Tinggi Anak 2 Tahun yang Ideal dan Cara Mencapainya

Tinggi anak 2 tahun yang ideal adalah 81 - 96,3 cm untuk laki-laki dan 79,3 - 95,4 cm untuk perempuan. Supaya anak cepat tinggi, Ibu perlu perbanyak asupan kalsium dan protein, serta ajak si Kecil lakukan aktivitas fisik.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
18 Jul 2023
Tinggi badan anak 2 tahun.


Ibu dan Ayah harus tahu berapa kisaran ideal tinggi anak 2 tahun, karena tinggi badan adalah salah satu indikator penentu status gizi anak. Lalu, bagaimana cara agar anak cepat tinggi?

Tinggi Badan Anak 2 Tahun yang Ideal

Menurut WHO dan Kemenkes RI, rentang tinggi anak 2 tahun yang ideal untuk laki-laki adalah 81 - 96,3 cm dan perempuan di 79,3 - 95,4 cm.

Tinggi badan anak di usia 2 tahun idealnya bertambah 8-12 cm dari tahun lalu. Namun, setiap anak memiliki pola pertumbuhan yang unik dan berbeda-beda.

Jadi, Ibu tak perlu khawatir dulu apabila tinggi badan si Kecil saat ini belum ideal. Teruslah rutin monitor pertambahan tinggi badan anak setiap tahun di rumah sakit agar hasilnya akurat.

Cara agar Anak Cepat Tinggi

Agar tinggi anak 2 tahun ideal sesuai standar usianya, berikut beberapa cara yang bisa Ibu lakukan:

1. Optimalkan Asupan Kalsium 

Kalsium penting untuk merangsang pertambahan tinggi badan. Asupan kalsium pada masa kanak-kanak dapat memengaruhi pertumbuhan tulang.

Contoh makanan tinggi kalsium adalah yogurt, keju, ikan tuna, ikan sarden, ikan salmon, brokoli, kale, bayam, susu sapi, susu kedelai, tahu, alpukat, dan jeruk.

Agar penyerapan kalsium lebih optimal, dukung dengan memberikan makanan sumber vitamin D seperti ikan laut, minyak ikan, jamur, hati, dan kuning telur.

2. Biasakan Minum Susu Tinggi Kalsium

Melanjutkan kebiasaan minum susu secara konsisten sampai setidaknya usia 9-12 tahun bantu anak cepat tumbuh tinggi. 

Lengkapi juga asupan si Kecil dari susu pertumbuhan tinggi kalsium tanpa tambahan gula (0 gr sukrosa) seperti susu Bebelac 3 GroGreat+.

Bebelac 3 dilengkapi kandungan prebiotik FOS:GOS 1:9 serta Triple A (DHA, ALA, LA) yang teruji klinis mendukung kesehatan pencernaan anak.

Pencernaan sehat tanda proses penyerapan gizi berjalan baik untuk tumbuh kembang anak yang optimal.

3. Perbanyak Makanan Tinggi Serat dan Protein

Makanan tinggi protein seperti daging (sapi, kambing, ayam) dan telur dapat bantu mempercepat pertumbuhan tinggi anak 2 tahun.

Namun, asupannya harus diimbangi asupan serat dari buah dan sayuran serta mineral dan vitamin pertumbuhan fisik anak. Sumber probiotik juga memiliki efek positif terhadap pertumbuhan fisik anak.

Maka itu, nutrisi yang penting untuk tinggi badan anak tidak cuma protein dan kalsium. Anak tetap perlu mengonsumsi variasi makanan sehat agar asupan gizinya lengkap dan seimbang secara keseluruhan.

Baca Juga: Cari Tahu Manfaat Penting Serat Pangan Bagi Anak, Yuk!

4. Les Renang

Berenang merupakan olahraga yang baik untuk memacu pertumbuhan tinggi badan anak. Aktivitas berenang melibatkan seluruh gerakan tubuh, termasuk gerak mengulurkan tubuh saat berenang.

Hal ini dapat membantu merangsang pertumbuhan tulang dan otot, serta memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan. 

Ibu dapat mengajak si Kecil untuk rutin berenang sebagai bagian dari kegiatan fisik mereka.

5. Biasakan Jogging

Asupan nutrisi harus diimbangi dengan aktivitas fisik untuk menambah tinggi anak 2 tahun.

Selain berenang, jogging dapat merangsang pertumbuhan tulang dan menguatkan sebagian besar otot, terutama tulang belakang dan tulang kaki, agar postur tubuh anak tegap.

