15 Camilan Bayi 7 Bulan yang Sehat dan Bergizi Lengkap

Bahan makanan yang cocok untuk membuat camilan bayi usia 7 bulan di antaranya adalah brokoli, plain yogurt, keju, apel kukus, pisang potong, alpukat, salmon, dan ubi manis.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

4 min
29 Mar 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH
Bayi sedang makan di atas baby chair.


Selain melalui MPASI utama, Ibu juga dapat bantu penuhi kebutuhan energi bayi 7 bulan dengan memberikan camilan. Lalu, makanan apa yang bisa jadi cemilan bayi 7 bulan?

Pilihan Camillan Bayi 7 Bulan

Berikut rekomendasi bahan makanan sehat yang dapat dengan mudah Ibu olah menjadi camilan sehat nan lezat: 

1. Potongan Pisang

Pisang merupakan sumber kalium, vitamin B6, vitamin C, serat prebiotik, dan magnesium. Prebiotik sangat baik untuk mengurangi sembelit dan menyehatkan pencernaan si Kecil.  

Ibu dapat menggunakan pisang jenis apapun yang teksturnya lembut. Pilih pisang yang warna kulitnya sudah kuning sempurna atau sudah kuning berbintik-bintik coklat. 

Untuk menyajikannya, Ibu bisa memotong pisang seukuran genggaman si Kecil alias menjadi finger food. Pastikan sudah membuang semua biji pisang, ya. 

2. Irisan Apel yang Dikukus

Apel kaya akan kandungan antioksidan, vitamin A, dan vitamin C bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan produksi kolagen. 

Namun, apel akan terlalu keras untuk dikunyah secara langsung oleh bayi usia 7 bulan. Oleh karena itu, Ibu bisa memotong apel seukuran gigitan bayi dan mengukusnya hingga lunak. 

Selain itu, Ibu juga dapat mengolah apel menjadi puree. Supaya rasa cemilan bayi 7 bulan ini semakin enak, Ibu dapat menambahkan selai kacang atau yogurt

3. Kentang Rebus

Selain kaya karbohidrat, kentang juga makanan tinggi serat, vitamin C, vitamin B6, fosfor, folat, kalium, dan kalsium yang baik untuk si Kecil.

Supaya aman dikonsumsi bayi, Ibu dapat memotong kentang kukus sebesar ukuran potato wedges atau menumbuknya hingga halus (mashed potato).

Ibu juga dapat membuat cheese potato stick yang lembut dari kentang tumbuk supaya semakin menarik bagi si Kecil. Bisa juga taburi mashed potato dengan almond tumbuk. 

4. Puree Alpukat

Buah alpukat adalah camilan yang lezat, lembut, dan sehat untuk si Kecil. Vitamin, mineral, dan lemak pada alpukat bisa bantu menguatkan sistem imun dan menjaga fungsi tubuh si Kecil. 

Selain itu, buah ini juga kaya akan properti prebiotik bernama pektin. Jadi, konsumsinya dapat mengurangi keluhan konstipasi dan menjaga kesehatan usus bayi. 

Ibu boleh menyajikan alpukat dalam bentuk puree (bubur halus) atau dipotong menjadi finger food. Jangan lupa tambahkan ASI perah, plain yogurt, atau selai kacang agar makin enak. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Buah untuk Bayi 7 Bulan yang Terbaik

5. Labu Kuning Panggang

Cemilan bayi 7 bulan selanjutnya bisa Ibu buat dari labu kuning. Sayuran ini mengandung vitamin A yang dapat dukung kesehatan penglihatan dan sistem kekebalan tubuh si kecil. 

Di samping itu, labu juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin E, vitamin B6, folat, serat, zat besi, dan potasium. 

Ibu bisa memberikan labu kuning yang sudah dipanggang atau dikukus sehingga teksturnya lebih lembut. Berikan dalam bentuk puree atau finger food yang bentuknya seperti bulan sabit. 

6. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah pilihan yang baik bagi bayi karena rendah kandungan merkuri. Selain itu, ikan ini kaya akan omega 3 dan DHA yang sangat bagus untuk perkembangan otak. 

Bukan hanya itu, ikan ini juga memiliki protein, zat besi, yodium, kalium, selenium, zinc, vitamin A, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan folat. 

Ibu bisa mencampur 1 sendok teh ikan salmon dengan kentang untuk membuat salmon balls. Bisa juga bungkus salmon campur kentang tumbuk dengan telur. Jadilah rolade salmon. 

