12 Makanan untuk Mengatasi Perut Kembung Anak

Yogurt dan pisang adalah beberapa contoh makanan untuk perut kembung yang bisa Ibu berikan pada anak. Jika gejalanya tidak mereda, segera konsultasikan ke dokter.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
27 Aug 2024


Saat perutnya kembung, anak tidak bisa makan sembarangan untuk mencegah gejala semakin parah. Lalu, apa saja pilihan makanan untuk perut kembung yang aman dikonsumsi anak?

Pilihan Makanan untuk Perut Kembung

Perut kembung dapat membaik dengan sendirinya. Namun agar perut si Kecil kembali nyaman,  Ibu bisa berikan pilihan makanan untuk mengurangi gas di perut. Misalnya:

1. Yogurt

Kembung adalah sensasi tidak nyaman dari gas yang menumpuk di perut. Gas ini dihasilkan oleh bakteri jahat. Untuk membasmi koloni bakteri jahat di perut, Ibu bisa berikan yogurt.

Yogurt tinggi probiotik yang dapat membantu memicu pertumbuhan bakteri baik untuk meringankan gejala perut kembung. 

Apabila si Kecil sensitif terhadap produk olahan susu atau mengalami intoleransi laktosa, pilihlah yogurt yang bebas kandungan susu atau laktosa. 

2. Pisang

Pisang adalah salah satu makanan untuk perut kembung yang bisa diberikan pada si Kecil. 

Pisang mengandung tinggi kalium yang dapat membantu mengurangi kadar natrium dalam tubuh yang menyebabkan perut kembung.

Ibu bisa berikan potongan-potongan kecil pisang sebagai camilan, dan bisa juga diolah menjadi jus atau smoothie sebagai cara mengatasi perut kembung anak

3. Pepaya

Makanan untuk mengeluarkan gas di perut berikutnya adalah pepaya. Pepaya mengandung senyawa antiradang dan serat yang dapat meredakan gejala perut bergas. 

Pepaya juga mengandung enzim papain, yang dapat bantu tubuh memecah asam amino dan menjaga kesehatan pencernaan sehingga perut bebas kembung. 

Baca Juga: Perut Anak Kembung dan Berbunyi, Apa Penyebab dan Solusinya?

4. Alpukat

Alpukat adalah makanan untuk perut kembung yang baik karena kaya akan kalium, yakni mineral penting untuk mengatur keseimbangan cairan dan natrium dalam tubuh.

Tak hanya itu, alpukat juga tinggi serat yang membantu pergerakan feses dalam saluran cerna menjadi lebih teratur, sekaligus mencegah gejala sembelit dan perut kembung pada anak. 

5. Apel

Apel kaya akan air dan kalium. Kedua kandungan ini dapat mencegah tubuh kehilangan cairan. Apel juga memiliki serat larut air bernama pektin. 

Pektin dapat bantu mempercepat gerakan makanan saat melewati saluran pencernaan dengan mengatasi perut kembung dan sembelit. 

Memberikan 1 buah apel ukuran sedang (200 gram) sebagai camilan anak sudah dapat memenuhi asupan serat sebanyak 5 gram yang baik untuk pencernaannya. 

6. Kiwi

Kiwi adalah buah yang dapat diberikan sebagai makanan yang bisa mengeluarkan gas berlebih dalam perut. 

Selain tinggi serat dan kalium, kiwi mengandung aktinidin, yaitu enzim yang dapat bantu menjaga kesehatan pencernaan dan mempercepat pengosongan lambung. 

Dengan begitu, buah ini dapat diberikan pada si Kecil untuk mengurangi gejala masalah pencernaan seperti sakit perut, sembelit, dan perut kembung. 

Baca Juga: Penyebab Sakit Perut Anak Hilang Timbul dan Pengobatannya

7. Timun

Jika perut anak kembung tidak sembuh-sembuh, penyebabnya mungkin karena terlalu banyak makan makanan asin. 

Untuk mengatasinya, Ibu bisa berikan makanan untuk perut kembung yang mengandung banyak air. Contohnya timun.

Timun mengandung 95% air dan kandungan antioksidan quercetin untuk mengurangi gejala kembung. Jika si Kecil tidak suka makan timun segar, buatlah es loli dengan isian potongan timun.

8. Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan memecah asam amino.

Selain itu, nanas juga tinggi kandungan air yang mampu menjaga hidrasi tubuh si Kecil agar tidak mengalami dehidrasi. Sebab, perut kembung dapat menyebabkan dehidrasi pada anak.

Ibu bisa memotong buah nanas dan membiarkan si Kecil mengonsumsinya secara langsung, atau mengolahnya menjadi minuman menyegarkan. 

9. Asparagus

Tidak banyak yang tahu kalau asparagus merupakan pilihan sayuran untuk perut kembung yang tinggi serat. 

Selain mengandung serat, asparagus mengandung inulin, yakni serat prebiotik yang dapat mendukung kesehatan usus sehingga mencegah sembelit dan perut kembung. 

Coba olah asparagus menjadi sup berkuah hangat yang dapat membuat perut si Kecil nyaman. 

10. Kunyit

Kunyit dapat meredakan gejala gangguan pencernaan dengan membuang kelebihan gas yang terperangkap dalam perut. Hal ini tak terlepas dari kandungan senyawa kurkumin di dalamnya.

Tak hanya itu, sejumlah penelitian membuktikan bahwa kurkumin dapat mendukung kesehatan saluran cerna dan mengurangi gejala radang usus besar seperti perut kembung dan sembelit. 

Untuk meredakan perut kembung, Ibu bisa memberikan minuman sari kunyit atau menambahkan kunyit dalam olahan makanan si Kecil sehari-hari.

11. Jahe

Selain kunyit, menambahkan jahe ke dalam olahan makanan anak dapat bantu meredakan gejala perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

Bahkan, sebuah studi membuktikan bahwa jahe dapat mempercepat pengosongan lambung guna mencegah penumpukan gas dalam perut dan rasa kenyang berlebih. 

12. Seledri

Seledri juga termasuk makanan untuk perut kembung yang bisa dikonsumsi si Kecil. Ibu bisa menambahkan seledri dalam olahan sayur sop.

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, seledri juga mengandung manitol yakni sejenis gula alkohol yang mampu melembekkan feses dan menyerap air ke dalam saluran cerna.

Sayuran ini dianggap sebagai diuretik alami. Ini artinya, seledri mampu meningkatkan produksi urin guna membuang kelebihan air dan natrium dalam tubuh sehingga bantu mengeluarkan gas dalam perut.

Baca Juga: Perut Kembung Anak Tak Kunjung Sembuh, Apa yang Harus Dilakukan?

Kapan Harus ke Dokter?

Jika kondisi si Kecil tak kunjung membaik setelah makan makanan untuk perut kembung, baiknya segera konsultasikan ke dokter. Apalagi jika disertai gejala seperti:

  • Perut si Kecil tampak membesar dan mengerasi sehingga terasa nyeri. 

  • Anak tampak lesu dan lemas. 

  • Anak tampak rewel dan gelisah. 

  • Perut anak kembung disertai muntah-muntah terus setelah makan. 

  • Terdapat darah pada BAB anak. 

Segera temui dokter apabila si Kecil menunjukkan tanda-tanda di atas. Dokter akan memberikan penanganan tepat sesuai kondisi yang anak alami. 

Masih ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar perut kembung pada anak atau gangguan pencernaan lain? Coba konsultasikan dengan tim Bebecare yang siap menjawab Ibu dengan cepat 24/7.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Ajmera, R. (2021, April 19). 20 Foods and Drinks That Help with Bloating. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-help-with-bloating#foods-that-help-with-bloating
  2. Health. (2015). These 9 Foods Can Cause Bloating—Here’s How. Health. https://www.health.com/food/best-and-worst-foods-for-bloating
  3. WebMD. (2013, September 25). Gas Pain (Children). WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/first-aid/gas-pain-children


Artikel Terkait