Berat Badan Anak 2 Tahun yang Ideal dan Tips Mencapainya

Berat badan ideal bisa jadi tolok ukur dari tumbuh kembang yang optimal. Karena itu, Ibu harus tahu berapa berat badan anak 2 tahun yang ideal.

Ditulis oleh : Tim Penulis

3 min
16 Feb 2022
Bagaimana cara cek berat badan anak 2 tahun? Yuk kita cari tahu


Berapa berat badan anak 2 tahun Ibu saat ini? Nah, kalau belum sempat menimbang, yuk, coba ditimbang. Sebab, dua tahun pertama usia anak adalah masa pertumbuhan tercepat yang disebut juga sebagai periode emas atau 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Pada masa ini terjadi pembentukan otak dan organ penting lainnya, juga pertumbuhan fisik yang salah satunya bisa dilihat dari pertambahan berat badan anak.

Yuk kita ketahui bersama berat badan normal anak 2 tahun dan nutrisi yang dibutuhkan agar berat badannya bertambah.

Berapa Berat Badan Anak 2 Tahun yang Ideal?

Berat badan adalah salah satu dari tiga tolok ukur utama untuk memantau pertumbuhan anak. 

Umumnya berat badan anak diukur menggunakan Grafik Pertumbuhan Anak yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan RI berdasarkan panduan WHO. Pengukurannya diolah menurut tinggi badan (BB/TB) dan berat badan menurut usia (BB/U). 

Lalu, berapa rata-rata berat badan anak 2 tahun yang ideal? Sesuai standar berat badan menurut umur dari Kementerian Kesehatan RI, berat badan anak usia 2 tahun adalah:

  • Anak laki-laki 2 tahun: sekitar 9,7-13,6 kg.

  • Anak perempuan 2 tahun: sekitar 9-13 kg.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, cara mudah mengetahui pertambahan berat badan anak normal atau tidak adalah dengan melihat kenaikan berat badan di usia 2 tahun yang naik sebanyak tiga kali lipat dari bobot sewaktu ia lahir.

Ibu bisa menimbang sendiri si Kecil di rumah. Saat menimbang si Kecil, pastikan ia mengenakan pakaian sesedikit mungkin ya, Bu. Lepaskan topi, sepatu, kaos kaki, dan segala aksesori yang dipakainya agar hasil timbangan akurat. Bila ia masih memakai popok, jangan lupa untuk melepasnya sebelum menimbang.

Untuk hasil yang lebih akurat, tak ada salahnya Ibu membawa si Kecil ke Posyandu atau Puskemas secara rutin, ya! Di sana, ada dokter dan petugas kesehatan yang akan memantau tumbuh kembang si Kecil, apakah sesuai dengan usianya atau tidak. 

Pemantauan berat badan di pusat layanan kesehatan seperti Posyandu atau Puskesmas bisa dilakukan secara berkala, yaitu setiap 3 bulan untuk anak di umur 1-2 tahun dan 6 bulan sekali untuk anak umur 2-3 tahun.

Baca Juga: Ketahui Tinggi Badan Ideal Anak Usia 2 Tahun dan Cara Mencapainya

Nutrisi Penting untuk Menambah Berat Badan Anak 2 Tahun

Berat badan anak 2 tahun idealnya bertambah dari usia sebelumnya, bertambah lagi di tahun ke-3 usianya, dan begitu seterusnya. Salah satu hal yang memengaruhi pertambahan berat badan anak berasal dari nutrisi yang dikonsumsinya. Ibu pasti sudah tahu betapa besar peranan nutrisi dalam tumbuh kembang si Kecil, bukan? 

Ingatlah bahwa anak dengan gizi yang cukup mungkin belum tentu memiliki berat badan yang normal, terlebih dengan anak tanpa gizi yang baik. 

Nah supaya tumbuh kembangnya optimal, ada beberapa jenis nutrisi yang dapat membantu bertambahnya berat badan anak umur 2 tahun sesuai dengan pedoman gizi seimbang dari Kemenkes RI.

Berikut penjelasannya.

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi yang utama. Anak usia 1-3 tahun membutuhkan 215 gram karbohidrat dalam sehari. Sebagai gambaran, seporsi nasi 100 gram mengandung 40 gr karbohidrat. 

Maka, Ibu bisa mencukupi kebutuhan karbohidrat anak umur 2 tahun dengan 3 porsi nasi dalam sehari di waktu sarapan, makan siang, makan malam, ditambah sumber karbohidrat lainnya sebagai camilan. Misalnya biskuit, buah, makaroni panggang, ubi rebus, dan lain-lain.

