Dari ASI hingga MPASI, Yuk Kenali Lebih Jauh Seperti Apa Pola Makan Bayi Usia 9-11 Bulan

Apakah Ibu sudah tahu pola makan bayi usia 9-11 bulan? Seperti yang kita ketahui, 1000 hari pertama kehidupan adalah periode emas ketik...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes

4 min
10 Aug 2023
Profile dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes
pola makan bayi 9-11 bulan


Apakah Ibu sudah tahu pola makan bayi usia 9-11 bulan?

Seperti yang kita ketahui, 1000 hari pertama kehidupan adalah periode emas ketika pertumbuhan dan perkembangan bayi berjalan sangat pesat. Pola makan yang sesuai tahapan perkembangan usia akan membantu si Kecil mendapatkan nutrisi tepat untuk mendukung tumbuh kembang optimal.

Nah, si Kecil diharapkan sudah dapat mengonsumsi menu makanan keluarga di usia 12 bulan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan tekstur MPASI bayi di usia 9-11 bulan lebih padat dibandingkan usia 6-8 bulan sebagai persiapan ya, Bu.

Kira-kira, seperti apa kebiasaan dan pola makan bayi usia 9-11 bulan? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 10 Cara Menerapkan Feeding Rules agar Anak Mau Makan

Pola Makan Bayi Usia 9-11 bulan

1. Sumber Nutrisi

Pada usia 9-11 bulan, bayi biasanya beralih ke pola makan yang lebih bervariasi dan bertekstur. ASI memang tetap menjadi sumber nutrisi utama, tetapi makanan padat mulai berkontribusi secara signifikan terhadap kebutuhan nutrisi si Kecil. Oleh karena itu, usahakan si Kecil mendapatkan nutrisi yang seimbang dari protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, serta vitamin dan mineral setiap kali ia makan.

Ibu disarankan memperkenalkan berbagai makanan kaya nutrisi dari beragam kelompok makanan. Misalnya, protein hewani seperti daging ikan / ayam / sapi yang dihaluskan, protein nabati seperti tempe / tahu dan kacang-kacangan yang dihaluskan, biji-bijian, serealia dan umbi-umbian yang dihaluskan, baru kemudian buah dan sayur.

Dengan mengonsumsi makanan yang beragam, si Kecil akan mendapatkan protein, kalsium, vitamin C, vitamin A, asam folat, zink, zat besi, lemak, dan zat gizi makro dan mikro lainnya yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya.

2. Nafsu Makan

Nafsu makan bayi bisa sangat berfluktuasi di usia 9-11 bulan, berbeda ketika mereka baru memulai MPASI di usia 6 bulan dimana ia tampaknya selalu bersemangat memakan apa saja.

Bisa jadi mereka makan sangat lahap hari ini, tetapi tampak tidak berselera di keesokan harinya. Jika hal ini terjadi, Ibu tak perlu khawatir, ya, karena ini terbilang normal.

Nafsu makan dan pola makan bayi usia 9-11 bulan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti percepatan pertumbuhan (growth spurt), tumbuh gigi, atau sekedar mengeksplorasi kemandirian si Kecil untuk makan sendiri.

Ibu dapat perhatikan isyarat lapar dan kenyang yang ditunjukkan bayi saat pemberian makan. Tawarkan makanan secara berkala sambil membiarkan si Kecil memutuskan berapa banyak yang ingin ia makan. Percayai insting bayi dan hindari memaksa atau menekannya untuk menghabiskan makanannya ya, Bu.

3. Tekstur yang Sesuai Usia

Penting untuk mengenalkan bayi pada tekstur yang berbeda secara bertahap karena si Kecil masih mengembangkan keterampilan motorik dan kemampuan mengunyah.

Menurut penelitian, si Kecil yang terbiasa mengonsumsi berbagai macam makanan dan tekstur sejak dini akan cenderung menerima berbagai macam makanan dan mencegah kebiasaan picky eating.

