Kembali ke Ibu Perlu Tahu

Mengenal Manfaat Susu Soya untuk Kesehatan Anak

Tahukah Ibu bahwa manfaat susu soya atau susu kedelai sudah dikenal sejak lama? Selain menjadi susu nabati pertama yang menyediakan nutr...

4 min
25 Feb 2022
manfaat susu soya

Artikel ini belum diulas

Tahukah Ibu bahwa manfaat susu soya atau susu kedelai sudah dikenal sejak lama? Selain menjadi susu nabati pertama yang menyediakan nutrisi ketika suplai susu sapi tidak mencukupi, susu soya juga sering dijadikan alternatif untuk anak yang alergi atau tidak cocok dengan susu sapi. 

Kemudian untuk memperkaya kandungan dan kualitas gizinya, susu kedelai diformulasikan menjadi formula isolat kedelai atau formula soya khusus untuk anak-anak usia di atas 1 tahun. 

Penasaran apa saja, sih, manfaat susu soya untuk anak? Yuk, simak bersama!

Manfaat Susu Soya untuk Anak

Alergi susu sapi atau intoleransi laktosa adalah dua contoh masalah kesehatan yang umum dialami oleh anak kecil. Jika alergi sudah sering ibu dengar, bagaimana dengan intoleransi laktosa?

Intoleransi laktosa (lactose intolerance) juga sering dialami anak saat mengonsumsi susu sapi.  Hal ini terjadi karena tubuh anak kekurangan enzim laktase sehingga tidak bisa mencerna laktosa. Laktosa adalah gula pada susu, dan laktase adalah enzim untuk mencerna laktosa.

Sebagai cara menghindari kemunculan gejala dari dua kondisi ini, Ibu tentu harus menghindari memberikan anak susu sapi dan segala produk olahannya, seperti keju dan butter.

Jadi, wajar jika Ibu merasa khawatir jika kebutuhan nutrisi anak tidak terpenuhi karena ia tidak bisa minum susu sapi.

Nah, beragam kelebihan susu soya atau susu kedelai bisa menjadi solusi alternatif agar asupan nutrisi anak yang berusia di atas 1 tahun bisa tetap terjaga.

Berikut penjelasan lebih lengkapnya tentang manfaat susu soya untuk anak 1 tahun ke atas.

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Jika anak punya alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, kebutuhan gizi penting dari susu sapi bisa dipenuhi dari susu soya. 

Sebab dari sekian banyak susu nabati, hanya susu soya yang bisa menggantikan gizi susu sapi untuk mendukung tumbuh kembang anak. 

Manfaat susu soya ini datang dari kandungan lemak nabati, protein, kalsium, dan berbagai mineral, seperti tiamin, folat, riboflavin, kalium, magnesium, zat besi, dan zinc, sampai vitamin D, E, dan K2. Deretan nutrisi ini sangat penting dalam menjaga kesehatan si Kecil, terutama di masa tumbuh kembangnya.

Kandungan protein juga diketahui paling banyak ditemukan dalam susu soya bila dibandingkan sumber protein nabati lainnya, Bu. Protein sendiri berfungsi dalam menunjang pertumbuhan tubuh anak dalam jangka panjang. 

Terlebih jika kedelai diproses menjadi formula soya. Formula soya ternyata bisa mengandung protein berkualitas tinggi yang setara dengan protein hewani dan asam amino esensial lengkap. Jadi, Ibu tidak perlu khawatir soal manfaat susu kedelai untuk tumbuh kembang si Kecil.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak Universitas Indonesia, anak yang mengonsumsi formula isolat kedelai menunjukkan ciri pertumbuhan yang sama dengan anak yang minum susu sapi. 

Baca Juga: Mengenal Formula Soya, Rekan Susu Sapi Formula

2. Melancarkan Pencernaan

Si Kecil pernah sembelit atau mengalami perut kembung setelah minum susu sapi, Bu? Gangguan pencernaan pada anak ini mungkin muncul karena anak Ibu tidak cocok minum susu sapi. 

Maka, ada baiknya Ibu berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab gangguan pencernaan ini. Apakah benar si Kecil tidak cocok minum susu sapi. Nantinya dokter akan memberikan rekomendasi untuk mengatasi masalah tersebut. 

Nah untuk melancarkan pencernaan secara umum, serat berperan penting, Bu. Ibu bisa memberikan Bebelac Soya Gold yang merupakan satu-satunya formula soya tinggi serat di Indonesia. Rasa vanilanya yang lezat pasti disukai oleh Si Kecil.

Formula soya mengandung serat tinggi sehingga dapat membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Kehadiran bakteri baik dapat menjaga sistem pencernaan si Kecil tetap baik agar BAB-nya lancar dan terhindar dari masalah pencernaan, seperti perut kembung, sembelit, atau diare.

Dalam proses pembuatannya, Bebelac Gold Soya juga dilengkapi dengan FOS Inulin yang dikenal dapat menjaga bakteri baik dalam saluran pencernaan. 

Kandungan Advansfibre Soy+ dan prebiotik FOS Inulin pada Bebelac Gold Soya dapat membantu melancarkan pencernaan si Kecil (happy tummy) yang berusia lebih dari 1 tahun.