Ibu juga bisa mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lainnya, lho, agar makanan si Kecil beragam dan ia tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja. Misalnya bihun, mi, pasta, jagung, dan kentang.

2. Protein

Protein sangatlah penting sebagai zat pembangun tubuh. Untuk mengoptimalkan berat badan anak 2 tahun, Ibu harus memberikan asupan protein yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Asupan protein untuk anak usia 2-5 tahun perlu diperbanyak untuk mendukung pertumbuhannya. Adapun kebutuhan protein anak usia 2 tahun yaitu sekitar 20 gram per hari.

Berikut beberapa makanan sumber protein nabati dan hewani yang bisa Ibu berikan pada si Kecil untuk memenuhi kebutuhan protein hariannya.
 

Sumber Protein Hewani

Sumber Protein Nabati

3 porsi (3 potong) ikan segar seberat @40 gr

3 porsi tempe (6 potong)

1 potong daging ayam 40 gr

2,5 sdm kacang hijau

1 potong daging sapi 35 gr

2,5 sdm kacang merah

1 butir telur

2 potong tahu ukuran sedang

5 ekor udang basah

2,5 gelas sari kedelai

1 gelas susu sapi segar

 

 

Agar asupan si Kecil lengkap dan beragam, Ibu bisa mengombinasikan sumber protein hewani dan nabati setiap hari. Kebutuhan pangan nabati dan hewani, yakni masing-masing 2-4 porsi per hari.

3. Lemak

Selain karbohidrat, lemak juga merupakan sumber energi bagi tubuh. Lemak juga penting untuk tumbuh kembang si Kecil, terutama pertambahan berat badannya. Jadi, tak perlu khawatir memberikan lemak untuk si Kecil ya, Bu. 

Terlebih dalam sehari, anak usia 2 tahun membutuhkan asupan lemak total sebanyak 45 gram, di samping 0,7 gram omega-3 dan 7 gram omega-6.

Akan tetapi, bukan berarti sumber makanannya bisa sesuka hati. Ibu justru harus hindari memberikan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti junk food, kukis dan cake, biskuit, dan snack.

Agar berat badan anak bertambah dengan cara yang sehat, Ibu bisa memberikan lemak tak jenuh seperti mengandung omega-3 (misalnya DHA) dan omega-6 (misalnya ARA) sangat penting untuk pertumbuhan serta perkembangan otak.

Ibu bisa memilih sumber lemak yang lebih sehat, seperti yang berasal dari daging sapi tanpa gajih, alpukat, minyak zaitun, mentega atau margarin, ikan salmon, ikan sarden, keju, kacang kedelai, dan ikan makarel.

4. Vitamin 

Meskipun tidak berdampak langsung terhadap penambahan berat badan anak 2 tahun, vitamin dapat mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. 

Vitamin merupakan mikronutrien yang dibutuhkan dalam jumlah kecil tapi fungsinya sangat penting untuk tubuh anak. Akan tetapi, vitamin tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, Bu. Untuk itu, berikanlah si Kecil buah aneka warna setiap hari sebagai sumber vitamin. 

Buah apa pun baik untuk si Kecil, seperti apel, melon, pepaya, buah naga, pisang, dan lainnya. Semakin bervariasi, tentu akan semakin baik. Ibu juga bisa mengkreasikan buah-buahan ini agar menarik perhatian dan nafsu makannya. 

Baca Juga: 3 Vitamin untuk Tambah Nafsu Makan Anak Biar Si Kecil Jadi Lahap

5. Zat Besi dan Kalsium

Zat besi dan kalsium termasuk gizi penting untuk anak bertumbuh optimal.

Manfaat zat besi untuk anak sangat penting untuk mencegah anemia. Seperti yang kita ketahui bersama, zat besi adalah jenis mineral esensial yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah. Keberadaan zat besi sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. 

Ini karena, sel darah merah yang dibentuk oleh zat besi bertugas sebagai pengangkut oksigen ke seluruh tubuh, sehingga organ-organ dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, zat besi juga penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mendukung perkembangan otak anak.

Di usia 2 tahun ini, si Kecil membutuhkan sebanyak 7 mg zat besi tiap harinya. Ibu bisa memberikan makanan tinggi zat besi yang berasal dari daging merah, hati ayam, ikan tuna, telur, dan kacang-kacangan.

Sementara itu, untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang, anak 2 tahun memerlukan asupan kalsium sebanyak 650 mg per hari. 

