12 Makanan yang Bagus untuk Redakan Sakit Perut Anak

Saat anak sakit perut, jangan dulu berikan makanan yang digoreng, makanan berminyak, berempah kuat, makanan olahan atau cepat saji, dan makanan asam atau pedas. Lalu, harus makan apa?

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
20 Sep 2024


Anak bisa sakit perut karena tidak BAB berhari-hari, kembung, atau diare. Meski begitu, tetap penting memberikan anak asupan makanan untuk sakit perut yang aman agar ia bisa terus beraktivitas.

Daftar Makanan untuk Meredakan Sakit Perut Anak

Sakit perut pasti membuat anak tidak nyaman beraktivitas sehingga rentan 2x lebih rewel di kesehariannya. Lalu kalau lagi sakit perut anak harus makan apa?

1. Pisang 

Pisang adalah salah satu pilihan paling aman sebagai makanan untuk sakit perut. Sebab, teksturnya lembut dan rasanya sedikit manis agak tawar yang tidak semakin mengiritasi perut. 

Pisang membantu meredakan sakit perut dengan merangsang produksi lendir yang akan menjadi partisi antara dinding lambung dan cairan asam penyebab perut mulas.

Jika anak sakit perut karena susah BAB, serat dan gula alami dari pisang juga bisa nbantu mendorong pergerakan feses dalam usus. 

2. Ayam Kukus

Anak yang sedang sakit perut karena diare, mual, dan muntah disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan cita rasa tawar.

Makanan tawar dapat menekan rasa mual dan mudah dicerna oleh perut yang sedang bermasalah. Ayam kukus merupakan pilihan yang tepat, karena juga kaya protein untuk bantu mengembalikan energi. 

Baca Juga: 10 Penyebab Anak Sakit Perut Disertai Muntah dan Solusinya

3. Nasi Putih

Jika anak sakit perut, sebaiknya makan nasi putih polos dalam porsi kecil namun sering, atau nasi tim lembut dengan daging ayam rebus tanpa kulit sebagai lauk.

Nasi putih merupakan makanan untuk sakit perut karena tinggi karbohidrat dan rendah serat sehingga lebih mudah dicerna. Cita rasanya juga tawar sehingga tidak menimbulkan mual.

Selain itu, nasi putih bisa bantu memperbaiki konsistensi feses pada anak diare agar menjadi lebih padat.

4. Pepaya

Buah pepaya bisa mengobati sakit perut anak yang hilang timbul karena perut kembung atau sembelit. Serat dari buah pepaya juga bisa membantu melancarkan BAB anak yang keras.

Buah berwarna jingga ini mengandung enzim bernama papain yang bisa bantu usus mencerna dan menyerap protein dari makanan yang dikonsumsi si Kecil. 

 5. Kentang 

Pilihan makanan untuk sakit perut berikutnya adalah kentang. Ibu bisa mengolahnya dengan cara kukus atau panggang. 

Pastikan untuk memberikan kentang tanpa kulit, karena serat dari kulit kentang sulit dicerna oleh perut yang sedang teriritasi. 

6. Sup Ayam

Hangatnya sup kaldu bantu merilekskan otot-otot perut yang menegang sehingga memicu nyeri. Kaldu sup juga dapat bantu penuhi asupan cairan tubuh anak yang hilang karena diare. 

Buatlah kaldu sup dari daging tanpa lemak. Misalnya daging dada ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa gajih dan tetelan, atau dari fillet daging ikan. 

Untuk sayurannya, pilih yang rendah serat dan tidak menimbulkan gas di dalam perut seperti wortel, kentang, dan labu. 

Baca Juga: 17 Makanan yang Baik untuk Pencernaan Anak

7. Roti Tawar Panggang

Roti tawar yang dipanggang sebentar dapat menjadi pilihan makanan untuk anak yang sakit perut. Karbohidrat dari roti tawar putih termasuk mudah diocerna oleh perut saat sedang bermasalah.

Hindari memberikan roti tawar gandum ya, Bu. Sebab serat di dalamnya dapat membuat perut anak semakin tidak nyaman, terutama ketika sedang mual, muntah, dan diare.

Hindari juga memberikan topping berupa selai, coklat, mentega, atau kacang-kacangan. 

