15 Obat Alami untuk Anak Susah BAB yang Aman

Saat anak susah BAB, tidak ada salahnya memanfaatkan obat pencahar alami terlebih dulu. Ada air putih, apel, kiwi, juga kefir, ketahui obat anak susah BAB lainnya.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
08 Jul 2024
Ilustrasi obat anak susah BAB - Bebeclub


obat anak susah BAB memang sudah banyak dijual di pasaran. Namun, mengupayakan cara-cara yang alami masih patut dicoba. Ada apa saja?

Obat Pencahar Alami untuk Anak Susah BAB

Berikut 15 jenis obat pencahar alami untuk susah BAB yang bisa Ibu berikan pada si Kecil. 

1. Air Putih 

Obat anak susah BAB pertama yang paling alami dan mudah didapat adalah air putih. Jika tubuh kekurangan air, gerak kolon akan melambat dan ini membuat feses mengeras.

Dengan minum lebih banyak, tinja pun akan berubah teksturnya menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. 

2. Biji Chia

Chia Seed atau biji chia juga merupakan salah satu obat anak susah BAB yang alami.

Biji chia terkenal sangat tinggi serat yakni pada setiap onsnya (28,4 gram) mengandung 9,6 gram serat. Adapun sekitar 7–15% dari total kandungan seratnya terdiri dari serat larut.

3. Apel

An apple a day keeps the doctor away, bukan sekadar kiasan biasa. Ini karena apel juga bisa dijadikan obat pencahar alami untuk mengatasi tekstur BAB keras.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), anak membutuhkan asupan serat sebesar 0,5g - 35g/hari, dan ini tentu saja bisa didapat dari buah apel.

4. Kiwi

Kandungan serat dalam buah kiwi adalah sekitar 2,3 gram atau 5,4 gram dalam setiap cangkirnya (180 gram).

Berdasarkan penelitian, serat pada kiwi punya efek pencahar alami yang sangat baik dalam mengatasi gangguan saluran cerna sehingga melancarkan buang air besar.

Baca Juga: Penyebab Anak Susah BAB dan 10 Cara Mengatasinya

5. Buah Beri

Sebagian besar jenis buah beri juga memiliki kandungan serat relatif tinggi, lengkap dengan jenis serat larut dan tidak larut. Misalnya saja blueberry, menyediakan 3,6 gram serat dalam setiap cangkirnya (150 gram).

6. Plum

Obat anak susah BAB berwarna hitam keunguan ini mengandung 7,7 gram serat dalam tiap  cangkirnya (248 gram).

Buah ini juga mengandung sorbitol (sejenis gula alkohol) yang bermanfaat sebagai pencahar –hanya bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

7. Biji Rami

Biji rami juga bisa dijadikan obat anak susah BAB. Biji rami merupakan sumber serat yang baik serta mengandung asam omega-3 yang baik.

Ibu bisa menambahkan biji rami ini pada sarapan paginya si Kecil, misalnya pada sereal atau roti.

8. Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga terkenal karena kandungan serat selulosa yang merupakan polisakarida, juga rendah lemak dan kaya akan magnesium.

Contohnya saja bayam, brokoli, dan kol. Ini bisa Ibu jadikan alternatif obat pencahar alami untuk susah bab.

9. Kacang-kacangan

Jenis serat kedua yakni polisakarida non selulosa, yang tak kalah penting dan sangat bermanfaat buat tubuh. Ini datangnya bisa dari kacang-kacangan.

Ibu bisa memanfaatkannya sebagai obat pencahar alami pada anak seperti makanan biji-bijian, contohnya buncis, kacang polong dan kapri.

10. Ubi Jalar

Kandungan serat pada ubi jalar juga bermanfaat mengatasi sembelit pada anak. Serat ini punya kemampuan menyerap air serta memperbaiki tekstur feses, agar keluar dengan mudah.

Ibu bisa memberikannya dengan cara dikukus, dipanggang atau direbus. Jika digoreng, kandungan minyaknya dikhawatirkan dapat memperburuk sembelit.

11. Jahe

Rempah yang kaya akan antioksidan ini juga merupakan obat anak susah BAB yang ampuh mengatasi sembelit. 

