11 Rekomendasi Mainan Bayi 7 Bulan yang Edukatif

Selain dari stimulasi yang Ibu berikan setiap hari, mainan ternyata juga bisa bantu optimalkan perkembangan bayi di bulan ke-7 ini, lho!...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
14 Nov 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Bayi sedang bermain.


Selain dari stimulasi yang Ibu berikan setiap hari, mainan ternyata juga bisa bantu optimalkan perkembangan bayi di bulan ke-7 ini, lho! Memberikan mainan bayi 7 bulan yang tepat berperan penting dalam merangsang beragam aspek keterampilan, seperti kemampuan motorik, kognitif, sensorik, hingga sosial dan emosional si Kecil.

Simak berbagai rekomendasinya dalam artikel ini, ya, Bu.

Rekomendasi Mainan Bayi 7 Bulan

Memasuki usia 7 bulan, bayi umumnya sudah mampu untuk duduk sendiri dan bahkan mulai merangkak. Mereka juga mulai memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar, sehingga akan menjelajahi setiap sudut lingkungan sekitar dan menunjukkan ketertarikan pada benda-benda yang dilihatnya.

Untuk itu, penting bagi Ibu memberikan mainan yang tepat bagi si Kecil pada usia ini. Sebenarnya memberikan mainan kepada bayi tidak hanya untuk menghibur mereka agar tenang atau menghindari tangisan, tetapi juga dengan tujuan pendidikan. Melalui mainan, bayi dapat belajar dan mengembangkan berbagai keterampilan baru.

Penting untuk diingat, dalam memberikan mainan haruslah sesuai dengan usia agar proses stimulasi berjalan dengan tepat. Berikut rekomendasi mainan bayi 7 bulan yang tepat untuk si Kecil:

1. Mainan Donat Susun

Donat susun menjadi salah satu opsi mainan bayi 7 bulan yang cocok untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dan kemampuan pengambilan keputusan pada si Kecil.

Mainan ini mempunyai warna-warni yang menarik dan bentuk seperti donat dengan ukuran yang disusun dari besar ke kecil. Nantinya, si Kecil akan memasukkan donat-donat tersebut ke dalam tiang sesuai dengan urutan ukurannya, sehingga akan mengasah keterampilan motorik halus dan kemampuan pemahaman urutan.

Baca Juga: Tips Bersosialisasi dengan Bayi dan Tahap Perkembangannya

2. Teether

Sudah menjadi hal yang normal jika bayi mulai memasukkan benda ke dalam mulutnya. Hal ini merupakan ekspresi dari rasa ingin tahu si Kecil terhadap objek baru di sekitarnya.

Ketika memasukkan benda ke dalam mulut melibatkan gerakan lidah sehingga dapat memperkuat otot-otot yang diperlukan untuk membantu si Kecil dalam proses belajar berbicara di masa mendatang.

Untuk itu, Ibu bisa memberikan mainan teether kepada si Kecil untuk membantunya melatih dalam menggigit ataupun mengunyah. Berikanlah teether dengan warna-warna yang mencolok dan tekstur yang menarik bagi bayi. Pastikan juga teether tersebut mudah dipegang oleh si Kecil, dengan ukuran yang sesuai, tidak terlalu besar maupun terlalu kecil untuk tangan bayi.

3. Mainan Sensory Box

Sensory box termasuk mainan bayi 7 bulan yang baik untuk melatih kemampuan motorik halus si Kecil.

Mainan ini adalah jenis permainan sensori yang melibatkan penggunaan beberapa wadah yang diisi dengan bahan-bahan seperti beras, pasir kinetik, selai cokelat, es batu, atau jeli. Setelah itu, Ibu bisa memberikan si Kecil sendok atau gelas ukur untuk digunakan dalam meningkatkan pengalaman sensorinya.

Sensory box memberikan kesempatan bagi bayi untuk mengeksplorasi berbagai indra, termasuk penglihatan, pendengaran, perabaan, dan penciuman. Bayi akan senang menggerakkan tangannya untuk menyentuh berbagai tekstur yang berbeda di dalam wadah-wadah tersebut.

4. Bola

Bola merupakan mainan yang pasti sudah Ibu siapkan dan mungkin akan ada lebih dari satu di rumah. Bagaimana tidak, mainan ini selain mudah didapatkan, juga dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi perkembangan bayi.

