14 Cara Mengatasi Mual pada Anak yang Aman dan Efektif

Mual bisa terjadi ketika anak sakit diare atau selama perjalanan jauh naik mobil. Selalu siap sedia pereda mual alami seperti permen jahe atau air putih dingin untuk mengatasi mual anak!

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
04 Jul 2024
Cara Mengatasi Mual pada Anak - Bebeclub


Anak mual bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya karena makan makanan berlemak atau mabuk perjalanan. Yuk ketahui cara mengatasi mual pada anak yang aman dan efektif!

Cara Mengatasi Mual pada Anak

Jika anak mual dan mau muntah, Ibu tak perlu khawatir. Pastikan Ibu tenang terlebih dulu, kemudian lakukan berbagai langkah di bawah ini:

1. Berikan Air Putih Dingin

Minum air dingin efektif meredakan sensasi mual. Tapi, berikan sedikit-sedikit dulu, terutama jika anak mual disertai dengan keinginan muntah.

Coba berikan beberapa suap sendok air dingin tiap 15 menit sekali agar sistem pencernaannya dapat beradaptasi dengan asupan baru. 

Selain air putih dingin, Ibu bisa berikan minuman elektrolit dan air kelapa yang diberikan es batu. 

2. Tawarkan Infused Water Lemon & Mint

Jika anak tidak suka minum air putih karena rasanya tawar, coba buatkan infused water dengan beberapa helai daun mint yang sudah dihancurkan dan irisan lemon yang sudah digeprek.

Rasa asam segar dari jeruk dan dinginnya daun mint bisa bantu mengatasi mual pada anak. Tambahkan beberapa es batu berukuran kecil yang nantinya bisa ia kulum setelah air habis.

Baca Juga: 6 Penyebab Anak Muntah dan Cara Tepat Mengatasinya

3. Berikan Permen Jahe

Memberikan permen jahe atau membuatkan teh hangat dari seduhan ruas jahe yang digeprek bisa bantu meredakan mual anak.

Sebab, jahe mengandung gingerol, komponen alami yang bisa mempercepat pergerakan makanan keluar dari lambung dan usus agar tidak bertahan lama di perut dan menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Hirup Inhaler Mint/Menthol

Peppermint memiliki efek menenangkan sehingga dapat mengendurkan otot perut dan mengatasi mual pada anak.

Jadi, Ibu bisa berikan inhaler yang mengandung peppermint oil untuk si Kecil hirup atau meneteskan beberapa tetes peppermint oil pada sapu tangan dan minta si Kecil menghirupnya.

Jika kulit si Kecil tidak sensitif dan tidak rentan alergi, Ibu bisa coba oleskan peppermint oil tipis-tipis di kulit bawah hidungnya.

5. Buatkan Teh Chamomile

Seduh teh chamomile hangat sebagai cara alami mengatasi mual muntah pada anak. 

Chamomile diketahui mampu menenangkan sistem cernanya sehingga bantu mencegah mual lebih lanjut dan membuat anak tidur lebih nyenyak.

Jika si Kecil tidak suka rasa tehnya, coba maniskan sedikit dengan madu. Madu memiliki sifat antibakteri untuk melawan bakteri penyebab sakit perut pada anak dan menenangkan lambung.

6. Makan Jeruk

Jika di rumah ada jeruk, Ibu bisa coba berikan untuk mengatasi mual pada anak. Buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk merupakan pilihan tepat untuk membantu mengatasi tidak enak badan. 

Jeruk mengandung asam penetral, yang diubah menjadi senyawa bikarbonat untuk meredakan mual. Sari jeruk juga merangsang aliran air liur di mulut yang juga dapat meredakan gejala mual dan mulut kering.

Baca Juga: Penyebab Anak Muntah dan Demam, Plus Solusinya

7.  BerikanYogurt dan Pisang

Cara mengatasi mual anak juga bisa dengan memberikan sumber probiotik seperti yogurt dan makanan kaya prebiotik seperti pisang dan oatmeal. 

Jenis makanan ini dapat bantu mempercepat penyembuhan sistem pencernaan anak agar ia tidak lagi mengalami sensasi mual.

8. Biarkan Anak Istirahat

Istirahat atau tidur merupakan cara mengatasi anak mual yang paling efektif. Ketika anak tidur, sistem cerna akan beristirahat dan tubuhnya lebih aktif meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Dengan tidur selama beberapa jam, si Kecil akan terbangun dalam kondisi perut kosong sehingga ia tidak mual lagi. 

