bubur mpasi 9 bulan, resep mpasi 9 bulan

Resep MPASI 9 Bulan

detail-fb detail-wa detail-twitter

Ketika Si Kecil mencapai usia 6 bulan, kebutuhan nutrisinya tidak lagi dapat terpenuhi hanya melalui air susu ibu (ASI). Dibutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI). Pemberian MPASI ini akan sangat berperan penting terhadap pemenuhan kebutuhan nutrisi dan tumbuh kembang Si Kecil.

Prosesnya pun dilakukan secara bertahap khususnya jenis, jumlah, frekuensi, tekstur dan konsistensinya hingga seluruh kebutuhan nutrisi anak dipenuhi oleh makanan.[1] Khusus untuk bayi berusia 9 bulan dengan kemampuan yang tidak sama lagi dengan bayi baru lahir, perkembangannya biasanya ditandai dengan kemampuan dia merapatkan bibir saat disuap untuk membersihkan sisa makanan di sendok.

Tidak hanya itu, Si Kecil juga sudah dapat menggigit makanan dengan tekstur yang lebih keras seiring pertumbuhan giginya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Ibu memerlukan resep khusus bubur MPASI 9 bulan. Apalagi jika di bulan-bulan sebelumnya tekstur MPASI Si Kecil hanya berada pada tahap puree atau saring.

Selain itu, frekuensi makan Si Kecil di usia 9 bulan 3-4 kali makanan berat dengan 1-2 kali makanan selingan. Dibutuhkan setengah mangkuk ukuran 250 ml untuk porsinya tiap kali makan.[2] Lantas, bagaimana dengan resep MPASI 9 bulan? Di bawah ini terdapat resep yang bisa dijadikan pilihan menu MPASI harian Si Kecil. Yuk, dicoba!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • Beras yang sudah dicuci bersih 20 gram
  • Daging ayam 25 gram
  • Tempe 25 gram
  • Buncis 25 gram
  • Tomat 25 gram
  • Keju parut 10 gram

Cara Membuat Bubur MPASI 9 bulan:

  1. Campur beras dengan air, daging ayam, dan tempe
  2. Rebus sambil terus diaduk hingga menjadi bubur
  3. Masukkan buncis dan tomat, masak hingga sayuran matang
  4. Masukkan keju parut, aduk rata, angkat
  5. Haluskan dengan blender atau saringan kawat
  6. Terakhir, pindahkan dalam wadah makan Si Kecil

Nah, apabila makanan tersebut telah dipindahkan, maka bubur MPASI ini pun siap diberikan pada Si Kecil. Rasa yang nikmat dengan kandungan gizi yang lengkap menjadikan menu ini dapat dijadikan pilihan oleh Ibu. Yang jelas, selalu sesuaikan usia dan perkembangan Si Kecil dengan MPASI yang dikonsumsinya demi pertumbuhan yang optimal. Selamat berkreasi!

 

[1] Makanan Pendamping ASI (MPASI). (n.d.). IDAI. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/makanan-pendamping-asi-mpasi

[2] Pemberian Makanan Pendamping air Susu Ibu (MPASI). (n.d.). IDAI. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi