7 Vitamin untuk Anak yang Susah Buang Air Besar

Selain makanan yang kaya serat, beberapa jenis vitamin juga bantu melunakkan feses secara alami agar BAB si Kecil tidak terasa keras saat dikeluarkan.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
01 Jul 2024
Vitamin untuk anak susah BAB-bebeclub


Selain serat, penting juga penuhi kebutuhan vitamin untuk anak yang susah buang air besar. Simak lebih lanjut vitamin apa saja yang bisa membantu melancarkan BAB anak pada artikel ini.

Vitamin untuk Anak yang Susah Buang Air Besar

Di dalam tubuh, beberapa jenis vitamin bekerja sebagai pelunak feses alami agar BAB si Kecil tidak sakit dan terasa keras saat dikeluarkan. Beberapa vitamin untuk anak sembelit adalah:

1. Vitamin C

Vitamin C larut dalam air. Sebagian yang tidak diserap tubuh akan menarik air ke dalam usus untuk membantu melunakkan pup dan membuat BAB kembali teratur

Mengutip Kementerian Kesehatan, anak 1-3 tahun butuh 40 miligram vitamin C per hari. Jadi saat si Kecil sembelit, Ibu bisa berikan makanan tinggi vitamin C seperti jeruk, pepaya, kiwi, dan apel dengan kulitnya.

2. Vitamin B5

Vitamin B5 atau dikenal sebagai asam pantotenat termasuk salah satu vitamin untuk anak yang susah buang air besar.

Menurut penelitian, turunan vitamin B5 dapat merangsang kontraksi otot usus agar begerak lebih lancar memindahkan feses ke dubur.

Jika anak sembelit, coba tawarkan camilan dari alpukat, brokoli, kale, jamur shitake, ikan salmon, yogurt, kacang kedelai, kentang, beras merah, oat, kacang tanah, dan biji bunga matahari.

3. Vitamin B12

B12 juga termasuk vitamin yang harus dipenuhi untuk mengatasi sembelit pada anak.karena, sembelit dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B12. 

Vitamin B12 juga bermanfaat bagi pencernaan dengan membantu menumbuhkan bakteri sehat (probiotik) di usus.

Vitamin B12 dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti hati sapi, salmon, tuna, daging sapi, produk turunan susu, dan telur. 

Baca Juga: 7 Tips agar BAB Anak Lancar dan Tidak Keras, Ibu Wajib Tahu!

4. Vitamin B1

Vitamin B1 atau tiamin tidak boleh dilupakan perannya sebagai vitamin untuk anak yang susah buang air besar.

Sebab, kekurangan vitamin B1 dapat memperlambat proses pencernaan sehingga memicu sembelit. 

Oleh karena itu, coba optimalkan asupan vitamin B1 anak dari salmon, beras coklat, kacang polong, kerang hijau, kuaci biji bunga matahari, dan yogurt untuk penuhi kebutuhannya. 

5. Vitamin D

Menurut penelitian tahun 2019, kadar vitamin D rendah berhubungan dengan sembelit.

Mencukupi asupan vitamin D dapat membantu memperlancar pergerakan otot-otot usus untuk membuang feses. Mengonsumsi makanan sumber vitamin D juga bantu melunakkan BAB anak yang keras.

Beberapa makanan sumber vitamin D yang baik antara lain ikan salmon, sarden, mackerel, daging merah, hati, dan kuning telur. 

6. Vitamin B9

Vitamin B9 atau asam folat dapat membantu meredakan sembelit pada anak.

Vitamin ini bekerja merangsang pembentukan asam lambung untuk bantu mempercepat proses pencernaan dan melancarkan keluarnya feses dari usus besar. 

Folat seringkali ditamukan dalam makanan kaya serat, sehingga baik untuk melancarkan BAB. Contohnya antara lain brokoli, kangkung, bayam, kacang polong, buncis, dan kacang merah.

7. Magnesium

Magnesium bukan vitamin, tapi salah satu mineral yang juga penting untuk anak saat susah BAB.

