10 Rekomendasi Buah untuk Bayi 7 Bulan yang Terbaik

Bayi 7 bulan sudah boleh makan variasi buah untuk penuhi kebutuhan gizinya. Sajikan buah dalam bentuk puree atau finger food.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

4 min
12 Dec 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH
Buah untuk bayi 7 bulan - Bebeclub


Ada berbagai pilihan buah untuk bayi 7 bulan yang bagus untuk si Kecil sebagai selingan menu MPASI-nya. Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Apa saja rekomendasi buahnya? Simak selengkapnya di artikel ini, ya, Bu.

Pilihan Buah untuk Bayi 7 Bulan dan Cara Mengolahnya

Seperti halnya orang dewasa, bayi juga memerlukan beragam nutrisi untuk mendukung pertumbuhannya yang optimal. Oleh karena itu, memberikan variasi makanan kepada si Kecil sangat penting untuk memastikan asupan energi dan nutrisinya terpenuhi.

Salah satu sumber asupan nutrisi juga bisa Ibu dapatkan dari buah-buahan. Nah, setiap jenis buah ini memiliki komposisi gizi yang berbeda-beda.

Berikut adalah macam-macam buah untuk bayi usia 7 bulan yang bisa Ibu berikan:

1. Apel

Salah satu pilihan buah untuk bayi 7 bulan adalah apel. Apel merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan serta mengandung vitamin A dan C yang terbukti bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Kandungan nutrisi pada apel bervariasi tergantung pada jenisnya. Sebagai contoh, apel merah mengandung jenis antioksidan tertentu yang disebut antosianin, yang berperan dalam mendukung kesehatan jantung dan sistem pencernaan si Kecil.

Saat memberikan apel kepada bayi, Ibu perlu berhati-hati karena ada risiko tersedak. Untuk mengurangi risiko tersebut, cara mengolahnya adalah dengan mengukus apel hingga lembut, kemudian mengirisnya tipis-tipis.

Cara lainnya, Ibu bisa menghaluskan apel yang sudah matang untuk dijadikan sebagai saus apel atau mengubahnya menjadi puree yang lebih cocok untuk bayi.

2. Pir

Pir adalah makanan kaya serat yang memiliki peran penting dalam membantu kinerja usus agar berfungsi dengan baik.

Selain itu, pir juga merupakan sumber nutrisi penting seperti vitamin K, potassium, dan vitamin C yang bermanfaat dalam mendukung sistem kekebalan tubuh bayi. 

Sama seperti apel, pir juga memiliki tekstur yang keras dan licin, sehingga berisiko meningkatkan risiko tersedak pada bayi. Untuk mengurangi risikonya, Ibu bisa mengukus pir hingga lunak dan mudah ditusuk dengan garpu. 

Pir yang sudah dikukus dapat disajikan dalam bentuk irisan tipis atau dihaluskan menjadi bubur yang mudah disendok untuk si Kecil.

3. Alpukat

Alpukat adalah pilihan buah untuk bayi 7 bulan yang baik untuk Ibu berikan. Buah ini memiliki tekstur lembut dan rasa cenderung gurih.

Selain itu, alpukat kaya akan serat dan lemak sehat yang sangat penting bagi perkembangan bayi, terutama dalam mendukung pencernaan dan pertumbuhan fungsi kognitif bayi.

Untuk memperkenalkan alpukat pada bayi, Ibu dapat mengiris alpukat matang menjadi irisan agak tebal agar bayi bisa belajar memegang dan mengunyahnya.

Selain irisan alpukat, daging alpukat juga bisa dihaluskan atau ditumbuk menjadi tekstur yang lebih lembut, dan kemudian diberikan kepada si Kecil. Bisa juga dibuat menjadi bubur bayam alpukat untuk menu MPASI bayi usia 7 bulan, lho.

4. Pisang

Pisang adalah buah kaya akan karbohidrat dan nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi perkembangan bayi. Buah ini mengandung folat, yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif bayi. 

