10 Obat Sakit Perut untuk Anak yang Alami dan Aman

Air putih hangat, yogurt, dan pisang adalah obat sakit perut untuk anak yang alami. Jika gejalanya tak kunjung membaik, segera bawa si Kecil ke dokter.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
20 Sep 2024
Obat sakit perut untuk anak - bebeclub


Anak sakit perut bisa disebabkan diare, sembelit, atau perut kembung. Supaya perutnya kembali nyaman, Ibu bisa berikan berbagai obat sakit perut untuk anak yang ternyata sudah ada di rumah. 

Daftar Obat Sakit Perut untuk Anak yang Alami

Apa obat untuk sakit perut pada anak? Berikut beberapa pilihan yang bisa Ibu berikan:

1. Kompres Waslap Hangat

Penggunaan kompres waslap hangat bisa dilakukan sebagai cara mengatasi sakit perut pada anak. Caranya, siapkan baskom berisi air hangat suam-suam kuku dan kain waslap bersih.

Basahi kain waslap dengan air tersebut. Peras sampai tidak ada airnya. Kemudian tempelkan waslap pada area perut si Kecil. 

2. Air Putih 

Pemberian air putih dapat menjadi salah satu obat sakit perut untuk anak yang alami dan efektif.

Selain atasi dehidrasi, minum banyak cairan juga dapat bantu menenangkan dan meringankan sakit perut yang dialami.

3. Yogurt

Yogurt juga bisa Ibu berikan sebagai cara tradisional meringankan sakit perut pada anak

Yogurt tinggi probiotik, yakni bakteri baik yang dapat melawan bakteri jahat dalam usus. Dengan demikian, sistem pencernaannya bisa kembali sehat.

Baca Juga: Penyebab Sakit Perut Anak Muncul Hilang dan Solusinya

4. Nasi Putih

Ibu dapat berikan nasi putih sebagai obat sakit perut untuk anak yang alami. Nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang mudah dicerna dan baik untuk meringankan rasa nyeri. 

Nasi putih juga dapat menyerap kelebihan asam lambung, serta menenangkan lapisan lambung. Tak perlu banyak, Ibu bisa berikan nasi putih sedikit-sedikit terlebih dulu.

5. Makanan yang Hambar

Jika si Kecil tidak nafsu makan nasi putih, Ibu bisa tawarkan makanan hambar seperti roti tawar, pasta tawar, roti panggang kering, atau crackers polos tanpa gula. 

Konsumsi makanan hambar dinilai lebih mudah dicerna usus sehingga bantu fungsi sistem pencernaan dapat sehat kembali. 

6. Air Jahe Hangat

Untuk membuat perutnya terasa nyaman, Ibu bisa membuat minuman teh jahe. 

Jahe mengandung senyawa antioksidan gingerol. Ini dapat bantu menenangkan sakit perut yang muncul karena mual pada anak.

Ibu bisa merebus beberapa ruas jahe yang sudah digeprek, kemudian saring airnya dan berikan pada si Kecil. 

Baca Juga: Kenapa Perut Kembung pada Anak Tak Kunjung Sembuh?

7. Teh Peppermint

Obat sakit perut untuk anak selanjutnya adalah peppermint. Peppermint mengandung mentol yang bersifat sebagai analgesik alami atau pereda nyeri. 

Peppermint juga dikenal ampuh untuk meredakan sakit perut, sekaligus mengurangi rasa mual.

8. Pisang

Pisang juga bisa dijadikan pilihan obat sakit perut si Kecil. Pisang mengandung probiotik yang mampu meredakan nyeri perut dengan memproduksi lendir pada lapisan lambung. 

Lendir tersebut akan menciptakan lapisan antara dinding lambung dan zat asam lambung. 

9. Teh Chamomile

Teh chamomile juga menjadi obat sakit perut alami untuk anak yang bisa Ibu berikan. 

Senyawa antiradang di dalamnya diketahui dapat mengendurkan otot-otot saluran pencernaan atas. 

Minum teh chamomile juga bisa meringankan kram yang membuat si Kecil sakit perut.

10. Cuka Apel

Cuka sari apel juga dapat meredakan sakit perut berkat kandungan probiotik di dalamnya yang bantu menjaga bakteri baik pada lambung.

Dalam gelas berisi air putih hangat, coba campurkan 1 sendok teh cuka sari apel dan madu. Berikan pada anak untuk diminum. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Mual pada Anak yang Aman dan Efektif

Kapan Harus Dibawa ke Dokter?

Walaupun sudah memberikan obat sakit perut untuk anak di atas sebagai pertolongan pertama, pantau terus gejala yang mungkin dialami si Kecil. Bawa ia ke dokter bila mengalami tanda berikut:

  • Sakit perut semakin parah. 
  • Sakit perut muncul hanya di salah satu area. 
  • Anak terlihat lemas, pucat, dan berkeringat. 
  • Si Kecil tidak mau makan atau minum. 
  • Sakit perut dan muntah terus-menerus selama 24 jam. 
  • Muncul darah di feses anak. 
  • Terdapat ruam kulit disertai nyeri. 
  • Anak mengalami tanda-tanda dehidrasi.
  • Anak sulit atau merasa sakit saat buang air kecil. 

Jika masih ada hal lain yang ingin dikonsultasikan seputar sakit perut si Kecil atau masalah pencernaan lain, jangan ragu menanyakannya pada tim Bebecare yang siap merespon dengan cepat.

 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Parents. (2014). 9 Home Remedies for a Tummy Ache. Parents. https://www.parents.com/health/stomach-ache/natural-tummy-ache-remedies/
  2. Bananas and nausea: MedlinePlus Medical Encyclopedia Image. (2021). Medlineplus.gov. https://medlineplus.gov/ency/imagepages/9689.htm
  3. Haffejee, I. E., & Moosa, A. (1985). Honey in the treatment of infantile gastroenteritis. BMJ, 290(6485), 1866–1867. https://doi.org/10.1136/bmj.290.6485.1866
  4. Radhakrishnan, R., & Shaikh, J. (2023, January 24). How Do You Get Rid of a Stomach Ache in 5 Minutes? 9 Tips. MedicineNet; MedicineNet. https://www.medicinenet.com/how_do_you_get_rid_of_a_stomach_ache_in_5_minutes/article.htm
  5. Verywell. (2022). How to Soothe a Stomachache: 11 Natural Remedies. Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-soothe-a-stomach-ache-5218292
  6. Health. (2024). Abdominal pain in children. Vic.gov.au. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/abdominal-pain-in-children#treatment-for-abdominal-pain-in-children
  7. Nania, R. (2023, June 15). 5 Best Foods to Relieve Constipation. AARP; AARP. https://www.aarp.org/health/conditions-treatments/info-2023/best-foods-for-constipation-relief.html


Artikel Terkait