Berat Badan Bayi 7 Bulan Normal Menurut IDAI

Berat badan bayi 7 bulan yang normal untuk laki-laki adalah 6,7-9,2 kg dan 6 - 8,6 kg untuk perempuan. Supaya BB bayi 7 bulan ideal, Ibu perlu memberikan MPASI bergizi seimbang, serta melanjutkan pemberian ASI.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
08 Jul 2024
Berat badan bayi 7 bulan - Bebeclub


Berat badan bayi 7 bulan sudah bertambah lebih pesat dari bulan-bulan sebelumnya. Lalu, berapa berat bayi usia 7 bulan yang normal dan bagaimana cara menambahnya? 

Bayi 7 Bulan Normal Berat Badannya Berapa?

Menurut IDAI, berat badan bayi 7 bulan yang normal berada pada kisaran sebagai berikut: 

  • Bayi laki-laki: 6,7 - 9,2 kg dengan panjang badan sekitar 64,8 - 75,7 cm.

  • Bayi perempuan: 6,0 - 8,6 kg dengan panjang badan sekitar 62,7 - 74,2 cm.

Penting diingat setiap bayi dapat berkembang dengan kecepatan berbeda-beda.

Maka itu, IDAI menyarankan Ibu agar menimbang berat bayi setiap bulan secara rutin guna memantau pertumbuhannya normal atau tidak.

Ibu juga bisa memantau terus pertumbuhan si Kecil setiap bulannya melalui Bebe Journey. Yuk, coba sekarang, gratis!

Bagaimana Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Usia 7 Bulan?

Apabila berat badan bayi 7 bulan belum mencapai angka di atas, Ibu bisa menaikkan berat badannya dengan cara berikut ini: 

1. Lanjutkan Pemberian ASI

Pada usia ini, ASI memang bukan lagi jadi menu pokok untuk penuhi kebutuhan gizi si Kecil, karena sudah diperkenalkan MPASI.

Meski begitu, pemberian ASI tetap dapat dilanjutkan sampai si Kecil berusia 2 tahun hingga lebih ya, Bu.

2. Berikan MPASI Kaya Protein

Salah satu cara menaikkan berat badan bayi usia 7 bulan adalah dengan memberikan MPASI kaya protein. Terlebih, bayi 7 bulan membutuhkan 15 gram protein setiap harinya. 

Ibu dapat memberikan MPASI kaya protein hewani yang bisa didapat dari daging ayam, sapi, ikan, telur, serta produk olahan susu lainnya (keju, yogurt, dan butter).

3. Pilih Makanan Tinggi Kalori

Memberikan makanan tinggi kalori juga menjadi kunci menambah berat bayi 7 bulan. Di usia ini, bayi memerlukan energi tambahan dari MPASI sebanyak 200 kkal per hari.

Untuk itu, tambahkan kalori bayi melalui sumber karbohidrat dari kentang, ubi, pasta, mie, dan roti, serta telur, ayam, salmon, hingga pisang dan alpukat.

Baca Juga: Berat Badan Ideal Bayi Menurut WHO, Ibu Perlu Tahu!

4. Tambahkan Asupan Lemak Sehat 

Ibu bisa menambahkan asupan lemak sehat ke dalam menu makanan MPASI sebagai cara menambah berat badan bayi usia 7 bulan.

Coba olah asupan lemak sehat yang berasal dari butter, alpukat, minyak zaitun, keju, krim susu, mayones, hingga ikan salmon menjadi makanan yang bergizi, Bu! 

5. Penuhi Asupan Nutrisi Seimbang Lainnya

Selain dari protein, karbohidrat, dan lemak sehat, Ibu juga perlu mengimbangi asupan nutrisi si Kecil, agar berat badan bayi 7 bulan benar-benar bisa mencapai ideal.

Ibu dapat memenuhi asupan nutrisi dari makanan tinggi serat, yang berperan menjaga kesehatan pencernaannya. 

Berikan pula sumber prebiotik serta asam lemak esensial seperti omega 3&6 yang berasal dari salmon, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

6. Atur Waktu Pemberian ASI dan MPASI

Untuk bantu menaikkan berat bayi 7 bulan agar ideal, Ibu perlu mengatur waktu pemberian ASI dan MPASI dengan tepat dan konsisten. 

Pada usia 7 bulan, Ibu dapat menjadwalkan makanan utama setiap 3 kali sehari, yakni pagi, siang, dan sore, serta memberi ASI di antara waktu tersebut. 

Kemudian, Ibu dapat berikan camilan sebanyak 2 kali sehari. Pastikan waktunya tidak berdekatan dengan jadwal MPASI maupun menyusui ya, Bu. 

Baca Juga: Rekomendasi Camilan Bayi 7 Bulan yang Lezat dan Bergizi

7. Jangan Beri ASI di Tengah Waktu Makan

Hindari memberikan ASI di tengah waktu makannya, Bu. Ini karena asupan cairan dapat membuat perut bayi kembung. Akibatnya, ia bisa merasa kenyang sebelum waktunya. 

Oleh karena itu, susuilah atau berikan si Kecil minum setelah ia benar-benar selesai makan. 

8. Sajikan Makanan dengan Menarik

Di usia ini, si Kecil mungkin kerap mulai merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja. 

Jadi, tak ada salahnya Ibu menyajikan variasi rasa dan tekstur makanan untuk menambah pengalaman makannya.

Jika perlu, buat makanan semenarik mungkin, kemudian menyajikannya pada wadah menarik dan menggemaskan. Nantinya, semangat bayi untuk makan bisa meningkat. 

9. Cukupi Waktu Tidur Bayi

Selain dari asupan nutrisi, penting bagi Ibu untuk bantu mencukupi waktu tidur bayi. Waktu tidur siang dan malam sangat penting untuk memaksimalkan pertumbuhan fisiknya.

Ini karena saat ia tidur, tubuh akan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. 

Baca Juga: 10 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi yang Efektif

Demikian penjelasan mengenai berat badan bayi 7 bulan yang normal dan cara menaikkan berat badannya agar ideal. 

Lantas, akan seperti apa pertambahan berat badan bayi usia 8 bulan? Yuk, terus pantau hebatnya pertumbuhan si Kecil bersama Bebeclub!

Segera konsultasikan dengan tim Bebecare yang akan menjawab pertanyaan Ibu dengan cepat.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2023). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2034/bagaimana-mengatasi-berat-badan-kurang-pada-anak
  2. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2020. (2020). http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf
  3. IDAI | Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). (2018). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi
  4. Paediatrics -How to gain weight in babies. (n.d.). https://www.uhcw.nhs.uk/download/clientfiles/files/Patient%20Information%20Leaflets/Clinical%20Support%20Services/Dietetics/Paediatrics%20-%20How%20to%20gain%20weight%20in%20babies.pdf

 



Artikel Terkait