Selain itu, kandungan zat besi dalam pisang dapat membantu mencegah anemia pada bayi. Pisang juga mengandung vitamin A yang berfungsi meningkatkan penglihatan bayi.

Untuk memperkenalkan pisang kepada bayi, Ibu bisa mulai dengan memberikan puree pisang yang lembut. Kemudian, seiring bertambahnya usia dan kemampuan bayi dalam mengunyah, pisang dapat diiris tipis sebagai cemilan sehat bayi 7 bulan

Baca Juga: Mudah Dibuat dan Kaya Serat, Ini Ragam Resep MPASI untuk Bayi Sembelit

5. Buah Naga

Buah naga adalah salah satu pilihan buah yang baik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah pada bayi karena kaya akan kandungan zat besi. 

Zat besi berperan penting dalam mencegah anemia atau kondisi defisiensi yang dapat mengganggu perkembangan bayi. 

Selain itu, buah naga mengandung fosfor, natrium, dan kalsium yang dapat mendukung fungsi sistem saraf bayi agar berjalan dengan baik.

Buah naga yang matang dan diolah sesuai dengan usia bayi tidak akan menimbulkan bahaya tersedak. Untuk bayi yang berusia 7 bulan, Ibu dapat menyajikan buah naga yang sudah dihaluskan agar mudah dikonsumsi. 

Namun, jika bayi sudah memiliki kemampuan menggenggam yang baik, buah naga dapat dipotong menjadi potongan-potongan kecil untuk langsung disajikan kepada si Kecil.

6. Pepaya

Pepaya termasuk pilihan cemilan buah untuk bayi 7 bulan. Buah pepaya yang sudah matang mengandung vitamin A dan vitamin C. Kedua nutrisi penting ini berperan dalam mendukung perkembangan penglihatan dan sistem kekebalan tubuh bayi.

Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh bayi. Menariknya, kandungan vitamin C dalam pepaya jauh lebih tinggi dibandingkan beberapa buah lain seperti apel, pisang, dan bahkan jeruk, lho. 

Pepaya mempunyai tekstur buah yang agak licin jika dipegang bayi. Sebagai alternatif, cara mengolah buah pepaya untuk bayi 7 bulan yakni dengan menaburkan sereal bayi ke dalam potongan pepaya berukuran memanjang agar lebih mudah dipegang oleh si Kecil.

Ibu juga bisa memperkenalkan pepaya dengan cara menghaluskannya terlebih dahulu, kemudian menyajikannya dalam bentuk puree. 

Baca Juga: Deretan Makanan yang Tinggi Kandungan Zat Besi untuk Bayi

7. Mangga

Mangga adalah pilihan buah yang sangat baik untuk bayi yang berusia 7 bulan. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, magnesium, folat, dan serat yang tinggi. 

Nutrisi ini memberikan tambahan energi bagi si Kecil, menjaga kesehatan kulit, serta melancarkan pencernaan.

Mangga mempunyai tekstur yang keras dan licin sehingga dapat meningkatkan risiko tersedak. Oleh karena itu, pastikan mangga yang diberikan kepada bayi sudah matang, karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut lebih cocok untuk bayi. Ibu bisa mengiris tipis-tipis mangga dan menyajikannya untuk bayi. 

8. Semangka

Semangka adalah buah yang kaya akan kandungan air, serat, dan zat besi. Bahkan, sebanyak 93% dari buah semangka terdiri dari air. Buah ini juga mengandung vitamin B, vitamin C, fosfor, dan kalsium yang baik untuk kesehatan bayi.

Nutrisi yang terkandung dalam semangka memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh, mendukung perkembangan tulang, dan membantu pencernaan berkat kandungan serat yang tinggi.

Cara mengolah buah untuk bayi 7 bulan ini bisa hanya dengan memotong semangka menjadi persegi panjang lebar dan tipis. Pastikan untuk menghilangkan kulit dan bijinya agar aman untuk bayi.

