10 Cara Alami agar Anak Bisa Kentut dan Tidak Rewel

Untuk membantu anak agar bisa kentut Ibu bisa memberikan air hangat, memberikan pepaya, memenuhi asupan prebiotik, berendam air hangat, kompres hangat, senam kaki, dan masih banyak lagi.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
12 Sep 2024


Ibu perlu ketahui cara alami agar anak bisa kentut, karena gas yang terjebak di dalam perut bisa menyebabkan anak rewel akibat kembung. Pembahasan selengkapnya, simak ulasan di bawah ini. 

Cara Alami agar Anak Bisa Kentut

Si Kecil rewel terus karena perutnya kembung? Berikut cara yang dapat Ibu coba agar ia bisa kentut sehingga perutnya terasa lebih nyaman dan tidak rewel lagi:

1. Perbanyak Minum Air Hangat

Jika perut si Kecil kembung dan berbunyi, Ibu bisa berikan air putih hangat untuk meredakannya. Mengapa harus air hangat? 

Sebab air hangat dapat mendorong proses pencernaan menjadi lebih cepat daripada air dingin. Ketika pencernaan optimal, buang air besar pun menjadi lebih lancar. 

Dengan begitu, gas di dalam perut dapat ikut keluar bersamaan proses buang air besar. 

2. Berikan Buah Pepaya

Konstipasi dapat membuat perut anak kembung. Apabila dalam kondisi ini si Kecil tidak segera buang air besar dan tidak bisa kentut, perutnya pasti terasa sakit. 

Bagaimana cara mengeluarkan gas dalam perut anak? Salah satu cara alami agar anak bisa kentut dan buang air besar adalah memberikan makanan terbaik untuk pencernaan.

Contohnya pepaya yang kaya serat dan enzim papain. Enzim papain akan bekerja dengan cara memecah asam amino sehingga pencernaan lebih sehat dan bekerja secara optimal. 

Baca Juga: 10 Penyebab Perut Anak Kembung dan Berbunyi

3. Penuhi Asupan Prebiotik

Gangguan pencernaan seperti sembelit dapat membuat si Kecil 2x lebih rewel. Maka untuk mengatasi sembelit anak, Ibu juga perlu memenuhi asupan prebiotik yang bisa bantu menjaga kesehatan pencernaan. 

Ibu bisa berikan makanan sumber prebiotik seperti pisang, apel, asparagus, alpukat, rumput laut, bawang bombay, dan dilengkapi dengan susu terfortifikasi seperti Bebelac Gold. 

Bebelac Gold diformulasikan dengan Triple Comfort (indeks glikemik rendah, 0 gram sukrosa, dan kaya asam amino) serta Triple Fiber (prebiotik FOS:GOS 1:9 dan sari pati jagung) untuk memberikan rasa nyaman pada pencernaan dan membuat mood si Kecil baik.

Bebelac Gold juga diperkaya dengan Triple A (AHA, ALA, DHA) untuk tingkatkan daya pikir kreatif dan stimulasi kemampuan bersosialisasi si Kecil.

4. Berendam Air Hangat

Untuk bantu mengeluarkan gas yang terperangkap di perut si Kecil, Ibu bisa mengajaknya berendam dalam air hangat selama 10-15 menit. 

Air hangat akan bantu otot-otot di dalam perut agar lebih rileks sehingga rasa sakit akibat perut kembung pada anak berkurang.

Selain itu, air hangat juga bantu melancarkan pergerakan gas yang terperangkap di dalam usus pencernaan ke arah usus besar. Dengan begitu, si Kecil bisa segera kentut.  

Baca Juga: 10 Penyebab Perut Kembung pada Anak Tak Kunjung Sembuh

5. Kompres Air Hangat

Apabila si Kecil tidak mau diajak berendam air, Ibu dapat mengompres perut si Kecil dengan air hangat untuk bantu mengendurkan otot-otot perut yang tegang karena kembung. 

Minta ia berbaring dan tempelkan waslap kecil yang telah dicelupkan ke air hangat. Selain itu, Ibu juga bisa menempelkan botol berisi air hangat atau heating pad di atas perut si Kecil. 

Jika si Kecil mengeluh botol dan heating pad terlalu panas, jangan tempelkan langsung ke kulit. Ibu bisa melapisi perut si Kecil dengan kain.

6. Memijat Perut si Kecil

Cara alami agar anak bisa kentut berikutnya adalah dengan lembut dan tidak berlebihan memijat perut si Kecil searah jarum jam. Gerakan ini berfungsi memindahkan gas ke usus besar. 

