Berat Badan Anak 2 Tahun yang Ideal dan Cara Menaikkannya

Berat badan anak 2 tahun adalah 9,7-13,6 kg untuk anak laki-laki dan 9-13 kg untuk anak perempuan. Agar beratnya ideal, Ibu bisa berikan anak makanan tinggi kalori dan protein, serta tidur cukup.

Ditulis oleh : Tim Penulis

3 min
16 Feb 2022
Bagaimana cara cek berat badan anak 2 tahun? Yuk kita cari tahu


Berat badan anak 2 tahun sudah bertambah lebih pesat dari tahun sebelumnya. Lalu, berapa berat badan anak usia 2 tahun yang normal dan bagaimana cara menaikkannya?

Berat Badan Anak 2 Tahun yang Ideal

Cara mudah mengetahui pertambahan berat badan anak normal atau tidak adalah melihat kenaikan berat badan di usia 2 tahun naik sebanyak 3 kali lipat dari bobot waktu ia lahir.

Nah menurut Kementerian Kesehatan RI, berat badan anak usia 2 tahun adalah sebagai berikut:

  • Anak laki-laki 2 tahun: 9,7-13,6 kg.

  • Anak perempuan 2 tahun: 9-13 kg.

Jika anak 2 tahun memiliki BB 10 kg, maka ini tergolong normal, baik untuk anak laki-laki dan anak perempuan. 

Untuk hasil lebih akurat, tak ada salahnya Ibu bawa si Kecil ke Posyandu atau Puskesmas secara rutin untuk memonitor berat badan ideal anak.

Baca Juga: Perkembangan Anak Usia 2 Tahun, Sudah Bisa Apa?

Bagaimana Cara Menaikkan Berat Badan Anak Usia 2 Tahun?

Jika berat badan anak 2 tahun belum mencapai angka di atas, Ibu bisa optimalkan dengan berbagai cara menaikkan badannya berikut ini:

1. Berikan Sumber Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama. Anak usia 1-3 tahun butuh 215 gram karbohidrat dalam sehari. Sebagai gambaran, seporsi nasi 100 gram mengandung 40 gr karbohidrat. 

Ibu bisa penuhi kebutuhan karbohidrat si Kecil dengan 3 porsi nasi dalam sehari di waktu sarapan, makan siang, dan makan malam, juga sebagai camilan. 

Ibu juga dapat mengganti menjadi sumber karbohidrat lainnya, agar makanan si Kecil beragam dan ia tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja. Misalnya bihun, mi, pasta, jagung, dan kentang.

2. Penuhi Asupan Lemak Sehat

Selain karbohidrat, lemak juga penting untuk tumbuh kembang anak, terutama pertambahan berat badannya. Jadi, tak perlu khawatir memberikan lemak untuk si Kecil ya, Bu. 

Ibu bisa berikan lemak tak jenuh seperti yang mengandung omega-3 (misalnya DHA) dan omega-6 (misalnya ARA) yang sangat penting untuk pertumbuhan serta perkembangan otaknya.

Sumber lemak sehat lainnya seperti daging sapi tanpa gajih, alpukat, minyak zaitun, mentega atau margarin, ikan salmon, ikan sarden, keju, kacang kedelai, dan ikan makarel.

3. Perbanyak Makanan Tinggi Protein

Protein sangatlah penting sebagai zat pembangun tubuh. Untuk menaikkan berat badan anak 2 tahun, Ibu perlu memberikan asupan protein sesuai dengan kebutuhannya. 

Ibu bisa mengkombinasikan sumber protein hewani dan nabati setiap hari, yakni masing-masing 2-4 porsi/hari. Berikut beberapa sumber protein nabati dan hewani:

Sumber Protein Hewani

Sumber Protein Nabati

3 porsi (3 potong) ikan segar seberat @40 gr

3 porsi tempe (6 potong)

1 potong daging ayam 40 gr

2,5 sdm kacang hijau

1 potong daging sapi 35 gr

2,5 sdm kacang merah

1 butir telur

2 potong tahu ukuran sedang

5 ekor udang basah

2,5 gelas sari kedelai

1 gelas susu sapi segar

 

 

4. Tambahkan Makanan Berkalori Tinggi

Di usia ini, si Kecil umumnya membutuhkan 1000-1400 kkal per hari. Ibu bisa berikan si Kecil makanan berkalori tinggi sebagai salah satu cara menaikkan berat badan anak usia 2 tahun.