Selain itu, semangka bisa diolah menjadi popsicle atau es loli, cocok apabila si Kecil sedang mengalami tanda-tanda mau tumbuh gigi

9. Melon

Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat melon bisa menjadi pilihan cemilan buah untuk bayi 7 bulan. Buah ini mengandung berbagai nutrisi penting yang mendukung perkembangan si Kecil, seperti kalium, asam folat, vitamin B6, dan vitamin C.

Nutrisi yang terdapat dalam melon berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh bayi, menjaga keseimbangan elektrolit untuk mencegah dehidrasi, serta memelihara fungsi sistem saraf.

Sebelum memberikannya pada si Kecil, Ibu bisa memotongnya menjadi irisan seperti bulan sabit tipis. Atau, Ibu juga bisa mengirisnya jadi persegi panjang tipis. 

Pada usia ini, hindari menyajikan melon berbentuk bulat-bulat atau melon dalam potongan besar karena teksturnya yang keras dan licin berisiko tinggi buat bayi tersedak.

Baca Juga: Keju untuk MPASI Bayi, Kapan Boleh Diberikan? 

10. Jeruk

Jeruk memiliki beragam rasa, dari manis hingga asam, tergantung jenis buahnya. Meskipun agak sulit untuk dihaluskan, buah ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bayi berusia 7 bulan, Bu.

Jeruk mengandung berbagai nutrisi penting seperti kalium, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin C, dan folat. Ragam nutrisi ini berperan dalam meningkatkan perkembangan fisik, melancarkan sistem pencernaan, dan memperkuat tulang bayi.

Untuk mengenalkan jeruk pada bayi 7 bulan, potong jeruk menjadi irisan tebal. Buang biji atau selaput kerasnya, tapi tetap biarkan kulitnya menempel agar bayi lebih mudah menggenggamnya. Meskipun mungkin belum bisa mengunyah dagingnya, si Kecil akan senang mengisap sari-sarinya.

Itu dia berbagai pilihan buah untuk bayi 7 bulan. Mengenalkan buah-buahan sejak dini pada bayi itu kebiasaan yang sangat baik, lho. Sebab, ini akan membantu bayi untuk terbiasa mengkonsumsi buah-buahan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya saat ia tumbuh dewasa.

Ibu bisa juga kunjungi Bebe Journey sebagai panduan untuk Ibu Hebat mengawali semua kehebatan si Kecil. Di sini, Ibu bisa cek milestone (pencapaian) bulanan si Kecil apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum, kumpulan resep MPASI, juga mengecek grafik pertumbuhan sampai reminder jadwal vaksin. Gratis!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Can Babies Eat Apples - How to Reduce Apple Choking Risk - Solid Starts. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/apple/
  2. ‌When can babies have apples? Raw apples, apple juice, and more. (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/when-can-babies-eat-apples_40009328
  3. ‌How to Prepare Pear for Babies - First Foods - Solid Starts. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/pear/
  4. Introducing Avocado to Your Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/baby-feeding/when-can-babies-have-avocado
  5. ‌Swati Patwal. (2020, October 27). Banana For Babies: Benefits, Precautions, & 6 Recipes to Try. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/banana-recipes-for-babies-benefits-precautions_00667509/
  6. ‌Papaya for Babies - First Food for Babies - Solid Starts. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/papaya/
  7. ‌Swati Patwal. (2022, January 18). Mango For Babies: Nutritional Value, Benefits, And Recipes. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/mango-for-baby-benefits-recipes-tips_00804133/
  8. Introducing Watermelon to Your Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/baby-feeding/when-can-babies-eat-watermelon
  9. ‌Honeydew Melon - First Foods for Baby - Solid Starts. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/honeydew-melon/
  10. Introducing Oranges to Your Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/baby-feeding/when-can-babies-eat-oranges


Artikel Terkait

icon resep
7 - 9 Bulan Resep

Resep Bubur MPASI Bit

Ditulis oleh:
Tim Penulis

Ditinjau oleh:
Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH
4 min
04 Jul 2024