Di usia 9-11 bulan, bayi biasanya sudah cukup mahir makan makanan yang dihaluskan (seperti bubur atau puree) hingga dicincang halus.

Tawarkan buah-buahan lunak dan matang, sayuran kukus, dan makanan yang dimasak hingga lembut. Ini membantu si Kecil mengembangkan keterampilan mengunyah dan beralih ke pola makan yang lebih bervariasi dan bertekstur.

Namun, penting juga untuk menghindari makanan yang menimbulkan bahaya tersedak seperti kacang-kacangan, berondong jagung, dan anggur utuh. Selalu awasi bayi saat mereka makan dan potong makanan menjadi potongan-potongan kecil yang mudah diambil dan dikunyah.

Baca Juga: Pilihan Makanan Bergizi Tinggi untuk Bayi 11 Bulan, Plus Resep dan Jadwal Makannya

4. Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menyiapkan Makanan Bayi

Saat Ibu menyiapkan makanan untuk bayi yang berusia 9-11 bulan, prioritaskan kebutuhan nutrisinya sambil memastikan pola makan yang seimbang. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Ibu praktikan:

  • Perkenalkan satu makanan baru pada satu waktu

Ibu dapat memperkenalkan makanan baru secara bertahap untuk memantau reaksi alergi si Kecil. Jika bayi mengalami alergi, hentikan pemberian makanan tersebut dan periksakan kondisi bayi ke dokter anak.

  • Tidak menggunakan tambahan garam dan gula

Untuk rasa asin dapat diperoleh dari protein hewani dan air kaldu, sedangkan rasa manis dapat diperoleh dari makanan pokok dan buah-buahan. Hindari pemberian madu pada anak dibawah usia 1 tahun.

  • Perhatikan konsistensi makanan

Sesuaikan tekstur makanan berdasarkan perkembangan dan kemampuan mengunyah bayi sesuai usia. Secara bertahap, perkenalkan juga makanan yang lebih bertekstur dan padat.

  • Hidrasi

Untuk hidrasi si Kecil tidak hanya dengan menawarkan air putih. Namun, dengan mengonsumsi air kaldu dari protein hewani dan sayur serta dari buah-buahan yang kaya kandungan air.

  • Berkonsultasi dengan dokter anak & ahli gizi

Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter anak jika memiliki kekhawatiran akan kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Berkonsultasilah dengan ahli gizi ketika Ibu memiliki kekhawatiran tidak seimbangnya makanan yang diberikan dan untuk mendapatkan berbagai variasi makanan untuk si Kecil. 

Menyiapkan makanan bergizi dan bervariasi hingga mengenalkan tekstur sesuai usia dapat menjadi fondasi dari kebiasaan makan yang sehat untuk bayi.

Pola makan yang sesuai usia merupakan bagian penting dari pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Perilaku makan atau eating behaviour ini meliputi kemampuan motorik, kognitif, serta sosial dan emosional si Kecil. 

Dengan memahami pola makan bayi usia 9-11 bulan, mari ciptakan waktu makan yang menyenangkan dan dukung perjalanan bayi mengenali berbagai macam rasa dan tekstur. Semoga bermanfaat, Bu!

Temukan Topik Lainnya

  • Carole Tournier, Lauriane Demonteil, Eléa Ksiazek, Agnès Marduel, Hugo Weenen, & Sophie Nicklaus (2020). Factors Associated With Food Texture Acceptance in 4- to 36-Month-Old French Children: Findings From a Survey Study https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7882631/
  • Jeffrey N Critch, Canadian Paediatric Society, & Nutrition and Gastroenterology Committee.. (2014). Nutrition for healthy term infants, six to 24 months: An overview. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4276390/
  • The Bump. (2022). 10-Month-Old Baby. https://www.thebump.com/baby-month-by-month/10-month-old-baby
  • Mother.ly. (2022). 10-month-old baby feeding schedule & expert advice. https://www.mother.ly/parenting/four-to-12-month-old-baby-feeding-guides-schedules/10-month-old-baby-feeding-schedule-and-amounts/


Artikel Terkait