Cara Memilih Susu untuk Anak 2 Tahun yang Susah Makan

Jika si Kecil sangat aktif tapi susah makan, ia perlu minum susu pertumbuhan yang terfortifikasi gizi penting agar tidak kehilangan cadangan nutrisi.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
24 Jun 2024
Susu anak 2 tahun susah makan-bebeclub


Saat anak sulit makan, minum susu dapat bantu melengkapi nutrisi harian yang tidak bisa didapatkan dari makanan. Lalu, apa yang harus ada dalam susu untuk anak 2 tahun yang susah makan?

Penyebab Anak Susah Makan

Nafsu makan anak sangat sering berubah-ubah. Kadang si Kecil mau makan siang dengan lahap, tapi tidak mau makan malam. Hari-hari selanjutnya mungkin susah makan sama sekali.

Penyebab anak susah makan, antara lain:

  • Takut atau tidak mau mencoba makanan baru.
  • Hanya menyukai makanan tertentu dan menghindari makanan yang tidak disukainya.
  • Mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, atau GERD (refluks asam lambung) yang membuat perut tidak nyaman.
  • Kebiasaan pilih-pilih makan (picky eater).
  • Kelelahan bermain.

Jika si Kecil sangat aktif tapi tidak mau makan, ia bisa kehilangan cadangan nutrisi lebih cepat daripada orang dewasa. Hal ini dapat berpengaruh pada tumbuh kembangnya.

Jadi meski si Kecil susah makan, asupan nutrisinya harus tetap dilengkapi dengan pemberian susu.

Baca Juga: 5 Ide Menu Makan untuk Anak 2 Tahun yang Susah Makan

Susu yang Bagus untuk Anak 2 Tahun yang Susah Makan

Susu untuk anak 2 tahun yang susah makan harus mengandung berbagai zat gizi penting demi mendukung pertumbuhannya, seperti susu Bebelac Gold. Apa kandungan dan manfaat susu Bebelac?

1. Diperkaya FOS:GOS 1:9

FOS:GOS adalah jenis prebiotik berupa serat khusus yang menjadi sumber makanan bagi bakteri baik (probiotik) dalam usus.

Manfaat prebiotik paling sering dikaitkan dengan kemampuannya merangsang aktivitas probiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan, tapi juga sekaligus meningkatkan nafsu makan.

Beberapa jenis bakteri baik ini dapat memproduksi protein khusus disebut peptida, yang sangat mirip dengan hormon ghrelin pengatur rasa lapar.

2. Susu Tinggi Serat

Selain meningkatkan nafsu makan, koloni bakteri baik dalam usus diteliti dapat secara langsung mempengaruhi perilaku makan anak untuk mencari dan “mengidamkan” makanan sehat dan mengenyangkan.

Jumlah koloni bakteri baik dalam usus si Kecil dapat dipelihara dan dioptimalkan lewat asupan susu tinggi serat seperti Bebelac Gold yang mengandung pati jagung dan prebiotik FOS:GOS.

Jika pencernaannya sehat, perut anak pun cenderung akan merasa lebih nyaman dan tidak rewel sehingga ia mau mencoba berbagai makanan baru.

Baca Juga: Cara Memilih Susu Pertumbuhan yang Bagus untuk Pencernaan Anak 2 Tahun

3. Mengandung DHA, ALA, dan LA

Peran omega-3 dan omega-6 yang berasal dari DHA, ALA, dan LA tidak hanya penting untuk perkembangan kognitif dan daya pikir anak. 

Susu untuk anak 2 tahun yang susah makan idealnya harus diperkaya DHA, ALA, dan ALA. 

Beberapa penelitian menunjukkan, asupan omega-3 tambahan dapat mempengaruhi rasa lapar anak sehingga meningkatkan asupan karbohidrat dari menu makan sehari-hari.

4. Rendah Gula

Susu Bebelac Gold merupakan susu formula rendah gula karena rendah indeks glikemik (GI) dan mengandung 0 gram sukrosa. Meski begitu, rasa manisnya tetap enak dan disukai si Kecil.

Asupan gula yang berlebih dari makanan dengan skor GI tinggi bisa membuat anak cepat merasa lapar dan justru mengidam makanan manis, sehingga membuatnya makin susah makan nasi dan lauk pauk sehat.

Nah, semua keunggulan ini ada di dalam susu Bebelac Gold, yang diformulasikan dengan Triple Comfort untuk membuat pencernaan nyaman dan membuat mood si Kecil jadi bagus.

Susu tinggi serat Bebelac Gold juga diperkaya dengan Triple Fiber dari FOS:GOS 1:9 dan sari pati jagung, serta Triple A (DHA, ALA, dan LA) untuk tingkatkan daya pikir kreatif dan kemampuan bersosialisasi si Kecil.

bebe 3

Tertarik mencoba? Yuk daftar di Bebeclub untuk dapatkan beragam promo serta penawaran eksklusif dari setiap pembelian produk susu Bebelac!

 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Staff, S. (2022, December 19). Sugar crash effects and how to fix them. Sanford Health News. https://news.sanfordhealth.org/healthy-living/sugar-crash-effects/
  2. ‌Veazey, K. (2023, August 18). How much milk does a toddler need? Recommendations and benefits. Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-much-milk-for-a-toddler#is-milk-essential
  3. Henrique, I., Soares, R., Ingrid Prata Mendonça, Duarte-Silva, E., Botelho, R., & Christina Alves Peixoto. (2023). Fructooligosaccharide (FOS) and Galactooligosaccharide (GOS) Improve Neuroinflammation and Cognition By Up-regulating IRS/PI3K/AKT Signaling Pathway in Diet-induced Obese Mice. Journal of Neuroimmune Pharmacology18(3), 427–447. https://doi.org/10.1007/s11481-023-10069-8
  4. ‌Moradi, S., Mohamadreza Alivand, Yaser KhajeBishak, Mohamad AsghariJafarabadi, Alipour, M., Chilibeck, P. D., & Alipour, B. (2022). The effect of short-term omega-3 fatty acids supplementation on appetite in healthy men: A randomized double-blinded controlled clinical trial. Nutrition Clinique et Métabolisme36(1), 46–53. https://doi.org/10.1016/j.nupar.2021.08.004
  5. ‌Damsbo-Svendsen, S., Mia Dybkjær Rønsholdt, & Lauritzen, L. (2013). Fish oil-supplementation increases appetite in healthy adults. A randomized controlled cross-over trial. Appetite66, 62–66. https://doi.org/10.1016/j.appet.2013.02.019
  6. Verywell. (2024). Why Won’t My Child Eat Anything? Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/what-to-do-when-your-child-is-not-eating-anything-1323965


Artikel Terkait