Perkembangan Bayi 9 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa?

Bayi 9 bulan ditandai dengan bisa merangkak, berdiri, serta menoleh saat namanya dipanggil. Waspadalah bila si Kecil tidak bereaksi ketika namanya disebut.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

4 min
03 Feb 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH
Bayi laki-laki usia 9 bulan sudah tumbuh gigi


Perkembangan bayi 9 bulan umumnya sudah bisa merangkak atau belajar berjalan merambat. Lalu, apa lagi capaian milestone si Kecil di usia ini? Yuk, baca informasi selengkapnya!

Perkembangan Bayi 9 Bulan

Bayi laki-laki usia 9 bulan memiliki berat badan sekitar 7,1 - 9,9 kg, sedangkan berat bayi perempuan berkisar 6,5 - 9,3 kg. Selanjutnya, bayi umur 9 bulan sudah bisa apa saja?

1. Mengucapkan Kata Pertama

Bayi umur 9 bulan sudah bisa mengucapkan kata pertamanya. Kata seperti 'dada' atau 'mama' sudah bisa ia ucapkan dan si Kecil juga mulai mengerti ditujukan untuk siapa kata tersebut. 

Di usia 9 bulan ocehan bayi juga sudah mulai terdengar seperti kata, frasa, atau kalimat walaupun kadang tidak ada yang bisa memahami kata tersebut selain diri sendiri. 

Ibu mungkin pun mulai menyadari si Kecil mulai lancar mengucapkan kata-kata yang mudah, seperti “Mama”, “Ayah”, “Halo”, atau “Da-dah”.

2. Meniru Suara dan Gerakan

Si Kecil juga mungkin membuat suara, untuk menarik perhatian orang-orang di sekitarnya. 

Sedikit demi sedikit, mereka bisa meniru suara khas yang mereka sering dengar dan meniru gerakan seperti menggelengkan kepala untuk menandakan dia tidak mau.

Baca Juga: Umur Berapa Bayi Bisa Bicara? Kenali Tahapannya

3. Menengok Saat Namanya Dipanggil

Bayi Ibu sekarang sudah menyadari bahwa dirinya memiliki nama. Jadi, ketika Ibu atau Ayah memanggil namanya, si Kecil akan menoleh. 

Begitu pula saat ada suara bel pintu rumah, klakson mobil berbunyi, atau suara anjing menggonggong, ia akan refleks mencari sumber suara.

4. Paham Perintah Ibu

Perkembangan bayi 9 bulan berikutnya, yakni ia sudah bisa mengerti instruksi sederhana dan mengikuti tindakan yang ia lihat sebelumnya, Bu. 

Ia juga mampu menunjuk atau menolehkan kepalanya menuju objek yang dimaksud Ibu. Jelang akhir bulan ke-9 nanti, bayi sudah mulai bisa memahami aturan sederhana dan arti kata.

Misalnya ‘tidak’, seperti “Tidak boleh lempar-lempar, ya” meski terkadang ia tetap melanggarnya. Ini karena bayi sudah bisa bertindak untuk memancing reaksi orang lain. 

5. Mengerti Bahasa Tubuh

Bayi juga sudah mulai bisa menggunakan bahasa tubuh untuk berkomunikasi dengan Ibu, serta memberi tahu apa yang diinginkannya, lho.

Contohnya, ia mampu melambaikan tangan sebagai tanda selamat tinggal atau “hai”.

6. Lebih Ekspresif 

Perkembangan bayi 9 bulan juga mulai memperlihatkan ekspresi yang beragam. Kini ia sudah bisa menunjukkan ekspresi sedih, terkejut, senang, dan takut. 

Ia bisa tertawa girang dan tersenyum lebar saat Ibu mengajaknya bermain cilukba, lalu sedih dan mungkin menangis jika Ibu meninggalkannya meski sebentar saja.

7. Menunjukkan Emosi

Bayi juga mungkin menunjukkan rasa kesal, marah, dan frustasi ketika tidak mendapatkan apa yang diinginkannya. Misalnya, Ibu tidak memberikan menu MPASI kesukaannya.

8. Merangkak Sambil Memegang Mainan

Milestone yang paling terlihat pada perkembangan bayi 9 bulan adalah merangkak. Bahkan, beberapa dari mereka ada yang sudah dapat merangkak naik turun tangga dengan mudah. 

Bayi juga mulai bisa meraih dan mengambil mainan dengan salah satu tangan saat merangkak. Kemudian, mendorong dirinya dengan kedua tangan dan lutut untuk bergerak maju.

Ia pun semakin mahir mengubah posisi tubuhnya dengan cepat, seperti posisi merangkak lalu duduk tanpa disangga. Kemudian, memutar tubuhnya untuk mengambil mainan. 

Baca Juga: Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan agar Ideal

9. Belajar Berdiri dan Berjalan Merambat

Umumnya, bayi umur 9 bulan sudah bisa duduk dan mulai belajar berdiri karena otot-otot di tungkai bawahnya mulai menguat. 

Awalnya, bayi akan mencoba berusaha meraih dan memegang sofa, sekaligus mengangkat tubuhnya dalam posisi tegak. 

Jika sudah mahir, biasanya bayi berjalan merambat sambil berpegangan pada furnitur di dekatnya. 

