5 Rekomendasi Camilan Bayi 7 Bulan yang Lezat dan Bergizi

Si Kecil sudah genap 7 bulan, Bu? Selain lewat pemberian MPASI, Ibu juga bisa, lho, memberikan variasi cemilan untuk bantu memenuhi kebu...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
29 Mar 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Bayi sedang makan di atas baby chair.


Si Kecil sudah genap 7 bulan, Bu? Selain lewat pemberian MPASI, Ibu juga bisa, lho, memberikan variasi cemilan untuk bantu memenuhi kebutuhan gizi bayi di usia 7 bulan ini dan belajar tentang variasi makanan baru agar tidak merasa bosan. Lalu, apa rekomendasi camilan yang sehat dan lezat untuk bayi usia 7 bulan?

Tips Memberikan Cemilan pada Bayi 7 Bulan

Cwmilan atau snack adalah makanan yang dikonsumsi di antara jadwal makanan utama, yaitu antara makan pagi, makan siang, dan makan malam. Dilakukan dengan cara yang tepat, pemberian eamilan secara terjadwal dapat mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. Menurut IDAI, dalam sehari bayi 7 bulan boleh diberikan 1-2 kali cemilan sebagai selingan di antara waktu makan.

Namun, pemberian camilan idealnya juga dilakukan mengikuti aturan yang sama seperti pemberian makanan utama, yaitu bayi duduk di kursi makan dan tidak dilakukan sambil bermain, menonton televisi, bermain gadget, atau berjalan-jalan.

Cemilan juga sebaiknya tidqak diberikan sebagai “imbalan” yang ditawarkan saat bayi sedang susah makan agar “yang penting ada makanan masuk”. Persepsi ini kurang tepat, ya, Bu, karena justru bisa membuat si Kecil merasa kenyang duluan dan makin tidak mau makan nasi.

Pemberian cemilan sebagai rewards yang terus-terusan juga mengakibatkan asupan gizi si Kecil kurang bervariasi dan tidak sekaya dari makanan utama. Mungkin ada kalanya si Kecil malas makan atau, namun seiring berjalan waktu si Kecil akan semakin mahir untuk makan makan dengan lahap, kok.

Melansir IDAI, berikut beberapa panduan pemberian camilan yang tepat pada bayi:

  • Sediakan camilan bergizi dan penuh nutrisi. Itu artinya camilan mengandung karbohidrat, protein, dan lemak secara seimbang tapi dengan porsi lebih kecil dibandingkan makanan utama.

  • Camilan yang disajikan Ibu bebas dari bahan tambahan pangan yang berbahaya.

  • Camilan harus diolah dan disajikan dengan higienis.

  • Berikan camilan berupa buah potong, bukan jus buah.

  • Biasakan si Kecil untuk hanya minum air putih, tidak diberikan minuman berperisa, termasuk jus buah kemasan.

Baca Juga: Cukup Gizi, Bekal Awal Anak Sehat dan Aktif 

Rekomendasi Camilan untuk Bayi 7 Bulan

Bayi usia 7 bulan kerap kali menunjukkan keinginan untuk mencoba makanan yang lebih bervariasi. Nah, agar ia tidak bosan makan, Ibu bisa mencoba menyajikan camilan agar si Kecil bisa belajar ragam tekstur dan rasa makanan baru.

Lalu apa saja rekomendasi camilan untuk bayi 7 bulan? Yuk, simak pilihan camilan homemade untuk bayi 7 bulan berikut ini, Bu.

1. Potongan Pisang

Pisang bisa menjadi camilan untuk bayi 7 bulan, Bu. Pisang mengandung sumber potasium, vitamin B6, vitamin C, serat, dan magnesium. Dengan ragam gizi tersebut, pisang telah terbukti dapat mengurangi sembelit dan membantu menyehatkan pencernaan si Kecil. 

Ibu bisa memotong pisang seukuran genggaman si Kecil untuk mengajarinya makan sendiri. Perhatikan juga dalam memilih pisang, pilihlah pisang dengan kulit yang sudah berbintik-bintik cokelat. 

2. Irisan Apel yang Dikukus

Apel kaya akan kandungan antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang terbukti bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan produksi kolagen. Tentunya ini baik untuk semua orang, termasuk bayi. 

