Ketahui Tinggi Badan Ideal Anak Usia 2 Tahun dan Cara Mencapainya

Setiap bertambahnya umur, mungkin tinggi badan sering terabaikan dari pantauan Ibu yang hanya fokus pada berat badan saja. Namun, pertam...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
18 Jul 2023
Tinggi badan anak 2 tahun.


Setiap bertambahnya umur, mungkin tinggi badan sering terabaikan dari pantauan Ibu yang hanya fokus pada berat badan saja. Namun, pertambahan tinggi badan juga termasuk indikator penting dari pertumbuhan yang sehat. Lantas, seperti apa sebenarnya tinggi badan yang ideal untuk anak usia 2 tahun dan bagaimana caranya agar si Kecil cepat tinggi? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya, Bu.

Pertambahan Tinggi Badan Ideal Anak 2 Tahun

Pertumbuhan anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yang paling berperan penting ialah genetik. Bahkan faktor genetik sangat berpengaruh besar terhadap tinggi badan anak yaitu sekitar 80% dan sisanya dipengaruhi oleh hormon serta faktor lainnya.

Rata-rata, anak mengalami pertambahan tinggi badan sekitar 8-12 cm per tahun pada usia ini. Namun, perlu Ibu ingat bahwa setiap anak memiliki pola pertumbuhan yang unik dan berbeda-beda. 

Sebenarnya untuk menentukan tinggi badan ideal pada anak usia 2 tahun, Ibu bisa melihat standar pertumbuhan anak yang telah ditetapkan oleh WHO. Pada usia ini, tinggi badan rata-rata anak biasanya mencapai sekitar 85 hingga 90 cm untuk anak laki-laki dan 82 hingga 87 cm untuk anak perempuan.

Tetapi tinggi badan yang ideal tidak hanya bergantung pada angka yang terukur. Yang juga perlu Ibu perhatikan apakah anak mengalami pertumbuhan yang konsisten dan proporsional.

Pertumbuhan tinggi badan yang lambat atau tidak sesuai dengan standar pertumbuhan dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang mungkin perlu diidentifikasi dan ditangani.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak

Bagaimana Cara agar Anak Cepat Tinggi?

Terkait pertumbuhan tinggi pada anak, memang faktor genetik paling berpengaruh besar dan menentukan tinggi. Namun, itu bukanlah satu-satunya faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anak. Banyak sekali faktor eksternal lainnya, seperti pola makan yang sehat dapat sangat mempengaruhi tinggi badan anak. Maka dari itu, Ibu dapat meningkatkan pertumbuhan anak agar cepat tinggi melalui cara-cara sederhana, seperti:

1. Makanan Bergizi Seimbang Setiap Hari

Untuk mencapai tinggi badan yang ideal pada anak usia 2 tahun, pemberian asupan bergizi seimbang sangat penting untuk si Kecil. Gizi yang baik bukan hanya baik untuk pertumbuhan tetapi juga berpengaruh pada perkembangan anak.

Ibu harus memastikan si Kecil mendapatkan makanan yang kaya akan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak sehat, mineral, dan vitamin.

2. Optimalkan Asupan Kalsium

Salah satu nutrisi penting untuk pertumbuhan tinggi yaitu kalsium. Sumber makanan yang kaya akan kalsium bisa Ibu dapatkan dari minum susu.

Susu juga memiliki kandungan nutrisi yang merangsang pertumbuhan seperti protein dan IGF-1, yaitu hormon yang berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tulang dan otot. 

3. Perbanyak Porsi Protein

Makanan seperti daging dan telur dapat membantu mempercepat pertumbuhan anak karena mengandung tinggi protein.

Ibu dapat mengolah daging dan telur dengan mudah menjadi berbagai hidangan yang pasti disukai oleh si Kecil. Namun, yang terpenting adalah memastikan bahwa daging dan telur dimasak hingga benar-benar matang.

Daging dan telur memang kaya akan protein yang tinggi. Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan dengan protein tinggi yang dimulai sejak usia dini hingga masa remaja memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan tinggi badan anak-anak, asalkan diimbangi dengan serat dan vitamin dari buah dan sayuran.

Selain mengandung protein tinggi, daging dan telur juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya, seperti vitamin D, fosfor, asam lemak omega-3, selenium, serta zat dan yodium yang bekerja bersama untuk mendorong pertumbuhan fisik anak secara keseluruhan.

4. Rutin Berenang

Berenang merupakan olahraga yang sangat baik untuk merangsang pertumbuhan tinggi badan pada anak. Aktivitas berenang akan melibatkan seluruh gerakan tubuh, termasuk gerak mengulurkan tubuh saat berenang.

Hal ini dapat membantu merangsang pertumbuhan tulang dan otot, serta memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan. Ibu dapat mengajak si Kecil untuk rutin berenang sebagai bagian dari kegiatan fisik mereka.

5. Biasakan Jogging

Jogging atau berlari ringan juga dapat membantu mengoptimalkan tinggi badan pada anak usia 2 tahun.

Olahraga ini melibatkan gerakan tubuh yang melibatkan sebagian besar otot, termasuk tulang belakang dan tulang kaki. Hal ini dapat memperkuat sikap berdiri tegap si Kecil sehingga terlihat lebih tinggi dan membantu meningkatkan jumlah HGH (human growth hormone).

