10 Cara Mengatasi Anak Susah Tidur Malam

Anak susah tidur malam dapat menghambat pertumbuhannya. Oleh sebab itu, Ibu harus tahu cara membuatnya nyaman tidur di malam hari.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
05 Mar 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Anak susah tidur malam? Ibu pasti sedang pusing kepayang memikirkan si Kecil, ya. Padahal tidur sangat penting untuk pertumbuhan anak, kan. Apalagi gangguan tidur bisa menimbulkan masalah kesehatan pada si Kecil.

Pertanyaan yang sering terlontar adalah kenapa balita susah tidur? Tak usah bingung, Bu. Mari pelajari faktor penyebab dan cara mengatasi anak susah tidur bersama Bebeclub.

Baca Juga: 8 Kegiatan Sebelum Tidur untuk Anak agar Lebih Nyenyak

Penyebab Anak Susah Tidur Malam

Kenapa anak susah tidur malam? Tak ada teori pasti tentang penyebab anak sulit tidur. Seringkali, masalah ini sebenarnya dapat Ibu atasi dengan sedikit merubah kebiasaan atau aktivitas harian, agar mereka dapat tidur lebih lelap di malam hari. 

Berdasarkan pengamatan sejumlah ahli, beberapa faktor yang kerap menimbulkan masalah tidur pada balita adalah:

1. Pola Makan Anak

Balita yang tidak biasa makan teratur dan cenderung diberi makan saat ia minta, cenderung mudah lapar. Perutnya tak akan tahan dalam keadaan kosong untuk jangka waktu lama seperti saat tidur malam hari. 

Solusinya adalah menerapkan pola makan teratur (3x makan, 2x snack) yang akan membuat si Kecil mengonsumsi lebih banyak makanan pada jam-jam aktifnya. Sehingga, perutnya telah terisi dengan baik saat ia tidur di malam hari.

2. Kelelahan

Balita yang kelelahan malah berisiko sulit tidur nyenyak lho, Bu. Jadi, upayakan menciptakan rutinitas tidur dan istirahat siang bagi si Kecil. Sehingga tubuhnya terhindar dari kelelahan. 

Saat malam hari, biasakan untuk meredupkan lampu saat memasuki waktu tidurnya. Lampu temaram juga akan membuat si Kecil tidur lebih nyenyak. 

3. Stimulasi Berlebihan

Mengajaknya bermain atau memberinya stimulasi untuk aktif bergerak memang baik untuk pertumbuhannya. Tapi, cobalah membuat si Kecil lebih rileks menjelang waktu tidurnya di malam hari.

Bacakan buku cerita atau putarkan musik pengantar tidur akan jadi solusi efektif untuk membuat otak dan tubuh si Kecil lebih santai, hingga akhirnya tertidur pulas.

4. Si Kecil Merasa Kurang Nyaman

Saat merasa kurang nyaman, anak cenderung susah tidur. Coba cari tahu, apa mungkin si Kecil kedinginan, kepanasan, atau baju tidur yang dikenakannya kurang nyaman

Cara Mengatasi Anak Susah Tidur Malam

Setelah memahami penyebab anak susah tidur di atas, sekarang saatnya Ibu tahu cara mengatasi anak yang susah tidur malam!

1. Pastikan Ibu Rileks 

Agar si Kecil rileks dan tenang, Ibu juga harus rileks sebagai salah satu cara mengatasi anak susah tidur. Perasaan tenang ibunya akan menular pada si Kecil. 

Jika si Kecil tak juga mau berhenti bergerak, cobalah untuk membiarkan mereka sendirian sekitar 5-10 menit. Biasanya mereka akan menjadi lebih tenang, dan mulai mencari Ibu untuk merasa nyaman.

2. Ciptakan Suasana Tenang di Kamar

Penting untuk mencukupi kebutuhan tidur anak setiap malam. Jadi jika si Kecil terbangun di malam hari, lakukan cara yang sama (biarkan sejenak, tunggu ia menjadi tenang). Tetap ciptakan suasana tenang dan redup agar si Kecil kembali merasa mengantuk dan segera tertidur pulas. 

