Jadwal Makan Anak 2 Tahun yang Teratur, Seperti Apa?

Jadwal makan anak 2 tahun sebenarnya bervariasi. Untuk membuatnya Ibu dapat sesuaikan dengan waktu pengosongan lambung, rutinitas keluarga, dan jam tidur si Kecil.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
11 Jul 2024
jadwal makan anak 2 tahun - Bebeclub.


Jadwal makan anak 2 tahun yang dijalankan secara konsisten sangat penting untuk melatih konsep kenyang dan lapar. Sebab, rasa lapar adalah kunci utama anak tidak GTM. 

Contoh Jadwal Makan Anak 2 Tahun

Dalam satu hari, anak umur 2 tahun perlu makan makanan utama 3 kali dan camilan (snack) 2-3 kali. 

Ibu bisa beri makanan utama dalam porsi sedikit, yakni sekitar 8 sendok makan nasi (½ cup). Umumnya, ia akan minta porsi tambahan ketika masih merasa lapar. 

Untuk membuat jadwal makan yang ideal, Ibu dapat berpatokan pada waktu pengosongan lambung, yaitu 200 menit untuk makanan padat dan 150 menit untuk makanan cair. Contohnya: 

  • 07.00 - bangun tidur.
  • 07.30 - sarapan pagi.
  • 10.00 - camilan pagi. 
  • 12.30 - makan siang.
  • 13.30 - tidur siang. 
  • 15.30 - camilan sore. 
  • 17.30 - makan malam. 
  • 19.30 - tidur malam.

Baca Juga: Rekomendasi Menu Makan untuk Anak 2 Tahun yang Susah Makan

Tips Mengatur Jadwal Makan untuk Anak 2 Tahun

Supaya pola makan si Kecil terbentuk dengan baik, berikut ini beberapa tips yang dapat Ibu terapkan untuk mengatur jadwal makan anak 2 tahun

1. Sesuaikan dengan Rutinitas Keluarga

Ibu perlu memerhatikan kebiasaan yang ada dalam keluarga. Hindari memaksakan jadwal makan keluarga lain yang dianggap ideal. Gunakan waktu bangun pagi sebagai patokan. 

Apabila anak terbiasa bangun terlalu pagi sedangkan Ibu belum siap membuat sarapan, coba berikan snack terlebih dahulu supaya ia tidak kelaparan hingga waktu sarapan tiba. 

Ibu bisa berikan susu, pisang, apel, biskuit crackers, atau snack sehat lainnya. Hindari pemberian sereal yang tinggi gula. 

2. Jangan Mendekati Jam Tidur Anak 

Usahakan buat jadwal makan anak 2 tahun sebelum waktu tidur siang tiba. Sebab, ketika mengantuk, ia akan cenderung rewel dan malas makan. Hal ini juga berlaku untuk tidur malam. 

Usahakan agar makan malam diberikan 2-3 jam sebelum waktu tidur. Sebab perut yang terlalu kenyang membuat anak terjaga atau merasa tidak nyaman.  

Baca Juga: Berat Badan Anak 2 Tahun yang Ideal dan Cara Mencapainya

3. Beri Camilan Malam Jika Lapar

Apabila 1 jam sebelum waktu tidur tiba (atau lebih) dan anak tampak lapar, Ibu boleh memberikan camilan. Perut lapar akan membuat si Kecil susah tidur. 

Coba berikan camilan sehat “membosankan” yang sama setiap malam agar si Kecil tidak sengaja menolak makan nasi dan lauk pauk di malam hari dan mendapatkan camilan. 

4. Lakukan Secara Konsisten

Jadwal makan anak 2 tahun perlu dijalankan secara konsisten. Supaya secara alami anak memahami bahwa ia akan merasa lapar jika tidak makan pada waktu yang telah ditentukan. 

