Seperti Apa Frekuensi BAB Bayi 3 Bulan yang Normal?

Bayi 3 bulan bisa BAB hingga 10 kali dalam satu hari atau hanya 3 hari sekali. Perbedaan frekuensi ini normal asalkan si Kecil tidak mengalami gangguan pada pencernaannya.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
05 Jul 2024
frekuensi bab bayi 3 bulan - Bebeclub.


Jika waktu baru lahir bayi bisa BAB sebanyak 3–12 kali sehari, seperti apa pola dan frekuensi BAB bayi 3 bulan? Yuk, cari tahu berapa kali bayi 3 bulan BAB dan ciri-ciri pup yang normalnya.

Berapa Kali Bayi 3 Bulan BAB dalam Sehari?

Umumnya bayi 3 bulan bisa BAB 3-4 kali sehari atau 5-8 kali dalam 1 hari. Ada pula bayi 3 bulan yang selalu BAB setiap habis menyusu, hanya 2-3 hari sekali, atau bahkan seminggu sekali.

Dibanding baru lahir, frekuensi BAB bayi 3 bulan sudah lebih teratur dan lebih berjarak. 

Ini karena pencernaannya sudah bekerja lebih efisien mencerna dan menyerap seluruh komponen ASI untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. 

Baca Juga: Penyebab Bayi BAB Sedikit-Sedikit

Pup Bayi 3 Bulan yang Normal Seperti Apa?  

BAB bayi yang normal juga bisa dilihat dari perbedaan warna feses, tekstur, dan baunya, yaitu:

  • Pup berwarna kuning gelap seperti saus mustard atau cokelat muda

  • Pup warna hijau.

  • Tekstur lembek tapi cukup padat seperti adonan yang agak berbiji (terlihat ada butiran-butiran berwarna putih).

  • Tidak keras atau berair.

  • Bau feses bayi ASI cenderung manis, bisa juga berbau seperti jerami atau bubur nasi.

Ibu juga bisa, lho cek kondisi pencernaan si Kecil secara real-time dengan meng-upload foto popoknya ke Poop Tracker! Lebih dari 90% pengguna merasa terbantu dengan teknologi ini untuk mendeteksi pup bayi.

Dapatkan hasil analisis pup si Kecil dalam waktu 60 detik yang bisa langsung di-download untuk dibawa konsultasi ke dokter. Ibu juga bisa langsung kontak Tim BebeCare untuk dapatkan respon yang lebih cepat.

Baca Juga: Bayi Mencret Setelah Minum ASI, Apakah Normal?

Kapan Harus ke Dokter? 

Jika bayi 3 bulan tidak BAB selama 4-5 hari, bukan berarti si Kecil sembelit. Tidak perlu terlalu mengkhawatirkan frekuensi BAB selama bayi masih aktif, mau menyusu, dan BB-nya naik.

Namun, bawa si Kecil ke dokter apabila ia menunjukkan gejala berikut: 

  • Feses berwarna kemerahan karena tercampur darah. 

  • Feses berwarna putih atau abu-abu. 

  • Feses bayi berlendir.

  • Pup encer berair, berwarna kuning pucat, dan berbau busuk sebagai ciri bayi diare

  • Bayi mengejan tampak kesakitan karena feses keras seperti kerikil dan sulit dikeluarkan.

Apabila ada gejala-gejala di atas, segera konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab dari masalah pencernaannya dan memastikan si Kecil mendapat perawatan yang sesuai dengan cepat.

Memperhatikan frekuensi BAB bayi 3 bulan sering dianggap sepele. Padahal, pencernaan berperan penting dalam tumbuh kembang, imunitas, dan kesehatan bayi di 1000 Hari Pertama Kehidupannya.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Bayi 3 Bulan

Teruslah menyusui ASI eksklusif minimal selama 6 bulan agar pencernaan si Kecil baik dan tumbuh kembangnya optimal.

ASI adalah sumber prebiotik yang merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Bayi yang mendapat ASI eksklusif memiliki imun yang lebih kuat terhadap berbagai infeksi bakteri.

Menyusui eksklusif juga membuat bayi lebih jarang mengalami sembelit dan diare karena kandungan ASI tinggi antibodi untuk melawan kuman penyebab gangguan pencernaan.

Penting juga untuk rutin mencuci dan mensterilkan peralatan pompa ASI untuk meminimalisir paparan bakteri dan kuman ke dalam tubuh bayi.

Selain itu, Ibu dan anggota keluarga lainnya harus rajin cuci tangan setiap kali ingin melakukan kontak fisik dengan bayi. Hal ini dapat menekan risiko paparan kuman penyebab masalah pencernaan.

Semoga artikel ini membantu!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Chertoff, J. (2018, October). How Often Do Breastfed and Formula-Fed Newborn Babies Poop? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/how-often-should-a-newborn-poop#TOC_TITLE_HDR_1

  2. Baby poo – what’s normal? | Australian Breastfeeding Association. (2022). Breastfeeding.asn.au. https://www.breastfeeding.asn.au/resources/baby-poo-whats-normal

  3. The Scoop on Baby Poop: What’s Normal, What’s Not.  (2014). Parents. https://www.parents.com/baby/diapers/dirty/the-scoop-on-poop-whats-normal-whats-not/

  4. How often should a newborn poop? (2023). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/diapering/is-it-normal-for-my-baby-to-poop-after-every-feeding_3652446

  5. Chertoff, J. (2018, October 29). Poop in Breastfed Babies: What to Expect. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/breastfed-poop#smell

  6. Rucoba, R. J. (2016, February 29). What Your Newborn’s Poop Tells You About Their Health. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/newborn-poop#:~:text=Breast%2Dfed%20babies%20usually%20don,of%20inadequate%20absorption%20of%20nutrients.



Artikel Terkait