Susu Anak yang Susah BAB, Bagus untuk Pencernaannya!

Jangan sembarangan pilih susu untuk anak susah BAB. Pastikan susu si Kecil terfortifikasi nutrisi penting yang bisa melancarkan pencernaan si Kecil.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
02 Jul 2024
susu untuk anak susah bab-bebeclub


Memilih susu untuk anak susah BAB tidak boleh sembarangan. Salah-salah, minum susu justru bisa membuat perut si Kecil makin tidak nyaman. Yuk, cari tahu susu apa yang bagus untuk melancarkan pencernaannya!

Kandungan Susu untuk Melancarkan Pencernaan Anak

Susu mengandung beragam nutrisi penting yang bagus untuk mendukung kesehatan pencernaan. Berikut adalah kandungan yang harus ada dalam susu untuk melancarkan pencernaan anak:

1. Kalsium

Selain menguatkan tulang, kalsium juga sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Kalsium membantu metabolisme asam empedu dan memelihara populasi bakteri baik dalam usus (probiotik).

2. Protein

Protein dalam susu termasuk jenis kualitas tinggi yang mudah dicerna perut. Selain itu, protein juga bekerja mempengaruhi mikrobiota usus untuk melancarkan pencernaan anak yang susah BAB.

Terlebih, usus adalah otot yang membutuhkan protein untuk melakukan fungsi utamanya mencerna makanan.

3. Prebiotik FOS:GOS

Manfaat susu untuk anak susah BAB akan lebih optimal jika kandungannya terfortifikasi prebiotik.

Prebiotik adalah jenis serat yang menjadi sumber makanan bagi bakteri baik dalam usus. Jenis prebiotik yang sering ditambahkan pada susu untuk pencernaan anak adalah FOS dan GOS.

FOS dan GOS diteliti dapat membuat tekstur feses lebih lembut dan merangsang gerak otot usus jadi lebih lancar untuk meningkatkan frekuensi BAB anak yang sembelit.

4. DHA dan ALA 

Idealnya, susu untuk anak yang susah bab juga harus terfortifikasi asam lemak omega-3 dari DHA dan ALA yang bisa bantu melancarkan pencernaannya.

Omega-3 membantu mengurangi peradangan di usus, yang dapat membantu meringankan gejala seperti kembung dan kram perut ketika anak susah BAB.

DHA membantu merangsang produksi bakteri baik dalam usus sedangkan ALA membantu kerja enzim lambung mengubah nutrisi menjadi energi.

5. Zinc 

Zinc adalah mineral yang bersifat menenangkan sistem pencernaan dan membantu memperbaiki sel-sel yang melapisi usus. 

Asupan zinc yang cukup menjaga pencernaan tetap kuat sehingga bisa menyerap nutrisi dengan baik. 

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Sembelit pada Anak

6. Vitamin A dan D 

Vitamin A dan D dapat melengkapi kandungan susu untuk anak susah BAB. Vitamin A berpengaruh pada populasi bakteri baik usus dan menjaga lapisan mukosa yang melindungi dinding usus.

Kekurangan vitamin A akan mengganggu keseimbangan mikroba usus dan meningkatkan jumlah bakteri jahat.

Vitamin D melindungi usus dengan memengaruhi fungsi sel kekebalan dan meningkatkan bakteri sehat di usus.

7. Magnesium 

Susu merupakan sumber magnesium yang tinggi. Magnesium membantu mengendurkan otot-otot usus, lalu melancarkan pergerakan makanan melalui saluran pencernaan.

Kekurangan magnesium dapat menyebabkan sembelit, kembung, dan sakit perut.

8. Selenium

Selenium menjaga kesehatan pencernaan dengan cara mendukung fungsi pankreas yang mengatur produksi cairan pencernaan. 

Selenium juga mencegah peradangan dan kerusakan tubuh akibat radikal bebas yang berdampak buruk pada pencernaan.

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi makanan dan minuman tinggi selenium, seperti susu akan menambah bakteri baik di usus dan melindungi dari disfungsi usus. 

9. Vitamin C 

Vitamin C juga idealnya harus ada dalam susu untuk anak susah BAB, karena perannya penting untuk melancarkan pencernaan. 

Vitamin C tinggi antioksidan dan membantu penyerapan nutrisi, serta membantu sintesis kolagen yang meningkatkan kesehatan lapisan usus. 

Baca Juga: 30 Rekomendasi Makanan Tinggi Serat untuk Lancarkan Pencernaan Anak

Rekomendasi Susu Formula Pertumbuhan untuk Anak Susah BAB

Memastikan pencernaan si Kecil selalu sehat dan lancar itu penting agar semua gizi penting dari makanan bisa terserap optimal untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Untungnya, semua kandungan penting untuk pencernaan si Kecil bisa Ibu temukan dalam susu pertumbuhan Ahli Pencernaan No.1, Bebelac 3 GroGreat+ dengan rasa Vanila dan Madu yang lezat, pasti si Kecil suka.

Bebelac diperkaya FOS:GOS rasio 1:9 yang teruji secara internasional & Triple A (DHA, ALA, LA) untuk optimalkan kesehatan pencernaan si Kecil.

Ada juga kandungan vitamin & mineral penting, seperti zat besi, iodium, vitamin A, vitamin D, dan vitamin C yang jadi kunci kehebatan tumbuh kembangnya agar si Kecil siap bersosialisasi di lingkungan sekitarnya.

Untuk dapatkan lebih banyak informasi tentang cara menjaga kesehatan pencernaan anak serta promo dan penawaran eksklusif seputar susu Bebelac, yuk langsung daftar Bebeclub sekarang!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Banner Health. “5 Things to Know about Zinc and Its Benefits | Banner Health.” Www.bannerhealth.com, www.bannerhealth.com/healthcareblog/teach-me/5-zinc-benefits-and-why-you-need-it-in-your-diet.

  2. Children's Hospital Colorado. “Probiotics for Kids | Children’s Hospital Colorado.” Www.childrenscolorado.org, www.childrenscolorado.org/conditions-and-advice/parenting/parenting-articles/should-my-child-take-probiotics/. Accessed 19 May 2024.

  3. Eating Well. “The Top 7 Nutrients to Support Gut Health, according to Dietitians.” EatingWell, www.eatingwell.com/best-nutrients-for-gut-health-8574817.

  4. Eurofins Scientific. “GOS (Galacto-Oligosaccharides) and FOS (Fructo-Oligosaccharides).” Eurofins Scientific, www.eurofins.in/food-testing/blog/gos-galacto-oligosaccharides-and-fos-fructo-oligosaccharides/. Accessed 19 May 2024.

  5. Fermentalg. “DHA’s Influence on the Gut - Fermentalg - Algae You Can Trust.” Www.fermentalg.com, 21 Dec. 2021, www.fermentalg.com/2021/12/21/dha-influence-on-the-gut/. Accessed 19 May 2024.

  6. Healthy Eating. “Dairy Foods’ Role in Supporting a Healthy Gut Microbiome.” Www.healthyeating.org, www.healthyeating.org/nutrition-topics/nutrition-science/scientific-research/role-of-dairy-foods-in-supporting-a-healthy-gut-microbiome.

  7. Medical News Today. “Alpha-Lipoic Acid: Benefits and Side Effects.” Www.medicalnewstoday.com, 19 Nov. 2018, www.medicalnewstoday.com/articles/323738.



Artikel Terkait