15 Pilihan Camilan Anak yang Tinggi Serat

Cemilan anak yang sehat haruslah tinggi serat untuk mendukung kesehatan pencernaannya. Makanan berserat juga punya andil untuk optimalkan daya pikir si Kecil.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
24 Jun 2024
Camilan anak - Bebeclub


 

Agar tidak terbiasa jajan, yuk mulai sediakan cemilan anak yang tinggi serat. Selain mengenyangkan, serat bagus untuk pencernaan serta bantu meningkatkan fungsi kognitif dan mood anak.

Camilan Anak yang Sehat dan Tinggi Serat

Anak 1 tahun umumnya membutuhkan asupan serat kurang lebih sebanyak 11 gram. Ibu bisa memenuhinya melalui pemberian berbagai camilan sehat berikut ini:

1. Oatmeal

Oatmeal tinggi kandungan serat yang berfungsi sebagai sumber makanan bagi bakteri baik dalam usus si Kecil.

Bakteri baik ini membantu menjaga kesehatan pencernaan si Kecil dengan melawan bakteri jahat penyebab penyakit pencernaan seperti diare dan mencegah sembelit.

Supaya lebih sehat dan bernutrisi, sajikan oatmeal dengan susu atau makanan berserat lain seperti apel atau ataupun biji chia. 

2. Popcorn

Tahukah Ibu? Popcorn juga merupakan cemilan sehat untuk anak yang tinggi serat, lho. 

Supaya penyajiannya lebih sehat, hindari memberikan popcorn dengan garam, taburan bubuk cokelat, atau saus karamel.

Sebagai gantinya, gunakan minyak zaitun atau taburan keju untuk membuatnya gurih. Kemudian, masak popcorn menggunakan panci di atas kompor.

3. Buah Pir

Pir termasuk buah tinggi serat yang bisa diolah jadi cemilan anak sehari-hari. Satu buah pir ukuran 100 gram, terdapat kandungan serat kurang lebih sebanyak 3,1 gram. 

Selain serat, buah pir mengandung folat, kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin. Ibu dapat memotong buah-buahan ini dan biarkan si Kecil memakannya langsung. 

Jika bosan, coba kreasikan buah pir dengan cara mengukusnya dan mengoleskan saus keju di atasnya. 

4. Pisang 

Pisang juga merupakan buah-buahan tinggi serat yang cocok dijadikan sebagai camilan.

Pisang juga kaya prebiotik dan kalium yang baik untuk menjaga kesehatan usus dan mengatasi diare pada anak.

Ada banyak cemilan sehat untuk anak dari olahan pisang yang bisa Ibu berikan. Misalnya dengan membuat pancake pisang, pisang selai kacang, atau smoothies pisang. 

Baca Juga: 6 Tanda Pencernaan Anak Sehat yang Ibu Wajib Tahu!

5. Alpukat

Alpukat dapat diolah sebagai cemilan anak yang sehat karena kandungan seratnya tinggi.

Alpukat juga sumber lemak yang sehat, dan mengandung folat, asam pantotenat, kalium, antioksidan, serta vitamin C dan K. 

Sajikan alpukat sebagai salad buah, smoothies, atau jus kesukaan si Kecil. Supaya lebih bergizi, Ibu juga bisa menambahkan alpukat, telur rebus, dan mayones dalam isian sandwich.

6. Pepaya 

Bicara soal cemilan sehat tinggi serat, Ibu tidak boleh melewatkan pepaya. 

Kandungan serat di dalamnya mencapai 4,7 gram sehingga bagus untuk melancarkan BAB anak dan mencegah sembelit.

Pepaya juga mengandung banyak nutrisi lain seperti vitamin A, B6, C, E, K, kalium, kalsium, magnesium, dan folat. Ibu bisa mengolah pepaya menjadi puding atau jus segar.

7. Apel

Apel berukuran sedang diketahui mengandung 2-3 gram serat. Selain itu, apel juga terdapat kandungan vitamin A dan C, serta asam folat. 

Agar manfaat apel maksimal untuk kesehatan pencernaan anak, kulitnya jangan dikupas, ya, karena sumber serat paling banyak justru ada di kulitnya.

Cukup cuci buah apel sampai bersih sebelum memberikannya pada si Kecil.

8. Raspberry

Buah tinggi serat berikutnya yakni raspberry. Dalam 123 gram raspberry disebut mengandung serat kurang lebih sebanyak 8 gram. 