Sumber kalsium terbaik bisa Ibu berikan melalui keju, yoghurt, ikan dengan tulangnya (misalnya ikan sarden dan ikan teri), sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli, serta yang tak ketinggalan adalah susu pertumbuhan terfortifikasi.

Dukung Anak Tumbuh Hebat dengan Stimulasi yang Tepat

Yang paling penting, jangan lupa juga untuk seimbangkan pemenuhan nutrisi dari makanan dengan stimulasi yang tepat dari kegiatan sehari-hari, ya, Bu.

Jadi, yuk, sering-sering mengajak si Kecil rutin bergerak aktif di luar rumah, misalnya dengan mengajak anak bermain bola,  bermain di tiang gelantung di taman bermain, atau melakukan olahraga, seperti berenang dan lompat tali untuk menambah berat badannya. 

Aktivitas fisik yang rutin juga dapat meningkatkan hormon pertumbuhan serta memperkuat tulang dan otot untuk meningkatkan berat badan anak dengan cara yang lebih sehat. 

Baca Juga: Waspadai Red Flag Perkembangan Anak di Usia 2 Tahun

Selain stimulasi dan nutrisi dari makanan, Ibu juga bisa membantu menambah berat badan anak 2 tahun dengan mencukupi kebutuhan kalsium harian melalui dampingan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti Bebelac 3 GroGreat+.

Susu Bebelac 3 GroGreat+ menjadi partner Ibu Hebat tumbuhkan Anak Hebat karena memiliki keunggulan kombinasi serat FOS dan GOS dengan rasio 1:9 yang satu-satunya teruji klinis untuk mendukung saluran cerna si Kecil (happy tummy). Ketika pencernaannya baik, nutrisi yang ia dapatkan dari makanan sehari-hari dapat dicerna dan diserap secara lebih optimal untuk mendukung pertumbuhannya.

Tak hanya itu, susu Bebelac 3 juga mengandung DHA dan LA+ALA (minyak ikan) lebih tinggi untuk dukung perkembangan kognitif anak. Ada pula zat besi, yodium, dan vitamin C yang dapat membantu optimalkan tumbuh hebatnya si Kecil.

Jangan lupa juga daftarkan diri Ibu di Bebeclub untuk dapatkan lebih banyak lagi tips dan informasi terbaru untuk menemani masa prasekolah si Kecil, ya!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Jenni K Dahlia. (2014). Pentingnya Pemantauan Tumbuh Kembang 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak. Diambil dari https://www.idai.or.id [diakses 5 Februari 2022]

  2. Ireska Afifa, Catherine Sambo, Bernie Medise. (2016). Pentingnya Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (Bagian 1). Diambil dari https://www.idai.or.id [diakses 5 Februari 2022]

  3. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG STANDAR ANTROPOMETRI ANAK. (2020). Diambil dari http://hukor.kemkes.go.id [diakses 5 Februari 2022]

  4. Palanikumar Balasundaram, Indirapriya Darshini Avulakunta. (update terakhir 2021). Human Growth and Development. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov [diakses 5 Februari 2022]

  5. BPOM. (2013). Pedoman Pangan Jajan Anak Sekolah untuk Pencapaian Gizi Seimbang – untuk Penyuluh. Diambil dari https://standarpangan.pom.go.id [diakses 5 Februari 2022]

  6. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28 TAHUN 2019 TENTANG ANGKA KECUKUPAN GIZI YANG DIANJURKAN UNTUK MASYARAKAT INDONESIA. (2019). Diambil dari http://hukor.kemkes.go.id [diakses 5 Februari 2022]

  7. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 41 TAHUN 2014 TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG. (2014). Diambil dari http://hukor.kemkes.go.id [diakses 5 Februari 2022]

  8. World Health Organization. https://cdn.who.int/media/docs/default-source/child-growth/child-growth-standards/indicators/weight-for-age/sft-wfa-girls-z-0-5.pdf?sfvrsn=6606c085_11. Diakses pada 21 Desember 2022. 

  9. World Health Organization. https://cdn.who.int/media/docs/default-source/child-growth/child-growth-standards/indicators/weight-for-age/sft-wfa-boys-z-0-5.pdf?sfvrsn=c735bc54_16. Diakses pada 21 Desember 2022.

  10. Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-increase-height#how-to-increase-height. Diakses pada 21 Desember 2022.

  11. Web MD. https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-iron. Diakses pada 21 Desember 2022.

  12. Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318413. Diakses pada 21 Desember 2022.



Artikel Terkait