7. Ikan Makarel

Selain salmon, makarel alias ikan kembung, juga dapat menjadi salah satu pilihan ikan terbaik. Sebab ikan ini rendah merkuri dan juga kaya omega 3. 

Asam lemak esensial yang baik untuk perkembangan otak anak dan kesehatan mata si Kecil. Bonus nutrisi lain yang ada di dalam makarel adalah zat besi, protein, selenium, dan vitamin B. 

Ibu dapat mencampur makarel lumat dengan puree alpukat, plain yogurt, atau minyak zaitun. Puree dapat dioleskan pada roti panggang (jadi finger foods) atau langsung disuapkan ke bayi. 

8. Keju Potong

Sejak mulai MPASI, si Kecil sudah boleh makan keju. Asalkan kejunya rendah garam dan sudah dipasteurisasi (disterilkan dari kuman jahat). 

Beberapa keju yang direkomendasikan antara lain cheddar, mozzarellaricotta, dan cream cheese. Selain kaya kalsium, produk olahan susu ini juga kaya lemak, zinc, vitamin A, dan B12. 

Ada banyak cara untuk menyajikan keju sebagai cemilan bayi 7 bulan. Bisa dipotong tipis-tipis, dioleskan di atas roti panggang, atau diparut lalu ditaburkan pada puree buah. 

9. Plain Yogurt

Ibu pasti sudah mengetahui bahwa yogurt mengandung banyak bakteri baik yang dapat bantu tingkatkan kekebalan tubuh si Kecil dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

Selain probiotik, dalam setiap sendok yogurt juga terkandung kalsium, protein, lemak sehat, zinc, kalium, vitamin A, dan vitamin B. 

Dalam membeli yogurt untuk membuat camilan si Kecil, pastikan pilih yang tanpa tambahan gula, perasa, dan pewarna buatan. Zat-zat tersebut tidak baik bagi tubuh bayi. 

Baca Juga: 10 Manfaat Probiotik untuk Bayi dan Sumbernya

10. Selai Kacang 

Selai kacang dapat dijadikan cemilan bayi 7 bulan yang gurih dan kaya nutrisi. Kuncinya adalah  pilih yang tanpa tambahan gula, perasa, dan pewarna buatan. 

Dikenal juga sebagai peanut butter, bahan makanan satu ini menawarkan banyak nutrisi penting seperti omega 6, lemak, protein, zat besi, dan karbohidrat. 

Ibu bisa mencampurkan selai kacang dengan puree, yogurt, atau ASI perah. Besok, saat si Kecil sudah semakin pintar makan, Ibu bisa mengoleskan selai kacang lumer pada finger food. 

11. Pasta

Ibu dapat memasak pasta hingga lunak untuk membuat cemilan bayi. Berikan pada si Kecil dengan tambahan margarin atau butter supaya pasta semakin gurih dan kaya nutrisi. 

Tips dalam memilih pasta terbaik bagi bayi 7 bulan adalah pastikan telah difortifikasi dengan zat besi dan vitamin B. 

Pilih yang bentuknya memanjang seperti pene atau fusili supaya mudah diambil, digenggam, dan disuapkan ke mulut oleh si Kecil. 

12. Roti

Roti dapat menjadi pilihan cemilan yang simpel dan mudah disiapkan. Hindari roti yang tinggi gula dan sodium. Lebih baik pilih roti gandum plain atau sourdough

Ibu bisa memotong roti dalam ukuran bite-size untuk sekalian menstimulasi pincer grasp (kemampuan menjimpit makanan dengan jempol dan jari telunjuk). 

Supaya makin lezat, Ibu dapat oleskan unsalted butter, cream cheese, atau selai kacang yang konsistensinya encer (bisa diencerkan dengan ASIP). 

13. Tahu

Terbuat dari kacang kedelai, membuat tahu menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan protein nabati lengkap, kaya zat besi, kalsium, zinc, vitamin A, dan lemak sehat. 

Untuk membuat cemilan bayi 7 bulan, Ibu dapat memilih tahu yang bertekstur lembut seperti tahu sutra dan tahu putih. Hindari menggunakan tahu coklat karena dapat membuat tersedak. 

Tahu kukus dapat diberikan sebagai finger food. Bisa juga dilumatkan dan dicampur dengan margarin atau unsalted butter supaya makin gurih dan bernutrisi. 

Baca Juga: 15 Pilihan Finger Food untuk Bayi

14. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu asupan tinggi zat besi, sehingga sangat baik untuk bantu mencegah anemia pada bayi. 

Disamping itu, sayuran hijau tua ini juga kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B6, folat, dan antioksidan. 