Hormon ini sangat penting ketika masa pertumbuhan dan pembentukan tubuh di masa anak-anak dan pubertas. Dengan melibatkan tubuh secara keseluruhan, jogging dapat merangsang pertumbuhan tulang dan membantu meningkatkan tinggi badan anak secara alami.

Baca Juga: 4 Tips Toilet Training Balita yang Efektif

6. Berlatih Bergelantung (Monkey Bar)

Jika si Kecil senang bergelantungan seperti di monkey bar atau jungle gym, support terus minatnya, Bu! 

Aktivitas fisik ini dapat membantu merangsang pertumbuhan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuhnya. Aktivitas ini sangat membantu meregangkan tulang belakang dan melibatkan otot-otot tubuh bagian atas. 

Selain itu, mengajak anak berlatih menggantung juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan tubuh. Namun, Ibu harus pastikan si Kecil melakukannya dengan pengawasan dan peralatan yang aman.

Jangan lupa juga Dukung Awal Semua Kehebatan si Kecil dengan memberikan susu Bebelac 3 GroGreat+ karena sudah dilengkapi kandungan FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis serta Triple A (DHA, LA, ALA) agar si Kecil tumbuh hebat dengan pencernaan yang sehat, akal kreatif, dan hati yang besar!

Ketika pencernaannya baik, anak juga akan bisa lebih aktif dan berpikir kreatif (happy brain), serta ceria dan bersemangat untuk melakukan berbagai kegiatan yang menunjang perkembangannya sambil bermain bersama teman-teman (happy heart).

7. Biasakan Berlatih Peregangan

Stretching atau latihan peregangan merupakan cara lain yang efektif untuk membantu meningkatkan tinggi badan anak di usia 2 tahun. Latihan peregangan dapat membantu meregangkan otot-otot tubuh, termasuk tulang belakang, sehingga memungkinkan ruang untuk pertumbuhan tulang yang lebih baik.

Ibu dapat mengajarkan si Kecil untuk melakukan beberapa gerakan peregangan yang sederhana, seperti peregangan lengan, punggung, dan kaki.

8. Selalu Tidur yang Cukup

Ternyata selain mendapatkan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tulang dan kesehatan, hingga kegiatan fisik yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tinggi secara optimal, tidur juga dapat menjadi cara untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal.

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk pertumbuhan tinggi badan pada anak, lho. Saat tidur, tubuh si Kecil memiliki waktu yang optimal untuk meregenerasi sel dan memperbaiki jaringan. Hormon pertumbuhan (HGH) akan bekerja dengan baik ketika anak sedang tidur. 

Maka dari itu, pastikan anak mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, dengan menjaga rutinitas tidur yang teratur. Secara umum, waktu tidur ideal untuk anak usia 2 tahun yaitu 12 hingga 14 jam setiap hari, termasuk tidur siang dan malam.

Baca Juga: 6 Perkembangan Kemampuan Kognitif pada Anak 2 Tahun

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai tinggi badan anak usia 2 tahun serta cara cepat agar anak menjadi tinggi. Yang perlu Ibu ingat, sebenarnya tidak ada makanan yang dapat membuat tinggi badan si Kecil melebihi potensi yang dimiliki faktor genetiknya. Hanya saja terdapat makanan tertentu yang dapat membantu si Kecil untuk mencapai potensi optimalnya dengan mudah.

Ingin dapatkan lebih banyak tips dan informasi parenting terbaru si Kecil? Yuk, daftarkan diri Ibu di Bebeclub. Ibu juga bisa dapatkan beragam promo dan penawaran menarik seputar susu Bebelac, lho!


Referensi:

  1. McGurgan, H. (2018, December 19). Understanding Delayed Growth and How It’s Treated. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/delayed-growth-symptom
  2. When a Child is Unusually Short. (2023). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/Glands-Growth-Disorders/Pages/When-a-Child-is-Unusually-Short.aspx
  3. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI. Direktorat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. https://promkes.kemkes.go.id/protein-hewani-cegah-stunting
  4. ‌IDAI | Pentingnya Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (Bagian 1). (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1
  5. ‌Arora, M. (2019, July 17). Factors That Affect Growth and Development in Children. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/factors-that-affect-growth-and-development-in-children/
  6. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/595/hormon-pertumbuhan
  7. Cukup vitamin D dan sinar matahari agar mencapai kepadatan tulang yang optimal - Direktorat P2PTM. (2013). Direktorat P2PTM. https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-gangguan-metabolik/cukup-vitamin-d-dan-sinar-matahari-agar-mencapai-kepadatan-tulang-yang-optimal
  8. Nair, A. (2018, June 26). Top 10 Ways to Increase Height in Children. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/top-8-ways-to-increase-height-in-children/
  9. Swati Patwal. (2015, January 6). 11 Best Foods That Help Increase Height In Kids. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/foods-for-increasing-height-in-children_00121489/
  10. Ward, E. M. (2005, March 28). Round Out Your Child’s Plate. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/features/kid-nutrition-nutrients
  11. ‌Silver, N. (2022, July 25). How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/how-to-increase-height#other-factors
  12. Link, R. (2020, March 9). 11 Foods That Make You Taller. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-make-you-taller
  13. Height and weight chart from newborn to 8 years: Average child and baby weight by age. (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/baby-development/average-weight-and-growth-chart-for-babies-toddlers-and-beyo_10357633#big-kid-weight-and-height-averages


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait