Pentingnya AA, DHA, LA, dan ALA untuk Anak

Nutrisi memiliki peran penting dalam mendukung proses tumbuh kembang si Kecil. Di antara berbagai asupan nutrisi yang penting untuk anak...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
27 Jul 2023


Nutrisi memiliki peran penting dalam mendukung proses tumbuh kembang si Kecil. Di antara berbagai asupan nutrisi yang penting untuk anak, jangan sampai melewatkan asupan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang berasal dari AA, DHA, LA, juga ALA ya, Bu! Karena, manfaatnya sangatlah banyak, terutama bagi proses perkembangan otak yang optimal.

Jadi, sangat penting untuk Ibu bisa senantiasa memenuhi kebutuhan omega-3 dan omega-6 anak, terutama AA, DHA, LA, dan ALA dari asupan makanan sehari-hari dan susu pertumbuhan.

Lantas, apa itu AA, DHA, LA, dan ALA dan manfaatnya untuk anak? Yuk, temukan jawabannya pada ulasan berikut ini, Bun!

Mengenal AA, DHA, LA, dan ALA? 

Ibu mungkin sudah sering mendengar kalau asam lemak omega-3 dan omega-6 adalah jenis lemak sehat yang penting bagi si Kecil. Keduanya dibutuhkan untuk mendukung proses pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. 

Nah, omega-3 sendiri terdiri dari berbagai jenis, yakni alpha-linolenic acid (ALA), eicosapentaenoic acid (EPA), dan docosahexaenoic acid (DHA).

ALA adalah asam lemak omega 3 yang banyak ditemukan pada bahan makanan nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. 

Kemudian, DHA termasuk ke dalam kelompok marine omega 3 karena banyak ditemukan pada ikan. Zat ini merupakan komponen penting dalam pembentukan sistem saraf, mata, dan otak anak terutama dalam awal kehidupannya. Manusia pun membutuhkan DHA untuk menjaga fungsi otak yang sehat.

Adanya DHA dapat mempermudah sel-sel saraf otak untuk mengirim dan menerima sinyal rangsangan dari seluruh tubuh. Dengan begitu, si Kecil akan lebih mudah menyerap dan menyimpan informasi serta stimulasi baru yang ia terima di kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, LA (linoleic acid) adalah salah satu jenis omega-6 yang dapat diubah oleh tubuh menjadi rantai omega 6 lebih panjang bernama arachidonic acid atau yang sering disingkat sebagai AA atau ARA.  Artinya, asam lemak ini dapat membantu melawan peradangan tubuh. 

Manfaat AA, DHA, LA, dan ALA untuk Tumbuh Kembang Anak

Lalu, apa saja manfaatnya? Berikut uraiannya:  

1. Mendukung Keterampilan Kognitif 

Asupan omega 6 (AA dan LA) akan memberikan lebih banyak manfaat bagi perkembangan kognitif anak apabila dikonsumsi bersamaan dengan omega 3 (DHA dan ALA) dalam jumlah yang cukup dan seimbang. Sebab, jenis lemak esensial tersebut berjumlah sebesar 40% dari keseluruhan asam lemak yang ada di dalam otak. 

Asupan omega 6 dan omega 3 yang berasal dari AA, DHA, LA, dan ALA juga berpengaruh dalam pembentukan membran saraf dan myelin (selubung saraf yang berfungsi mempercepat arus informasi melewati jutaan hingga milyaran sel saraf dalam otak).

Ketika selubung otak terbentuk optimal, anak juga lebih mampu menyerap dan merespon berbagai macam stimulus dari lingkungan sekitarnya.

Jika si Kecil sampai kekurangan asupan asam lemak esensial, proses pembentukan myelin dapat terganggu sehingga memicu keterlambatan perkembangan kognitif. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Omega-3 dan omega-6 ternyata juga berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil, Bu. Hal ini dilaporkan dalam sebuah studi yang berjudul Docosahexaenoic Acid and Arachidonic Acid Nutrition in Early Development. 

Kesimpulannya, asupan AA dan DHA yang cukup dari makanan dan susu pertumbuhan dapat mencegah si Kecil dari risiko alergi dalam tiga sampai empat tahun awal kehidupannya. 