Ibu dapat mengolah bahan makanan seperti ikan salmon, alpukat, daging merah, daging ayam, telur, dan pisang jadi makanan utama atau camilan sehat anak 2 tahun. 

Selain makanan, membuat minuman berkalori dari jus buah-buahan ataupun yogurt juga dapat dicoba. Kedua jenis minuman ini tinggi vitamin dan protein yang baik bagi tumbuh kembang si Kecil.  

5. Olah Berbagai Bahan Makanan

Supaya anak tidak cepat bosan dengan makanan yang Ibu berikan, coba kenalkan macam-macam tekstur dan rasa makanan baru pada si Kecil. 

Ibu bisa membuat makanan lebih menarik, misalnya dengan membentuk nasi putih jadi bola-bola kecil dengan taburan rumput nori di atasnya.

6. Minum Susu Pertumbuhan

Selain dari makanan, Ibu bisa bantu menambah berat badan anak 2 tahun melalui susu pertumbuhan terfortifikasi seperti susu Bebelac 3 GroGreat+, yakni si Ahli Pencernaan No. 1.

Susu Bebelac 3 GroGreat+ diperkaya serat prebiotik FOS:GOS 1:9 yang sudah teruji klinis mampu menjaga kesehatan pencernaan si Kecil, serta Triple A (DHA, ALA, LA), untuk meningkatkan daya pikir kreatif si Kecil.

Baca Juga: Waspadai Red Flag Perkembangan Anak di Usia 2 Tahun

7. Atur Waktu Makan dan Minum

Cara menaikkan berat badan anak usia 2 tahun selanjutnya adalah dengan mengatur waktu makan dan minum. 

Buat jadwal makan yang konsisten dilakukan untuk bantu si Kecil mengetahui kapan ia lapar dan kenyang. Idealnya, anak makan utama 3 kali, serta makan camilan 2 kali dalam sehari.

Ketika makan, sebaiknya Ibu tidak memberi si Kecil minum terlalu banyak karena bisa membuatnya lebih cepat kenyang. 

8. Biarkan Anak Istirahat Cukup

Padatnya aktivitas si Kecil yang tidak dibarengi dengan istirahat cukup dapat menyebabkan penurunan berat badan anak. Pastikan anak Ibu juga tidur di siang hari. 

Anak usia 2 tahun ke atas dianjurkan untuk tidur selama 11-14 jam sehari, termasuk tidur siang, agar tumbuh kembangnya optimal. 

Demikian informasi mengenai berat badan anak 2 tahun dan cara menaikkannya agar ideal. Pentingnya memantau BB anak memang perlu dilakukan secara berkala. Semoga bermanfaat ya, Bu!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 41 TAHUN 2014 TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG. (2014). http://hukor.kemkes.go.id
  2. Simplified field tables Weight-for-age BOYS Birth to 5 years (z-scores). (n.d.). https://cdn.who.int/media/docs/default-source/child-growth/child-growth-standards/indicators/weight-for-age/sft-wfa-boys-z-0-5.pdf?sfvrsn=c735bc54_16
  3. Simplified field tables Weight-for-age GIRLS Birth to 5 years (z-scores). (n.d.). https://cdn.who.int/media/docs/default-source/child-growth/child-growth-standards/indicators/weight-for-age/sft-wfa-girls-z-0-5.pdf?sfvrsn=6606c085_11
  4. Mawer, R. (2020, November 5). The 18 Best Healthful Foods to Gain Weight Fast. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/18-foods-to-gain-weight#TOC_TITLE_HDR_5
  5. Superadmin. (2024). Unit Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Kemkes.go.id. https://upk.kemkes.go.id/new/lama-waktu-tidur-yang-dibutuhkan-oleh-tubuh
  6. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2023). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2034/bagaimana-mengatasi-berat-badan-kurang-pada-anak


Artikel Terkait