Mainan bola bisa Ibu berikan sejak usia dini karena akan memperkuat keterampilan motorik si Kecil dan membantunya beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Aktivitas bermain bola membantu bayi mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar secara keseluruhan. Ketika si Kecil mencoba untuk meraih, melempar, atau menggulirkan bola, mereka melatih koordinasi antara mata dan tangan, serta mengembangkan kekuatan otot-ototnya.

Ajaklah si Kecil bermain bola dengan menggulirkannya ke arah berbeda, sehingga akan mendorongnya untuk bergerak dan mengambil bola tersebut. Namun, yang harus Ibu perhatikan ketika memberikan mainan ini harus sesuai ukuran dan tekstur yang tepat, jangan sampai bola terlalu keras atau berukuran besar.

Baca Juga: 5 Cara Mengenal Minat Bakat Anak Sejak Dini, Ibu Wajib Tahu!

5. Mainan Musik

Mainan seru nan edukatif lain yang bisa Ibu berikan pada bayi usia 7 bulan adalah alat musik mainan. Banyak sekali macam alat musik mainan yang bisa diberikan, seperti piano, marakas, drum, dan lainnya. Jika tidak ada, pilihkan mainan yang bisa mengeluarkan suara-suara menarik.

Bermain musik memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan motorik. Ketika bayi memainkan stik drum atau menekan tuts piano, mereka secara aktif melatih keterampilan motorik halus mereka.

Proses ini melibatkan koordinasi serta kemampuan mengontrol jari-jarinya untuk menghasilkan suara yang diinginkan.

6. Mainan Mobil-mobilan

Ketika si Kecil bermain mobil-mobilan bukan hanya kesenangan yang didapat, tetapi juga bermanfaat dalam melatih logika si Kecil. Bermain dengan mobil-mobilan memberikan kesempatan pada si Kecil untuk memahami konsep sebab dan akibat.

Umumnya, mainan mobil-mobilan akan berjalan sendiri ketika ditarik atau didorong. Hal inilah yang akan mengajarkan si Kecil bahwa tindakan yang dilakukannya akan mempengaruhi pergerakan mobil atau benda yang dimainkannya.

7. Playmat

Salah satu mainan paket lengkap dan punya banyak manfaat sehingga wajib ada di rumah adalah playmat atau baby gym.

Mainan ini terdiri dari matras yang empuk dengan dua lengkungan di kedua sisinya untuk menggantungkan mainan di atas kepala bayi.

Playmat juga biasanya dilengkapi dengan bantal empuk, piano, cermin, dan berbagai jenis mainan lainnya, sehingga si Kecil dapat melakukan berbagai aktivitas yang merangsang perkembangannya.

Dengan adanya mainan yang digantung dari lengkungan playmat akan memberikan rangsangan yang mendorong si Kecil  untuk menjangkaunya dan menggenggamnya. Saat bayi meraih mainan-mainan tersebut, mereka belajar untuk memusatkan perhatian pada objek yang berada di depan mereka, sehingga secara bertahap meningkatkan kemampuan persepsi visualnya.

8. Pop It

Mainan pop it dengan gelembung kecil yang menonjol dan mempunyai warna-warna menarik akan memberikan pengalaman sensorik dan sentuhan yang menyenangkan. Meskipun mainan ini tampak sederhana, namun memiliki manfaat besar dalam melatih fokus, konsentrasi, dan keterampilan motorik halus bayi.

Bermain dengan pop it dapat merangsang penggunaan indra peraba, yang membantu si Kecil dalam memusatkan perhatian saat menekan gelembung yang ada pada mainan tersebut.

Selama bermain dengan pop it, si Kecil harus menggunakan jari-jarinya untuk menekan gelembung dengan tepat. Ini melibatkan gerakan halus serta koordinasi antara mata dan tangan. Si Kecil dapat mengendalikan dan mengkoordinasikan gerakan jari-jarinya secara berulang-ulang ketika bermain pop it, sehingga membantu menguatkan otot-otot tangan dan jarinya.