Jadi, kalau ingin si Kecil selalu sehat dan jarang sakit pastikan imunitas tubuhnya kuat dengan memberikan makanan sehat yang tinggi omega-3 dan omega-6, ya, Bu. Dengan imunitas tubuh yang baik, si Kecil akan terhindar dari berbagai hal yang dapat meningkatkan risiko alergi. 

3. Bantu Melawan Peradangan 

AA dapat membantu tubuh merespon zat asing yang dianggap berbahaya dan menimbulkan peradangan dengan mengaktifkan sistem imun si Kecil. Sementara itu, DHA membantu tubuh meredakan peradangan tersebut agar si Kecil cepat pulih. 

Jika asupan omega 6 tidak diimbangi dengan asupan omega 3 yang cukup, risiko peradangan  justru akan meningkat, lho! Oleh karena itu, Ibu benar-benar harus memperhatikan keseimbangan asupan jenis asam lemak esensial ini, ya.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kombinasi dari asupan omega-3 dan omega-6 juga dapat bantu menjaga kesehatan kulit. LA berperan langsung dalam menjaga hidrasi kulit sekaligus mencegah peradangan yang dapat menyebabkan masalah kulit.

Asupan omega-6, khususnya AA, pun turut berperan membentuk senyawa bernama ceramide yang berfungsi untuk menjaga lapisan kulit teratas (epidermis) agar selalu sehat, kuat, dan cepat sembuh ketika mengalami peradangan, misalnya karena ruam popok atau eksim. 

5. Dukung Pertumbuhan Tulang

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan asam lemak omega-3 dapat membantu mendukung pembentukan dan pertumbuhan tulang anak yang sehat. Penelitian juga menunjukkan bahwa suplementasi omega-3 dapat meningkatkan kekuatan tulang.

Cara kerja adalah dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan struktur tulang yang sehat.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa asupan omega-6 yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang si Kecil, karena berperan dalam menambah kepadatan tulang si Kecil.

Ketika tulang tubuhnya padat dan kuat, tubuh si Kecil akan tampak lebih tinggi dan dapat beraktivitas dengan lebih baik. 

Sumber Makanan Mengandung ALA, LA, dan DHA

Tubuh anak sebetulnya memproduksi AA, DHA, LA, dan ALA secara alami. Tapi, jumlahnya sangat sedikit. Jadi, anak-anak harus mencukupi kebutuhan AA dan DHA mereka dari makanan sehari-hari dan dukungan susu pertumbuhan. 

Sumber makanan tinggi asam lemak esensial tergolong sebagai makanan sehat yang mudah ditemukan dan diolah menjadi makanan sehari-hari untuk si Kecil. Berikut daftar rekomendasi makanannya:

1. Makanan Sumber DHA dan ALA

Sumber makanan yang kaya akan DHA dan ALA atau omega 3 umumnya berasal dari makanan laut seperti ikan dan kerang, Bu. Namun, ada pula omega 3 yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Ini daftarnya:

  • Ikan salmon, makarel, tuna, sarden. 

  • Biji chia.

  • Walnut.

  • Minyak kedelai.

  • Minyak kanola.

  • Susu pertumbuhan terfortifikasi.

2. Makanan yang Mengandung AA dan LA

Sumber makanan terbaik yang mengandung AA dan LA atau omega 6 adalah bahan makanan nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, sayuran, serta minyak nabati. Berikut daftarnya:

  • Kacang tanah.

  • Kacang mede.

  • Kacang almond.

  • Biji bunga matahari.

  • Mayones. 

  • Minyak kedelai.

  • Minyak zaitun.

  • Minyak jagung. 

  • Minyak wijen.

  • Susu pertumbuhan terfortifikasi.

  • Minyak biji matahari.

Baca Juga: Manfaat Minum Susu untuk Anak Usia 3 Tahun ke Atas

Selain dari makanan, asupan omega-3 dan omega-3 yang lengkap juga bisa dioptimalkan dari dampingan susu pertumbuhan terfortifikasi Bebelac 3 GroGreat+ untuk Dukung Awal Semua Kehebatan si Kecil.

