Anak Sering Menangis Tanpa Sebab? Cari Tahu Penyebabnya

Anak sering menangis tanpa sebab bisa karena perutnya sakit, ingin sesuatu, atau kecapekan setelah bermain dan belajar. Jangan dimarahi, ya, tapi tenangkan dengan cara yang tepat.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
10 Oct 2024


Melihat anak sering menangis tanpa sebab bisa membuat Ibu frustrasi karena dibuat kebingungan. Yuk, cari tahu penyebab anak menangis terus dan bagaimana cara mengatasinya!

Apa Penyebab Anak Menangis Tanpa Sebab?

Anak menangis karena ini adalah caranya berkomunikasi, entah untuk menyampaikan keinginannya atau ia merasa ada yang tidak beres dengan badannya. Beberapa penyebabnya adalah:

1. Lapar

Kelaparan bisa membuat kadar gula dalam tubuh turun sehingga membuat si Kecil lebih mudah rewel dan menangis dekat waktu makan.

Ukuran perut anak-anak juga cenderung lebih kecil daripada perut orang dewasa, yang membuat si Kecil memang lebih cepat lapar.

2. Perut Anak Sakit

Anak-anak di usia dini mungkin belum lancar mengutarakan perasaannya.

Jadi jika anak sering menangis tanpa sebab sambil membungkukkan badan dan meringis kesakitan memegangi perut, penyebabnya mungkin gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan yang mungkin membuat anak jadi menangis adalah diare, perut kembung, atau sembelit. Pencernaan yang tidak nyaman bisa membuat si Kecil 2x lebih rewel dari biasanya. 

Baca Juga: Penyebab Sakit Perut Anak Hilang Timbul dan Pengobatannya

3. Cari Perhatian

Anak yang sering menangis tanpa sebab hingga menjadi tantrum biasanya karena merasa sedih dan kecewa tidak diperhatikan.

Terkadang si Kecil hanya butuh sedikit perhatian Ibu, tapi ia tidak bisa atau tidak tahu bagaimana cara memintanya sehingga jadi menangis.

Misalnya ketika ia ingin mengajak Ibu bermain atau jalan-jalan ke taman, tapi ibu masih sibuk beres-beres rumah sehingga tidak bisa “membagi badan” untuk memperhatikan si Kecil. 

4. Lelah dan Mengantuk

Seharian bermain, eksplorasi lingkungan sekitar, dan berinteraksi dengan banyak orang bisa menjadi penyebab anak sering menangis tanpa sebab. Sebetulnya, pemicunya adalah rasa lelah. 

Anak kelelahan biasanya ditandai dengan sering menguap, mengucek mata, tidak mau kontak mata dengan Ibu, rewel, dan tidak mau diajak bermain. 

5. Mau Sesuatu

Menangis jadi bagian penting dari perkembangan anak. Ini adalah cara si Kecil berkomunikasi untuk meminta atau menginginkan sesuatu, tetapi belum bisa mengungkapkannya.

Jadi, bila si Kecil menangis sambil merengek dan berusaha menarik Ibu menuju suatu tempat atau objek, bisa jadi ia meminta atau menginginkan sesuatu.

Contohnya, meminta biskuit favoritnya yang sudah dijanjikan setelah makan siang atau menginginkan ponsel Ibu untuk bermain game.

6. Overstimulasi

Overstimulasi atau stimulasi berlebihan juga menjadi penyebab anak sering menangis tanpa sebab. Misalnya berada di tempat yang terlalu berisik, ramai, terlalu panas, atau terlalu terang. 

Berbagai paparan stimulasi tersebut dapat membuat anak tidak nyaman dan menangis. Biasanya si Kecil tampak ingin menempel pada Ibu sebelum mulai menangis.

Baca Juga: 8 Pertolongan Pertama Anak Sakit Perut Sebelum ke Dokter

7. Merasa Dingin atau Panas

Kalau anak menangis tanpa sebab jelas, Ibu bisa meraba area perut atau tengkuk lehernya. Sebab, kemungkinan si Kecil merasa kedinginan. 

Jika si Kecil merasa tidak nyaman dengan lingkungannya, bisa jadi ia kegerahan. Maka itu, Ibu bisa coba mengatur suhu ruangannya agar tetap sejuk tidak kedinginan atau kepanasan.

8. Merasa Bosan

Anak Ibu mungkin saja menangis karena bosan dan jenuh dengan rutinitas itu-itu saja. Ia menangis sebagai caranya mengungkapkan keinginan dan perasaannya. 

9. Tumbuh Gigi

Nyeri pada area gusi membengkak dan memerah akibat tumbuh gigi juga bisa menyebabkan anak sering menangis tanpa sebab dan rewel terus. 

10. Tidak Mau Jauh dari Ibu dan Ayah

Berpisah dengan Ibu atau Ayah, walaupun hanya sebentar, merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan bagi si Kecil. 

Kondisi yang dinamakan separation anxiety ini dapat menyebabkan anak merasa sangat kecewa. 

Alhasil, ia akan cemas berlebihan sehingga membuatnya sulit mengendalikan emosi yang berujung pada tangisan. 