3. Cek Apakah si Kecil Sakit

Jika balita sulit tidur disebabkan kondisi kesehatan yang menurun, sebaiknya Ibu periksakan ke dokter ya. Bila dibiarkan, kondisi sulit tidur justru akan memperlambat kesembuhannya.

4. Buat Rutinitas Tidur

Jika anak susah tidur malam, balita Ibu akan lebih rileks dan mudah untuk tidur jika terbiasa dengan rutinitas jam tidur. Salah satunya dengan menciptakan waktu bersantai sekitar 15-20 menit sebelum waktu tidurnya. 

Ibu juga dapat memanfaatkan waktu bersantai ini untuk membacakan dongeng, memandikan air hangat sebelum tidur, atau sekedar memeluknya sambil mengobrol. Cara mengatasi anak susah tidur ini akan efektif membuat si Kecil lebih rileks sebelum tidur.

Jika Ibu ingin mencari inspirasi cerita bernilai kebaikan untuk dibacakan pada si Kecil jelang tidurnya, yuk kunjungi Bebestory. Ibu bisa pilih buku cerita anak favorit si Kecil di sini!

Baca Juga: 6 Manfaat Membaca Dongeng Sebelum Tidur untuk Perkembangan Anak

5. Batasi Waktu Tidur Siang

Cara mengatasi balita susah tidur dan rewel selanjutnya adalah dengan membatasi waktu tidur siang. Misalnya, 30 menit dan di bawah jam 3 sore.

6. Jaga Makanan Anak

Cara mengatasi anak yang susah tidur selanjutnya adalah dengan menjaga makanan balita. Batasi asupan kafein dan makanan yang membuat bayi aktif di malam hari, seperti cokelat.

7. Tidur Sendiri dan Mandiri

Tips mengatasi anak susah tidur berikutnya adalah dengan membiasakan balita tidur mandiri. Artinya, biarkan dia tidur terlelap sendiri tanpa ada ritual khusus. Selain beberapa tips di atas, Ibu juga bisa melakukan terapi anak susah tidur dengan lagu. 

8. Kasur Hanya untuk Tidur

Agar bisa membangun kebiasaan tidur yang baik, buatlah peraturan bahwa kasur hanya digunakan untuk tidur. Jadi, tidak boleh membaca, bermain gadget, atau menonton TV di kasur. 

Dengan begitu, ketika si Kecil mulai merebahkan dirinya di kasur, ia tahu bahwa aktivitas yang akan ia lakukan adalah tidur, sehingga kantuk akan lebih mudah datang. 

9. Validasi Perasaan si Kecil 

Bisa jadi anak susah tidur malam karena ia takut akan imajinas atau mimpi buruk yang pernah ia alami. Bila ini terjadi, Ibu perlu berempati dan memvalidasi ketakutan si Kecil. 

Katakan bahwa Ibu mengerti ia merasa ketakutan tidur di kamar sendirian, lalu beri tahu si Kecil bahwa Ibu dan dia bisa pelan-pelan belajar untuk tidur dengan nyaman tanpa rasa takut. Yakinkan ia bahwa Ibu percaya ia bisa melakukannya. 

10. Buat Kamar Senyaman Mungkin 

Ciptakan suasana kamar yang membuat si Kecil nyaman. Kenakan piyama berbahan katun lembut dan jaga suhu ruangan agar tak terlalu dingin atau panas.

Matikan lampu atau gunakan penutup mata sebelum tidur juga bisa menjadi cara mengatasi anak yang susah tidur malam. 

Terapkan beberapa cara anak susah tidur malam di atas agar si Kecil bisa mendapatkan istirahat yang maksimal. Dengan tidur yang berkualitas, tumbuh kembang anak juga akan berjalan baik! 

__________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Referensi:

  1. Verywell. https://www.verywellfamily.com/insomnia-and-children-2634255. Diakses pada 19 Oktober 2023. 
  2. Child Mind Institute. https://childmind.org/article/how-to-help-kids-sleep/. Diakses pada 19 Oktober 2023. 


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait