9 Rekomendasi Cemilan Bayi 9 Bulan yang Enak dan Sehat

Cemilan boleh diberikan 1-2 kali dalam sehari untuk lengkapi asupan gizi bayi 9 bulan. Utamakan cemilan yang tinggi DHA dan prebiotik untuk bayi.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
21 Dec 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Camilan bayi 9 bulan - Bebeclub


Penasarankah Ibu apa saja rekomendasi cemilan bayi 9 bulan yang tidak cuma enak tapi juga padat gizi? Penting untuk tahu apa-apa saja makanan yang bisa dijadikan cemilan untuk bayi, karena cemilan juga harus tetap memenuhi kebutuhan gizi si Kecil.

Lalu, apa saja rekomendasi cemilan sehat untuk bayi 9 bulan?

Rekomendasi Cemilan Bayi 9 Bulan

Bayi 9 bulan boleh makan cemilan 1-2 kali dalam sehari di antara waktu makan utamanya. Penting untuk Ibu bisa memilih cemilan yang sehat dan bergizi untuk bayi. Sebab, memberikan cemilan bisa membantu melengkapi gizi dari MPASI untuk bayi 9 bulan.

Di bawah ini berbagai rekomendasi cemilan bayi 9 bulan yang bergizi:

1. Semangka

Semangka merupakan buah yang kaya akan air, serat, dan zat besi.

Nutrisi yang terkandung pada semangka ini dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh, mendukung perkembangan tulang, serta membantu pencernaan karena kandungan serat yang tinggi. 

Untuk bayi usia 9 bulan, Ibu dapat memberikan semangka dalam bentuk potongan-potongan kecil yang aman dan mudah dikonsumsi. Potongan seukuran dua jari orang dewasa atau potongan kecil seukuran sekali gigit adalah ukuran yang sesuai untuk si Kecil yang baru belajar mengunyah.

2. Stik Ikan

Ibu mungkin sudah tahu pentingnya makan ikan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Salah satu ikan yang kaya nutrisi yaitu ikan tilapia yang memiliki tekstur lembut dengan rasa agak manis.

Ikan tilapia mengandung asam lemak omega-3 dan DHA yang bermanfaat bagi kesehatan bayi. Ini tidak hanya membantu dalam meningkatkan fungsi kognitif, tetapi juga berperan penting meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil.

Ibu bisa mengolah ikan tilapia ini menjadi cemilan yang kaya gizi sekaligus menarik buat si Kecil, misalnya dibuat stik ikan. Simak resep cemilan bayi 9 bulan berikut ini, ya, Bu.

Bahan-bahan:

  • 100 gram filet ikan tilapia

  • 40 gram wortel parut

  • 1 butir telur ayam 

  • 50 gram tepung bumbu serbaguna

  • Air es secukupnya

  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Campur parutan wortel dengan tepung dan telur. Tambahkan air es secara bertahap sampai konsistensi adonan lebih kental.

  2. Masukkan filet ikan tilapia ke dalam adonan, lalu goreng hingga matang.

  3. Stik ikan siap disajikan.

Baca Juga: Tekstur MPASI 9 Bulan yang Tepat dan Aturan Pemberiannya

3. Buah Mangga

Mangga termasuk buah tinggi serat, yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan bayi, terutama jika si Kecil mengalami masalah sembelit.

Selain itu, buah ini mengandung beta-karoten dalam jumlah besar, yang akan diubah oleh tubuh bayi menjadi vitamin A. Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Mangga juga mengandung banyak vitamin C, yang tidak hanya mendorong pertumbuhan, tetapi juga membantu tubuh bayi menyerap zat besi dengan lebih baik, yang sangat penting untuk perkembangannya.

4. Buah Naga

Buah naga juga bisa menjadi cemilan bayi 9 bulan. Buah dengan rasa asam manis dan tekstur lembut ini termasuk sumber serat yang baik dan cocok untuk bayi. 

Selain memberikan rasa yang lezat, buah naga juga kaya akan air dan serat, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan bayi.

Serat yang terdapat dalam buah naga berperan penting dalam menjaga kesehatan usus. Serat membantu mengatur pergerakan usus, mencegah sembelit, dan dapat bertindak sebagai prebiotik.

Ibu dapat menyajikan menu cemilan bayi 9 bulan dari buah naga ini dalam bentuk potongan kecil-kecil sekali gigit. Selain itu, Ibu dapat membantu bayi berlatih menggunakan garpu untuk mengambil potongan buahnya.

5. Otak-Otak

Menu cemilan bayi 9 bulan lainnya adalah otak-otak. Nah, otak-otak biasanya terbuat dari ikan tenggiri, yang kaya akan asam lemak omega-3, terutama docosahexaenoic acid (DHA)

Asam lemak omega-3, terutama DHA, memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan jantung, meningkatkan fungsi kognitif, dan mendorong pertumbuhan sel yang baik pada si Kecil.