Cara Menangani Anak Menangis Tanpa Alasan

Jika anak sering menangis tanpa sebab, penting agar Ibu bisa tetap tenang dan tidak ikut tersulut emosi. Coba tarik napas dalam-dalam, kemudian lakukan berbagai cara berikut ini:

1. Beri Pelukan

Memberi pelukan pada si Kecil dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman. Pelukan juga bisa membantu anak mengatasi rasa sakit atau kecemasan yang tidak bisa mereka jelaskan.

2. Lakukan Kontak Mata

Pastikan Ibu melakukan kontak mata saat menangani anak menangis. Jadi, alangkah baiknya sambil memeluk si Kecil, Ibu sesekali bisa menatapnya dengan hangat. 

Jika tidak kontak mata dengan anak, si Kecil mungkin tidak akan mendengarkan apa yang Ibu katakan. Dengan kontak mata, anak juga bisa merasa lebih tenang dan diperhatikan.

3. Bicara Perlahan

Jika anak menangis tanpa sebab, sebaiknya jangan ucapkan kalimat yang justru dapat memperparah situasi dan membuat tangisannya semakin pecah. 

Sebagai contoh, “Masa anak laki nangis?” atau “Ibu nggak mau punya anak cengeng”. 

Alih-alih menggunakan kata-kata tersebut, Ibu dapat memakai kalimat seperti “Adek sudah selesai nangisnya? Kalau sudah, coba cerita ke Ibu, adek mau apa?

Baca Juga: Cara Mengatasi Anak Rewel yang Efektif Tanpa Drama

4. Ajak Istirahat

Jika anak sering menangis tanpa sebab, coba ajak istirahat dan tidur siang. Tidur siang bisa membantu anak melupakan sakit perut atau ketidaknyamanan yang sedang dialami.

Segera matikan lampu kamar dan menyalakan AC dengan suhu sejuk. Bila perlu, putar alunan musik yang lembut atau suara background alam untuk membuatnya lebih mudah terlelap.

5. Buat si Kecil Teralihkan

Ibu juga bisa buat si Kecil teralihkan dari objek atau sesuatu yang membuatnya menangis. Tujuannya supaya tangisannya segera mereda dan mood-nya kembali baik.

Ibu dapat mengalihkan perhatiannya dengan memberikan mainan favorit lainnya milik si Kecil, atau mengajaknya melihat hal menarik di luar rumah. 

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Mengatasi Anak Tantrum Tanpa Marah-Marah

6. Pastikan Rutinitas Anak Aman

Memastikan rutinitas harian anak berjalan seperti kapan waktu makan, tidur siang, dan bermain dengan aman, dapat membantu mencegah anak sering menangis tanpa sebab.

Untuk itu, penting untuk mengatur rutinitas harian yang konsisten untuk si Kecil bermain, makan, dan istirahat ya, Bu.

7. Redakan Gangguan Pencernaannya

Anak menangis tanpa sebab bisa disebabkan oleh sakit perut. Agar si Kecil kembali nyaman, coba atasi rewelnya dengan memijat lembut perutnya yang sakit.

Jangan lupa berikan makanan yang aman untuk sakit perut anak dan lengkapi asupan gizinya dari Bebelac Gold sebagai susu Ahli Pencernaan No.1 yang diformulasikan tanpa penambahan gula (0 gr sukrosa) dan DHA lebih tinggi untuk kurangi rewel hingga 40%.

Bebelac Gold juga diformulasikan dengan Advansfibre + Comfort (FOS:GOS 1:9, sari pati jagung, dan Inulin) dan Triple Comfort untuk membantu pencernaan si Kecil lebih nyaman sehingga moodnya jadi lebih baik. Tidak ketinggalan Triple A, yakni ALA, DHA, LA, yang bantu meregulasi emosi.

Tertarik mencoba Bebelac Gold untuk ubah Rewel si Kecil jadi Riang? Yuk, daftar di Bebeclub untuk dapatkan promo dan hadiah menarik dari setiap pembelian susu Bebelac Gold!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Parents. (2023). How to Soothe a Fussy Toddler. Parents. https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/discipline/improper-behavior/why-are-toddlers-so-moody/
  2. Baby crying: Why is my baby crying so much? (2022). BabyCenter. https://www.babycentre.co.uk/a536698/seven-reasons-babies-cry-and-how-to-soothe-them
  3. Preparing Your Child for a New Sibling (for Parents). (2024). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/sibling-prep.html
  4. admin. (2018, June 5). 8 Ways to Calm Down a Cranky Kid - Trillium School. Trillium School. https://www.trilliumschool.ca/8-ways-calm-cranky-kid/
  5. Lindberg, S. (2020, May 27). Why Is My Kid Crying (Again) and What Can I Do About It? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/childrens-health/kid-crying
  6. Parents. (2014). Yes, Sudden Uncontrollable Crying Is Normal for Toddlers—Here’s How to Sooth Them. Parents. https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/behavioral/wacky-toddler-behavior-sudden-crying/


Artikel Terkait