10. Pandai Memegang Benda

Perkembangan bayi 9 bulan lainnya lagi yaitu ia sudah pandai menggenggam benda, termasuk berukuran kecil sekalipun. Ia pun sudah bisa mengambil benda berukuran kecil dengan capitan ibu jari dan telunjuknya. 

Dengan begitu, si Kecil sudah bisa mengambil dan memegang makanan seukuran genggaman tangan. 

11. Senang Tepuk Tangan

Di usia 9 bulan bayi mungkin sedang senang-senangnya menyatukan kedua tangan dalam gerakan tepuk tangan. 

Supaya makin seru, Ibu bisa ajak si Kecil tepuk tangan sambil bercanda atau menyanyikan lagu-lagu dengan gerakan tepuk tangan sebagai salah satu cara stimulasinya.

12. Memasukkan Benda ke Wadah

Bayi usia ini sudah bisa menaruh mainannya ke dalam wadah dan mengeluarkannya lagi. Tak jarang, ia senang memberi mainan ke orang lain dan mengambilnya kembali. 

Terus stimulasi bayi 9 bulan dengan memberi wadah plastik dan beberapa mainan kubus agar ia bisa mengasah keterampilan barunya ini. 

Bayi juga mungkin suka model permainan yang setiap bagiannya bisa dilepaskan. Contoh, mainan bongkar pasang, atau yang bagian-bagiannya bisa dibuka. 

13. Cemas Bila Berpisah dengan Ibu

Menjadi bagian dari perkembangan bayi 9 bulan, sangat wajar bila ia semakin ‘lengket’ dan susah berpisah dari Ibu meskipun hanya sebentar saja. Ini adalah tanda bayi mulai mengalami separation anxiety. 

Separation anxiety adalah situasi ketika si Kecil merasa sedih dan tak mau berpisah ketika Ibu pergi meninggalkan meski untuk sementara, misalnya pergi ke kamar mandi. 

Si Kecil terus membayangkan wajah Ibunya saat tidak berada di sampingnya.

14. Penglihatan Bayi Makin Baik

Jika di bulan-bulan sebelumnya, si Kecil belum bisa melihat benda-benda dengan jarak di luar jangkauannya, sekarang bayi sudah bisa melihat dengan sempurna. 

Bahkan, bayi Ibu sudah bisa mengenali Ayah yang berada di seberang ruangan. Lalu, melihat mainan yang berada jauh dari jangkauannya. 

15. Bayi Tumbuh Gigi

Gigi pertama bayi umumnya akan muncul di rentang usia 6-9 bulan. Maka itu, pastikan periksa kondisi mulutnya guna melihat apakah sudah muncul tanda-tanda bayi tumbuh gigi atau belum. 

Baca Juga: Apakah Normal Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi?

Ibu juga bisa monitor pertumbuhan berat dan tinggi badan si Kecil setiap bulan berdasarkan kurva WHO lewat Growth Tracker di Bebe Journey, lho!

Waspada Tanda-Tanda Keterlambatan Perkembangan Bayi

Jangan langsung khawatir jika bayi belum bisa merangkak. Sebab di usia ini, masih tergolong wajar apabila bayi baru mulai menunjukkan kemauan untuk merangkak.

Ibu perlu waspada tanda-tanda keterlambatan perkembangan bila bayi 9 bulan belum bisa:

  • Menoleh atau menanggapi saat namanya sendiri dipanggil.
  • Kontak mata dengan Ibu dan tidak menunjukkan ekspresi apa pun
  • Duduk tanpa bantuan atau atau lebih suka menyeret salah satu sisi tubuhnya saat merangkak. 
  • Memindahkan mainan di antara tangannya.
  • Memiliki ketertarikan terhadap permainan (game) apa pun yang melibatkan permainan bolak-balik.
  • Tidak suka berdiri.
  • Mengenali orang dewasa yang dia kenal.
  • Tidak suka mengoceh.
  • Matanya tidak mengarah ke arah yang ditunjuk.

Perkembangan Bayi 9 Bulan Menuju 10 Bulan

Menuju usia 10 bulan, bayi semakin mahir untuk merangkak dan mulai berdiri sambil berpegangan pada perabot rumah yang ada di dekatnya. 

Si Kecil juga semakin menunjukkan kemampuannya dalam mengikuti perintah sederhana, juga menunjuk sesuatu menggunakan jari telunjuk. 

Selain itu, bayi umur 10 bulan sudah bisa memegang botol susu atau sippy cup menggunakan kedua tangannya. Tak hanya itu, ia juga sudah dapat makan sendiri dengan sendok makannya.

Lalu, akan seperti apa perkembangan bayi usia 10 bulan nanti?

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. 9-10 months: baby development. (2024, February 27). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/9-10-months
  2. 7-9 Month Old Baby Development & Milestones - Children’s Hospital of Orange County. (2023, February 21). Children’s Hospital of Orange County. https://choc.org/primary-care/ages-stages/7-to-9-months/
  3. Your baby’s growth and development — 9 months old. (2023, March 31). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-9-months-old
  4. Watson, S. (2009, October 12). Baby Development: Your 9-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-9-month-old#1-3


Artikel Terkait