7 Manfaat Yogurt untuk Bayi dan Cara Menyajikannya

Yogurt kaya bakteri baik yang bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan bayi dan meningkatkan kekebalan tubuhnya. Lalu apa lagi manfaat yogurt untuk bayi?

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
27 Jan 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Bayi laki-laki sedang makan yogurt


Ibu sudah boleh berikan yogurt untuk bayi mulai usia 6 bulan sebagai menu MPASI yang bagus untuk kesehatan pencernaannya. Apa manfaat dan cara menyajikan yogurt kepada bayi?

Apa Manfaat Yogurt untuk Bayi?

Yogurt paling bagus untuk bayi adalah varian full fat rasa plain (tawar) atau tanpa rasa karena tidak mengandung gula atau rasa tambahan seperti madu, sirop jagung, dan jus buah.

Berikut ini beberapa manfaatnya untuk bayi:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat yogurt yang paling umum adalah menjaga kesehatan pencernaan. 

Manfaat ini berasal dari kandungan probiotik pada yoghurt yaitu bakteri Lactobacillus dan Streptococcus yang dapat menjaga sistem kesehatan sistem pencernaan.

2. Mencegah Sembelit

Kebaikan probiotik yogurt untuk bayi juga membantu menekan populasi bakteri penyebab gangguan pencernaan seperti sembelit. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi yogurt dari hasil fermentasi bakteri Bifidobacterium dapat membantu meredakan sembelit

3. Tinggi Protein

Yogurt baik diberikan untuk bayi karena diolah dari susu sapi yang tinggi protein hewani.

Asupan protein yang optimal di setiap tahapan usia bayi dapat membantu meminimalisir risiko stunting, karena protein hewani mengandung asam amino lengkap untuk optimalkan tinggi badannya.

4. Meringankan Gejala Diare

Obat-obatan yang Ibu konsumsi, termasuk antibiotik, dapat berpengaruh terhadap si Kecil. 

Kondisi ini dapat mengganggu bakteri baik yang mengatur pergerakan feses sehingga membuat bayi mengalami diare.

Nah, asupan probiotik yang terdapat pada yogurt dapat memulihkan bakteri baik di usus, melawan infeksi bakteri, serta mengurangi frekuensi buang air besar bayi saat diare.

Sejumlah penelitian juga menyebutkan bahwa yogurt dapat membantu meredakan infeksi saluran pencernaan akibat rotavirus, SalmonellaShigella, dan E.coli.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Probiotik dipercaya memperkuat imun tubuh dengan cara menambah produksi sel-sel imun, memperkuat lapisan usus, dan menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya di saluran cerna.

Yogurt juga tinggi vitamin A, B6, D, E, K, riboflavin, asam folat, niacin, hingga kalsium, fosfor, kalium, magnesium, zinc, dan lainnya sehingga bagus dijadikan MPASI bayi. 

Kandungan riboflavin, seng, selenium, dan magnesium dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh si Kecil.

6. Memaksimalkan Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Manfaat yogurt untuk bayi berikutnya adalah memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Hal ini berkat kandungan kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium di dalamnya. 

Yogurt juga mengandung laktoferin, yakni protein pengikat zat besi, yang dapat meningkatkan aktivitas sel pembentuk tulang (osteoblas) dan menurunkan aktivitas sel pengurai tulang (osteoklas).

Maka dari itu, pemberian yogurt untuk si Kecil sangat penting guna mengoptimalkan perkembangan tulang dan gigi, serta mengurangi risiko osteoporosis kelak di kemudian hari.

7. Membantu Bayi Tidur Cepat di Malam Hari

Jika si Kecil sulit tidur akhir-akhir ini, mungkin Ibu bisa memberikan yogurt sebagai menu MPASI-nya sehari-hari. 

Kandungan vitamin B kompleks dan triptofan pada yoghurt diketahui dapat memicu produksi serotonin, yakni neurotransmitter yang berperan dalam mengendalikan pola tidur.

Lebih lanjut, magnesium yang terdapat pada yogurt bisa membantu menenangkan tubuh bayi sehingga membantu si Kecil untuk dapat tidur lebih cepat dan nyenyak. 