9. Mainan Boneka Tangan

Ibu dapat mengajak si Kecil bermain boneka tangan untuk melatih keterampilan mendengarkan dan meningkatkan perkembangan bahasanya. Caranya, dengan duduk menghadap si Kecil dan bercerita menggunakan boneka tersebut. Gunakanlah nada bicara yang ekspresif dan kosakata yang bervariasi saat bercerita pada si Kecil.

Ibu bisa juga untuk membuat boneka tangan dari kaus kaki dan kancing sebagai mata boneka tersebut. Buatlah mainan boneka dalam beberapa karakter agar semakin menarik minat si Kecil untuk bermain,.

10. Mainan Rattle

Rattle adalah mainan bayi 7 bulan yang berguna untuk menstimulasi perkembangan dan penglihatan bayi. Mainan ini sangat direkomendasikan untuk tumbuh kembang bayi karena akan bantu menarik perhatian si Kecil.

Selain itu, mainan ini juga biasanya terdiri dari berbagai macam warna yang baik untuk mengasah mata si Kecil. Mainan ini bagus untuk mengajarkan bayi konsep sebab akibat, misalnya memberi tahu bahwa mainan ini akan berbunyi jika digoyangkan.

Mainan untuk bayi 7 bulan ini terdiri dari berbagai macam bentuk dan tekstur. Pilihlah bentuk yang paling mudah untuk digenggam dan dimainkan oleh anak. 

11. Board Book

Board book adalah buku dengan material tebal yang tak mudah sobek dan menyenangkan untuk dibaca karena tampilan atraktifnya. 

Ada berbagai jenis dan variasi board book yang menarik untuk dimainkan bersama bayi. Misalnya lift the flap yang berisi informasi tersembunyi di balik ilustrasi gambar yang bisa dibuka, atau touch and feel book yang berisi stimulasi sensori untuk si Kecil. 

Memberikan si Kecil board book dapat menjadi awal yang baik untuk menanamkan minat si Kecil membaca dan memahami literasi sejak dini. Saat bermain, si Kecil akan melatih kemampuan memori dalam mengingat suara dan menghubungkannya dengan gambar. 

Baca Juga: 8 Cara Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Usia 7 Bulan

Nah, itu dia beberapa rekomendasi mainan bayi 7 bulan yang bisa mengoptimalkan semua kehebatan perkembangan si Kecil. Kira-kira mainan mana yang paling disukai oleh si Kecil, Bu? Semoga pilihan mainan tersebut dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat untuk si Kecil, ya.

Jangan lupa kunjungi Bebe Journey sebagai panduan untuk Ibu Hebat mengawali semua kehebatan si Kecil. Di sini, Ibu bisa cek milestone bulanan si Kecil apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum, koleksi resep MPASI, juga mengecek grafik pertumbuhan sampai reminder jadwal vaksin. Gratis!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Earley, B. (2021, September 21). Best Activities for a 7-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/best-activities-for-7-month-old-baby
  2. Verywell. (2023). The Best Infant Toys for Every Milestone in Their First Year. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/best-infant-toys-4165642
  3. Verywell. (2020). Why Do Babies Like Teethers? Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/why-do-babies-like-teethers-3255327
  4. ‌Jordan, C. (2022, September 22). What Is a Sensory Bin for Children? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/what-is-sensory-bin-children
  5. Verywell. (2022). Playing With Balls: Benefits for Little Ones and Games to Try. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/why-your-child-should-be-playing-with-balls-289705
  6. ‌Mcilroy, T. (2022, January 21). 16 Benefits of Musical Instruments for Toddlers and Preschoolers. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-musical-instruments-for-toddlers/
  7. ‌Katie. (2020, January 8). 5 Types of Cause and Effect Toys for Babies and Toddlers (With Awesome Examples). GreenActiveFamily. https://greenactivefamily.com/play-and-learning/toys/cause-and-effect-toys-babies-and-toddlers/
  8. ‌Nair, A. (2018, September 26). Does Your Baby Need a Play Gym? These 4 Reasons Are Too Good To Ignore! FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/does-your-baby-need-a-play-gym-these-4-reasons-are-too-good-to-ignore/
  9. Parents. (2021). What Are Pop Its and Why Are They So Popular? Parents. https://www.parents.com/fun/toys/kid-toys/what-are-pop-it-fidget-toys-and-why-are-they-so-popular-right-now/


Artikel Terkait