Dengan demikian, ia memahami rasa lapar itu tidak nyaman. Ia butuh makanan supaya tidak lapar. Setelah kenyang, ia akan merasa nyaman, bertenaga, dan bisa kembali bermain.  

Kuncinya adalah Ibu tidak memberikan camilan untuk mengganti makanan utama yang ditolak anak. Biarkan ia merasa lapar dan siap untuk makan makanan utama pada jadwal berikutnya. 

5. Berikan Menu Bergizi Seimbang

Makanan yang diberikan pada anak harus bernilai gizi seimbang, supaya tumbuh kembangnya optimal. Bagaimana cara menyajikan makanan yang bergizi seimbang? 

Ibu perlu memastikan setiap porsi anak terdiri dari 5 kelompok makanan, yaitu karbohidrat, protein (utamakan asupan protein hewani), sayur, buah, dan produk susu

Berikut contoh menu sarapan bergizi seimbang yang dapat Ibu coba berikan pada anak: 

  • Susu pertumbuhan: 120 ml.
  • Telur ayam rebus atau goreng: 1 butir.
  • Nasi putih: ½ cup atau 8 sendok makan. 
  • Buah-buahan (pisang, melon, stroberi): ½ cup atau 8 sendok makan. 
  • Margarin atau mentega: ½ sendok teh. 

Baca Juga: Ide Resep Makanan untuk Anak 2 Tahun yang Lezat dan Bergizi

6. Batasi Waktu Makan 30 Menit

Supaya waktu makan tidak menabrak jadwal makan berikutnya, Ibu perlu membatasi durasi makan si Kecil maksimal selama 30 menit. Tetap akhiri makan walau isi piring belum habis. 

Kalau selama proses makan anak tidak mau makan, tawarkan kembali makanan dengan cara netral. Hindari nada membujuk atau memaksa. 

Apabila setelah 10-15 menit anak tetap tidak mau makan (mengatupkan mulut, mendorong sendok, memalingkan muka, bermain dengan makanan) segera akhiri proses makan. 

Sekarang Ibu sudah tahu cara membuat jadwal makan anak 2 tahun yang ideal. Usahakan konsisten supaya anak lahap makan, ya.

Untuk bantu menyempurnakan nutrisi yang didapatkan anak dari makanan sehat sehari-hari, Ibu dapat berikan susu pertumbuhan terfortifikasi nutrisi esensial seperti Bebelac 3 GroGreat+. 

Susu Bebelac 3 GroGreat+ adalah Ahli Pencernaan No.1 kaya serat prebiotik FOS:GOS 1:9 dan formula Triple A (DHA, ALA, LA) untuk dukung si Kecil tumbuh hebat dengan pencernaan sehat (happy tummy), daya pikir kreatif (happy brain), dan berhati besar (happy heart).

Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Bu!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. IDAI | Pentingnya Mengatur Jadwal Makan Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pentingnya-mengatur-jadwal-makan-anak
  2. ‌Contributing, T. (2021, February 2). Your Toddler’s Feeding Schedule. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/toddler/eating-and-nutrition/sample-toddler-feeding-schedule
  3. Dietary guidelines in pictures: children 2-3 years. (2022, August 26). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/toddlers/nutrition-fitness/daily-food-guides/dietary-guide-2-3-years
  4. Why Won’t My Child Eat Anything? (2024). Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/what-to-do-when-your-child-is-not-eating-anything-1323965
  5. ‌How to sleep better: 10 tips for children and teenagers. (2023, October 18). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/toddlers/sleep/better-sleep-settling/sleep-better-tips
  6. Timing of Last Meal May Contribute to Nighttime Heartburn or Insomnia. (2014). Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/eating-before-bed-3014981#toc-best-time-to-stop-eating-before-bed
  7. Sample Menu for a Two-Year-Old. (2024). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/toddler/nutrition/Pages/Sample-One-Day-Menu-for-a-Two-Year-Old.aspx


Artikel Terkait