Apel akan terlalu keras untuk dikunyah oleh bayi usia 7 bulan. Oleh karena itu, Ibu bisa memberikan potongan apel seukuran gigitan yang sudah dikukus agar lebih lembut dan mudah dikunyah bayi. Selain itu, Ibu dapat memberikan puree apel atau apel yang sudah dihaluskan.

Baca juga: Resep MPASI Bayi 8 Bulan dan Aturan Pemberiannya 

3. Kentang Rebus

Ibu boleh memberikan camilan untuk bayi 7 bulan berupa kentang rebus. Kentang kaya akan karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin B6, fosfor, folat, kalium, dan kalsium yang baik untuk si Kecil.

Cara mengolah kentang rebus untuk bayi 7 bulan yaitu dengan potong kentang seukuran gigitan, lalu rebus kentang kira-kira 20 menit sampai empuk. Dengan begitu, bayi dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam mulut.

4. Puree Alpukat

Ibu mungkin pernah mendengar berbagai manfaat yang didapat dari mengonsumsi buah alpukat. Ya, buah alpukat adalah camilan sehat yang baik untuk si Kecil. Vitamin, mineral, dan lemak pada alpukat bisa membantu mencegah penyakit dan menjaga tubuh si Kecil agar tetap berfungsi dengan baik.

Tips menyajikannya ialah dengan menghaluskan alpukat sehingga memiliki tekstur yang lembut seperti bubur. Cara tersebut memudahkan Ibu untuk menyuapi si Kecil.

5. Labu Kuning Panggang

Labu kuning memiliki kandungan vitamin A yang dapat membantu memperkuat penglihatan, pertumbuhan, dan sistem kekebalan si kecil. Labu juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin E, vitamin B6, folat, serat, zat besi, dan potasium. 

Ibu bisa memberikan labu kuning seukuran gigitan yang sudah dipanggang atau dikukus sehingga teksturnya lebih lembut. Apabila si Kecil baru memulai MPASI, labu kuning sebaiknya dikukus dan dihaluskan menjadi tekstur bubur.

Nah, itu dia berbagai ide camilan yang cocok untuk bayi usia 7 bulan. Ternyata, banyak ya yang bisa Ibu jadikan inspirasi. Jadi, mau berikan snack apa nih untuk si Kecil? 

Baca Juga: 20 Jenis Makanan untuk Nutrisi Kecerdasan Otak Bayi Hingga Balita 

Kalau Ibu masih ingin dapatkan lebih banyak rekomendasi resep MPASI dan camilan bayi lainnya, Ibu bisa langsung cek di Bebe Journey, lho! Tidak cuma ada panduan MPASI yang lengkap, di sini Ibu juga bisa memantau tumbuh kembang hebat si Kecil lewat berbagai fitur menarik seperti Milestone Bulanan, Grafik Tumbuh Kembang WHO, sampai tracker Jadwal Imunisasi dari IDAI. Yuk, cek sekarang!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. When can babies have apples? Raw apples, apple juice, and more. (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/when-can-babies-eat-apples_40009328
     
  2. ‌When can babies have bananas? (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/when-can-babies-eat-bananas_40009330
     
  3. ‌Raman, R. (2018, March 14). 7 Health and Nutrition Benefits of Potatoes. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-potatoes
     
  4. Booth, S. (2014, June 30). Avocado. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/all-about-avocados
     
  5. ‌IDAI | Memberi Makan pada Bayi: Kapan, Apa, dan Bagaimana? (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memberi-makan-pada-bayi-kapan-apa-dan-bagaimana
     
  6. ‌IDAI | Tips Memilih Snack Sehat Untuk Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/tips-memilih-snack-sehat-untuk-anak
     
  7. ‌IDAI | Pentingnya Mengatur Jadwal Makan Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pentingnya-mengatur-jadwal-makan-anak
     
  8. ‌Rebecca Felsenthal Stewart. (2013, September 24). Introducing Finger Foods. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/introducing-finger-food


Artikel Terkait

icon resep
7 - 9 Bulan Resep

Resep Bubur MPASI Bit

Ditulis oleh:
Tim Penulis

Ditinjau oleh:
Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
4 min
01 Jan 1970