Tips Dan Cara Memijat Bayi_1

Manfaat dan Cara Memijat Bayi agar Nyaman

detail-fb detail-wa detail-twitter

Merawat bayi tidak terbatas soal menyusui dan memandikan lho. Ibu juga harus pandai membuatnya merasa nyaman. Selain dengan pelukan dan belaian kasih sayang, pijat bayi juga merupakan salah satu cara ampuh membuatnya nyaman. Sejumlah pakar kesehatan menyatakan bahwa pijat bayi bermanfaat untuk mengurangi kebiasaan menangis, menaikkan berat badan, membuat bayi Ibu mudah tidur, melatih eye contact dengan Ibu, mengurangi level stres hormon bayi, juga membantu bayi untuk buang air besar (pijat perut).

Bagi Ibu baru melakukan pijat bayi pasti sedikit mengkhawatirkan ya? Banyak Ibu khawatir jika salah memijat, bayi malah sakit akibat keseleo. Pijat yang dimaksud di sini sebenarnya bukan pijat urut seperti yang populer dilakukan di Indonesia. Namun lebih ke lebih ke gerakan mengusap saja, yang dilakukan secara rutin. Asal Ibu mempelajarinya tekniknya, pijat bayi ini sangat mudah dan aman kok untuk dipraktekkan.

Cara Memijat Bayi dengan Benar

1. Lengan

Pijat bayi dari lengan atas hingga pergelangan tangan. Sesampainya di pergelangan tangan, putar lembut gerakan pijat pada bayi. Selanjutnya, pijat telapak tangan bayi dengan ibu jari.

2. Punggung

Pastikan bayi berada di posisi tengkurap. Pijat area tulang belakang dari leher hingga bokong. Gunakan ibu jari saat memijit bayi. Akhiri pijatan dengan memijat bagian bahu hingga kaki.

3. Dada

Ibu bisa melakukan gerakan pijat ILU (I love you). Letakkan kedua tangan di atas dada bayi, ulangi gerakan beberapa kali. Untuk akhiri pijatan, letakkan satu tangan di atas dada.

Manfaat Pijat Bayi

  1. Melancarkan pencernaan bayi
  2. Meningkatkan berat badan bayi
  3. Meningkatkan sirkulasi darah
  4. Meredakan otot bayi yang tegang
  5. Mengurangi frekuensi bayi menangis