Berat Badan Bayi 1 Bulan yang Ideal dan Cara Menambahnya

Berat badan bayi 1 bulan tentunya menunjukkan pertambahan dari waktu sebelumnya. Tapi pertumbuhan ini juga mesti dijaga, agar masih dalam rentang berat badan normal bayi 1 bulan.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
03 Jul 2024
Ilustrasi berat badan bayi 1 bulan yang ideal - Bebeclub


Jadi, berapa berat badan bayi 1 bulan sejak hari pertama kelahirannya? Tentunya memang perlu dipantau, untuk memastikan apakah si Kecil sudah menyerap nutrisi secara tepat maupun sebaliknya, simak artikel ini ya Bu!

Berat Badan Ideal Bayi 1 Bulan

Menurut IDAI, berat badan bayi usia 1 bulan bisa bertambah sekitar 20-30 gram per hari dari berat lahirnya.

Masih menurut IDAI, dengan pertambahan tersebut bayi di usia 1 bulan bisa memiliki berat mencapai 4 kg. Sementara menurut kurva WHO, rata-rata berat bayi 1 bulan adalah:

  • Bayi perempuan: 3,2 - 4,8 kg
  • Bayi laki-laki: 3,4 - 5,1 kg.

Cara Menambah Berat Badan Bayi 1 Bulan

Bayi akan mengalami penurunan berat selama 5 hari pertama, namun akan naik kembali dalam 5 hari berikutnya. Jika penurunan masih terus terjadi, coba terapkan cara berikut:

1. Menyusui Secara Teratur

Salah satu cara menambah berat badan bayi 1 bulan paling efektif adalah rutin menyusui. Bayi 1 bulan sampai 4 minggu kedepan, rata-rata bisa menyusui sebanyak 7-9 kali per hari.

Ibu disarankan menyusui setiap 2 jam. Bagaimana jika pada waktu itu, si Kecil masih tertidur?

Ternyata tidak apa-apa membangunkan dirinya untuk menyusu, demi mengejar berat badan normal bayi 1 bulan.

Baca Juga: Perkembangan Bayi 1 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa?

2. Perhatikan Pelekatan Payudara Saat Menyusui

Karena menyusui menjadi ‘cara terpenting’ demi menambah berat bayi 1 bulan, pastikan perlekatan payudara sudah benar. Di antaranya:

  • Dagu bayi menempel pada payudara ibu.
  • Mulut bayi terbuka lebar.
  • Sebagian besar areola dalam posisi masuk ke dalam mulut bayi.
  • Bibir bayi tampak terlipat keluar.
  • Pipi bayi disarankan tidak kempot, karena bukan metode mengisap yang benar.
  • Apakah bayi mengeluarkan bunyi decakan saat menelan? Sebaiknya tidak sampai terjadi. 
  • Puting payudara ibu tidak terasa sakit atau nyeri selama bayi menyusu.
  • Bayi tenang selama menyusu.

3. Tidur Dekat Bayi 

Banyak penelitian mengungkap, tidur dekat bayi memiliki dua manfaat. Pertama, bisa meningkatkan frekuensi menyusui. Kedua, meningkatkan hormon prolaktin.

Saat ibu tidur dekat bayi, itu akan membantu merangsang bayi untuk terus menyusu. Dengan demikian frekuensi menyusui pun jadi meningkat. 

Di sisi lain, setiap kali bayi mengisap payudara, ujung saraf sensoris di sekitar payudara akan terangsang. Rangsangan ini mendorong kelenjar hipofisis bagian depan menghasilkan prolaktin. 

Baca Juga: Berat Badan Ideal Bayi Menurut WHO, Ibu Perlu Tahu!

4. Memijat Bayi

Menurut IDAI, pijatan memiliki banyak manfaat bagi bayi. Salah satunya adalah meningkatkan frekuensi menyusu, yang berimbas pada kenaikan berat badan bayi. 

Manfaat dari memjat bayi lainnya adalah: 

  • Membantu bayi berlatih relaksasi
  • Membuat tidur bayi lebih lelap dan lama
  • Membentuk ikatan (bonding) antara bayi dengan ibunya

5. Gendong Bayi

Lakukan skin to skin (kulit ke kulit) sebanyak mungkin. Ibu bisa menggendong, mendudukkannya di pangkuan atau menidurkannya di perut. Ini juga dinilai terbukti dalam upaya mencapai berat badan normal bayi 1 bulan.

Itulah lima cara yang bisa Ibu upayakan dalam usaha menambah berat badan bayi 1 bulan. Sebaiknya rutinlah juga membawa bayi ke dokter maupun posyandu, untuk mengecek kesehatannya secara keseluruhan.

Untuk memonitor tumbuh kembang si Kecil pada usia ini atau usia lainnya agar masih di tahap ideal, Ibu juga bisa langsung mengunjungi Bebe Journey. Yuk, kunjungi sekarang.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. IDAI | Bayi Baru Lahir: Apa yang Perlu Diperhatikan? (Bagian I). (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/bayi-baru-lahir-apa-yang-perlu-diperhatikan-bagian-i
  2. De, M. (2019, July 2). What is the average baby weight by month? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325630#by-age
  3. World Health Organization. Diakses 4 Juni 2024. Weight velocity. Who.int. https://www.who.int/tools/child-growth-standards/standards/weight-velocity
  4. Bernie Endyarni Medise. (2014, 30.04). Stimulasi Pijat: Keamanan dan Manfaat. Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/stimulasi-pijat-keamanan-dan-manfaat
  5. Rulina Suradi. (2013, August 27). Posisi dan Perlekatan Menyusui dan Menyusu yang Benar. Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/posisi-dan-perlekatan-menyusui-dan-menyusu-yang-benar


Artikel Terkait