Rekomendasi Mainan Bayi 5 Bulan untuk Stimulasi Perkembangannya

3. Jauhi dari Benda Membahayakan

Di usia ini, umumnya bayi sudah siap untuk merangkak dan menjelajah. Jadi, pastikan Ibu menjauhkan bayi dari barang-barang yang berpotensi membahayakan dirinya, ya. 

Misalnya, benda-benda yang ujungnya runcing atau tajam, memiliki suhu panas, serta berukuran kecil. 

Karena pada fase ini, tak jarang ia kerap meraih benda-benda di sekitarnya dan langsung memasukkannya ke dalam mulut, Bu. 

4. Sering Ajak Ngobrol

Ajak bayi bicara dalam berbagai aktivitas sehari-hari, ya, Bu. Contohnya, saat memandikan si Kecil dan mengganti popok kotor, Ibu bisa sambil mendeskripsikan apa yang sedang terjadi.

Ibu bisa sekalian mengajaknya berkomunikasi dengan mengucapkan kata-kata sederhana, seperti ‘mama’, ayah, ‘papa’, atau ‘kakak’. 

Stimulasi ini untuk membiasakan bayi mendengar beragam kata sambil memperkaya kosakata dan menjadi dasar dari perkembangan berbahasanya.

Baca Juga: Waspada Ciri Speech Delay pada Bayi dan Cara Mengatasinya

5. Bacakan Dongeng

Salah satu cara mengoptimalkan perkembangan bayi usia 5 bulan adalah dengan membacakan buku dongeng bergambar. 

Cara ini berguna untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan penglihatannya. Buat intonasi, suara, dan ekspresi wajah yang berbeda-beda agar ia tertarik. 

6. Dengarkan Lagu Ceria

Bayi di usia ini sangat senang mendengarkan lagu, Bu. Jadi, Ibu bisa menyetel lagu anak-anak yang ceria, seperti lagu ‘Baby Shark’, atau menyanyikannya untuk memancing reaksi si Kecil.

Usahakan untuk menyanyikan lagunya dengan ekspresi yang ceria juga ya, Bu! Lakukan cara stimulasi bayi ini sambil memperlihatkan ekspresi wajah heboh untuk menarik perhatiannya.

7. Playdate Bersama Bayi Lain

Cara stimulasi perkembangan bayi 5 bulan lainnya bisa dengan mengajaknya bersosialisasi guna meningkatkan kemampuan kognitif dan sosialnya. 

Sederhana saja, sesekali coba ajak si Kecil jalan-jalan keluar rumah. Bukan tidak mungkin ia akan bertemu dengan bayi-bayi seusianya di sekitar rumahnya

Tak ada salahnya mengajak bayi Ibu playdate dengan bayi-bayi lain. Lalu, biarkan ia duduk di lantai bersama teman-temannya. Bila perlu, letakkan sejumlah mainan di sekelilingnya. 

Lalu, akan seperti apa perkembangan bayi di usia 6 bulan? Terus pantau semua kehebatan tumbuh kembang si Kecil bersama Bebeclub, yuk!

Cek juga perkembangan dan tahapan usia si Kecil tools Bebe Journey. Tools ini dilengkapi berbagai fitur edukatif dan menarik untuk mendukung si Kecil tumbuh hebat. Mulai dari milestone bulanan, jadwal vaksin, grafik pertumbuhan, hingga panduan MPASI.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Masters, M. (2018, December 27). 5-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-5.aspx
  2. Langmaid, S. (2006, March 8). Baby Spitting Up. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/spitting-up
  3. Your baby’s growth and development - 5 months old. (2023, April 3). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-5-months-old
  4. Pharm, J. (2022, June 10). How Can I Help My 5-Month-Old Baby’s Development? MedicineNet; MedicineNet. https://www.medicinenet.com/how_can_i_help_my_5-month-old_babys_development/article.htm
  5. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG STANDAR ANTROPOMETRI ANAK. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf. 
  6. Arora, M. (2019, June 12). 5 Months Old Baby Milestones. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/5-month-baby-milestones/


Artikel Terkait