8. Yogurt

Anak yang sedang sakit perut biasanya diminta untuk stop dulu minum susu sementara agar gejala sakitnya tidak semakin parah. Namun, yogurt tergolong aman sebagai makanan untuk sakit perut.

Sebab, yogurt mengandung bakteri baik (probiotik) yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan kuman penyebab sakit perut. Probiotik juga mengurangi gejala diare, sembelit, dan perut kembung.

9. Telur Rebus

Telur rebus mudah dicerna dan rasanya hambar sehingga cocok untuk anak yang sakit perut, terutama bagian putihnya karena sedikit lemak.

Makanan sumber protein ini membantu memperbaiki dan menyembuhkan lapisan usus yang teriritasi.

10. Oatmeal

Oatmeal (bubur gandum) teksturnya lembut dan mudah dicerna sehingga aman dijadikan makanan untuk sakit perut.

Kandungan serat larutnya membantu mengatur pergerakan usus, mengurangi sembelit dan mengurangi rasa tidak nyaman.

11. Ubi Rebus

Ubi jalar merupakan campuran serat larut dan tidak larut.

Serat larut meningkatkan bakteri baik di usus yang menjaga kesehatan sistem pencernaan, sedangkan serat tidak larut mempercepat proses pencernaan agar BAB anak lebih teratur.

Sajikan ubi rebus tanpa kulitnya agar mudah dicerna perut.

12. Wortel

Wortel atau jus wortel bagus sebagai makanan untuk sakit perut.

Wortel bermanfaat meningkatkan air liur untuk melancarkan pencernaan dan menyediakan nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan anak, termasuk mineral dan enzim.

Wortel juga mengandung serat pangan, yang dapat memperbaiki iritasi pada lambung dan usus akibat diare atau sembelit.

Baca Juga: 8 Pertolongan Pertama Anak Sakit Perut Sebelum ke Dokter

Apa yang Tidak Boleh Dimakan saat Perut Sakit?

Saat anak sakit perut, sebaiknya ia tidak mengonsumsi makanan yang sulit dicerna. Berikut sejumlah makanan yang harus dihindari: 

  • Makanan yang digoreng. 

  • Minuman bersoda.

  • Makanan pedas.

  • Sayuran mentah.

  • Sayuran yang menimbulkan gas di perut seperti brokoli dan bunga kol.  

  • Buah asam seperti jeruk, lemon, kiwi, dan markisa. 

  • Minuman mengandung kafein, seperti coklat dan teh.

  • Makanan manis. 

  • Makanan berlemak.

  • Susu dan produk susu. 

Apabila kondisi si Kecil tidak juga membaik, sebaiknya Ibu bawa si Kecil ke dokter untuk berkonsultasi agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Ibu juga bisa bertanya langsung ke Bebecare kapan pun jika ada pertanyaan seputar pencernaan atau masalah gizi anak karena tim ahli Bebecare siap merespon cepat selama 24/7.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. What to Eat (or Not) When Your Stomach Hurts. (2023). WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/ss/slideshow-food-stomach-upset

  2. Slama, T. (2021, July 16). Stomachache in children: How to know if it’s serious. Mayo Clinic Health System; Mayo Clinic Health System. https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/stomachache-in-children-how-to-know-if-its-serious

  3. Fulghum, D. (2007, June 21). How Drinking Fluids Can Help You Manage Constipation. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/water-a-fluid-way-to-manage-constipation

  4. When your child has diarrhea: MedlinePlus Medical Encyclopedia. (2022). Medlineplus.gov. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000693.htm

  5. When Can Babies Eat Bananas? - Solid Starts. (2024). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/banana/

  6. Julson, E. (2018, May 16). The 12 Best Foods for an Upset Stomach. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-for-upset-stomach#bananas

  7. What to Eat and Drink When You Have Diarrhea. (2024). Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/what-to-eat-for-diarrhea-1944822

  8. Panoff, L. (2019, August 29). Is Ginger a Safe and Effective Treatment for Nausea? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/ginger-for-nausea#effectiveness

  9. Leech, J. (2020, October 7). 11 Proven Health Benefits of Ginger. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-ginger#11-health-benefits

  10. What Foods Help Diarrhea Go Away? Here Are 4 Options. (2023). Health. https://www.health.com/what-to-eat-when-you-have-diarrhea-7104211

  11. ‌Whitbourne, K. (2020, December 9). Coconut Water Benefits. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-coconut-water



Artikel Terkait