Brokoli dan sayuran lain dapat dikukus hingga lunak dan dijadikan finger food. Supaya semakin menarik dan kaya nutrisi siapkan yogurt atau saus keju sebagai cocolan. 

15. Semangka

Semangka warnanya merah, sangat menarik bagi bayi. Teksturnya juga empuk dan kaya air. Jadi, tiap gigitannya terasa menyegarkan bagi bayi 7 bulan yang umumnya mulai tumbuh gigi. 

Bukan hanya itu, antioksidan dalam semangka juga dilaporkan lebih tinggi daripada tomat. Terkandung juga vitamin C, sehingga sangat baik untuk dukung daya tahan tubuh si Kecil. 

Ibu dapat menyajikan semangka sebagai finger food, baik bersama kulitnya maupun daging buahnya saja. Pastikan sudah membersihkan seluruh bijinya agar tidak membuat tersedak. 

Baca Juga: 20 Jenis Makanan untuk Nutrisi Kecerdasan Otak Bayi Hingga Balita 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memberi Snack MPASI?

Menurut IDAI, dalam sehari bayi 7 bulan boleh diberikan 1-2 kali cemilan sebagai selingan di antara waktu makan utama.

Pemberian cemilan bayi 7 bulan maksimal 2 jam sebelum waktu makan. Sebab lambung bayi membutuhkan waktu sekitar 200 menit untuk mencerna seluruh makanan padat. 

Jadi, saat waktu makan makanan utama tiba, bayi sudah merasa lapar dan siap makan MPASI.

Itu dia rekomendasi camilan bayi 7 bulan yang bisa Ibu berikan pada si Kecil. 

Sekarang, Ibu juga bisa pantau kesehatan cerna si Kecil dan grafik pertumbuhan dan perkembangan bayi dari bulan ke bulan lewat Bebe Journey, lho! Yuk, coba sekarang!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. When can babies have apples? Raw apples, apple juice, and more. (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/when-can-babies-eat-apples_40009328

  2. ‌When can babies have bananas? (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/when-can-babies-eat-bananas_40009330

  3. ‌Raman, R. (2018, March 14). 7 Health and Nutrition Benefits of Potatoes. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-potatoes

  4. Booth, S. (2014, June 30). Avocado. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/all-about-avocados

  5. ‌IDAI | Memberi Makan pada Bayi: Kapan, Apa, dan Bagaimana? (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memberi-makan-pada-bayi-kapan-apa-dan-bagaimana

  6. ‌IDAI | Tips Memilih Snack Sehat Untuk Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/tips-memilih-snack-sehat-untuk-anak

  7. ‌IDAI | Pentingnya Mengatur Jadwal Makan Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pentingnya-mengatur-jadwal-makan-anak

  8. ‌Rebecca Felsenthal Stewart. (2013, September 24). Introducing Finger Foods. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/introducing-finger-food

  9. Can Babies Eat Potatoes? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/potato/

  10. Pumpkin for Babies - First Foods for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/pumpkin/

  11. Salmon for Babies - When Can Babies Eat Salmon? (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/salmon/

  12. Mackerel for Babies - First Foods for Baby - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/north-atlantic-mackerel/

  13. Semeco, A. (2023, October 31). The 20 Best Prebiotic Foods You Should Eat. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/19-best-prebiotic-foods#avocado

  14. Which Cheeses are Best for Baby? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/cheese/

  15. Contributing, T. (2021, May 4). Introducing Cheese to Your Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/baby-feeding/when-can-babies-eat-cheese

  16. Gunnars, K. (2018, April 30). Is Peanut Butter Good or Bad for Your Health? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/is-peanut-butter-bad-for-you#healthy-fats

  17. Pasta for Babies - First Foods for Baby - Solid Starts. (2021). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/pasta/

  18. Garone, S. (2021, March 19). Introducing Bread to Babies. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/bread-for-babies

  19. Petre, A. (2018, December 13). What Is Tofu, and Is It Healthy? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/what-is-tofu#nutrition

  20. When Can Babies Eat Yogurt? - First Foods - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/yogurt/

  21. Can Babies Eat Broccoli? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/broccoli/

  22. Franziska Spritzler. (2020, January 27). 12 Healthy Foods That Are High in Iron. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-iron-rich-foods#9.-Broccoli

  23. Can Babies Eat Watermelon? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/watermelon/

  24. IDAI | Pentingnya Mengatur Jadwal Makan Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pentingnya-mengatur-jadwal-makan-anak



Artikel Terkait