Baca Juga: 7 Makanan Pelancar BAB untuk Bayi

Cara Menyajikan Yogurt untuk Bayi 

Supaya anak tidak cepat bosan, ada berbagai cara menyajikan yogurt untuk MPASI yang bisa Ibu coba. Berikut caranya: 

1. Jadikan Yogurt Sebagai Cocolan Finger Food

Salah satu cara menyajikan yogurt untuk MPASI yang paling mudah adalah dengan sebagai cocolan aneka buah-buahan favorit si Kecil.

Buah dan sayuran tersebut bisa Ibu potong-potong sesuai dengan ukuran yang mampu dimakannya.

2. Olah Yogurt dengan Puree Buah atau Bubur Susu

Ibu bisa tambahkan yogurt sebagai topping camilan atau menu MPASI kesukaan si Kecil. 

Jika si Kecil kurang suka, campurkan yogurt dengan puree buah-buahan, seperti stroberi, pisang, mangga, atau blueberry. 

Jika sedang cari ide resep MPASI lain yang tak hanya enak tapi juga bagus untuk pencernaan, yuk kunjungi BebeJourney

3. Olah Yogurt dengan Oatmeal atau Sereal

Semangkuk oatmeal atau sereal yang dicampurkan yogurt tanpa rasa bisa menjadi menu sarapan MPASI untuk si Kecil. 

Bila perlu, tambahkan dengan potongan buah-buahan tinggi serat untuk memperkaya kandungan nutrisinya. 

Baca Juga: 12 Resep MPASI Bayi agar Tidak Sembelit, Mudah dan Bergizi

4. Buat Smoothie Yogurt

Olahan minuman dengan campuran yogurt juga bisa Ibu berikan untuk si Kecil. Ibu bisa menghaluskan satu atau beberapa jenis buah-buahan secara bersamaan. 

Setelah diblender, tambahkan yogurt tanpa rasa dan jadilah smoothie segar dan menyehatkan.

Selain itu, Ibu juga dapat membekukan sisa smoothie yogurt yang ada untuk dijadikan sebagai es loli. Dijamin si Kecil pasti akan menyukainya, Bu!

Sebaiknya, hindari menambahkan madu sebagai pemanis alami ke dalam yogurt apabila usia bayi belum genap 1 tahun, karena madu berisiko menyebabkan keracunan botulisme. 

Nah, itu dia, Bu, penjelasan lengkap mengenai manfaat dan cara menyajikan yogurt untuk MPASI. Namun, jangan berikan yogurt jika si Kecil punya alergi terhadap susu sapi, ya!

 


 

Referensi: 

  1. Contributing, T. (2020, December 30). Introducing Yogurt to Your Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/baby-feeding/when-can-babies-eat-yogurt
  2. Ajmera, R. (2021, October 14). One Immune-Boosting Super-Ingredient Used 3 Ways: Yogurt. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/immune-boosting-yogurt-used-3-ways#benefits-of-yogurt
  3. Khan, A. (2018, April 20). Giving Yoghurt to Babies. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/yogurt-for-babies-when-to-introduce-and-benefits/
  4. Elliott, B. (2017, January 20). 6 Impressive Health Benefits of Yogurt. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-yogurt#nutrition
  5. Vishruta Suresh Biyani. (2016, June 15). Top 5 Health Benefits of Yogurt for Babies. Medindia; Medindia. https://www.medindia.net/health/diet-and-nutrition/top-5-health-benefits-of-yogurt-for-babies.htm
  6. Mekeisha Madden Toby. (2018, December 18). Can Babies Have Yogurt? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/can-babies-have-yogurt#yogurt-allergies
  7. Verywell. (2020). When (and How and Why) to Feed Your Baby Yogurt. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/when-can-babies-eat-yogurt-284243

Temukan Topik Lainnya



Artikel Terkait

icon resep
7 - 9 Bulan Resep

Resep Bubur MPASI Bit

Ditulis oleh:
Tim Penulis

Ditinjau oleh:
Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
4 min
01 Jan 1970