Ibu bisa juga, lho, membuat otak-otak sendiri di rumah. Tentunya cemilan homemade akan lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya. Yuk, buat cemilan otak-otak untuk bayi 9 bulan dari resep berikut:

Bahan-bahan: 

  • 300 gram daging ikan tenggiri, haluskan

  • 50 ml santan kental

  • 2 butir putih telur

  • 1 sdm garam

  • 1 sdt merica bubuk

  • 8 butir bawang merah, haluskan

  • 10 batang kucai, iris tipis

  • Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat:

  1. Campurkan daging ikan tenggiri yang sudah halus dengan santan, aduk-aduk hingga seperti adonan.

  2. Tambahkan putih telur, garam, merica, bawang merah, dan irisan kucai. Aduk lagi.

  3. Ambil selembar daun pisang, isi dengan 2 sendok adonan, gulung hingga berbentuk seperti lontong.

  4. Kukus otak-otak hingga matang atau daun pisang berwarna kecokelatan.

  5. Untuk bayi 9 bulan, potong kecil otak-otak seruas jari dan berikan kepada si Kecil.

6. Tempe Goreng

Apabila si Kecil memiliki alergi terhadap ikan, Ibu dapat mencari alternatif makanan yang juga kaya akan DHA, seperti kedelai.

Kedelai adalah sumber serat dan protein nabati yang sangat baik untuk perkembangan tubuh. Selain itu, kedelai juga mengandung nutrisi penting seperti folat, vitamin K, magnesium, dan potassium. Ada banyak olahan kedelai yang dapat dijadikan alternatif, seperti tempe.

Tempe goreng adalah menu yang bisa dijadikan sebagai cemilan finger food untuk bayi 9 bulan. Potonglah tempe goreng menjadi potongan kecil sesuai dengan ukuran gigitan bayi sehingga ia dapat berlatih mengambilnya.

7. Pisang

Pisang memiliki rasa yang manis, tekstur lembut, dan mudah dicerna, sehingga cocok untuk bayi yang sedang belajar makan makanan padat.

Pisang merupakan sumber prebiotik yang baik untuk menjaga pencernaan bayi dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Selain itu, buah ini kaya akan nutrisi penting seperti folat, vitamin B6, vitamin C, dan potasium. 

Berbagai nutrisi dalam buah pisang berperan dalam mendukung sistem saraf bayi, menjaga kesehatan kulit, membantu dalam penyerapan zat besi, dan membangun sistem pencernaan yang sehat.

Untuk cara penyajiannya, Ibu dapat memberikan pisang yang diiris tipis sebagai cemilan sehat untuk bayi berusia 9 bulan. 

Baca Juga: Penyebab Bayi 9 Bulan Susah Makan dan Cara Ampuh Mengatasinya

8. Alpukat

Buah alpukat kaya akan serat. Bahkan, satu buah alpukat bisa mengandung sekitar 9 gram serat. Selain serat, alpukat juga mengandung lemak sehat yang penting untuk mendukung sistem pencernaan dan perkembangan fungsi kognitif si Kecil.

Pada usia 9 bulan, kemampuan motorik bayi untuk menggenggam makanan sudah semakin berkembang. Dengan begitu, ia mampu mengambil potongan makanan yang lebih kecil.

Ibu dapat memotong alpukat menjadi potongan seukuran sekali gigit untuk membantu bayi melatih kemampuan menggenggamnya. 

9. Pir

Pir adalah buah yang kaya akan serat dan cairan, sehingga sangat baik untuk mendukung kesehatan pencernaan bayi. Serat membantu melancarkan buang air besar dan mendukung pertumbuhan bakteri usus yang sehat.

Namun, pir memiliki tekstur yang agak keras. Saat menyajikannya untuk si Kecil, Ibu dapat mengukusnya hingga teksturnya menjadi lebih lembut. 

Penting untuk memotong buah pir menjadi irisan kecil dan rata, bukan berbentuk kubus, agar bayi dapat dengan mudah menggigit dan mengunyahnya. Atau, Ibu juga dapat memotong setengahnya untuk membantu bayi belajar menggigit.

Nah, itu dia ragam cemilan bayi 9 bulan yang bisa jadi pilihan Ibu untuk si Kecil. Pastikan cemilan yang disajikan bersih dan bergizi sehingga dapat mendukung asupan nutrisi pada si Kecil. 

Jangan lupa kunjungi Bebe Journey sebagai panduan perjalanan Ibu di setiap momen pertama si Kecil. Di sini, Ibu bisa cek milestone bulanan si Kecil, jadwal vaksinasi, dan juga grafik pertumbuhan si Kecil. Gratis!


Referensi:

  1. Can Babies Eat Watermelon? - Solid Starts. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/watermelon/
  2. ‌IDAI | Tips Memilih Snack Sehat Untuk Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/tips-memilih-snack-sehat-untuk-anak
  3. ‌WebMD Editorial Contributor. (2020, December 7). Health Benefits of Tilapia. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-tilapia
  4. ‌Solid Starts Guides & Courses. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/guides/
  5. Swati Patwal. (2021, May 28). Dragon Fruit For Babies: Benefits, Precautions And Recipes. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/dragon-fruit-for-babies-benefits-recipes_00737451/
  6. ‌Freydis Hjalmarsdottir, MS. (2019, September 30). 12 Foods That Are Very High in Omega-3. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/12-omega-3-rich-foods#12.-Soybeans-(670-mg-per-serving)
  7. ‌Swati Patwal. (2020, October 27). Banana For Babies: Benefits, Precautions, & 6 Recipes to Try. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/banana-recipes-for-babies-benefits-precautions_00667509/
  8. ‌Avocados for Babies - How to Introduce Avocado to Babies - Solid Starts. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/avocado/
  9. ‌Verywell. (2020). How Can Avocados Help Baby Development? Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/avocado-nutrition-and-baby-development-284431
  10. ‌How to Prepare Pear for Babies - First Foods - Solid Starts. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/pear/



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait