Susu Pertumbuhan Tahan Berapa Jam Setelah Diseduh?

Susu tidak boleh dibiarkan terlalu lama dalam suhu ruang setelah diseduh. Minum susu basi bisa membuat anak sakit perut dan tidak mendapatkan manfaat dari kandungan gizinya.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
24 Jun 2024
susu formula tahan berapa jam-bebeclub


Susu formula tahan berapa jam? Mengetahui waktu ketahanan susu dan cara penyimpanannya sangat penting untuk memastikan si Kecil bisa mendapat semua nutrisi penting susu. 

Susu Formula Pertumbuhan Tahan Berapa Jam Setelah Dibuat?

Masa simpan susu yang sudah diseduh sangat sebentar. Susu formula pertumbuhan paling baik bila diminum maksimal 2 jam setelah diseduh.

Jadi, hanya buat susu jika sudah mendekati waktunya si Kecil minum susu. Kalau si Kecil belum mau minum susu, Ibu bisa simpan dulu di lemari es setelah diseduh. Lalu, susu formula tahan berapa jam di kulkas?

Susu bisa bertahan maksimal 24 jam jika disimpan di lemari es dengan suhu ≤ 4°C dan ditaruh di area belakang kulkas, karena suhunya lebih dingin daripada area dekat pintu kulkas karena sering dibuka tutup. 

Bagaimana Jika Anak Minum Susu Pertumbuhan Setelah Lebih dari 2 Jam? 

Susu formula pertumbuhan bisa basi setelah 2 jam dibiarkan di suhu ruang. Jadi jika sudah lebih dari 2 jam di suhu ruangan, buang dan buat yang baru.

Tanda-tanda susu basi antara lain berbau asam atau tengik, menggumpal, berlendir, atau berubah warna.

Minum susu basi bisa membuat anak mual dan mulas karena sakit perut. Jika tidak disertai demam, muntah, atau diare, Ibu tidak perlu khawatir. Namun, tidak ada salahnya konsultasi lebih lanjut ke dokter.

Ibu juga bertanya langsung ke tim Bebecare untuk dapatkan respons yang lebih cepat terkait cara-cara menangani masalah pencernaan anak.

Baca Juga: Cara Memilih Susu yang Bagus untuk Pencernaan Anak Usia 2 Tahun

bebe 3

Cara Penyajian Susu yang Benar

Sebagai Ahli Pencernaan No. 1, susu Bebelac diperkaya prebiotik FOS:GOS 1:9 yang teruji secara internasional optimalkan kesehatan pencernaan si Kecil dan Triple A (DHA, ALA, LA) untuk dukung akal kreatifnya. 

Nah agar kualitas kandungannya terjaga dan manfaatnya optimal untuk si Kecil, Ibu perlu tahu bagaimana cara membuat dan menyajikannya dengan benar.

Begini cara membuat susu Bebelac 3 GoGreat+ yang benar: 

  1. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum membuat susu. 

  2. Cuci dan keringkan gelas serta sendok takar yang Ibu gunakan untuk menyeduh susu.

  3. Rebus air sampai mendidih selama 10 menit. Sisihkan sebentar sampai suam-suam kuku, lalu tuang ke dalam ke gelas sebanyak 200 ml.

  4. Masukkan 3 sendok takar susu Bebelac ke dalam gelas. 

  5. Aduk sampai larut dan Bebelac siap disajikan untuk si Kecil. 

Susu tahan 2 jam maksimal di suhu ruang setelah diseduh. Jadi pastikan anak segera minum susu setelah dibuat untuk menjamin kandungannya. 

Kalau si Kecil tidak mau minum susu sampai habis, sisanya jangan disimpan, ya. Langsung buang saja, karena air liur yang sudah bercampur dengan sisa susu bisa memicu bakteri berkembang dalam gelas.

Baca Juga: 7 Cara agar Anak Tetap Mau Minum Susu Setelah Usia 2 Tahun

Sudah tak bingung lagi, kan, mengenai berapa lama susu bisa tahan setelah diseduh? Untuk dapatkan berbagai promo menarik serta hadiah eksklusif dari setiap pembelian produk Bebelac, yuk daftar di Bebeclub!

 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. CDC. “Infant Formula Preparation and Storage.” Centers for Disease Control and Prevention, 7 May 2018, www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/formula-feeding/infant-formula-preparation-and-storage.html.
  2. Raising Children Network. “Infant Formula: Making, Storing and Transporting It.” Raising Children Network, 25 Oct. 2017, raisingchildren.net.au/newborns/breastfeeding-bottle-feeding/bottle-feeding/formula-making-storing-transporting.

  3. Verywell Family. “How to Know If Your Baby Formula Is Spoiled.” Verywell Family, www.verywellfamily.com/how-to-know-if-your-baby-formula-is-spoiled-6752858.



Artikel Terkait