Jogging juga bantu meningkatkan jumlah HGH (human growth hormone) yang sangat penting di masa pertumbuhan anak-anak usia dini.

6. Latihan Bergelantungan

Jika si Kecil senang bergelantungan di monkey bar atau jungle gym, support terus minatnya, Bu! 

Manfaat bermain bergelantungan sangat membantu meregangkan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh. 

Mengajak anak berlatih menggantung juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan tubuh. Pastikan si Kecil melakukannya dengan pengawasan dan peralatan yang aman, ya. 

7. Biasakan Latihan Peregangan

Stretching atau latihan peregangan adalah cara lain yang efektif untuk membantu meningkatkan tinggi anak 2 tahun.

Latihan peregangan dapat bantu meregangkan otot-otot tubuh, termasuk tulang belakang, sehingga memungkinkan ruang untuk pertumbuhan tulang yang lebih baik.

Ibu dapat mengajarkan si Kecil untuk melakukan beberapa gerakan peregangan yang sederhana. Misalnya peregangan lengan, punggung, dan kaki.

Baca Juga: 8 Ide Permainan Olahraga untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

8. Main Lompat Tali

Cara agar tinggi badan anak 2 tahun cepat ideal adalah mengajaknya bermain lompat tali (skipping rope).

Aktivitas fisik ini dapat merangsang pertumbuhan tulang agar lebih panjang. Dengan demikian, rutin melakukan skipping rope dapat memacu pertumbuhan tinggi badannya. 

9. Keluar Rumah di Pagi Hari

Agar asupan kalsium dari makanan bisa terserap optimal oleh tulang, Ibu perlu penuhi juga kebutuhan vitamin D anak. Sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari pagi mulai pukul 08.00 - 10.00 pagi.

Setelah sarapan dengan menu berkalsium, ajak anak keluar rumah di pagi hari untuk bermain, olahraga, atau berjemur matahari. Lakukan setiap hari selama 15-20 menit. 

Pastikan si Kecil sudah menggunakan tabir surya, topi, dan pakaian lengan panjang untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari.

10. Selalu Tidur Cukup

Tidur cukup dan berkualitas juga penting agar anak cepat tumbuh tinggi. Umumnya anak usia 2 tahun perlu tidur selama 12-14 jam setiap hari, termasuk tidur siang maksimal 1-1,5 jam.

Saat tidur, tubuh si Kecil akan memproduksi hormon HGH yang lebih banyak. Hormon pertumbuhan (HGH) juga bekerja paling baik ketika anak sedang tidur. 

Baca Juga: Berat Badan Anak 2 Tahun yang Ideal dan Tips Mencapainya

Melalui pemberian nutrisi dan stimulasi yang tepat, tinggi anak 2 tahun bisa mencapai angka idealnya. Yuk, daftar di Bebeclub untuk dapatkan lebih banyak tips parenting dan tumbuh kembang anak!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2020. (2020). http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf
  2. Barrell, A. (2020, January 17). What factors influence a person’s height? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327514#how-to-increase-height-during-development
  3. Nair, A. (2018, June 26). How to Increase Height in Kids? FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/top-8-ways-to-increase-height-in-children/
  4. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI. Direktorat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. https://promkes.kemkes.go.id/protein-hewani-cegah-stunting
  5. ‌IDAI | Pentingnya Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (Bagian 1). (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1
  6. ‌Arora, M. (2019, July 17). Factors That Affect Growth and Development in Children. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/factors-that-affect-growth-and-development-in-children/
  7. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/595/hormon-pertumbuhan
  8. Cukup vitamin D dan sinar matahari agar mencapai kepadatan tulang yang optimal - Direktorat P2PTM. (2013). Direktorat P2PTM. https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-gangguan-metabolik/cukup-vitamin-d-dan-sinar-matahari-agar-mencapai-kepadatan-tulang-yang-optimal
  9. Swati Patwal. (2015, January 6). 11 Best Foods That Help Increase Height In Kids. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/foods-for-increasing-height-in-children_00121489/
  10. Ward, E. M. (2005, March 28). Round Out Your Child’s Plate. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/features/kid-nutrition-nutrients
  11. ‌Silver, N. (2022, July 25). How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/how-to-increase-height#other-factors
  12. Link, R. (2020, March 9). 11 Foods That Make You Taller. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-make-you-taller
  13. Height and weight chart from newborn to 8 years: Average child and baby weight by age. (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/baby-development/average-weight-and-growth-chart-for-babies-toddlers-and-beyo_10357633#big-kid-weight-and-height-averages


Artikel Terkait