Jika sistem pencernaan anak sehat, daya tahan tubuh si Kecil bisa terjaga dengan baik. Pasalnya, sekitar 70% sel pembentuk imunitas tubuh berada dalam perut.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Penyerapan kalsium dari formula soya ternyata tidak jauh berbeda dengan susu sapi, lho, Bu. Dengan begitu, si Kecil bisa tetap mendapat kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulangnya.

Selain protein, kelebihan lain dari susu soya juga berasal dari kandungan kalsiumnya. Seperti yang Ibu sudah ketahui, kalsium merupakan mineral penting yang berperan untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

Menurut sebuah studi yang dimuat pada jurnal Nutrients, kandungan kalsium di dalam susu soya lebih sedikit dibandingkan susu sapi. 

Tapi, kabar baiknya penyerapan kalsium dari susu soya ternyata tidak berbeda dengan susu sapi. Ini artinya, manfaat susu kedelai untuk menjaga kesehatan tulang sama baiknya dengan susu sapi bagi si Kecil. 

4. Mendukung Perkembangan Otak Anak 

Susu soya juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang tinggi, Bu. Kedua asam lemak ini diketahui dapat membantu perkembangan otak anak. Sangat menarik, bukan?

Menurut studi dalam jurnal Nutrients, asupan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan fungsi kesehatan otak (happy brain) dan suasana hati anak jadi lebih baik (happy heart).

Nah, memberikan Bebelac Gold Soya kepada si Kecil bisa jadi alternatif pengganti susu sapi karena kandungan minyak ikan, asam lemak omega-3, dan asam lemak omega-6. Semua ini merupakan jenis lemak yang penting untuk mendukung sel-sel otak si Kecil.

5. Mencegah Anemia

Tahukah, Ibu? Kekurangan zat besi ternyata dapat mengganggu pertumbuhan si Kecil dan berdampak buruk bagi fungsi kognitifnya. 

Zat besi merupakan mineral penting yang berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah. Sel  darah merah bertugas mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. 

Tubuh kemudian akan menggunakan zat besi untuk menghasilkan lebih banyak asupan darah. Jika tubuh si Kecil kekurangan zat besi, maka ia berisiko mengalami anemia. 

Bahkan, parahnya dapat mengganggu proses tumbuh kembang si Kecil. Tentu Ibu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?  

Nah, memberikan susu Bebelac Soya Gold dapat menambah asupan zat besi pada si Kecil, Bu. Dengan asupan zat besi yang cukup ini, tumbuh kembang serta fungsi kognitif si Kecil bisa berjalan optimal.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Susu Soya yang Perlu Ibu Ketahui

Kapan Ibu Boleh Memberikan Susu Soya untuk Anak?

Pada dasarnya, anak yang masih di bawah usia 1 tahun tidak disarankan minum susu selain ASI. 

Akan tetapi, jika suplai ASI terbatas atau ada hal-hal lain yang membuat Ibu tidak bisa menyusui, Ibu bisa berikan susu soya dengan formula khusus untuk anak. 

Terlebih, bila si Kecil memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti alergi susu sapi, intoleransi laktosa, atau anak vegetarian, Ibu boleh memberikan susu soya untuk anak. 

Formula soya berbeda dengan susu kedelai buatan rumah, Bu. Sebab, formula soya sudah difortifikasi dengan berbagai nutrisi penting, seperti serat, zat besi, vitamin, kalium, dan mineral.

Dengan asupan nutrisi yang tepat dan lengkap, tentu Ibu bisa membantu si Kecil untuk memiliki saluran cerna yang hebat, daya pikir yang kuat, dan tumbuh kembang yang baik. 

Namun, pastikan Ibu tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya.

Baca Juga: Ini Perbedaan Susu Formula Soya dan Susu Soya untuk Anak-Anak

Setelah tahu apa manfaat susu kedelai atau formula soya untuk anak, yuk lengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil agar ia bisa tumbuh hebat!

 

*direview oleh dr. Tania Savitri


Reference:

  1. Elvira Verduci, et al. (2019). Cow’s Milk Substitutes for Children: Nutritional Aspects of Milk from Different Mammalian Species, Special Formula and Plant-Based Beverage. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles /PMC6723250/ [Diakses 20 Februari 2021]
     
  2. Zakiudin Munasir, Rini Sekartini. (2020). Soy Isolate Formula: the Usage Beyond Allergy Indication. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication /341192021 _Soy_Isolate_Protein_Formula _the_usage_beyond_allergy_indication [Diakses 27 Februari 2021]
     
  3. Aldo Reynaldo, Badriul Hegar. (2014). Soy Infant and Extensively Hydrolyzed Formula as Therapeutic Formula for Cow’s Milk Protein Allergy. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications /68126-EN-soy-infant-and-extensively-hydrolyzed-fo.pdf [Diakses 19 Februari 2021]
     
  4. Maria Sole Facioni, et al. (2020). Nutritional management of lactose intolerance: the importance of diet and food labelling. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles /PMC7318541/ [Diakses 21 Februari 2021]
     
  5. Michael J. Lopez, Shamim S. Mohiuddin. (2020). Biochemistry, Essential Amino Acids. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books /NBK557845/ [Diakses 20 Februari 2021]
     


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait