manfaat susu kedelai untuk anak

Manfaat Susu Kedelai untuk Anak

detail-fb detail-wa detail-twitter

Manfaat susu kedelai untuk anak sudah dikenal sejak lama. Susu kedelai menjadi susu plant-based pertama yang menyediakan nutrisi saat pasokan susu sapi tidak cukup1. Untuk memperkaya kandungan dan kualitas gizinya, khusus untuk anak yang berusia di atas 1 tahun, susu kedelai diformulasikan menjadi formula isolat kedelai atau formula soya.

Ternyata, formula isolat kedelai tak hanya jadi solusi untuk anak yang tidak cocok susu sapi, lho Bu. Ada ragam manfaat yang bisa didapatkan jika anak minum formula soya. Kualitasnya tidak kalah dengan susu sapi, Bu. Formula soya berbeda dengan susu kedelai buatan rumah, karena sudah difortifikasi berbagai nutrisi penting, seperti zat besi, vitamin, dan mineral2.

Dengan formula soya ini, Ibu tak perlu lagi khawatir terhadap kebutuhan asupan nutrisi si Kecil yang berusia di atas 1 tahun, meski ia tidak bisa minum susu sapi maupun produk olahannya. Nah, apa saja manfaat susu kedelai untuk anak, yang telah diproses menjadi formula soya? Yuk, simak bersama!

Manfaat Susu Kedelai  untuk Anak yang Telah Diproses Jadi Formula Soya Jika Tak Cocok Minum Susu Sapi

Anak yang tidak cocok minum susu sapi tentunya juga harus menghindari produk turunannya, seperti keju dan butter3. Ibu mungkin pernah mendengar istilah intoleransi laktosa (lactose intolerance) yang juga sering dialami anak saat mengonsumsi susu sapi.  Hal ini terjadi saat tubuh tidak bisa mencerna laktosa, karena kekurangan enzim laktase4. Laktosa adalah gula pada susu, dan laktase adalah enzim untuk mencerna laktosa.

Wajar jika Ibu merasa khawatir si Kecil yang berusia kebih dari 1 tahun tak terpenuhi kebutuhan nutrisinya karena tidak bisa mengonsumsi susu sapi. Nah, hadirnya formula soya bisa jadi solusi agar asupan nutrisi anak yang berusia di atas satu tahun tetap terjaga.

Memenuhi kebutuhan nutrisi

Untuk tetap memenuhi kebutuhan protein pada anak, formula soya adalah pilihan yang tepat untuk diberikan1. Nah, ternyata kedelai yang diproses menjadi formula soya mengandung asam amino esensial lengkap dan protein berkualitas tinggi yang setara protein hewani5,6.

Ibu tidak perlu khawatir soal tumbuh kembang si Kecil, karena menurut penelitian, anak yang mengonsumsi formula isolat kedelai menunjukkan ciri pertumbuhan yang sama dengan anak yang minum susu sapi3

Jika si Kecil mengalami intoleransi laktosa, kebutuhan nutrisi penting dari susu bisa dipenuhi dengan memberikannya formula soya4. Dari sekian banyak susu nabati, hanya formula soya yang bisa menggantikan susu sapi untuk mencukupi kebutuhan protein, kalsium, dan nutrisi lainnya bagi tumbuh kembang anak4.

Melancarkan pencernaan

Si Kecil pernah sembelit atau kembung setelah minum susu sapi? Masalah pencernaan ini kerap hadir karena kemungkinan si Kecil tidak cocok mengonsumsi susu sapi. Ada baiknya Ibu berkonsultasi ke dokter untuk memastikan apakah si Kecil tidak cocok dengan susu sapi, dan mendapat rekomendasi dari dokter untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk melancarkan pencernaan secara umum, serat berperan penting, Bu. Ibu bisa memberikan Bebelac Soya Gold yang merupakan satu-satunya formula soya yang tinggi serat di Indonesia. Kandungan serat yang cukup akan memperlancar proses pencernaan di perut si Kecil.

Manfaat Lain Formula Soya untuk Memenuhi Nutrisi Anak  di Atas Satu Tahun

Bagaimana dengan anak yang tidak memiliki masalah dengan susu sapi? Kabar baiknya, si Kecil tetap bisa mendapatkan banyak manfaat formula soya karena nutrisinya yang kaya. Hidangkan formula soya sebagai pelengkap nutrisi harian si Kecil dan dapatkan beberapa manfaat berikut ini!

Mendukung pertumbuhan si Kecil

Penyerapan kalsium dari formula soya tidak berbeda lho dengan susu sapi6, jadi si Kecil pun bisa mendapat kalsium yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulangnya. Formula isolat kedelai juga mengandung lemak nabati2. Jangan khawatir dengan lemak ya Bu, karena lemak juga merupakan makronutrisi yang dibutuhkan oleh si Kecil.

Ibu bisa memberikan Bebelac Gold Soya yang merupakan formula soya dengan kandungan minyak ikan, omega 3, dan omega 6. Ini adalah jenis lemak yang penting untuk mendukung sel-sel otak si Kecil.

Mencegah anemia

Kekurangan zat besi bisa mengganggu pertumbuhan si Kecil dan berdampak buruk bagi fungsi kognitifnya. Formula isolat kedelai yang diperuntukkan bagi anak 1 tahun ke atas mengandung zat besi1, yang mampu mencegah anemia. Dengan asupan zat besi yang cukup, tumbuh kembang serta fungsi kognitif si Kecil pun bisa optimal.

Formula Soya, Dulu dan Sekarang

Dulu, susu berbasis kedelai kerap dipandang sebelah mata karena mengandung fitat6. Fitat adalah zat antinutrisi, yang bisa menghambat penyerapan beberapa nutrisi seperti zat besi, kalsium, dan zinc. Secara alami, fitat memang terdapat pada makanan nabati, namun kandungannya pada formula soya sudah dihilangkan. Jadi Ibu tidak perlu khawatir karena si Kecil akan mendapat semua nutrisi dan manfaatnya.

Bebelac Gold Soya yang mengandung Omega 3, kolin, zat besi, dan taurin bisa menjadi pilihan formula soya untuk si Kecil yang berusia di atas 1 tahun. Kandungan Advansfibre Soy+ dan prebiotik FOS Inulin pada Bebelac Gold Soya juga membantu lancarkan pencernaan si Kecil yang berusia lebih dari 1 tahun.

Dengan asupan nutrisi yang tepat dan lengkap, tentu Ibu bisa membantu si Kecil untuk memiliki saluran cerna yang hebat, daya pikir dan pertumbuhan yang baik. Formula soya ini dapat dikonsumsi oleh anak usia di atas 1 tahun yang cocok maupun tidak cocok dengan susu sapi sebagai variasi minumannya. Yuk, lengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil agar ia tumbuh optimal!

 


Reference:

  1. Elvira Verduci, et al. (2019). Cow’s Milk Substitutes for Children: Nutritional Aspects of Milk from Different Mammalian Species, Special Formula and Plant-Based Beverage. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6723250/ [Diakses 20 Februari 2021]
  2. Zakiudin Munasir, Rini Sekartini. (2020). Soy Isolate Formula: the Usage Beyond Allergy Indication. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/341192021_Soy_Isolate_Protein_Formula_the_usage_beyond_allergy_indication [Diakses 27 Februari 2021]
  3. Aldo Reynaldo, Badriul Hegar. (2014). Soy Infant and Extensively Hydrolyzed Formula as Therapeutic Formula for Cow’s Milk Protein Allergy. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/68126-EN-soy-infant-and-extensively-hydrolyzed-fo.pdf [Diakses 19 Februari 2021]
  4. Maria Sole Facioni, et al. (2020). Nutritional management of lactose intolerance: the importance of diet and food labelling. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7318541/ [Diakses 21 Februari 2021]
  5. Michael J. Lopez, Shamim S. Mohiuddin. (2020). Biochemistry, Essential Amino Acids. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK557845/ [Diakses 20 Februari 2021]