Ibu dapat mulai dengan menggerakkan tangan kanan dari arah kiri ke kanan dalam bentuk melingkar. Tangan kiri mengikuti di belakangnya dengan arah yang sama. 

Jika Ibu ingin menggunakan minyak selama proses pemijatan, hindari menggunakan minyak telon karena tinggi risiko iritasi. Sebaiknya pilih minyak kelapa atau minyak zaitun. 

Baca Juga: Penyebab Sakit Perut Anak Hilang Timbul dan Pengobatannya

7. Ajak Anak Senam Kaki 

Selain memijat perut si Kecil, Ibu juga bisa mengajaknya melakukan senam kaki untuk bantu mengeluarkan gas yang menumpuk dalam perutnya. 

Pertama, Ibu bisa minta si Kecil untuk berbaring dalam posisi telentang di kasur. Pegang tungkai kaki dengan tangan kanan dan kiri Ibu. 

Perlahan secara bergantian, gerakkan kaki si Kecil memutar, seperti orang yang sedang mengayuh sepeda. 

8. Tekuk Kaki si Kecil

Selain mengajak si Kecil senam kaki, Ibu juga bisa menekuk kedua kakinya agar ia bisa kentut. Caranya adalah dengan memegang betis si Kecil dengan masing-masing tangan Ibu. 

Tekuk kaki si Kecil dan secara perlahan bawa ke arah perut. Dengan lembut, tekan kaki pada perut. 

Selain sebagai cara agar bisa kentut, menekuk kaki ke arah perut juga bisa bantu melancarkan susah buang air besar pada anak. 

9. Mengajak Anak Rutin ke Toilet 

Ibu dapat mengajak anak ke toilet pada jam yang sama setiap harinya sebagai cara alami agar anak bisa kentut. 

Ketika pup, gelembung gas yang ada di dalam perut si Kecil dapat terdorong keluar. Dengan begitu, perutnya akan terasa lebih lega dan nyaman. 

Rutin mengajak anak ke toilet untuk pup juga merupakan salah satu kebiasaan baik untuk menghindari sembelit yang dapat memicu kembung dan sulit kentut. 

Baca Juga: 7 Vitamin untuk Anak yang Susah Buang Air Besar

10. Ajak Anak Bergerak Aktif

Saat tubuh bergerak secara aktif, kemampuan usus dalam mencerna perut menjadi lebih baik. Oleh karena itu, gas dapat segera keluar dari dalam tubuh melalui kentut. 

Seberapa banyak anak harus bergerak? IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) menyatakan, anak perlu bergerak minimal 60 menit setiap hari. 

Ibu bisa ajak jalan santai di sore hari, main lompat karet (jangan terlalu tinggi), main lempar bola, lompat dengan satu kaki, naik push bike, dan lain sebagainya. 

Apakah Tidak Bisa Kentut Berbahaya?

Apabila anak tidak bisa kentut sama sekali, mengeluh sakit perut, konstipasi, dan disertai muntah-muntah, ini mungkin pertanda adanya sumbatan pada usus (intestinal obstruction). Intestinal obstruction dapat berakibat fatal. 

Sebaiknya Ibu segera membawa si Kecil ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan mengetahui penyebab anak tidak bisa kentut. 

Bila ingin bertanya seputar masalah pencernaan pada anak, Ibu juga dapat hubungi Bebecare yang siap memberikan respon cepat 24/7 tanpa perlu membuat janji.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. WebMD Editorial Contributors. (2021, March 4). How to Give Your Baby a Massage to Relieve Gas. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/baby/how-to-give-your-baby-a-massage-to-relieve-gas

  2. Ajmera, R. (2021, April 19). 20 Foods and Drinks That Help with Bloating. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-help-with-bloating#foods-that-help-with-bloating

  3. Brown, T. (2010, April 26). Infant Gas: How to Prevent and Treat It. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/features/infant-gas

  4. 15 Ways to Relieve Gas Pain Fast. (2017). Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-relieve-gas-pains-fast-4140258

  5. Passing wind or flatulence. (2024, July). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/guides/a-z-health-reference/wind

  6. Clinic, C. (2024, July). Gassy Baby? Try These 9 Gas Relief Tips. Cleveland Clinic; Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/how-to-relieve-baby-gas

  7. What are the benefits of drinking hot water? (2017). Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319673

  8. ‌NHS Choices. (2024). Farting (flatulence). https://www.nhs.uk/conditions/flatulence/



Artikel Terkait