Susu Bebelac 3 GroGreat+ sudah dilengkapi kandungan FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis serta Triple A (ALA, LA, dengan DHA yang lebih tinggi) agar si Kecil tumbuh hebat dengan pencernaan yang sehat (happy tummy), akal kreatif (happy brain) dan hati yang besar (happy heart)! 

Ingat Bu, melanjutkan pemenuhan nutrisi adalah kebutuhan yang mutlak untuk anak terutama pada awal kehidupannya untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Jangan lupa, dapatkan juga lebih banyak informasi dan tips seputar perkembangan tumbuh kembang si Kecil dengan mendaftar member Bebeclub.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Clinic, C. (2022). Omega-3 Fatty Acids & the Important Role They Play - Cleveland Clinic. Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/17290-omega-3-fatty-acids
  2. Docosahexaenoic acid (DHA) Information | Mount Sinai - New York. (2013). Mount Sinai Health System. https://www.mountsinai.org/health-library/supplement/docosahexaenoic-acid-dha
  3. Robertson, R. (2023, May 19). Omega-3-6-9 Fatty Acids: A Complete Overview. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-6-9-overview#omega-6
  4. Office of Dietary Supplements - Omega-3 Fatty Acids. (2022). Nih.gov. https://ods.od.nih.gov/factsheets/Omega3FattyAcids-Consumer/
  5. Weiss, L. M., Barrett-Connor, E., & Denise von Mühlen. (2005). Ratio of n–6 to n–3 fatty acids and bone mineral density in older adults: the Rancho Bernardo Study. 81(4), 934–938. https://doi.org/10.1093/ajcn/81.4.934
  6. ‌Casado-Díaz, A., Santiago-Mora, R., Dorado, G., & José Manuel Quesada-Gómez. (2012). The omega-6 arachidonic fatty acid, but not the omega-3 fatty acids, inhibits osteoblastogenesis and induces adipogenesis of human mesenchymal stem cells: potential implication in osteoporosis. 24(5), 1647–1661. https://doi.org/10.1007/s00198-012-2138-z
  7. Nutri Advanced. (2022). Nutriadvanced.co.uk. https://www.nutriadvanced.co.uk/news/top-10-reasons-to-give-your-kids-omega-3/
  8. Djuricic, I., & Calder, P. C. (2021). Beneficial Outcomes of Omega-6 and Omega-3 Polyunsaturated Fatty Acids on Human Health: An Update for 2021. 13(7), 2421–2421. https://doi.org/10.3390/nu13072421
  9. Axe, D. (2022, December 12). The Fat that Helps Brain, Heart, Skin, Bone & Reproductive Health. Dr. Axe. https://draxe.com/nutrition/linoleic-acid/
  10. Patterson, E., Wall, R., Fitzgerald, G. F., R. Paul Ross, & Stanton, C. (2012). Health Implications of High Dietary Omega-6 Polyunsaturated Fatty Acids. 2012, 1–16. https://doi.org/10.1155/2012/539426
  11. Carlson, S. A., & Colombo, J. (2016). Docosahexaenoic Acid and Arachidonic Acid Nutrition in Early Development. 63(1), 453–471. https://doi.org/10.1016/j.yapd.2016.04.011
  12. Myelin: MedlinePlus Medical Encyclopedia. (2020). Medlineplus.gov. https://medlineplus.gov/ency/article/002261.htm#:~:text=Myelin%20is%20an%20insulating%20layer,damaged%2C%20these%20impulses%20slow%20down
  13. Shlomo -- Yehuda. (2003, February). Omega-6/Omega-3 Ratio and Brain-Related Functions. ResearchGate; Karger. https://www.researchgate.net/publication/9038818_Omega-6Omega-3_Ratio_and_Brain-Related_Functions
  14. Djuricic, I., & Calder, P. C. (2021). Beneficial Outcomes of Omega-6 and Omega-3 Polyunsaturated Fatty Acids on Human Health: An Update for 2021. 13(7), 2421–2421. https://doi.org/10.3390/nu13072421


Artikel Terkait