Kandungan nutrisi lainnya yang tak kalah menarik adalah protein, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, tembaga, mangan, serta vitamin K, C, dan E.

Ibu dapat memberikan buah raspberry langsung kepada si Kecil, atau mengolahnya menjadi puding, jus, dan smoothies. Supaya lebih segar, buatlah es lolipop dari raspberry. 

9. Kentang

Selain menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi, tapi kentang juga bisa diolah menjadi cemilan anak yang tinggi serat. 

Satu buah kentang berukuran sedang diketahui mengandung serat sekitar 2 gram. Kentang juga terdapat magnesium, serta vitamin B dan C di dalamnya.

Coba masukkan potongan kentang rebus dalam menu salad sayur, french fries, atau dipanggang bersama kulitnya.

Baca Juga: 11 Manfaat Serat Pangan Inulin untuk Anak dan Sumber Makanannya

10. Biji Chia

Sebanyak 28 gram chia seeds diketahui terdapat asupan serat sekitar 9,8 gram.

Tak hanya itu, biji chia juga mengandung nutrisi lainnya yang juga menyehatkan. Misalnya magnesium, kalsium, dan fosfor. 

Taburkan biji chia dalam minuman jus atau smoothies, serta salad, es krim, dan lainnya dalam menu camilan anak sehat sehari-hari.

11. Ubi Jalar

Ubi jalar juga menjadi pilihan cemilan anak sehat tinggi serat lainnya. Dalam 100 gram ubi jalar, terdapat sekitar 3 gram serat yang bermanfaat bagi si Kecil. 

Ibu dapat mengolah ubi jalar menjadi camilan sehat untuk anak dengan cara dikukus ataupun dipanggang.

12. Kacang Almond

Jika bosan mengolah buah dan sayur, Ibu dapat memberikan camilan anak tinggi serat yang berasal dari kacang-kacangan. 

Salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak serat adalah kacang almond. Pada 28 gram kacang almond, mengandung sebanyak 3,5 gram serat. 

Selain serat, kacang almond termasuk dalam jajaran makanan baik untuk pencernaan karena berkat kandungan prebiotiknya.

13. Kacang Polong

Cemilan sehat untuk anak berikutnya adalah kacang polong. Diketahui terdapat 5 gram serat dalam 100 gram mangkuk berisi kacang polong.

Kandungan protein, mangan, serta ragam vitamin (A, K, dan C) di dalamnya membuat kacang polong menjadi cemilan yang sangat sehat tinggi serat.

Baca Juga: 5 Ide Camilan dari Sayuran Tinggi Serat yang Disukai Anak

14. Kacang Merah

Kacang merah mengandung serat yang tinggi, yaitu sekitar 25 gram, yang bermanfaat bagi kesehatan saluran cerna si Kecil. 

Cukup tambahkan kacang merah ke dalam menu cemilan anak seperti es serut kacang merah, bubur kacang merah, dan lainnya.

15. Lentil

Ibu dapat merebus lentil atau mengolahnya dengan cara mencampurkannya dalam menu snack si Kecil sehari-hari. Per 100 gram lentil, diketahui mengandung 7,3 gram serat.

Jangan lupa, untuk melengkapi kebutuhan gizi anak dari camilan saja belum tentu cukup, lho! Jadi, Ibu dapat berikan segelas susu Bebelac 3 GroGreat+ untuk melengkapi semua asupan gizi penting si Kecil.

Sebagai Ahli Pencernaan No.1, Bebelac Bebelac, diperkaya FOS:GOS 1:9 yang teruji secara internasional mendukung kesehatan pencernaan si Kecil dan Triple A (DHA, LA, ALA) untuk tingkatkan daya pikir kreatif dan stimulasi kemampuan bersosialisasinya!

Yuk, daftar jadi member Bebeclub untuk dapatkan promo serta hadiah menarik dari setiap pembelian produk Bebelac!

 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Bell, B. (2019, April 12). 28 Healthy Snacks Your Kids Will Love. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-snacks-for-kids#nut-butter-and-banana-quesadilla
  2. Jeanie Lerche Davis. (2003, October 13). Top 10 Sources of Fiber. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/features/top-10-sources-of-fiber
  3. FoodData Central. (2024). Usda.gov. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169118/nutrients
  4. FoodData Central. (2024). Usda.gov. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/171688/nutrients
  5. FoodData Central. (2024). Usda.gov. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/168482/nutrients
  6. FoodData Central. (2024). Usda.gov. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/175193/nutrients


Artikel Terkait