Di dalam tubuh, magnesium bekerja mirip vitamin C untuk menarik air ke dalam usus yang berfungsi untuk melunakkan feses dan mempermudah anak BAB.

Ibu bisa memberikan makanan sumber magnesium seperti almond, bayam, kacang mete, kacang tanah, sereal, edamame, selai kacang, yoghurt, dan kentang. 

Baca Juga: 6 Tanda Pencernaan Anak Sehat dan Normal

Cara Mengatasi Anak Susah BAB

Jika BAB anak kurang dari tiga kali seminggu, terlihat kesakitan atau meringis saat mengejan, dan feses yang keluar tampak berbongkah kering, tandanya ia sedang sembelit. 

Berikut beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk mengatasi sembelit:

  • Pastikan anak banyak minum air putih, paling tidak 1 liter sehari, untuk bantu melunakkan feses.

  • Pijat lembut perutnya menggunakan ibu jari dan telunjuk dengan gerakan searah jarum jam untuk merangsang gerakan usus.

  • Pastikan penuhi kebutuhan serat si Kecil dari buah dan sayuran serta biji-bijian.

  • Hindari konsumsi makanan cepat saji atau junk food, karena makanan tersebut tinggi lemak jahat yang memperlambat pencernaan.

  • Ajak anak aktif bergerak, karena aktivitas fisik dapat membantu meredakan gejala sembelit. 

  • Perbanyak konsumsi makanan prebiotik yang dapat meningkatkan populasi bakteri baik dalam usus untuk jaga kesehatan pencernaannya. 

Penting juga melengkapi kebutuhan gizi si Kecil dengan nutrisi optimal yang baik untuk pencernaan dari susu pertumbuhan Ahli Pencernaan No.1, Bebelac 3 GroGreat+.

Bebelac diperkaya prebiotik FOS:GOS dengan rasio 1:9 yang teruji internasional mengoptimalkan kesehatan pencernaan serta Triple A (DHA, ALA, LA) untuk optimalkan penyerapan nutrisi.

Bebelac juga diperkaya 14 vitamin & 9 mineral penting untuk dukung tumbuh kembang si Kecil yang optimal.

Untuk dapatkan lebih banyak informasi tentang tumbuh kembang si Kecil, yuk daftar di Bebeclub. Ibu juga bisa mendapatkan beragam promo serta penawaran eksklusif seputar susu Bebelac dengan jadi member!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2023). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2813/arti-penting-vitamin-c-d-e-dan-k-bagi-tubuh
  2. ‌Office of Dietary Supplements - Pantothenic Acid. (2021). Nih.gov. https://ods.od.nih.gov/factsheets/PantothenicAcid-Consumer/
  3. ‌Semeco, A. (2020, February 25). Top 12 Foods That Are High in Vitamin B12. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-b12-foods#organ-meats
  4. ‌Werner, C. (2024, April 22). Constipated? Can Your Vitamins Be Causing It? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/can-vitamins-cause-constipation#takeaway
  5. ‌NHS Choices. (2024). Vitamin D - Vitamins and minerals. https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/vitamin-d/
  6. ‌Clinic, C. (2020). Magnesium-Rich Food Information. Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/15650-magnesium-rich-food
  7. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA. (n.d.). http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf
  8. WebMD. (2017, April 3). What to Do If Your Child Is Constipated. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/children/child-constipated
  9. ‌IDAI | Sembelit (Konstipasi) pada Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/sembelit-konstipasi-pada-anak
  10. ‌0. (2020, May 7). 13 home remedies for constipation. Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318694#exercise
  11. ‌Caporuscio, J. (2019, November 25). Vitamins for constipation: Do they work? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327115#vitamin-b-12
  12. Kubala, J. (2021, February 12). 10 Supplements That May Help Relieve Constipation. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/supplements-for-constipation
  13. ‌5 vitamins that can relieve constipation. (2016). Vinmec.com. https://www.vinmec.com/en/gastroenterology-hepatobiliary/health-news/5-vitamins-that-can-relieve-constipation/


Artikel Terkait