Saat tidur, posisikan kepala si Kecil lebih tinggi dari dada. Hindari tidur dalam posisi tengkurap. Tujuannya agar perutnya lebih nyaman, sehingga si Kecil tidak lagi mual dan muntah. 

9. Berikan Makanan Tawar

Jika si Kecil mulai lapar dan ingin makan, Ibu bisa memberinya makan sedikit demi sedikit. Namun, hindari makanan manis, serta berminyak dan berlemak ya, Bu. 

Berikanlah makanan yang mudah dicerna. Misalnya roti tawar putih, biskuit cracker tawar, kentang panggang, nasi tim, sereal gandum. 

Berikan dalam porsi kecil tapi sering untuk bantu mengurangi mual, sekaligus mencegah perut anak terlalu kenyang atau kosong terlalu lama. 

Baca Juga: Anak Muntah Setelah Makan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

10. Gunakan Minyak Esensial

Penggunaan minyak esensial dapat bantu si Kecil merasa lebih rileks dan segar untuk mengatasi mual. 

Coba teteskan minyak esensial pada alat diffuser atau bantal tidurnya sehingga mudah dihirup.

Ibu dapat menggunakan minyak esensial lavender, chamomile, lemon, ataupun minyak cengkeh sebagai pilihan obat mual alami anak. 

11. Pijat Perut Anak

Cara mengatasi mual pada anak selanjutnya adalah dengan memijat area perut si Kecil dengan perlahan. Langkah ini bertujuan untuk memberikan rasa hangat dan rileks.

Ibu bisa coba pijat perut anak dengan minyak telon atau minyak pijat dengan kandungan mint searah jarum jam. Pijatan ini berfungsi menstimulasi saraf yang mengatur sistem cerna dan pernapasan. 

12. Hirup Udara Segar

Jika anak mual karena mencium bau tidak sedap, coba ajak keluar sebentar untuk menghirup udara segar.

Misalnya, pergi ke taman dekat rumah yang banyak pepohonan dan minta ia mengambil napas dalam-dalam secara pelan-pelan.

Cegah si Kecil agar tidak menekan-nekan area perut dan membungkukkan tubuhnya. Sebab, ini dapat memperparah kondisi mual yang dialami. 

13. Hindari Menggosok Gigi

Saat si Kecil mual, Ibu bisa membiarkan si Kecil untuk tidak menggosok giginya terlebih dahulu setelah makan. Ini karena gosok gigi bisa memancing rasa mual dan muntah-muntah

14. Berikan Obat Mual

Bila sudah melakukan berbagai cara mengatasi mual pada anak di atas tapi kondisi si Kecil tidak kunjung membaik, Ibu dapat mempertimbangkan untuk memberikan obat antimual. 

Namun, pastikan Ibu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan memberikan obat. Dengan begitu, dokter akan meresepkan obat sesuai kondisi yang dialami si Kecil. 

Masih punya pertanyaan dan kekhawatiran mengenai pencernaan anak? Yuk coba cari tahu lebih banyak tips lengkap merawat pencernaan si Kecil di Bebeclub!

Ibu juga bisa tanya langsung pada tim Bebecare yang siap merespon cepat tanpa perlu buat janji.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Petre, A. (2017, February 5). Natural Ways to Get Rid of Nausea, Plus Tips. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/nausea-remedies#lemon
  2. Kandola, A. (2018, February 10). What are the best ways to get rid of nausea? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320877#physical-changes
  3. Clinic, C. (2023). Nausea & Vomiting: Causes & Treatment. Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/8106-nausea--vomiting
  4. Khan, A. (2019, September 4). 15 Effective Home Remedies for Vomiting Child. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/easy-home-remedies-for-vomiting-in-children/
  5. Vomiting in toddlers and children: Why kids throw up and what to do. (2023). BabyCenter. https://www.babycenter.com/health/conditions/vomiting-in-toddlers-and-children_11395
  6. What to Do When Your Child is Vomiting. (2024). Saint Luke’s Health System. https://www.saintlukeskc.org/health-library/what-do-when-your-child-vomiting
  7. Vomiting. (2021, October 27). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/guides/a-z-health-reference/vomiting
  8. Vomiting in children. (2023, October 17). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/vomiting-in-children


Artikel Terkait