Tapi mungkin sulit bagi anak mengonsumsi air jahe, karena rasa pedasnya. Agar lebih mudah, masukkan lebih banyak jahe ke dalam menu sup ayam. 

12. Prebiotik dan Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang hidup di usus. Sementara prebiotik, adalah serat yang bertugas memberi makan probiotik. Kehadiran prebiotik dan probiotik yang seimbang dapat meningkatkan frekuensi BAB.

Kandungan bakteri baik di saluran cerna juga bisa Ibu dapatkan lewat pemberian susu sehari-hari, seperti Bebelac 3 GroGreat+, Ahli Pencernaan No.1.

Pasalnya susu ini diperkaya serat prebiotik FOS:GOS 1:9, mengandung kombinasi asam lemak esensial otak triple A (DHA, ALA, LA), serta 14 vitamin & 9 mineral.

13. Kefir

Kefir merupakan produk susu fermentasi yang mengandung probiotik sehingga mampu melancarkan BAB sekaligus meningkatkan konsistensi tinja dan mempercepat transit usus.

Kefir bisa dikonsumsi anak mulai usia 1 tahun dan dijadikan obat anak susah BAB.

14. Minyak Jarak

Minyak ini terbuat dari biji jarak yang bermanfaat melepaskan asam risinoleat, yakni sejenis asam lemak tak jenuh, untuk meningkatkan pergerakan otot usus dan membantu pengeluaran feses.

Meski begitu, ada baiknya sebelum memberikannya pada si Kecil, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter.

15. Aktif Berolahraga 

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa olahraga dapat menjadi ‘obat pencahar alami’ untuk susah bab, sebab membantu mengatasi sembelit.

Pola hidup sehat ini memungkinkan tubuh bergerak sehingga tinja pun bergerak leluasa di saluran cerna dan pembuangan.

Baca Juga: Pengaruh Kesehatan Pencernaan Pada Tumbuh Kembang Anak

Bolehkah Anak Diberikan Obat Pencahar untuk Mengatasi Sembelit?

Sebenarnya, Ibu tidak dilarang memberikan obat pencahar untuk anak yang sembelit. Obat pencahar bisa digunakan sesekali sebagai terapi penyelamatan untuk mencegah dampak berulang.

Meski begitu, konsumsinya tidak dianjurkan untuk jangka panjang, Bu. Ada baiknya pemberian obat tetap berada di bawah pengawasan dokter, agar dosis dapat diberikan sesuai diagnosis yang tepat.

Ibu juga bisa berkonsultasi dengan tim BebeCare untuk menjaga pencernaan sehat anak. Karena saat pencernaannya sehat (happy tummy), keseharian si Kecil jadi tidak terganggu dan justru membuatnya berani mencoba hal baru (happy heart)!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. https://repository.unmuhpnk.ac.id/294/1/JURNAL.pdf. (2019). Journal of Applied Nursing (Jurnal Keperawatan Terapan), 5(1), 22. 
     
  2. Rachael Ajmera, MS, RD. (2024, March 4). Natural Laxatives for Constipation: Everything You Need to Know. Healthline.com. https://www.healthline.com/nutrition/20-natural-laxatives
     
  3. Redirect Notice. (2024). Google.com. https://www.google.com/url?q=https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4574579/&sa=D&source=docs&ust=1717518649951324&usg=AOvVaw292VsO6oQnB5OM3K19UN2O
     
  4. FLAXSEED: Overview, Uses, Side Effects, Precautions, Interactions, Dosing and Reviews. (2020). Webmd.com. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-991/flaxseed
     
  5. Helen West. (2024, January 19). 13 home remedies for constipation. Medicalnewstoday.com. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318694
     
  6. Efthalia Angelopoulou, Yam Nath Paudel, Papageorgiou, S. G., & Piperi, C. (2022). Elucidating the Beneficial Effects of Ginger (Zingiber officinale Roscoe) in Parkinson’s Disease. ACS Pharmacology & Translational Science5(10), 838–848. https://doi.org/10.1021/acsptsci.2c00104
     


Artikel Terkait